Maraknya Jejaring Sosial Berdampak Negatif Bagi Anak di Bawah Usia

Media sosial menjadi tempat untuk mengekspresikan semua aktivitas bagi masyarakat. Hampir semua orang mengetahui segala sesuatu dari media ini karena memang sangat banyak menampung segala informasi kaitannya dengan kehidupan bahkan sampai segala aktivitas yang dilakukan. Orang tua dan pengasuh dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membatasi penggunaan ponsel dan mempromosikan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi perkembangan anak. Berikut penjelasannya!

Maraknya Jejaring Sosial Berdampak Negatif Bagi Anak di Bawah Usia

POJOKNULIS.COM - Media sosial menjadi tempat untuk mengekspresikan segala aktivitas bagi masyarakat. Hampir semua orang mengetahui segala sesuatu dari media ini karena sangat banyak menampung informasi kaitannya dengan kehidupan, bahkan sampai segala aktivitas yang dilakukan.

Tidak jarang banyak orang yang beralih ke media sosial karena dapat mewadahi mereka terkait dengan ekspresi dari dalam dirinya. Media sosial memungkinkan orang untuk membuat konten, cerita, video, bahkan sampai berkomunikasi secara online dengan orang banyak.

Namun, penggunaan media sosial juga harus bijak, terutama dalam konteks pengaruhnya terhadap anak-anak.

Dampak Jejaring Sosial bagi Anak

Tidak jarang banyak orang yang beralih ke media sosial karena dapat mewadahi mereka terkait dengan ekspresi dari dalam dirinya. Media sosial memungkinkan orang untuk membuat konten, cerita, video, bahkan sampai berkomunikasi secara online dengan orang banyak.

Media sosial dapat digunakan oleh siapapun bagi mereka yang memiliki akses internet dan sesuai dengan usia. Platform digital ini berdampak baik jika digunakan oleh orang yang tepat dan tidak menyebarkan hal-hal yang buruk bagi sekitarnya.

Anak-anak sekarang ini banyak yang dibebaskan untuk bermain ponsel oleh orang tuanya. Secara tidak langsung anak akan secara bebas untuk mengakses bebagai media yang ada pada media sosial tersebut. Penggunaan media sosial pada anak memang memberikan manfaat, namun juga berdampak negatif jika tidak digunakan dengan bijak.

Sebenarnya boleh saja anak menggunakan ponsel, namun jika masih di bawah usia sudah seharusnya dalam pengawasan orang tuanya. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti beberapa hal yang akan disampaikan dibawah ini.

Dampak Negatif Ketika Anak Bermain Ponsel

Anak-anak yang terlalu sering bermain dengan ponsel dapat mengalami dampak negatif yang signifikan terhadap perkembangan dan kesejahteraan mereka.

Dampak negatif tersebut dapat meliputi gangguan tidur, penurunan kualitas interaksi sosial, serta risiko terhadap masalah kesehatan mental dan fisik.

Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang dampak negatif ini, orang tua dan pengasuh dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membatasi penggunaan ponsel dan mempromosikan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi perkembangan anak.

1. Waktu Tidur Anak tidak Teratur

Penggunaan ponsel atau media sosial dapat berdampak pada kulaitas tidur setiap orang, apalagi pada anak-anak. Rendahnya kualitas tidur akan sangat mempengaruhi keseimbangan tubuh pada anak. Semangat belajarnya akan menurun sehingga mudah lelah dan malas ketika sedang beraktivitas.

2. Mengakibatkan Kecanduan

Media sosial yang sangat marak dengan konten positif maupun dengan konten negatif mampu memberikan kecanduan pada anak-anak. Konten yang tidak di filter terlebih dahulu akan sangat cepat dirangsang oleh anak-anak dengan daya ingat yang baik. Untuk itu peran orang tua sangat penting saat anak bermain ponselnya, sehingga dapat dibatasi dalam mengakses internet suaya tidak terlalu luas.

3. Memberikan Konten Tidak Pantas

Maraknya media sosial membuat berbagai konten akan muncul secara membeludak dengan tidak mementingkan positif dan negatifnya. Banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab membuat anak-anak dengan mudahnya mengakses konten yang tidak pantas tersebut. Konten media sosial yang tidak pantas dapat mempengaruhi sistem pertumbuhan pada otak anak.

Konten yang tidak pantas ini seperti video pornografi, perundungan, pelecehan, dan konten lainnya yang dapat merusak pikiran pada anak. Oleh karena itu, peran orang tua yang baik sangat diperlukan untuk mengatasi hal tersebut.

4. Menurunnya Konsentrasi dan Produktivitas

Anak yang masih dibawah umur sangat memerlukan didikan orang tua untuk menuntun hidupnya agar tidak terjerumus ke pergaulan yang bebas. Anak yang sudah kecanduan bermain ponsel atau media sosial tingkat konsentrasinya kan menurun.

Produktivitas dalam menjalankan aktivitas di kesehariannya juga akan terganggu, karena media sosial akan mendistrak otak anak dengan berbagai tontonan yang sudah dia tonton. Tidak selamanya tontonan anak itu baik, oleh karena itu orang tua harus selalu mendampingi anak saat bermain ponselnya.

5. Gangguan Kesehatan Mental

Anak yang sering menonton konten negatif di platform media sosial cenderung akan memiliki mental yang mudah naik turun. Mental yang sensitif membuat setiap orang yang ingin mendekatinya merasa takut, sehingga anak akan nyaman dengan kesendiriannya itu. Namun, dengan keaadaan anak yang senang menyendiri dapat mengakibatkan mental pada anak mudah turun.

Tanpa adanya interaksi dengan orang maka anak dengan mudahnya mendapat pelajaran hidup yang buruk dari media sosialnya itu sendiri. Anak akan mudah marah jika apa yang diinginkan tidak langsung diberikan oleh orang tuanya.

Hal itu dikarenakan tontonan yang anak tonton mempengaruhi sistem kerja otak untuk berbuat secara nekat dan tidak memperdulikan orang lain.

Memiliki anak memang sebuah anugerah yang Tuhan berikan kepada kita, tinggal kita yang menjalankan amanah itu dengan sebaik mungkin. Menjaga anak agar tetap berada di jalan yang benar memanglah cukup menguras tenaga dan pikiran anda.

Apalagi sebagai orang tua harus siap dengan keaadaan anak yang semakin bertambah usia maka akan banyak rintangannya.

Memantau anak saat bermain ponsel membutuhkan waktu kita untuk meluangkan demi menjaga anak agar tetap menonton konten yang positif. Dengan begitu anak anda akan selalu dalam jalan yang benar dan tidak akan terbawa oleh jejaring sosial yang mengarah ke konten negatif.

Itu tadi seputar dampak negatif pada anak di bawah usia jika menggunakan ponsel secara bebas. Anda sebagai orang tua harus selalu mengawasi anak ketika sedang bermain dengan ponselnya.

Semoga dengan dampak yang sudah dijelaskan tadi, dapat membantu anda untuk mempertimbangkan lagi penggunaan media sosial pada anak di bawah usia.

Perilaku anak yang baik dipengaruhi oleh didikan yang diberikan oleh orang tuanya dan tontonan yang didapat dari media sosial.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

4 Faktor Penyebab Sering Terbangun dalam Keadaan Lapar di Malam Hari, Apakah Kalian Mengalaminya?

Kalian pernah saat tertidur tiba-tiba terbangun karena merasa lapar? Tentu itu adalah hal yang mungkin sering terjadi pada kita. Bangun dalam keadaan lapar di malam hari menjadi pengalaman umum banyak orang. Bagi sebagian orang hal ini sangat wajar ketika mengalaminya. Keadaan seperti itu tentu disebabkan dari berbagai faktor yang memengaruhi. Metabolisme tubuh atau bahkan dari kebiasaan makan yang dilakukan.

4 Faktor Penyebab Sering Terbangun dalam Keadaan Lapar di Malam Hari, Apakah Kalian Mengalaminya?

POJOKNULIS.COM - Kalian pernah saat tertidur tiba-tiba terbangun karena merasa lapar? Tentu itu adalah hal yang mungkin sering terjadi pada kita.

Bangun dalam keadaan lapar di malam hari menjadi pengalaman umum banyak orang. Bagi sebagian orang hal ini sangat wajar ketika mengalaminya.

Keadaan seperti itu tentu disebabkan dari berbagai faktor yang memengaruhi. Metabolisme tubuh atau bahkan dari kebiasaan makan yang dilakukan.

Selain itu juga gaya hidup keseharian menjadi faktor kondisi seperti ini. Namun banyak yang belum menyadari penyebab mereka sering bangun malam dan lapar.

Agar dapat menemukan solusi kondisi ini maka penting untuk tahu penyebab utamanya. Tubuh juga perlu mendapatkan kualitas tidur yang baik untuk keseluruhan.

Tentu saja banyak hal yang sebenarnya perlu diperhatikan dalam situasi seperti ini. Mungkinkah hal ini muncul karena faktor diri sendiri atau unsur yang lainnya?

Yuk simak uraian penyebab utama sering terbangun malam hari dalam keadaan lapar.

1. Konsumsi Makan yang Kurang Sebelum Waktu Tidur

Banyak orang mengonsumsi makanan besar di awal malam dan lanjut tidur setelahnya. Beberapa jam setelah makan, seseorang biasanya akan merasa ngantuk dan tidur.

Keadaan tubuh kemungkinan saat itu langsung memproses makanan tersebut. Oleh sebab itu, perut akan merasakan lapar lagi saat kita bangun tidur.

Makanan yang dikonsumsi sebelum tidur cepat terproses sehingga malamnya perut merasa kosong. Hal ini tentunya sudah biasa dialami oleh kita dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk dapat mengatasinya sebaiknya setelah makan tidak langsung tidur. Dan biasakan makan dengan waktu yang tepat agar tidak merasakan kelaparan.

2. Makan Makanan Tinggi Karbohidrat

Dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat atau gula memicu fluktuasi kadar gula darah. Saat mengonsumi makanan tersebut di malam hari akan menyebabkan timbul rasa lapar.

Rasa lapar yang muncul biasanya tidak tertentu, kebanyakan pada waktu tengah malam. Kondisi tubuh yang baru bangun dari tidurnya lalu merasakan perut yang kosong.

Kenaikan kadar gula darah dalam tubuh juga mengakibatkan perut selalu cepat lapar. Akibatnya dalam waktu yang tidak tertentu kondisi itu bisa selalu terjadi.

3. Kurang Makan dalam Waktu Seharian

Alasan yang paling umum adalah kurangnya makan dalam seharian. Jika memang kalian kurang makan maka kemungkinan besar akan terbangun di malam hari.

Kegiatan fisik yang dilakukan lebih banyak dari biasanya juga menjadi penyebabnya. Meskipun kalian merasa cukup makan tetapi tubuh terus beraktivitas sama saja.

Keadaan tubuh akan cepat lelah dan cadangan makanan pun bisa cepat terproses. Karena kebutuhan tubuh mengenai asupan juga merupakan hal yang penting.

Oleh sebab itu, kita perlu menjaga pola makan dan waktu yang tepat. Akan setidaknya kondisi seperti ini tidak semakin meningkat.

4. Makanan yang Tidak Bergizi

Faktor penyebab lain adalah asupan kalori yang kurang bernutrisi. Kalori yang masuk dalam tubuh tidak memadai di sepanjang hari.

Oleh sebab itu, tubuh selalu memberikan tanda bahwa perut mulai merasakan lapar. Hal tersebut sangatlah berpengaruh untuk kondisi tubuh di malam hari.

Konsumsi kalori yang kurang akan memberikan kecepatan bagi tubuh selalu merasa lapar. Tubuh yang menerima kalori kurang selama jam bangun, kemungkinan memberikan sinyal kelaparan.

Namun hal tersebut merupakan cara untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan dalam tubuh. Energi tersebut yang menjadi fungsi penting dalam proses perbaikan dan aktivitas.

Meskipun di waktu malam hari, rasa lapar muncul juga karena kebutuhan tubuh. Tidak hanya semata-mata disebabkan oleh diri sendiri.

Pejelasan diatas merupakan beberapa penyebab sering bangun malam hari dalam keadaan lapar. Setelah mengetahui penyebabnya kita dapat melakukan usaha untuk mengatasinya.

Kondisi seperti itu bagi sebagian orang cukup merepotkan. Namun dengan segala bentuk cara, kita tentu dapat untuk mengatasinya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Aktivitas Kalian Super Sibuk? Lakukanlah Cara Ini untuk Menjaga Pola Makan Sehat!

Kesehatan tubuh merupakan hal yang penting untuk dijaga dalam kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan, hal yang dapat memengaruhi kesehatan adalah makanan yang dikonsumsi. Pola makan yang sehat akan memberikan energi yang baik bagi tubuh kita. Dengan adanya energi dalam tubuh maka kita pun dapat melakukan aktivitas. Zat gizi juga diberikan dalam tubuh karena pola makan yang sehat. Tubuh akan cenderung berfungsi dengan baik apabila kesehatan selalu mendukung dengan baik.

Aktivitas Kalian Super Sibuk? Lakukanlah Cara Ini untuk Menjaga Pola Makan Sehat!

POJOKNULIS.COM - Kesehatan tubuh merupakan hal yang penting untuk dijaga dalam kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan, hal yang dapat memengaruhi kesehatan adalah makanan yang dikonsumsi.

Pola makan yang sehat akan memberikan energi yang baik bagi tubuh kita. Dengan adanya energi dalam tubuh maka kita pun dapat melakukan aktivitas.

Zat gizi juga diberikan dalam tubuh karena pola makan yang sehat. Tubuh akan cenderung berfungsi dengan baik apabila kesehatan selalu mendukung dengan baik.

Namun sebaliknya, pola makan yang tidak tepat menimbulkan berbagai masalah dalam tubuh. Adanya masalah pencernaan, berat badan tidak stabil, serta peningkatan timbulnya penyakit.

Hal tersebut perlu menjadi perhatian penting bagi kehidupan kita. Khusunya untuk seseorang yang memiliki aktivitas padat sehingga waktunya sangat sibuk.

Meskipun dengan kesibukannya yang banyak, tidak membenarkan bahwa tubuh dibiarkan begitu saja. Penting bagi seseorang yang sibuk untuk menjaga pola makan baik bagi tubuh.

Beriringan dengan aktivitas yang padat, tubuh juga harus diberikan asupan yang benar. Apabila tubuh sehat maka aktivitas pun akan berjalan dengan lancar.

Lalu, bagaimanakah pola makan yang sehat dan tepat bagi tubuh? Terkhusus untuk orang yang super sibuk dalam kesehariannya?

Sudah Bukan Lagi '4 Sehat 5 Sempurna'

Banyak yang menjadikan prinsip “4 sehat 5 sempurna” sebagai slogan kesehatan. Prinsip tersebut tertanam dalam benak kalian ketika ada hal berhubungan dengan makanan.

Akan tetapi, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, slogan tersebut tidak cukup sesuai. Karena kehidupan zaman sekarang tidak cukup pas dengan prinsip tersebut.

Sebagai gantinya, Kementrian Kesehatan kini telah mengeluarkan prinsip Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Prinsip ini menerapkan konsumsi makanan beragam diiringi dengan beberapa hal.

Aktivitas fisik, perilaku bersih, dan pemantauan berat badan beriringan dengan prinsip PGS. Untuk kegiatan pemantauan berat badan tersebut dilakukan secara teratur.

Pedoman ini dikeluarkan untuk memperbaiki prinsip “4 sehat 5 sempurna”. PGS mengatur pola makan yang sehat dengan acuan Tumpeng Gizi Seimbang.

Pada bagian dasar tumpeng yang terlebar berisi bahan makanan pokok. Makanan pokok tersebut yang perlu dikonsumsi dengan jumlah yang paling banyak.

Untuk tingkat selanjutnya, adanya buah dan sayuran. Lalu terdapat lauk-pauk hewani dan sumber protein dan lemak lainnya.

Ukuran yang paling kecil adalah puncak tumpeng yang terdapat gula, minyak serta garam. Kondimen tersebut merupakan asupan yang perlu dibatasi bagi kesehatan tubuh.

Itulah acuan untuk menjaga pola makan yang benar dan sehat. hal tersebut harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain menjaga pola makan, dalam tubuh juga memerlukan cairan. Untuk memenuhi kebutuhannya itu kita dapat minum 8 gelas air setiap hari.

Dilengkapi juga dengan beraktivitas yang baik serta memantau berat badan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan dan kesehatan tubuh.

Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Dengan menerapkan Pedoman Gizi Seimbang sebenarnya sudah membantu memiliki pola makan menyehatkan. Namun, beberapa kebiasaan tertentu dapat memengaruhi proses penerapan ini.

Inilah beberapa tips untuk membantu konsisten menjaga pola makan sehat. Terutama untuk kalian yang memiliki aktivitas padat dan sangat sibuk.

1. Rutin Sarapan

Sarapan merupakan bagian penting yang dilakukan sebelum beraktivitas seharian penuh. Energi dapat diperoleh dengan baik salah satunya rutin bersarapan.

Sarapan juga dapat membantu pencegahan masalah seperti obesitas dan diabetes. Konsumsi makanan saat sarapan juga perlu untuk diperhatikan.

Dibawah ini beberapa jenis makanan baik dikonsumsi untuk sarapan.

  • Makanan mengandung karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah, sereal, atau oatmeal.
  • Makanan tinggi akan serat diantaranya buah, sayur, atau chia seed.
  • Sumper protein misalnya kacang-kacangan, susu, telur, dan yogurt.
  • Sumber lemak sehat seperti alpukat atau kelapa.

2. Konsumsi Makanan Bertinggi Serat

Untuk penerapan pola makanan sehat tambahkan makanan tinggi serat dalam menu harian. Makanan tinggi serat dapat melancarkan pencernaan serta menurunkan adanya penyakit dalam tubuh.

Penyakit stroke, jantung ataupun diabetes dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan mengganti roti tawar putih menjadi roti gandum.

Selain itu juga dapat mengganti menu nasi putih menjadi nasi merah. Disamping itu, serat membantu menjaga berat badan karena rasa kenyang cukup lama.

3. Perbanyak Asupan Buah dan Sayur

Sayur dan buah merupakan hal yang sangat penting menjaga pola makan sehat. Keduanya merupakan sumber serat dan vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Keduanya kaya akan zat antioksidan serta fitokimia yang membantu penuruan risiko penyakit. Setidaknya dalam sehari tubuh diberikan asupan buah dan sayur untuk mendukung kesehatannya.

4. Pola Makan Tepat Waktu dan Teratur

Tidak menunda untuk segera memberikan asupan bagi tubuh adalah sesuatu yang penting. Pasalnya laju metabolisme tubuh dapat berubah pada waktu tertentu.

Pada malam hari misalnya metabolisme tubuh mulai menurun karena sudah merasakan lelah. Oleh karena itu dianjurkan untuk makan sebelum waktu menuju malam hari.

Makan dengan teratur juga dapat membuat tubuh mengontrol koleterol. Selain itu juga dapat menurunkan risiko terjadinya obesitas.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Sesibuk apapun aktivitasnya, kesehatan tetap menjadi prioritas dalam kehidupan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Anda Seorang Backpacker? Gunakan Tips Ini Agar HP Hemat Baterai

Saat melakukan perjalanan wisata, sangat malas rasanya ketika tiba-tiba gawai kita mengalami habis baterai. Hal ini akan membuat anda kesulitan karena semua jadwal perjalanan, tiket, bahkan tempat mana saja yang akan anda kunjungi berada di dalam gawai tersebut. Dalam bepergian, kita tentunya memerlukan gawai untuk berbagai aktivitas. Jika bataerai gawai terlalu boros, akan menyulitkan kita dalam bepergian. Berikut cara menghemat baterai gawai anda.

Anda Seorang Backpacker? Gunakan Tips Ini Agar HP Hemat Baterai

POJOKNULIS.COM – Saat melakukan perjalanan wisata, sangat malas rasanya ketika tiba-tiba gawai kita mengalami habis baterai. Hal ini akan membuat anda kesulitan karena semua jadwal perjalanan, tiket, bahkan tempat mana saja yang akan anda kunjungi berada di dalam gawai tersebut.

Ada beberapa cara dalam menghemat baterai HP Android dengan mudah. Salah satu caranya adalah mengurangi cahaya pada layer gawai. Namun, tidak hanya cara itu yang membuat gawai anda menjadi hemat baterai.

Ada beberapa cara lagi sehingga gawai anda akan tetap dapat digunakan selama di perjalanan dan baterai menjadi jauh lebih hemat. Menarik untuk dibahas bukan? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar baterai gawai anda tidak boros:

1. Aktifkan Mode Power Saving

Cara pertama yang dapat anda lakukan dan tentunya yang paling sederhan adalah aktifkan mode Power Saving. Hampir semua smartphone sudah di lengkapi dengan mode ini.

Mode ini ada tentunya berfungsi untuk mengurangi daya guna baterai dan waktu pemakaian gawai akan semakin lama. Untuk mengaktifkan mode ini, anda pertama masuk kepada pengaturan, kemudian cari mode “Power Saving” atau “Saving Mode”, Terakhir tekan tombol toggle ke “ON”.

Setelah mengaktifkan mode tersebut, jaringan pnsel anda akan terbatas, syncing, layanan lokasi, serta mengurangi refresh rate layer.

2. Kurangi Cahaya pada Ponsel

Cara kedua dalam menghemat gawai android anda adalah mengurangi tingkat cahaya atau sinar layar. Smarthphone atau gawai tentunya telah memiliki layar yang besar dan sudah terang.

Agar cahaya tidak terlalu terang, pertama anda harus masuk ke menu dan buka “Display Settings”. Kemudian, turunkan tingkat brightness pada layar gawai. Anda harus mematikan mode Auto brightness agar dapat berfungsi. Setelah melakukan hal ini, baterai akan menjadi lebih hemat meski digunakan secara terus-menerus.

3. Matikan Location Service

Selanjutnya adalah dengan mematikan fungsi lokasi dimana anda berada. Anda juga harus melakukan pencabutan izin lokasi pada aplikasi yang meminta lokasi setiap saat.

Untuk melakukan itu, anda dapat membuka menu “Settings”>”Location”>”Apps Permissions”. Dengan membuha menu itu, anda dapat melihat aplikasi yang telah diizinkan untuk menggunakan data lokasi.

Terakhir, tekan pilihan “Allow only while using the app” atau “Don’t allow.”

4. Ganti ke Dark Mode

Ponsel pintar anda sudah menggunakan AMOLED? Ada cara khusus dalam menghemat baterai gawai android anda untuk khusus jenis layar ini.

Nama mode nya adalah dark theme. Karena layar AMOLED mampu mengaktifkan piksel individual, layar hitam pekat akan mengurangi konsumsi baterai dari pada layar biasa atau putih.

Anda dapat mengaktifkan Dark Mode di beberapa aplikasi seperti Youtube, WhatsApp, twitter, maupun Gmail.

5. Mengontrol Notifikasi

Gawai anda terkadang terlihat memiliki banyak notfikasi di layar. Dari mulai aplikasi chatting hinggs socmed. Banyak notifikasi yang muncul padahal anda tidak memerlukan notifikasi tersebut.

Notifikasi yang bermunculan ternyata berpengaruh dengan baterai yang menyebabkan lebih cepat berkurang. Agar hal tersebut dapat dikurangi mulailah dengan memilah notifikasi yang menurut anda kurang penting, kemudian nonaktifkan notifikasi.

6. Gunakan Airplane Mode

Airplane mode biasanya digunakan saat anda berada di dalam pesawat. Beberapa orang juga menggunakan cara ini disaat tidur malam.

Airplane Mode menjadi salah satu cara dalam menghemat baterai gawai Android. Apalagi jika sinyal gawai anda sedang tidak bagus.

Karena sinyal yang tidak bagus, gawai akan terus berusaha mencari sinyal jaringan yang menyebabkan membebani baterai. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan Airplane Mode.

7. Atur Lockscreen

Cara ini merupakan cara yang mudah. Cukup tampilkan informasi dasar seperti waktu dan tanggal yang dimunculkan saat layar mati.

Cara ini akan menghemat baterai karena sedikitnaya daya yang terserap saat layar gawai mati.

8. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Kebiasaan para pengguna gawai Android biasanya adalah melakukan sinkronisasi untuk beberapa aplikasi. Contohnya email, media sosial, dan sebagainya.

Ternyata, hal ini akan mengurangi daya tahan baterai gawai anda dengan lebih cepat. Anda dapat melakukan dengan mematikan setelan tersebut serta cukup melakukan sinkronisasi di saat penggunaan aplikasi tersebut.

9. Hentikan Aplikasi yang Berjalan pada Background

Sejumlah aplikasi akan tetap berjalan pada background dengan tanpa anda sadari. Tidak heran gawai anda akan tiba-tiba mati karena kehabisan daya.

Maka dari itu, biasakan menonaktifkan aplikasi saat tidak digunakan. Sehingga baterai anda akan lebih hemat.

Itulah cara-cara dalam menghemat penggunaan gawai anda. Sehingga, baterai yang pada gawai anda akan hemat dan bisa digunakan kemanapun

Tentunya, cara-cara ini sangat berguna bagi anda saat sedang berada di luar kota ataupun menjadi backpacker. Karena, dengan cara tersebut, anda tidak perlu repot-repot sering mencari tempat mengisi daya baterai.

Memang ada acara lain mengis daya yaitu membawa powerbank, namun cara tersebut tentunya masih menjadi kendala karena powerbank memiliki daya yang terbatas.

Jadi, gunakanlah gawai secara efektif selama berada di luar kota. Sehingga, informasi yang anda perlukan akan tetap ada karena gawai anda memiliki daya baterai yang kuat.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tips Make up Lebaran Simple Pemula

Siapa sih yang ngga mau tampil cantik saat Lebaran? tampil cantik dan menarik pasti menjadi impian perempuan. Dengan memakai make up akan membuat kalian kesan elegan. Sekaligus membuat kalian menjadi percaya diri ketika bertemu dengan saudara dengan make up yang simple. Nah supaya penampilan kalian terlihat menarik dan natural, ada beberapa tips make up lebaran untuk pemula simak arikel berikut.

Tips Make up Lebaran Simple Pemula

POJOKNULIS.COM - Setelah berpuasa full selama bulan ramadan, kita akan menyambut hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri. Siapa sih yang ngga mau tampil cantik saat Lebaran? tampil cantik dan menarik pasti menjadi impian perempuan.

Kalian akan bertemu banyak saudara dan kerabat kalian, saat lebaran nanti. Pastinya kalian ingin tampil cantik dan menarik. Kalian menggunakan baju yang paling bagus dan pastinya agar terlihat cantik kalian perlu riasan wajah.

Dengan memakai make up akan membuat kalian kesan elegant membuat kalian menjadi percaya diri ketika bertemu dengan sodara dengan make up yang simple.

Nah supaya penampilan kalian terlihat menarik dan natural, ada beberapa tips make up lebaran untuk pemula simak arikel berikut.

Step By Step Make up Lebaran Simpel Pemula

Berikut tips make up untuk pemula yang bisa kalian ikuti sagar terlihat fresh, natural dan cantik :

1. Basic Skincare

Sebelum make up kalian wajib menggunakan skincare terlebih dahulu minimal pakai moisturizer dan sunscreen agar make up nanti lebih tahan lama dan hasilnya flowles tanpa ngecrack. Kalian wajib pake sunscreen terlebih dahulu karena nanti saat lebaran kalian akan seharian full diluar rumah untuk bersilahturahmi dan pastinya akan terkena sinar matahari.

Kalian juga wajib menggunakan skincare karena setelah cuci muka, muka kalian akan menjadi kering jika langsung di timpa make up, make up kalian tidak akan menempel dan ngecrack.

2. Primer

Setelah kalian merasa bahwa skincare sudah meresap ke kulit wajah. Selanjutnya, kalian gunakan primer supaya pori-pori di wajah kalian tersamarkan. Untuk pemakaian primer ini tidak perlu satu area wajah cukup gunakan primer pada bagian tertentu seperti hidung, dahi, jidat ataupun bagian kulit wajah kalian yang memiliki pori pori besar.

Kalian bisa memakai primer apa saja bebas sesuai dengan jenis kulit kalian, pastikan kalian pake primer, karena bener-bener ngaruh banget hasil make up lebih mulus. Fungsi dari primer ini sendiri selain menyemarakkan pori-pori juga supaya make up kalian bertahan lebih lama pada area wajah yang berminyak.

3. Eyebrow atau Pensil alis

Lanjut pakai pensil alis atau eyebrow, pilihlah warna pensil alis yang sesuai dengan alis kalian. Bingkai alis sesuai dengan bentuk alis kalian lalu isi bagian tengah alis dengan tipis.

Sebelum kalian menggunakan pensil alis sebaiknya sisir terlebih dahulu alis kalian. Gambar alis sesuai alis asli kalian dan jangan terlalu agar wajah kalian terlihat natural dan fresh saat lebaran.

4. Concealer

Jika sudah selesai membuat alis rapihkan pinggir alis kalian menggunakan concealer. Ini gunanya untuk menutupi area bawah mata kalian, pojok hidung, bintik hitam dan bekas jerawat.

Fungsi Concealer ini untuk menutupi kantong mata kalian yang menghitam ataupun bekas jerawat kalian. Concealer ini opsional bisa kalian gunakan atau kalian lewati.

5. Cushion

Custhion keseluruh wajah sampai merata,kenapa harus Custhion? karena pastinya buat kalian pemula akan lebih gampang pemakaiannya dan juga simple ngga butuh waktu lama. Nah setelah primer, mulai gunakan cushion, pilihlah cushion yang minim oksidasi.

Cara menggunakannya jangan digeser tetapi di tap tap perlahan pada wajah, pastikan warna custhion ini sesuai dengan warna kulit kalian.

6. Loose power atau Bedak tabur

Pake loose powder atau bedak padat untuk mengunci cushion yang tadi sudah kalian pakai . Loose powder ini bertujuan untuk serta mengurangi minyak.

Cukup gunakan sedikit aja tidak perlu yang berlebihan atau terlalu tebal. Karena akan seharian keluar rumah lebih baik jika menggunakan loose powder supaya minyak di wajah lebih sedikit.

7. Eyeshadow

Eyeshadow pilih warna sesuai yang kalian suka, sesuaikan lagi dengan hasil make up yang kalian mau. Nah untuk pemula Kalian bisa menggunakan eyeshadow berwarna natural soft karena eyeshadow ini penentu make up mata kalian.

Ambil sedikit warna eyeshadow menggunakan kuas lalu gunakan pada kelopak mata dan ratakan. Eyeshadow ini cukup mudah tapi jika pemilihan warna salah akan membuat hasil make up kalian terlihat lebih tua.

8. Eyeliner

Gunakan eyeliner agar mempertegas ujung mata kalian. Eyeliner ini mungkin akan susah bagi pemula. Kalian bisa menonton tutorial menggunakan eyeliner terlebih dahulu dan mencoba berkali kali sebelum hari lebaran.

9. Maskara

Sebelum menggunakan maskara pastikan jepit dulu bulu matanya pakai penjepit bulu mata. Setelah itu lanjutkan pakai maskara dari pangkal bulu mata ke ujung. Kalian bisa gunakan 2 sampai 3 lapis supaya bulu mata kalian lebih hitam lentik dan cetar, gunakan maskara juga pada bulu mata bagian bawah.

10. Lip Cream

Terakhir kalian bisa gunakan lip cream atau lipstik sesuai warna yang cocok dengan hasil make up kalian. Ada baiknya sebelum menggunakan lip cream kalian pakai lip balm be spf untuk melindungi bibir mu dan tetap lembab.

11. Setting Spray

Wajib hukum supaya make up lebih awet, fungsi setting spray untuk mengunci seluruh make up mu bertahan lama. cara menggunakannya yaitu di semprot ke wajah tapi jangan terlalu dekat dan cukup 2 kali semprotan

Nah, itulah beberapa tips make up lebaran untuk pemula yang bisa kalian ikuti agar terlihat cantik saat lebaran. Jangan lupa gunakan make up yang berlebihan disesuikan dengan tampilan kalian.

semoga ulasan ini bermanfaat dan membantu kalian.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories