Antara Cleansing Balm, Cleansing Oil, dan Micellar Water, Manakah yang Baik untuk Membersihkan Makeup di Wajah?

Anda bisa menggunakan cleansing balm, cleansing oil, ataupun micellar water untuk membersihkan makeup di wajah. Artikel ini akan membahas perbedaan dari ketiga produk tersebut dan mencari tahu mana yang lebih baik di antara mereka sehingga Anda tahu mana yang akan cocok digunakan bagi kulit wajah Anda.

Antara Cleansing Balm, Cleansing Oil, dan Micellar Water, Manakah yang Baik untuk Membersihkan Makeup di Wajah?

POJOKNULIS.COM - Saat musim panas tiba, memiliki wajah yang bebas minyak serta bersih akan menjadi prioritas Anda. Double cleansing merupakan teknik perawatan kulit yang populer dalam komunitas kecantikan dengan melibatkan membersihkan wajah sebanyak dua kali.

Sekali dengan pembersih berbahan dasar minyak untuk menghilangkan riasan membandel, sunscreen, dan kotoran, lalu dengan pembersih wajah biasa untuk menghilangkan sisa minyak.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara melawan minyak berlebih yang ada di wajah, tetapi orang Korea sebenarnya tertarik pada sesuatu ketika mereka memikirkan hal ini.

Logikanya adalah minyak menarik minyak, artinya riasan tahan air atau SPF tidak akan hilang hanya dengan pembersih wajah sederhana.

Hal ini adalah dunia baru dalam hal produk pembersih. Jika Anda mencari hal tersebut secara online maka akan menunjukkan hasil dan istilah yang mungkin membingungkan Anda.

Anda akan menemukan cleansing balm, cleansing oil dan micellar water semuanya menjanjikan hasil yang sama. Artikel ini akan membahas perbedaan dari ketiga produk tersebut dan mencari tahu mana yang lebih baik di antara mereka sehingga Anda tahu mana yang akan cocok digunakan bagi kulit wajah Anda.

Apa itu Cleansing Balm?

Cleansing balm merupakan produk pembersih wajah yang bertekstur balm dan dapat meleleh serta berubah menjadi minyak yang memecah penumpukan kotoran, sunscreen, dan produk makeup yang tahan air.

Apa itu Cleansing Oil?

Cleansing oil merupakan produk pembersih wajah yang diperkaya dengan bahan-bahan bergizi seperti minyak biji anggur, bunga matahari, atau dedak padi yang melembabkan dan membersihkan kulit sekaligus.

Produk ini secara efektif menghilangkan riasan tahan yang air, sunscreen, dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat selama pembersihan pertama.

Cleansing Balm vs Cleansing Oil

Jika dilihat dari tujuan utamanya, cleansing balm dan cleansing oil adalah satu kesatuan—keduanya merupakan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak—tetapi perbedaan keduanya terletak pada tekstur dan kemasannya.

Cleansing balm berbentuk padat dan tersedia dalam kemasan praktis, biasanya dilengkapi dengan spatula untuk membantu menyendok produk sehingga mudah dibawa bepergian.

Namun, produk ini mengharuskan Anda untuk melelehkannya di antara telapak tangan sebelum mengaplikasikan ke wajah dan menjadikan minyak ini pilihan yang relatif lebih nyaman karena tersedia dalam bentuk cair dalam botol pompa.

Bagaimana dengan micellar water?

Sebelum pembersih berbahan dasar minyak dipopulerkan oleh K-beauty, micellar water adalah pilihan utama untuk pembersihan pertama pada wajah dan terus menjadi metode yang nyaman dan bebas repot untuk menghilangkan kotoran dan riasan di wajah.

Meskipun micellar water tampak seperti air biasa, air ini terdiri dari molekul lipid kecil (micellar) yang tersuspensi dalam cairan dan dapat menarik semua minyak dan kotoran dari kulit Anda untuk menjadikannya segar.

Hal ini adalah penyelamat hidup, terutama pada malam-malam ketika Anda terlalu lelah untuk melakukan beberapa langkah rutinitas perawatan kulit dan akan membantu Anda menghilangkan riasan hanya dalam beberapa usapan dan gesekan.

Apa yang harus Anda gunakan?

Jika kulit wajah Anda tidak mudah berjerawat, pembersih berbahan dasar minyak adalah pilihan yang baik untuk Anda, apa pun jenis kulit Anda.

Mereka yang memakai sunscreen berbahan kimia dan kedap air atau riasan tebal akan mendapatkan manfaat dari cleansing oil dan cleansing balm yang lembut namun efektif.

Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif atau rentan berjerawat sebaiknya menggunakan micellar water karena proses pemijatan dan pengemulsi minyak atau balm yang lama bisa jadi terlalu keras bagi sebagian orang.

Ditambah lagi, jika Anda menggunakan riasan minimal atau tidak sama sekali, maka micellar water sudah cukup untuk menghilangkan kotoran di wajah Anda.

Jika Anda masih bingung dengan produk apa yang tepat untuk membersihkan kulit wajah Anda, sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter kulit Anda untuk mengetahui formula mana yang paling cocok untuk kulit Anda.

Dengan demikian, memahami perbedaan antara cleansing balm, cleansing oil, dan micellar water dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda.

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak atau sering menggunakan riasan tahan air, baik cleansing balm maupun cleansing oil bisa menjadi pilihan yang efektif untuk membersihkan wajah Anda secara menyeluruh.

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap jerawat, micellar water mungkin menjadi solusi yang lebih lembut dan efisien.

Tetapi, apapun pilihan Anda, yang terpenting adalah memastikan bahwa produk yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

Jadi, jika Anda masih bingung atau ragu tentang produk mana yang tepat untuk Anda, konsultasikanlah dengan dokter kulit Anda. Dengan begitu, Anda dapat merancang rutinitas perawatan kulit yang efektif dan sesuai dengan kondisi kulit Anda, sehingga wajah Anda tetap bersih, segar, dan sehat di musim panas maupun musim lainnya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Pemula Wajib Baca! Ini Tips Buat Kalian yang Pertama Kali Naik Gunung

Banyak hobi yang bisa kalian lakukan ketika waktu luang. Hobi-hobi tersebut meliputi kegiatan indoor maupun outdoor. Salah satu hobi outdoor yang cukup populer di kalangan anak muda yaitu mendaki gunung. Mendaki gunung merupakan sebuah hobi yang dapat memacu adrenalin. Banyak rintangan-rintangan yang harus kalian hadapi selama perjalanan, seperti binatang buas, medan terjal, hingga cuaca yang ekstrim. Sebelum mendaki gunung, kita harus memperhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan, apalagi sebagai pendaki pemula. Hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti mempersiapkan fisik dan mental, memilih lokasi dan mencari tahu mengenai medan yang dilalui, cek perizinan, persiapkan peralatan untuk mendaki, cari teman mendaki bagi pemula, gunakan pakaian yang sesuai, cek prakiraan cuaca, dan lain sebagainya.

Pemula Wajib Baca! Ini Tips Buat Kalian yang Pertama Kali Naik Gunung

POJOKNULIS.COM - Banyak hobi yang bisa kalian lakukan ketika waktu luang. Hobi-hobi tersebut meliputi kegiatan indoor maupun outdoor. Disini penulis akan membahas salah satu hobi yang bisa kalian lakukan bagi kalian yang pecinta alam, yaitu mendaki gunung.

Mendaki gunung merupakan sebuah hobi yang dapat memacu adrenalin kalian. Banyak rintangan-rintangan yang harus kalian hadapi selama perjalanan. Binatang buas, medan terjal, hingga cuaca yang ekstrim bisa menjadi tantangan yang harus kalian lewati.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal sebelum kita mulai mendaki gunung.

1. Siapkan Fisik dan Mental Kalian dengan Matang

Ketika mendaki gunung, kita perlu menempuh jarak yang jauh dan waktu yang lama. Tanpa persiapan fisik dan mental yang matang, kalian akan kesulitan untuk mencapai ke puncak.

Jangan sampai kalian kurang tidur apalagi begadang ketika ingin mendaki gunung.

2. Tentukan Lokasi dan Cari Tahu Medan

Sebelum kalian mendaki, tentukan lokasi gunung yang ingin kalian naiki. Setelah kalian memilih, cari tahu medan seperti apa yang akan kalian lewati.

Hal ini perlu diperhatikan apalagi ketika kalian baru pertama kali mendaki gunung.

3. Cek Perizinan Gunung yang Kalian Pilih

Dalam memilih gunung yang ingin didaki, kita juga perlu mengecek perizinan pada pihak yang bertanggung jawab. Sebab, pada beberapa gunung terkadang perlu perizinan sebelum melaksanakan pendakian.

4. Bawa Peralatan Mendaki Gunung secara Lengkap

Ketika mendaki gunung, kita perlu untuk memastikan peralatan-peralatan yang akan kita bawa.

Alat-alat yang wajib kalian bawa ketika mendaki gunung, meliputi GPS, P3K, persediaan makanan dan minuman yang cukup, body lotion anti serangga, alat masak, dan lain sebagainya.

5. Cari Teman yang Berpengalaman dan Memahami Medan

Hal ini merupakan salah satu hal yang wajib kalian lakukan ketika pertama kali mendaki gunung. Jangan salah pilih teman apalagi solo hiking bagi kalian yang baru pertama kali mendaki gunung.

Teman yang berpengalaman akan mengajarkan hal-hal yang bermanfaat dan tips ketika sedang mendaki.

6. Gunakan Pakaian Sesuai Ketentuan

Jangan sekali-kali kalian mendaki gunung hanya menggunakan pakaian seadanya. Gunakan jaket serta sepatu yang sesuai ketika sedang mendaki.

Cuaca yang tidak menentu dan medan yang ekstrim akan kalian lewati, sehingga hal ini sangat perlu diperhatikan.

7. Cek Prakiraan Cuaca Sebelum Memulai Mendaki

Cuaca yang tidak pasti akan menjadi salah satu penghadang yang harus kalian lewati. Ketika cuaca sedang berkabut atau hujan sangat lebat, disarankan untuk menunda dan mengganti di hari lain. Memaksakan tetap mendaki di cuaca yang ekstrim akan sangat beresiko.

8. Istirahatlah Ketika Kalian Lelah

Jangan paksakan fisik kalian ketika mendaki gunung, istirahat ketika kalian mulai merasa lelah. Ketika kalian mendaki gunung, manfaatkan setiap posko yang kalian lewati untuk beristirahat.

Memaksakan fisik ketika kalian mendaki gunung, akan sangat berbahaya bagi diri kalian sendiri bahkan teman mendaki kalian.

9. Hormati Peraturan yang Tertulis dan Tidak Tertulis

Banyak peraturan yang harus kalian patuhi ketika sedang mendaki gunung, seperti jangan buang sampah sembarangan, jangan membunuh hewan apapun di gunung tersebut, jangan tinggalkan barang apapun, dan lain-lain.

Nah, itu tadi beberapa tips ketika kalian baru pertama kali mendaki gunung. Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang menyehatkan karena seluruh badan akan bergarak selama perjalanan.

Buat kalian yang belum pernah mendaki dan ingin mendaki, perlu memperhatikan beberapa tips tadi, ya. Jangan sampai kalian salah langkah yang dapat berakibat fatal untuk diri kalian sendiri.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

5 Manfaat Langsung Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Selama waktu tidur panjang dimalam hari otomatis tubuh berpuasa sepanjang waktu tidur tersebut kondisi perut kosong ini membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi saat terbangun dari tidur akibat semalaman berpuasa alasan lainnya tubuh menyerap air lebih cepat sehingga penting untuk segara minum air putih saat bangun tidur

5 Manfaat Langsung Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

POJOKNULIS.COM - Siapa yang ketika bangun tidur langsung minum air putih? Masih banyak orang yang beranggapan bahwa bangun tidur langsung minum air putih dianggap sebagai kebiasaan jorok karena belum menggosok gigi.

Padahal minum air putih pas bangun tidur itu bukan sebuah kebiasaan jorok justru sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Waktu yang baik untuk minum air putih yaitu saat bangun tidur sebanyak dua gelas air putih untuk membantu proses detoks dalam tubuh.

Selain itu, waktu lainnya yakni satu gelas air putih sebelum makan makan, untuk membantu proses pencernaan dan membatasi rasa lapar supaya tidak terlalu kenyang saat makan.

Selama waktu tidur panjang dimalam hari otomatis tubuh berpuasa sepanjang waktu tidur tersebut kondisi perut kosong. Hal ini membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi saat terbangun dari tidur akibat semalaman berpuasa.

Alasan lainnya tubuh menyerap air lebih cepat sehingga penting untuk segara minum air putih saat bangun tidur. Yang perlu kita tahu dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Jadi perlu mendapatkan rehidrasi dengan minum air putih sesegera mungkin setelah bangun tidur.

Minum air putih setelah bangun tidur juga membantu kamu dalam membangun rutinitas yang sehat dan juga manfaat lainya seperti ;

1. Melancarkan BAB

Minum air putih saat perut kosong juga dapat membersihkan perut di pagi hari. Sehingga proses pembuangan kotoran pada usus atau perut akan lebih lacar, pembuangan kotoran melalui buang air besar akan lebih mudah sekaligus mendetoks organ pencernaaan kita.

2. Membantu menghilangkan racun

Minum air putih setelah bangun tidur dapat menjadi detoks tubuh yaitu mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami yang dikeluarkan melalui urine serta keringat.

3. Membantu mencegah dan mengurangi sakit kepala

Migran merupakan sakit kepala yang salah satu penyebabnya adalah kekurangan cairan tubuh. Kebiasaan Minum air putih setelah bangun tidur dan saat perut masih kosong dapat mengurangi dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala.

4. Membantu membersihkan usus

Minum air putih saat bangun tidur pagi hari, maka dampak positif minum air putih pagi hari saat bangun tidur yaitu dapat menguraikan sisa makanan pada usus, dan penyerapan nutrisi makanan akan berjalan dengan baik.

5. Membantu menurunkan berat badan

Membiasakan minum air putih setelah bangun tidur bisa meningkatkan metabolisme tubuh, minum air putih dapat memisahkan rasa haus dan rasa lapar sehingga bisa mengontrol rasa ingin ngemil.

Minum air putih untuk mencegah dehidrasi, tetap fokus dan semangat jadi dipastikan supaya kebutuhan air minum kita tercukupi minimal 8 gelas perhari.

Dengan memperhatikan manfaat besar dari kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur, jelaslah bahwa ini bukanlah sekadar mitos atau kebiasaan jorok seperti yang banyak orang anggap.

Tindakan sederhana ini memiliki dampak besar bagi kesehatan tubuh kita. Selain membantu proses detoksifikasi, minum air putih saat bangun tidur juga memiliki sejumlah manfaat lain, seperti melancarkan pencernaan, menghilangkan racun, membersihkan usus, mencegah sakit kepala, bahkan membantu dalam penurunan berat badan.

Jadi, mari kita teruskan kebiasaan sehat ini untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar. Ingatlah, dengan rutin minum air putih, kita memberikan perlindungan terbaik bagi kesehatan kita.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tips Mudah Budidaya Lele di Kolam Beton bagi Pemula

Tips mudah budidaya lele di kolam beton bagi pemula memberikan panduan untuk memulai usaha perikanan yang menjanjikan. Pemula dapat mengikuti tips mudah budidaya lele di kolam beton sebagai langkah awal menuju kesuksesan dalam bisnis budidaya ikan.

Tips Mudah Budidaya Lele di Kolam Beton bagi Pemula

POJOKNULIS.COM - Budidaya ikan lele merupakan salah satu kegiatan yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk pemula. Berbudidaya ikan lele bisa menjadi awal mula Anda menggeluti dunia budidaya ikan.

Walaupun budidaya ikan lele dapat dikatakan mudah, Anda tetap harus mengetahui dan mengerti bagaimana cara membudidayakan ikan lele dengan benar.

Salah satu metode yang dapat Anda lakukan adalah budidaya di kolam beton. Bagi para pemula yang ingin memulai budidaya lele di kolam beton, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang dapat Anda diikuti:

1. Persiapan Kolam Beton

Sebelum Anda memulai budidaya ikan lele di kolam beton, pastikanlah kolam beton telah siap digunakan. Bersihkan kolam secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran dan zat-zat berbahaya lainnya. Pastikan juga kolam memiliki sirkulasi air yang baik untuk memastikan kualitas air tetap terjaga.

2. Pemilihan Bibit Lele yang Berkualitas

Pilih bibit lele yang berkualitas dari peternak terpercaya. Pastikan bibit memiliki ukuran yang sama dan sehat. Hal ini akan mengurangi risiko gangguan kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan ikan secara merata.

Jika pertumbuhan ikan lele tidak merata, ikan lele yang memiliki ukuran lebih besar akan memakan ikan lele yang lebih kecil. Karena ikan lele dikenal memiliki kecenderungan kanibalisme.

3. Pengaturan Kualitas Air

Kualitas air yang baik sangat penting dalam budidaya lele. Faktor kualitas air dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ikan lele. Pastikan pH air kolam beton Anda berada dalam rentang yang ideal yaitu (antara 6,5 hingga 7,5), suhu air stabil, dan kadar oksigen mencukupi.

4. Pemberian Pakan yang Berkualitas

Berikanlah pakan yang berkualitas kepada ikan lele Anda. Pilihan pakan bisa bervariasi mulai dari pakan buatan hingga pakan alami seperti cacing atau pelet terbuat dari bahan organik. Pastikan pakan diberikan secara teratur dan dengan jumlah yang cukup untuk mendukung pertumbuhan optimal pada ikan lele Anda.

5. Pemeliharaan Kolam yang Rutin

Lakukan pemeliharaan kolam beton Anda secara rutin untuk menjaga kebersihan kolam beton dan kesehatan ikan lele. Kolam ikan lele yang kotor dapat mengakibatkan ikan lele Anda tidak sehat atau mati.

6. Monitoring Pertumbuhan dan Kesehatan Ikan

Selalu awasi pertumbuhan dan kesehatan ikan lele Anda secara berkala. Perhatikan apakah ada tanda-tanda penyakit atau stres pada ikan lele, dan ambil tindakan yang diperlukan segera. Catat juga perkembangan pertumbuhan ikan lele Anda sebagai bahan evaluasi dan perbaikan di masa mendatang, jika anda ingin membudiyakan ikan lele kembali.

7. Konsultasi dan Belajar dari Pengalaman

Janganlah Anda ragu untuk berkonsultasi dengan para ahli atau peternak lele yang lebih berpengalaman dalam budidaya lele di kolam beton. Mereka dapat memberikan tips tambahan dan solusi atas masalah yang mungkin akan muncul dalam membudidayakan ikan lele.

Selain itu, teruslah belajar dan memperbarui pengetahuan Anda tentang budidaya ikan lele untuk meningkatkan hasil secara berkelanjutan.

Dengan mengikuti tips-tips mudah di atas, diharapkan para pemula dapat memulai budidaya lele di kolam beton dengan lebih percaya diri. Meskipun mungkin terdapat tantangan dan hambatan di awal, kesungguhan dan dedikasi dalam menerapkan langkah-langkah yang tepat akan membawa seorang pemula budidaya ikan lele menuju kesuksesan.

Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang berguna bagi para calon peternak lele pemula, membantu mereka memulai langkah pertama dalam meraih impian mereka dalam dunia budidaya ikan lele.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Ingin Berat Badan Turun Cepat? Ikuti Diet Tiongkok

Akhir-akhir ini, masyarakat banyak memperbicangkan mengenai diet yang sedang viral. Diet ini sendiri juga viral di media sosial. Diet ini sendiri dikatakan mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Orang yang menjalanlan diet ini dapat turun hingga 10 kilogram dalam 5 hari.Diet Tiongkok merupakan diet yang diperkenalkan oleh seseorang asal China. Bagaimana cara melakukan Diet Tiongkok? Berikut penjelasannya.

Ingin Berat Badan Turun Cepat? Ikuti Diet Tiongkok

POJOKNULIS.COM - Akhir-akhir ini, masyarakat banyak memperbicangkan mengenai diet yang sedang viral. Diet ini sendiri juga viral di media sosial.

Diet ini sendiri dikatakan mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Orang yang menjalanlan diet ini dapat turun hingga 10 kilogram dalam 5 hari. Diet ini adalah diet Tiongkok. Berikut adalah penjelasan diet tiongkok.

Diet Tiongkok

Diet ini diawali video viral dari Xiao Hong Shu yang diupload di media sosial mirip Instagram dari China. Dalam video tersebut, ia mengaku berhasil menurunkan 10 kilogram hanya dalam waktu kurang dari satu minggu.

Diet ini dilakukan dengan hanya mengonsumsi satu jenis nutrisi dan makanan dalam sehari. Selama lima hari, pelaku yang melakukan diet ini akan menyantap makanan yang tentunya berbeda-beda, bisa dengan protein, sayuran, buah maupun cairan.

Mnurut sumber Daily Vanity, diet ini berfokus pada seseorang yang hanya mengonsumsi satu jenis makanan yang bernutrisi dalam sehari. Berikut adalah menu diet Tiongkok yang sedang viral :

Menu Diet Tiongkok

Menemukan pola makan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang yang ingin menjalani diet sehat. Salah satu pilihan yang menarik adalah dengan mengadopsi menu diet Tiongkok.

Dikenal karena keseimbangan nutrisinya dan beragam jenis makanannya, menu diet Tiongkok menawarkan pendekatan yang unik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Disini akan dijelaskan berbagai aspek dari menu diet Tiongkok, termasuk jenis makanan yang umumnya disantap, prinsip dasar yang mendasarinya, serta manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengikuti pola makan ini.

1. Hari Pertama: Telur

Telur merupakan makanan yang dikonsumsi pada hari pertama. Disarankan dalam satu hari mengonsumsi dua hingga tiga telur rebus untuk sarapan, kemudian telur ceplok atau dadar untukn makan siang, dan makan malam mengonsumsi telur kukus.

Telur dikenal sebagai sumber protein terbaik, serta telur memiliki banyak nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tetapi, pada telur ada kandungan kolesterol yang ditemukan pada kuning telur. American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi telur paling banyak tujuh butir dalam seminggu.

2. Hari Kedua: Air

Pada diet hari kedua, hanya diperbolehkan mengonsumsi cairan sepanjang hari. Dilarang untuk mengonsumsi makanan padat.

Ada beberapa jenis minuman yang direkomendasikan diantaranya adalah yogurt, susu, susu kedelai, dan juga kopi. Disarankan agar minuman tidak menggunakan gula tambahan agar lebih efektif.

3. Hari ketiga: Daging

Setekah tidak mengonsumsi makanan padat pada hari sebelumnya, pada hari ketiga dibolehkan untuk memakan daging.Daging yang dimaksudkan disini adalah daging sapi, seafood, dan juga ayam.

Namun, sumber-sumber protein disini harus diolah dengan cara yang sehat. Bisa dilakukan dengan dikukus, dipanggang, maupun ditumis. Hindari dengan cara menggoreng daging karena daging akan mengandung terlalu banyak minyak.

4. Hari Keempat: Buah

Setelah anda berpesta dengan daging, pada hari kelima adalah mengonsumsi buah. Ada beberapa buah yang direkomendasikan diantaranya adalah apel, jeruk, anggur, ceri, semangka, ataupun buah delima.

Namun, hindari buah yang memiliki kandungan gula dan kalori tinggi seperti durian dan leci.

5. Hari kelima: Sayuran

Pada hari terakhir, dianjurkan untuk memakan sayuran dalam satu hari penuh. Agar tubuh tetap memiliki tenaga, pilihlah sayuran yang memiliki serat, vitamin, mineral, dan tentunya karbohidrat.

Meskipun diet ini disebut menjanjikan, tetap perlu berhati-hati. Berat badan yang turun dalam waktu singkat tentunya bukan pilihan yang tepat.

Setiap individu memiliki cara yang berbeda-beda dalam menurunkan berat badan. Jika berat badan turun dengan terlalu cepat, bisa jadi menandakan bahwa diet yang dijalani tidak sehat dan tidak seimbang.

Menurut spesialis gizi klinis MRCCC Siloam-Hospital Inge Permadi, bahwa diet pada umumnya menghilangkan kalori sebesar 500-1.000 kalori per harinya.

Ketika orang dalam kondisi tertentu dan membutuhkan penurunan berat badan yang cepat, dokter akan melakukan pelengkapan perawatan dengan memberikan obat. Sehingga dalam waktu yang sama, penurunan berat badan akan bertambah menjadi 1-1,5 kilogram per minggunya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories