Rilis di Tahun 2024, iOS 17 dan iOS 18 Memberikan Fitur Menarik: Inilah Beberapa Fitur Terbarunya!

Inovasi signifikan dalam device Apple memberikan banyak fitur tambahan bagi pengguna iPhone. Update iOS 17 tahun 2023 sangat memberikan manfaat yang lebih baik. Banyak pengguna iPhone yang langsung update iOS mereka menjadi terbaru. Karena fitur yang ditawarkan juga sangat menarik dan berinovasi. Namun disamping itu, perusahaan teknologi ini masih memiliki beberapa fitur lain. Fitur tersebut akan diberikan ke pengguna iOS 17 dan iOS 18 pada bulan Maret 2024 lalu.

Rilis di Tahun 2024, iOS 17 dan iOS 18 Memberikan Fitur Menarik: Inilah Beberapa Fitur Terbarunya!

POJOKNULIS.COM - Inovasi signifikan dalam device Apple memberikan banyak fitur tambahan bagi pengguna iPhone. Update iOS 17 tahun 2023 sangat memberikan manfaat yang lebih baik.

Banyak pengguna iPhone yang langsung update iOS mereka menjadi terbaru. Karena fitur yang ditawarkan juga sangat menarik dan berinovasi.

Namun disamping itu, perusahaan teknologi ini masih memiliki beberapa fitur lain. Fitur tersebut akan diberikan ke pengguna iOS 17 dan iOS 18 pada bulan Maret 2024 lalu.

Berikut adalah beberapa fitur terbaru iOS yang akan muncul pada tahun 2024.

1. Siri dengan AI Generatif

iOS 18 dirumorkan akan menghadirkan teknologi AI generatif. Teknologi tersebut yang akan menngkatkan kemampuan Siri serta aplikasi Pesan.

Kabar ini memberikan informasi teknologi AI generatif akan memberikan keefektifan pada Siri. Teknologi tersebut membantu Siri dalam merespon pertanyaan serta otomatis melengkapi kalimat.

Selain fitur menarik tersebut, Apple juga menyiapkan planning untuk hal yang baru. Apple berencana memasukkan ke dalam Siri berupa model bahasa besar (LLM).

Planning tersebut diharapkan memudahkan pengguna untuk integrasi lebih dalam dengan aplikasi Shortcuts. Hal ini tentunya sangat menarik bagi para penggunanya.

Pembaruan perangkat lunak ini akan dirilis pada iOS 18 dengan penawaran menarik. Fitur ini akan membawa pengguna iPhone menuju pengalaman lebih canggih dan efektif.

Setelah OpenAI merilis fitur ChatGPT maka berdampak cukup besar. AI Generatif saat ini menjadi sorotan utama dalam dunia teknologi.

Banyak orang yang merasa lebih simple dan membantu dengan adanya AI Generatif. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri khususnya pengguna iPhone.

Namun, iOS 17 dan iOS 18 diharapkan tidak fokus di satu fitur. Tak hanya fokus meningkatkan kinerja Siri namun juga membawa pembaruan baik.

Cara pengguna berinteraksi dengan Apple juga sangat perlu untuk ditingkatkan. Hal tersebut dapat menciptakan lingkungan yang lebih efisien dan terintegrasi.

2. AirPlay pada TV Kamar Hotel

Apple telah menghadirkan fitur AirPlay TV kamar hotel dalam iOS 17.2. Fitur tersebut memberikan hiburan secara maksimal tanpa ada batasan layar depan kalian.

Fitur baru ini memudahkan pengguna iPhone melakukan streaming video, foto, serta musik. Hal tersebut dilakukan secara nirkabel ke TV dengan memindai kode.

Kode yang di akses berupa kode QR yang berada di layar. Dengan memindai kode tersebut maka pengguna dapat dengan bebas menikmatinya.

Langkah inovatif Apple berhubungan dengan fitur Google yang cukup serupa. Google menawarkan pengalaman baru melalui Chromecast pada beberapa TV hotel.

Dalam memperkenalkan fitur ini, Apple telah berkolaborasi dengan IHG Hotels & Resorts. Dengan adanya kerjasama tersebut membantu memaksimalkan pengadaan fitur baru yang rilis.

3. Playlist Kolaboratif di Apple Music

Hadirnya fitur baru ini akan membawa kabar gembira bagi pengguna Apple Music. Sebab pengguna Apple Music dapat menikmati pengalaman musik yang lebih interaktif.

Hadirnya Daftar Putar Kolaboratif baru yang akan meningkatkan pengalaman musik. Khusunya bagi pecinta Apple Music akan sangat menikmati fitur ini.

Beberapa orang bersama-sama memungkinkan untuk menambahkan daftar melalui fitur baru ini. Mereka akan mudah memilih lagu serta menghapus lagu dalam daftar musik bersama.

Fitur init cocok dengan kalian yang ingin menyusun Daftar Putar musik. Kalian dapat menikmatinya secara bersama sesuai dengan keinginan kalian.

Fitur ini awalnya memungkinan hadir bersama rilisnya iOS 17.2. Namun fitur ini mengalami penundaan untuk dihadirkan.

Kemungkinan besar akan rilis bersamaan dengan iOS 17 terbaru di tahun ini. Nantikan fitur baik ini bagi kalian para pengguna iPhone.

Fitur-fitur yang rilis merupakan fitur yang membantu meningkatkan kualitas Apple. Selain itu juga membantu pengguna iPhone lebih mudah dan efesien dalam menggunakannya.

Kalian salah satu pengguna iPhone juga? Yuk segera update iOS kalian untuk menikmati fitur terbaru ini sekarang!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Prestasi yang Diraih Coach Shin Tae-yong selama Menukangi Timnas Indonesia

Coach Shin Tae-yong mengawali kiprahnya menjadi pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2020. Sebelumnya, Shin Tae-yong sempat melatih timnas Korea Selatan yang saat itu bisa mengalahkan juara bertahan piala dunia, Jerman, pada perhelatan Piala Dunia 2018 lalu. Selama menjabat, Timnas Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Timnas kita, berhasil menorehkan sejarah-sejarah baru dalam keikutsertaanya pada turnamen internasional. Tidak hanya pada tingkat senior, namun pada tingkat usia di bawahnya pun timnas kita ikut andil dalam turnamen internasional.

Prestasi yang Diraih Coach Shin Tae-yong selama Menukangi Timnas Indonesia

POJOKNULIS.COM - Coach Shin Tae-yong mengawali kiprahnya menjadi pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2020. Sebelumnya, Shin Tae-yong sempat melatih timnas Korea Selatan yang saat itu bisa mengalahkan juara bertahan piala dunia, Jerman, pada perhelatan Piala Dunia 2018 lalu.

Selama menjabat, Timnas Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Timnas kita, berhasil menorehkan sejarah-sejarah baru dalam keikutsertaanya pada turnamen internasional.

Tidak hanya pada tingkat senior, namun pada tingkat usia di bawahnya pun timnas kita ikut andil dalam turnamen internasional.

Berikut ini, prestasi-prestasi yang di raih Coach Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

1. Mempersembahkan Gelar Runner-up Piala AFF 2020 pada Musim Pertama

Shin Tae-yong menjadi pelatih sepak bola Timnas Indonesia pada 1 Januari 2020 lalu. Pria yang akrab dipanggil STY ini langsung membawahi tiga kelompok usia secara langsung, yaitu Indonesia U-19, U-23, dan senior.

Pada turnamen pertamanya, STY berhasil membawa Timnas kita mencapai partai puncak pada kejuaraan Piala AFF 2020. Akan tetapi, saat itu Thailand yang menjadi lawan Timnas kita di final masih terlalu kuat.

Alhasil, Coach STY dan punggawa Timnas Indonesia baru bisa mempersembahkan gelar runner-up Piala AFF 2020 pada musim pertamanya.

2. Membawa Medali Perunggu pada SEA Games 2021 dan Emas pada SEA Games 2023

Setahun setelah membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up pada Piala AFF 2020, Coach STY dipercaya lagi untuk menukangi Timnas kita pada SEA Games 2021. Pada SEA Games 2021, Indonesia U-23 meraih pencapaian yang cukup memuaskan.

Mereka berhasil membawa medali perunggu pada perhelatan ini dengan mengalahkan Malaysia pada perebutan juara ke tiga. Timnas Indonesia berhasil keluar sebagai juara ke tiga setelah melewati drama adu penalti (4-3) setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Pada turnamen SEA Games selanjutnya, Indonesia berhasil meraih emas pada SEA Games 2023 di Kamboja. Di final, Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor mencolok 5-2.

3. Meraih Gelar Runner-up Piala AFF U-23 2023

Selain membawa Timnas Senior kita mendapat gelar runner-up pada Piala AFF 2020 kemarin, STY kembali membawa Timnas U-23 kita menjadi runner-up pada Piala AFF U-23 pada 2023. Turnamen yang diadakan di Thailand tersebut, Timnas kita nyaris menjadi juara.

Namun, Dewi Fortuna belum berada pada pihak Timnas kita. Vietnam berhasil mengalahkan kita lewat babak adu penalti dengan skor 5-6.

4. Membawa Timnas U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan


STY sukses mengantarkan Timnas U-20 kita melewati babak kualifikasi dan menjadi salah satu negara dari Asia Tenggara, selain Vietnam yang lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Akan tetapi, Timnas kita masih belum terlalu kuat untuk lolos dari fase grup setelah berada di peringkat ketiga. Indonesia satu grup bersama negara-negara kuat, seperti Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

5. Membawa Timnas U-23 Lolos ke Piala Asia U-23 2023

Keberhasilan pada kualifikasi U-20 Piala Asia ternyata diikuti oleh Timnas U-23 kita. Coach STY berhasil mengantarkan Indonesia lolos untuk pertama kalinya pada Piala Asia U-23 2023.

Pencapaian ini, merupakan pertama kali dalam sejarah Timnas U-23 kita turut andil dalam turnamen Piala Asia U-23. Indonesia berada satu grup bersama lawan-lawan yang berat, yaitu Qatar, Australia, dan Jordania.

6. Lolos Babak 16 Besar di Piala Asia 2023

Coach STY berhasil membawa Timnas Senior kita lolos babak 16 besar Piala Asia pertama kali dalam sejarah. Indonesia terakhir kali lolos ke Piala Asia pada 2007 lalu. Pada kejuaraan ini, Timnas kita menjadi Timnas dengan rata-rata usia termuda dibanding kontestan lain.

Indonesia lolos babak 16 besar setelah menjadi peringkat tiga terbaik pada babak penyisihan grup. Namun, di babak 16 besar Timnas kita harus melawan negara yang cukup kuat, Australia dan harus berakhir dengan skor mencolok 0-4.

Selain beberapa prestasi tadi, STY juga membawa Timnas Indonesia meraih peringkat ke-134 FIFA setelah sebelumnya sempat berada pada posisi ke-173 FIFA. Hal ini tentu menunjukkan kapasitas seorang STY dalam kursi kepelatihannya.

Kita doakan saja yang terbaik untuk STY dan Timnas Sepak Bola kita supaya bisa meraih prestasi-prestasi yang cemerlang pada kejuaraan internasional. Terbaru STY sudah mencatatkan rekor bagi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23. Sejauh ini Garuda Muda sudah lolos ke babak 8 besar. Patut dinantikan sejauh mana Timnas Indonesia U-23 dibawah asuhan STY bakal melaju di ajang ini.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menjadi Pribadi yang Bahagia dengan Perbanyak Bersyukur

Kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat diidamkan banyak orang. Rata-rata orang melakukan sesuatu agar ia bisa menemukan arti kebahagiaan dalam hidupnya. Kebahagiaan sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicari, karena kebahagiaan selalu hadir jika kita bisa mensyukuri nikmat apapun dalam hidup ini. Lalu bagaimana membiasakan diri menjadi pribadi yang bahagia? Berikut penjelasannya!

Menjadi Pribadi yang Bahagia dengan Perbanyak Bersyukur

POJOKNULIS.COM - Kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat diidamkan banyak orang. Rata-rata orang melakukan sesuatu agar ia bisa menemukan arti kebahagiaan dalam hidupnya.

Kebahagiaan sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicari, karena kebahagiaan selalu hadir jika kita bisa mensyukuri nikmat apapun dalam hidup ini.

Jika kita selalu menggantungkan kebahagiaan pada kesuksesan ataupun kekayaan, tentu bahagia adalah sesuatu yang sulit untuk diraih.

Bahagia itu adalah ketika kita menemukan hal yang patut kita syukuri walaupun kesulitan sedang datang mendera. Bahagia adalah ketika kita tetap semangat bangun dipagi hari dan jauh dari sikap putus asa.

Masih banyak hal dalam hidup ini yang bisa kita syukuri. Kehidupan yang telah Allah Swt. berikan kepada kita, nikmat kesehatan dan nikmat makanan yang bisa kita santap dipagi hari serta nikmat senyum dari orang-orang tersayang adalah kebahagiaan yang jarang kita sadari.

Bahagia adalah ketika kita berhenti membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain. Kebahagiaan akan hadir jika kita fokus menikmati dan mensyukuri semua nikmat yang telah Allah Swt berikan.

Kebahagiaan juga akan kita temukan apabila kita memasukkan rasa bahagia kedalam hati orang lain. Semakin banyak kita melakukan sesuatu yang bermanfaat dengan menolong dan membahagiakan orang lain tentu kita juga akan merasakan kebahagiaan.

Bahagia tidak perlu dicari tapi bahagia tentang arti penerimaan diri. Kita mensyukuri segala nikmat yang Tuhan berikan dan kita mengaplikasikannya dalam kehidupan dengan melakukan banyak hal bermanfaat untuk orang lain.

Melakukan hobi yang kita sukai, selain bertujuan membahagiakan diri juga alangkah baiknya jika hobi itu bermanfaat bagi sekitar kita.

Tidak mudah menemukan arti bahagia, jika kita hanya mengeluh dan selalu membayangkan hal yang belum kita punya. Namun bahagia akan hadir jika kita bisa menikmati dan mensyukuri sesuatu yang sudah kita punya.

Tidak salah jika kita bermimpi besar tapi energi itu harus disertai dengan rasa syukur yang mendalam. Bukankah ketika kita bersyukur Tuhan akan menambah nikmat-Nya.

Jika kita selalu merasa kekurangan padahal semua yang kita miliki adalah kelebihan, nikmat bisa melihat, nikmat bisa berpikir jernih dan nikmat bisa membaca tulisan ini.

Semua itu adalah nikmat dari Allah Swt. yang tidak ternilai jumlahnya. Bagaimana Allah Swt. akan memberikan kebahagiaan jika yang kita ingat selalu tentang kekurangan.

Mulai sekarang, kurangi banyak mengeluh tapi lebih memaknai hari dengan banyak bersyukur. Tanamkan dalam diri kita bahwa hidup kita sekarang ini berasal dari pengabulan doa-doa kita yang telah lampau.

Mungkin banyak doa kita yang belum terkabul tapi mungkin kita tidak menyadari bahwa begitu banyak doa kita yang sudah diijabah bahkan kita mendapatkan lebih dari apa yang kita doakan selama ini.

Fokus untuk mensyukuri nikmat sambil menikmati proses untuk kebaikan-kebaikan selanjutnya. Fokus kita bukan untuk sukses tapi menikmati perjuangan menuju sukses itu.

Fokuskan diri untuk menemukan kebahagiaan dan ketenangan dijiwa daripada sibuk memikirkan apa yang belum kita punya. Perbanyak lagi rasa syukurmu agar kebahagiaan sejati segera menghampiri.

Banyak beribadah dan banyak mendekat kepada pencipta akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan yang lebih hakiki dibandingkan hanya mengharapkan kebahagiaan dari penerimaan makhluk ciptaan-Nya.

Hiduplah dengan baik dan syukuri lebih banyak semua nikmat yang kamu miliki sampai saat ini. Karena kebahagiaan tidak akan mewarnai hati jika kita sibuk mengeluhkan apa yang belum kita punya saat ini. Syukuri hidupmu, maka bahagia akan menghampirimu.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

7 Tips Berkendara Aman saat Musim Hujan

Musim hujan sering kali membawa tantangan ekstra bagi para pengemudi. Jalan yang licin, penglihatan yang terganggu, dan cuaca yang tidak terduga dapat membuat berkendara menjadi lebih berisiko. Namun, dengan persiapan yang tepat dan kesadaran akan faktor-faktor yang terlibat, Anda dapat meminimalkan risiko dan menjaga keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

7 Tips Berkendara Aman saat Musim Hujan

POJOKNULIS.COM - Musim hujan sering kali membawa tantangan ekstra bagi para pengemudi. Jalan yang licin, penglihatan yang terganggu, dan cuaca yang tidak terduga dapat membuat berkendara menjadi lebih berisiko.

Namun, dengan persiapan yang tepat dan kesadaran akan faktor-faktor yang terlibat, Anda dapat meminimalkan risiko dan menjaga keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang bagaimana Anda dapat berkendara dengan aman saat musim hujan, termasuk tips praktis dan strategi untuk menghadapi kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

Mengapa Mengemudi saat Hujan Memerlukan Perhatian Khusus?

Sebelum kita membahas tips-tips praktis, mari kita pahami mengapa mengemudi saat hujan memerlukan perhatian khusus. Hujan dapat mengubah kondisi jalan secara drastis, membuatnya menjadi lebih licin dan kurang dapat diprediksi.

Air di permukaan jalan dapat mengurangi traksi ban, menyebabkan risiko hilangnya kendali kendaraan. Selain itu, penglihatan yang terbatas karena hujan yang deras juga dapat mempersulit pengemudi untuk melihat jalan dan penghalang di sekitarnya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengadopsi strategi berkendara yang aman saat musim hujan.

Tips dan Strategi untuk Berkendara Aman saat Hujan

Berkendara di jalan raya saat hujan bukanlah hal yang mudah. Jalanan yang licin dan visibilitas yang terbatas dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Namun, dengan beberapa tips dan strategi yang tepat, Anda dapat tetap berkendara dengan aman dan nyaman meskipun cuaca sedang buruk. Dari persiapan sebelum berangkat hingga teknik mengemudi yang aman, mari simak tips berikut untuk berkendara dengan lebih baik saat hujan.

Berikut beberapa tips dan strategi agar aman berkendara saat hujan:

1. Periksa Kondisi Kendaraan Anda

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Periksa rem, lampu, ban, kaca depan, dan wiper untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan juga untuk memiliki ban cadangan dan alat pemecah kaca darurat di dalam mobil.

2. Kurangi Kecepatan

Kecepatan adalah faktor penting dalam keselamatan berkendara, terutama saat cuaca buruk. Kurangi kecepatan Anda agar memiliki waktu yang lebih banyak untuk bereaksi terhadap kondisi jalan yang berubah-ubah dan untuk menghindari kecelakaan.

3. Jaga Jarak Aman

Selalu jaga jarak aman antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan Anda. Jarak yang cukup memberi Anda waktu dan ruang untuk menghindari tabrakan jika situasi membutuhkannya. Ingatlah untuk meningkatkan jarak Anda saat hujan karena rem akan bekerja dengan lebih lambat di jalan yang basah.

4. Gunakan Lampu Kendaraan dengan Bijak

Nyalakan lampu kendaraan Anda, baik itu lampu utama, lampu kabut, atau lampu hazard, tergantung pada kondisi jalan dan visibilitas. Ini tidak hanya membantu Anda melihat lebih jelas, tetapi juga membantu pengemudi lain melihat Anda dengan lebih baik.

5. Hindari Berjalan di Genangan Air yang Dalam

Hindari berkendara melalui genangan air yang dalam. Genangan air dapat menyebabkan aquaplaning, di mana kendaraan kehilangan traksi dengan jalan dan menjadi sulit untuk dikendalikan. Selalu cari rute alternatif jika Anda menemui genangan air yang dalam.

6. Perhatikan Tanda-Tanda Bahaya

Perhatikan tanda-tanda bahaya di jalan, seperti lampu lalu lintas yang tidak berfungsi, pohon yang tumbang, atau batu dan kerikil yang menumpuk. Berhati-hatilah dan bersiaplah untuk bereaksi dengan cepat jika Anda menemui situasi yang berbahaya.

7. Tetap Fokus dan Tenang

Terakhir, tetap fokus dan tenang saat berkendara dalam cuaca buruk. Hindari distraksi seperti telepon genggam atau makanan dan minuman di dalam mobil. Dengan tetap fokus, Anda dapat mengambil keputusan yang bijaksana dan menghindari bahaya di jalan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan keselamatan Anda saat berkendara dalam cuaca hujan.

Ingatlah bahwa keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama saat berada di jalan raya. Selamat berkendara dan tetap aman!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Jangan Sampai Tertinggal! Inilah 4 Dokumen yang Wajib Dibawa saat UTBK SNBT 2024

Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) merupakan salah satu tahapan penting bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berikut adalah empat dokumen yang harus dibawa oleh para peserta saat mengikuti UTBK SNBT 2024

Jangan Sampai Tertinggal! Inilah 4 Dokumen yang Wajib Dibawa saat UTBK SNBT 2024

POJOKNULIS.COM - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) merupakan salah satu tahapan penting bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Seleksi SNBT ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

UTBK SNBT dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang biasanya dibagi menjadi 2 gelombang tes. Pada tahun ini, SNBT gelombang pertama akan dilaksanakan pada 30 April 2024, 02-07 Mei 2024. Sedangkan, SNBT gelombang kedua akan dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024.

Peserta diwajibkan untuk menaati seluruh peraturan yang berlaku di pusat UTBK masing-masing selama mengikuti Tes SNBT 2024, seperti mengecek lokasi satu hari sebelumnya, datang tepat waktu dan jangan terlambat, serta lainnya. Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk membawa empat dokumen penting yang bertujuan untuk mengecek identitas peserta agar tak ada kecurangan selama tes berlangsung.

Berikut adalah empat dokumen yang harus dibawa oleh para peserta saat mengikuti UTBK SNBT 2024:

1. Kartu Tanda Peserta Ujian

Kartu Tanda Peserta Ujian dapat dimiliki oleh peserta setelah peserta mendaftarkan dirinya melalui website yang telah tersedia. Kartu tersebut harus dicetak di kertas HVS dengan ukuran yang disarankan sebesar A4 atau F4.

Peserta diharapkan untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian secara keseluruhan dan pastikan tidak ada bagian yang terpotong ataupun tidak tercetak. Kartu Tanda Peserta Ujian ditunjukkan sebagai identitas peserta ujian yang menunjukkan informasi peserta, seperti nama, nomor tempat duduk, dan wajah peserta.

2. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang Sudah Dilegalisir atau Ijazah Asli atau SKL (Surat Keterangan Lulus)

Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2023 dan 2022 bisa mengikuti tes UTBK SNBT 2024 dengan wajib membawa ijazah sebagai bukti keaslian data dari peserta. Silakan membawa yang asli atau ijazah fotocopy yang telah dilegalisir. Alumni lulusan tahun 2023 dan 2022 wajib memakai ijazah asli atau fotocopy ijazah yang dilegalisir dan tidak bisa menggunakan surat keterangan lulus.

3. Surat Keterangan Aktif Kelas 12

Bagi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2024 maka saat tes UTBK SNBT 2024 nanti diharapkan membawa Surat Keterangan Lulus (SKL). Apabila surat tersebut belum dikeluarkan atau diberikan dari pihak sekolah, peserta dapat memakai Surat Keterangan aktif (SKA) kelas 12 dari sekolah masing-masing.

4. Kartu Identitas

Berkas terakhir yang wajib dibawa oleh peserta saat mengikuti tes UTBK SNBT 2024 adalah kartu identitas. Kartu identitas yang dapat digunakan oleh peserta adalah KTP, SIM, Paspor, atau Kartu Pelajar yang asli. Kartu identitas berfungsi sebagai bukti kredibilitas dari peserta yang ingin mengikuti tes UTBK SNBT tersebut.

Itulah empat dokumen penting yang wajib kalian bawa saat mengikuti tes UTBK SNBT berlangsung. Harap pastikan bahwa Anda membawa dokumen-dokumen tersebut dan tidak tertinggal satu dokumen pun.

Selain dokumen-dokumen yang telah disebutkan di atas, peserta juga harus mematuhi peraturan yang berlaku demi kepentingan dan kenyamanan saat ujian tengah berlangsung.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Ini 7 Cara Menjaga Ruangan Tetap Kering dan Nyaman saat Musim Hujan!

Musim hujan sering kali membawa kelembaban yang tinggi, yang dapat menyebabkan ruangan menjadi lembab dan tidak nyaman. Kelembaban yang berlebihan dapat mengakibatkan masalah seperti pertumbuhan jamur, bau tidak sedap, dan kerusakan pada furnitur dan perabotan.

Ini 7 Cara Menjaga Ruangan Tetap Kering dan Nyaman saat Musim Hujan!

POJOKNULIS.COM - Musim hujan sering kali membawa kelembaban yang tinggi, yang dapat menyebabkan ruangan menjadi lembab dan tidak nyaman.

Kelembaban yang berlebihan dapat mengakibatkan masalah seperti pertumbuhan jamur, bau tidak sedap, dan kerusakan pada furnitur dan perabotan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan serangkaian tips untuk menjaga ruangan tetap kering dan nyaman selama musim hujan.

Mengapa Penting untuk Menjaga Ruangan Tetap Kering?

Kelembaban yang tinggi dalam ruangan tidak hanya tidak nyaman, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan kerusakan pada properti.

Pertumbuhan jamur dan jamur dapat menyebabkan masalah pernapasan dan alergi bagi penghuni ruangan, sementara bau tidak sedap dapat mengganggu kenyamanan hidup sehari-hari. Selain itu, kelembaban yang tinggi juga dapat merusak furnitur, perabotan, dan barang-barang berharga lainnya dalam ruangan.

Oleh karena itu, menjaga ruangan tetap kering dan nyaman sangatlah penting, terutama selama musim hujan.

Tips untuk Menjaga Ruangan Tetap Kering saat Musim Hujan

Tak dapat dipungkiri, musim hujan seringkali membawa dampak negatif bagi kelembaban ruangan. Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari timbulnya jamur hingga bau tak sedap.

Oleh karena itu, menjaga ruangan tetap kering saat musim hujan menjadi hal penting. Dengan beberapa tips sederhana ini dapat menghindari masalah tersebut dan menjaga kesehatan serta kenyamanan ruangan.

1. Gunakan Pengering Udara (Dehumidifier)

Pengering udara adalah alat yang efektif untuk mengurangi kelembaban dalam ruangan. Letakkan pengering udara di area yang paling rentan terhadap kelembaban tinggi, seperti ruang bawah tanah atau ruang penyimpanan.

Atur pengatur kelembaban sesuai dengan preferensi untuk menjaga kelembaban di dalam ruangan pada tingkat yang nyaman dan sehat.

Jangan lupa untuk membersihkan dan periksa pengering udara secara rutin untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Bersihkan filter udara secara teratur dan pastikan pengering udara tidak terhalang oleh barang-barang atau hambatan lainnya.

2. Pastikan Ventilasi yang Cukup

Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang cukup untuk memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Ventilasi yang baik memungkinkan udara segar masuk ke dalam ruangan dan udara lembab dikeluarkan.

Buka jendela dan pintu saat cuaca memungkinkan untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam ruangan.

Hal ini membantu menjaga kelembaban di dalam ruangan tetap rendah dan mencegah terjadinya kelembaban berlebih yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan kerusakan pada barang-barang di dalam ruangan.

3. Gunakan Kipas Angin

Kipas angin dapat membantu mengeringkan udara dan meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Letakkan kipas angin di area strategis untuk membantu menyebar udara secara merata.

4. Hindari Menumpuk Barang

Barang-barang yang menumpuk di dalam ruangan dapat menyebabkan penumpukan kelembaban. Pastikan untuk menyimpan barang-barang dengan rapi dan menghindari menumpuk barang di sudut ruangan yang tidak terkena sinar matahari.

5. Gunakan Penyerap Kelembaban

Penyerap kelembaban, seperti karbon aktif atau silica gel, dapat membantu menyerap kelembaban yang berlebihan di udara. Letakkan penyerap kelembaban di area yang paling rentan terhadap kelembaban tinggi, seperti lemari pakaian atau laci penyimpanan.

6. Perbaiki Kebocoran dan Kerusakan

Periksa dan perbaiki segala kebocoran atau kerusakan pada atap, dinding, atau pipa yang dapat menyebabkan masuknya air ke dalam ruangan. Langkah pencegahan ini dapat membantu mencegah kelembaban yang berlebihan di dalam ruangan.

7. Gunakan Penghangat Ruangan dengan Bijak

Penghangat ruangan dapat membantu mengeringkan udara, tetapi penggunaannya yang berlebihan juga dapat meningkatkan kelembaban di dalam ruangan. Gunakan penghangat ruangan dengan bijak dan pastikan ruangan tetap terjaga suhu dan kelembabannya.

Menjaga ruangan tetap kering dan nyaman selama musim hujan membutuhkan perhatian dan tindakan preventif yang tepat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi risiko kelembaban tinggi dan masalah terkaitnya, sehingga membuat ruangan tetap nyaman dan sehat untuk ditinggali. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories