Ini Perbedaan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan dan Puasa Sunnah

Puasa ramadhan menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Puasa dilakukan dengan menahan nafsu dari fajar shubuh sampai terbenam matahari (Maghrib). Seseorang yang berpuasa pasti akan menjaga nafsunya. Berpuasa dilakukan selama 12 jam untuk menahan tidak makan dan minum. Meski demikian, puasa juga ada yang sunnah. Niat puasa wajib di bulan Ramadhan pun berbeda dengan puasa sunnah. Disini akan disebutkan tata cara niat berpuasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah.

Ini Perbedaan Puasa Wajib di Bulan Ramadhan dan Puasa Sunnah

POJOKNULIS.COM - Puasa Ramadhan menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Tentunya puasa Ramadhan memiliki syarat yang harus dipenuhi.

Syarat sah puasa yaitu, Islam, baligh, berakal, sehat, mampu, tidak dalam perjalanan, dan suci dari haid dan nifas. Tentu jika setiap orang sudah memenuhi syarat ini akan diwajibkan berpuasa.

Puasa dilakukan dengan menahan nafsu dari fajar Shubuh sampai terbenam matahari (Maghrib). Diawali dengan sahur lalu ditutup dengan berbuka puasa.

Berpuasa adalah kewajiban untuk menjaga nafsu di bulan Ramadhan. Nafsu yang dimaksud sangatlah luas. Mulai dari nafsu untuk makan, minum, pikiran, dan hati.

Seseorang yang berpuasa pasti akan menjaga nafsunya. Berpuasa dilakukan selama 12 jam untuk menahan tidak makan dan minum. Hal ini ternyata memiliki manfaat yang besar. Berpuasa harus dilakukan dengan niat yang benar.

Meski demikian, puasa juga ada yang sunnah. Niat puasa wajib di bulan Ramadhan pun berbeda dengan puasa sunnah. Disini akan disebutkan tata cara niat berpuasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah.

1. Niat Puasa Wajib

Dalam puasa wajib niat berpuasa tergantung dengan mazhab yang dianut. Setiap Mazhab memiliki ketentuan yang beda.

Ada dua Mazhab yang sering digunaka di Indonesia. Biasanya dalam berpuasa, seseorang menganut Mazhab Syafi'i atau Maliki.

Dalam Mazhab Maliki dijelaskan niat puasa Ramadhan cukup dengan niat puasa Ramadhan sebulan penuh di malam pertama bulan Ramadhan. Dengan berniat penuh di malam pertama sudah sah berpuasa Ramadhan.

Kemudian dalam Mazhab Syafi'i berbeda lagi. Mazhab Syafi'i menjelaskan jika niat berpuasa harus dilakukan di setiap malam atau setelah makan sahur di bulan Ramadhan. Tentu jika menganut Mazhab ini perlu kehati-hatian yang lebih agar tetap aman.

Ada baiknya dalam niat berpuasa lebih baik keduanya dilakukan. Niat di malam pertama dengan niat puasa sebulan penuh. Begitu juga dengan niat berpuasa setiap malam bulan Ramadhan.

Berikut akan dicontohkan niat puasa yang telah dijelaskan.

- Niat puasa untuk sebulan penuh dan Niat puasa setiap malam (esok hari)

2. Niat Puasa Sunnah

Dalam puasa Sunnah niat berpuasanya lebih fleksibel. Jika dalam puasa wajib ada ketentuan tertentu, dalam puasa Sunnah tidak.

Niat puasa Sunnah boleh dilakukan di siang harinya. Jika terlupa niat puasa Sunnah saat malam, keesokan harinya masih boleh untuk niat.

Namun hal ini tetap ada ketentuannya. Hal itu boleh dilakukan dengan syarat belum makan dan minum sama sekali dari fajar shubuh. Jika sudah memenuhi ketentuan tersebut maka puasa Sunnah akan sah.

Lalu selanjutnya akan dijelaskan tentang perkara telat sahur. Hukum sahur sendiri merupakan Sunnah. Jadi puasa akan tetap sah jika seseorang telat sahur.

Yang ditakutkan dari telat sahur sebenarnya adalah lupa niat. Seseorang lupa untuk niat puasa pada malam hari. Kemudian terbangun setelah fajar, hal inilah yang ditakutkan.

Salah satu rukun puasa adalah niat. Jika seseorang tidak niat berpuasa maka puasanya tidak akan sah.

Bayangkan jika sudah berpuasa penuh tapi tidak sah. Pasti usaha yang dilakukan akan terasa tidak ada gunanya.

Tips agar tetap sah saat berpuasa adalah dengan niat puasa penuh di awal bulan. Selain itu ada tips juga yaitu dengan Sholah tarawih secara rutin.

Karena dalam sholat tarawih pasti diakhir selalu membaca niat puasa. Dalam berpuasa juga harus memerhatikan apa yang dimakan saat sahur.

Sahur dengan makanan yang memungkinkan untuk muntah di siang hari bisa batal. Sebagai contoh sahur dengan sengaja memakan durian.

Buah durian yang dimakan berlebih akan membuat seseorang pusing. Kadang juga bisa menyebabkan penyakit serius atau kematian. Maka sahur saat berpuasa harus dengan makanan yang wajar saja.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Kenali Kurma, Si Kecil dengan Banyak Manfaat

Mengonsumsi kurma menjadi kebiasaan setiap orang saat berbuka puasa. Kurma memiliki ukuran yang kecil. Ukuran yang kecil sangat cocok dijadikan makanan pembuka saat buka puasa. Walaupun hanya sebesar jempol namun manfaatnya banyak. Dalam tulisan ini akan disebutkan beberapa manfaat kurma.

Kenali Kurma, Si Kecil dengan Banyak Manfaat

POJOKNULIS.COM - Mengonsumsi kurma menjadi kebiasaan setiap orang saat berbuka puasa. Mengonsumsi kurma sangat dianjurkan bagi orang muslim.

Kurma merupakan buah yang berasal dari daerah timur. Buah ini biasanya dijual dalam bentuk manisan. Jarang sekali menemui kurma yang masih bentuk kering di Indonesia.

Kurma memiliki ukuran yang kecil. Ukuran yang kecil sangat cocok dijadikan makanan pembuka saat buka puasa.

Rasa kurma juga merupakan rasa yang sangat unik. Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata rasa kurma itu bagaimana.

Seseorang yang penasaran dengan kurma harus mencobanya. Penjualan kurma mulai melonjak saat bulan ramadhan.

Bukan tanpa sebab, hal itu tak lain karena pengaruh manfaat kurma. Ukuran kurma tidak boleh dianggap remeh karena kecil.

Walaupun hanya sebesar jempol namun manfaatnya banyak. Dalam tulisan ini akan disebutkan beberapa manfaat kurma.

Bagi orang muslim mengonsumsi kurma merupakan sunnah nabi. Tidak heran ketika ramadhan datang, penjualan kurma melonjak.

Banyak sekali jenis kurma di dunia ini. Dengan jenis yang banyak macamnya manfaatnya sama. Jenis kurma menjadi pembeda dari rasa kurma. Karakteristik buahnya juga pengaruh dari jenis kurma.

Berikut akan dijelaskan macam-macam manfaat dari kurma.

1. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi kurma ternyata dapat membuat gula darah stabil. Hal ini dikarenakan indeks glikemik yang terkandung dalam kurma rendah.

Karena kandungannya yang rendah, gula darah tidak mudah naik. Sangat aman jika kurma dikonsumsi segala macam orang di segala usia.

2. Mengontrol tekanan darah

Dari mengonsumsi kurma seseorang tidak akan pusing. Kondisi tekanan darah yang tinggi membuat orang frustasi.

Tidak usah bingung, karena kurma mengandung natrium rendah. Dengan mengonsumsi makanan yang bernatrium rendah maka akan aman.

Jadi kondisi tubuh saat berpuasa pasti akan tetap fit.

3. Menjaga sistem pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat alami yang tinggi. Selain serat, kurma juga mengandung karbohidrat kompleks.

Ini menyebabkan kurma dapat mengurangi resiko sembelit. Kurma juga dapat menjaga keseimbangan bakteri baik. Jika bakteri baik dalam tubuh seimbang, maka penyakit akan terhindar.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat dari kurma luar biasa sekali. Kandungan antioksidan alami yang tinggi membuat kurma makin bermanfaat.

Zat fenoid dan flavonoid terkandung dalam kurma. Zat tersebut dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Dalam sebuah penelitian, kurma dapat mencegah kanker hati. Selain itu, kurma juga dapat memicu fungsi hati jadi lebih maksimal.

Penelitian ini harus diteliti lebih lanjut. Walau begitu, seseorang harusnya sudah percaya tentang manfaat kurma.

5. Menjaga ibu hamil dan kehamilannya

Sudah disebutkan di atas jika kandungan kurma banyak sekali. Dengan adanya hal itu ternyata kurma bermanfaat bagi hal lain.

Ibu hamil dapat meningkatkan energinya karena mengonsumsi kurma. Bagi janin, kurma dapat mencegah adanya kekurangan berat badan, kecacatan, atau prematur. Jadi manfaat kurma sangatlah menjanjikan.

6. Menjaga kekuatan dan kesehatan tulang

Kandungan lain dari kurma yang belum disebutkan adalah mineral. Mineral alami yang terkandung dalam kurma banyak jumlahnya.

Fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium merupakan contoh darinya. Kandungan ini dapat menjaga tulang jadi lebih sehat.

Mengonsumsi kurma dapat membuat seseorang semakin kuat. Penyakit tulang pun akan terhindar seiring berjalannya waktu.

Begitulah manfaat kurma yang banyak jumlahnya. Jangan ragu untuk mengonsumsi kurma.

Mengonsumsi 3-4 buah perhari tentu sangat aman. Berpuasa menjadi lebih maksimal dengan mengonsumsi kurma.

Bulan ramadhan pun lebih terasa ketika adanya kurma. Kurma, si kecil yang banyak manfaatnya ternyata bukan mitos belaka.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa

Bau Mulut menjadi sesuatu yang selalu menyebalkan. Bau Mulut bisa disebabkan dari berbagai macam hal. Seperti diam yang terlalu lama juga jadi faktornya. Dalam kondisi puasa mayoritas orang pasti mengalami bau mulut. Bau Mulut yang dirasakan setiap orang sangat membuat risih. Kondisi bau mulut menjadi sesuatu yang sangat mengganggu ketika berpuasa. Dalam tulisan ini akan disebutkan bagaimana cara mengurangi bau mulut.

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa

POJOKNULIS.COM - Bau Mulut menjadi sesuatu yang selalu menyebalkan. Bau Mulut bisa disebabkan dari berbagai macam hal. Seperti diam yang terlalu lama juga jadi faktornya.

Faktor lain adalah ketika berpuasa. Dalam kondisi puasa mayoritas orang pasti mengalami bau mulut. Bau Mulut yang dirasakan setiap orang sangat membuat risih.

Bau Mulut dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Seseorang akan merasa sulit berbicara karena malu. Kondisi bau mulut menjadi sesuatu yang sangat mengganggu ketika berpuasa.

Namun dari pendapat orang-orang alim bau mulut orang puasa adalah bau surga. Walaupun sudah dihibur begitu, bau mulut tetap menyebalkan.

Dalam tulisan ini akan disebutkan bagaimana cara mengurangi bau mulut. Bau mulut orang puasa disebabkan oleh beberapa hal.

Memakan makanan yang beresiko membuat mulut bau saat sahur jadi faktornya. Kondisi mulut yang kotor juga dapat berakibat bau mulut.

Dalam berpuasa mulut tidak bekerja seperti semestinya. Biasanya mulut saat tidak berpuasa digunakan untuk makan dan minum.

Beberapa orang menyebutkan bau mulut disebabkan perut kosong. Perut kosong dapat mengakibatkan gas diperut menjadi naik.

Gas yang naik akan keluar melewati mulut. Hal ini yang menimbulkan keluarnya bau tidak sedap dari mulut.

Berikut dalam tulisan ini akan disebutkan cara mengurangi bau mulut. Namun cara ini merupakan cara mengurangi bau mulut dengan menjaga kesehatan mulut.

Cara mengurangi bau mulut akan dijelaskan di bawah ini.

1. Menyikat gigi

Cara mudah untuk mengurangi bau mulut adalah dengan sikat gigi. Cara ini dapat dilakukan setelah berbuka dan sahur.

Menyikat gigi dengan benar dilakukan dengan membersihkan sela-sela gigi. Gunakan pasta gigi anti bakteri untuk memaksimalkan ini.

Menyikat gigi saat berpuasa ditakutkan dapat berakibat batalnya puasa.

2. Berkumur dengan obat kumur

Untuk memaksimalkan menyikat gigi tentu dengan berkumur. Dalam berkumur akan membersihkan daerah yang sulit dijangkau.

Hanya dengan menyikat gigi pasti kebersihan gigi kurang maksimal. Pasta gigi ada yang tidak mengandung anti-bakteri. Maka dengan obat kumur bisa mengatasi hal itu.

3. Membersihkan lidah

Jangan lupa untuk tetap membersihkan lidah ketika menyikat gigi. Lidah yang kotor bisa membuat bau mulut berlebih. Kondisi lidah harus tetap terjaga.

Berbagai jenis makanan akan diterima pertama kali oleh lidah. Jadi lidah jadi tempat yang rawan untuk bau mulut.

Membersihkan lidah dapat menggunakan pembersih lidah. Pembersih lidah biasanya tersedia dibelakang ujung sikat gigi.

Selain menjaga kondisi kesehatan mulut seperti di atas. Ternyata ada cara lain untuk mengurangi resiko bau mulut. Berikut cara untuk mengurangi resiko bau mulut.

  1. Meminum air yang cukup saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur
  2. Memperbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  3. Hindari makanan berbau menyengat seperti bawang, Pete, dan jengkol.
  4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih. Gula berlebih dapat mempercepat pertumbuhan bakteri.
  5. Kurangi merokok. Merokok akan menyebabkan kondisi mulut tidak sehat. Bakteri yang berada dalam mulut akan makin berkembang.
  6. Memakan jeruk dan lemon saat sahur dan berbuka. Hal ini dapat mengurangi bau mulut saat kondisi berpuasa.

Begitulah beberapa cara mengurangi bau mulut saat berpuasa. Kondisi mulut yang berpuasa pasti selalu bau. Namun jika menerapkan cara di atas mungkin dapat menguranginya.

Mulut yang bersih pasti membuat nyaman orang sekitar. Rasa percaya diri pun akan meningkat karena mulut bersih.

Kesehatan mulut sangat perlu dijaga saat berpuasa. Karena segala penyakit rata-rata berawal dari mulut yang kotor.

Selain menjaga mulut dari bau mulut. Dengan cara di atas juga menjaga puasa tetap maksimal sampai sebulan penuh.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Bersedekah di Bulan Ramadan: Zakat, Sedekah, dan Lainnya

Bagi banyak umat Islam, Ramadan menandai bulan kemurahan hati dan memberi kepada orang yang tidak mampu. Ada banyak cara bersedekah di bulan Ramadhan, seperti membayar zakat (fitrah dan mal), atau membayar zakat bagi orang yang puasanya terlewat (Fidyah)atau Kaffarah. Berikut ini penjelasan mengenai bersedekah dan macam-macam sedekah yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadan.

Bersedekah di Bulan Ramadan: Zakat, Sedekah, dan Lainnya

POJOKNULIS.COM - Bagi banyak umat Islam, Ramadan menandai bulan kemurahan hati dan memberi kepada orang yang tidak mampu.

Ada banyak cara bersedekah di bulan Ramadhan, seperti membayar zakat (fitrah dan mal), atau membayar zakat bagi orang yang puasanya terlewat (Fidyah)atau Kaffarah.

Jadi mengapa umat Islam memberi lebih banyak sedekah pada bulan ini?

Ramadan dipenuhi dengan banyak kesempatan untuk mendapatkan pahala melalui perbuatan baik dan bersedekah adalah salah satunya.

Faktanya, Nabi Muhammad SAW sendiri lebih banyak bersedekah di bulan yang penuh berkah ini dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dalam salah satu hadits, Ibnu Abbas menjelaskan,

“Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling dermawan dalam bersedekah, namun beliau paling dermawan di bulan Ramadhan… bersedekah bagaikan angin yang bertiup.” (Shahih Muslim)

Pentingnya Amal dalam Islam

Peduli dan menunjukkan kebaikan terhadap sesama manusia adalah inti Islam. Beberapa hadis merujuk pada kasih sayang dan persaudaraan yang mendalam ini, termasuk hadis dimana Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk “mencintai saudaramu seperti kamu mencintai dirimu sendiri.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Orang-orang beriman ibarat satu tubuh yang saling mencintai dan menyayangi. Jika salah satu anggota tubuh terluka, anggota tubuh lainnya akan bereaksi dengan tidak bisa tidur dan demam.” (H.R. Muslim)

Memberi amal juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu seseorang yang membutuhkan. Dalam Al-Qur'an, banyak ayat yang menekankan pentingnya amal baik ini, termasuk bagaimana orang miskin dan orang yang membutuhkan telah mengakui hak atas harta kita.

Selain manfaat amal bagi yang menerimanya, Islam juga menyoroti keberkahan yang didapat bagi mereka yang menyumbangkan hartanya tanpa pamrih karena Allah (SWT).

Jadi dengan memberi demi kepentingan orang lain, seorang Muslim memenuhi kewajibannya kepada orang yang membutuhkan dan meningkatkan pahala mereka di dunia dan di akhirat. Berikut penjeladan dan cara bersedekah di Bulan Ramadhan:

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah salah satu dari lima rukun Islam. Zakat ini merupakan sedekah berupa makanan yang wajib diberikan sebelum Salat Idul Fitri, sebelum akhir bulan Ramadan. Apabila dilunasi setelah Salat Idul Fitri pada hari raya Idul Fitri maka sumbangan tersebut dihitung sebagai sedekah dan pahalanya lebih kecil.

Zakat fitrah wajib bagi seluruh umat Islam (termasuk bayi dan anak-anak) yang tinggal di rumah mana pun dengan makanan lebih dari yang mereka butuhkan. Namun, pembayarannya sendiri hendaknya dilakukan oleh kepala rumah tangga, atas nama dirinya sendiri dan tanggungannya.

Jumlah makanan yang menjadi hak setiap orang telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad sebagai satu saa'. Ini setara dengan empat madd. Madd adalah jumlah yang dapat diambil ketika seseorang menyatukan tangannya.

Jika kita menerjemahkan jumlah ini ke dalam nilai moneter, berdasarkan bahan makanan pokok seperti tepung atau beras, jumlahnya kira-kira Rp40.000 - Rp50.000 per orang. Jumlah tersebut merupakan besaran yang dipatok Kementerian Agama Republik Indonesia untuk tahun 2024.

2. Zakat Mal

Zakat Mal merupakan sumbangan wajib yang harus dilakukan oleh setiap Muslim dewasa yang waras setiap tahun jika mereka memenuhi ambang batas (Nisab) tertentu.

Umat Islam menyisihkan sebagian dari kekayaannya untuk membantu golongan orang yang kurang beruntung. Zakat mal dikeluarkan dari harta benda seperti uang, emas, perak, atau aset lainnya kepada mereka yang membutuhkan.

3. Fidyah dan Kaffarah

Selama bulan Ramadan, puasa merupakan hal wajib bagi setiap Muslim yang sehat dan cukup umur. Oleh karena itu, jika seseorang melewatkan puasanya di bulan Ramadan, sah atau tidak, maka ia harus menggantinya nanti atau membayar kompensasi.

Umat ​​​​Islam membayar Fidyah jika mereka melewatkan puasa karena kebutuhan dan tidak mampu mengqadha setelah Ramadan. Bayaran setiap puasa yang terlewat setara dengan memberi makan satu orang.

Jika seseorang dengan sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah dan kemudian tidak mampu mengqadhanya, maka dibayar kaffarah. Jumlah yang dibayarkan untuk setiap puasa yang terlewat setara dengan memberi makan 60 orang.

Tarif Fidyah dan Kaffarah di Indonesia pada tahun 2024 adalah Rp60.000 per orang yang membutuhkan. Misalnya, jika seseorang melewatkan satu hari puasa, maka mereka harus membayar Rp60.000 untuk Fidyah atau sekitar Rp3.600.000 untuk Kaffarah.

4. Sedekah

Sadaqah atau sedekah adalah setiap tindakan amal sukarela yang mempunyai jangkauan luas dan bermanfaat. Hal ini dapat diberikan sebagai sumbangan uang atau sebagai tindakan kebaikan.

Berbeda dengan Zakat yang sifatnya wajib dan biasanya diberikan hanya satu kali setiap tahun, tidak ada batasan berapa banyak sedekah yang dapat Anda berikan dan berapa kali Anda dapat memberikannya.

Beberapa contoh sedekah antara lain menyumbangkan uang kepada orang yang membutuhkan, memberi makan orang lain, atau merawat orang yang sakit atau terluka.

Itulah beberapa jenis bersedekah yang dapat dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadan. Sedekah tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadan yang penuh berkah , tetapi alangkah baiknya jika dilakukan juga sepanjang tahun.

Dengan bersedekah, umat muslim dapat memiliki rasa syukur atas rezeki yang telah mereka dapatkan serta membantu saudara sesama muslim. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi seluruh umat Islam untuk saling membantu secara terus-menerus dan tidak hanya pada waktu tertentu dalam setahun.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Lakukan Ini Agar Ibadah di Bulan Ramadan Maksimal

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan dibentuk berdasarkan Rukun Islam ketiga. Pada bulan Ramadan, seluruh umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri menjelang Ramadan agar mereka dapat memanfaatkan bulan suci ini sebaik-baiknya. Namun jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, jangan khawatir! Berikut adalah beberapa tips persiapan Pra-Ramadan yang mudah diikuti untuk membantu Anda menyusun rencana tindakan Anda untuk bulan ini!

Lakukan Ini Agar Ibadah di Bulan Ramadan Maksimal

POJOKNULIS.COM - Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dan dibentuk berdasarkan Rukun Islam ketiga. Pada bulan Ramadan, seluruh umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa.

Berpuasa mengajarkan umat Islam untuk berdedikasi dan bentuk pengendalian diri. Tentu saja, puasa menuntut fisik dan mental serta membutuhkan dedikasi spiritual.

Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri menjelang Ramadan agar mereka dapat memanfaatkan bulan suci ini sebaik-baiknya.

Allah SWT menciptakan Ramadan untuk menjadi pengalaman yang memuaskan bagi orang beriman. Ini adalah bulan yang dibuat untuk menenangkan hati dan pikiran serta menyucikan jiwa dan raga.

Namun jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, jangan khawatir! Berikut adalah beberapa tips persiapan Pra-Ramadan yang mudah diikuti untuk membantu Anda menyusun rencana tindakan Anda untuk bulan ini!

1. Catat Kebiasaan Buruk yang Ingin Anda Hentikan di Bulan Ramandan

Ramadan merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan. Bulan ini menjadi satu waktu terbaik untuk menghentikan kebiasaan buruk.

Salah satunya, Allah (SWT) telah mengunci semua setan selama ini sehingga memudahkan kita untuk menjauhi tindakan yang merugikan.

Demikian pula, berpuasa dari fajar hingga senja selama sebulan penuh semakin mendorong kita untuk mengendalikan nafsu makan dan menjaga tindakan kita agar kita menerima lebih banyak pahala.

Jagalah tanggung jawab Anda terlebih dahulu dengan mencatat kebiasaan buruk yang Anda yakini harus hilangkan di bulan Ramadan. Kemudian, tuliskan langkah-langkah yang ingin Anda ambil untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Tentu saja, beberapa kebiasaan lebih sulit dihilangkan dibandingkan kebiasaan lainnya. Namun, meskipun Anda memulainya dari hal yang kecil, setiap upaya yang Anda lakukan untuk memperbaiki diri demi Allah (SWT) akan sangat bermanfaat bagi Anda di dunia ini dan di akhirat.

2. Tuliskan Tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang Anda di Bulan Ramadan

Banyak dari kita yang memasuki bulan Ramadan dengan tekad untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Kita membuat rencana untuk menyempurnakan salat kita, membaca lebih banyak Al-Quran, belajar lebih banyak tentang Islam, memberikan lebih banyak amal dan meningkatkan dalam melakukan kebaikan secara keseluruhan. Namun, akan sulit untuk tetap termotivasi atau mengetahui apakah kita telah meningkatkan kebiasaan baik kita jika kita tidak memiliki tujuan spesifik dalam pikiran kita.

Jagalah agar diri Anda tetap fokus dengan menuliskan daftar semua tujuan yang ingin Anda capai selama Ramadan. Cantumkan tujuan jangka pendek yang ingin Anda selesaikan selama bulan tersebut dan tujuan jangka panjang yang ingin terus Anda capai setelah Ramadan.

Misalnya, mungkin salah satu tujuan jangka panjang Anda adalah menghafal seluruh Al-Quran. Kemudian, salah satu tujuan jangka pendek yang dapat Anda daftarkan untuk membantu mencapai tujuan ini adalah memiliki waktu tertentu dalam sehari untuk membaca dan menghafal Al-Quran (misalnya setengah jam setelah Subuh, 20 menit sebelum Maghrib, dll.). Tujuan lainnya adalah memilih beberapa surah Al-Quran untuk dihafal selama sebulan.

Apa pun tujuan Anda, pastikan itu bisa Anda lakukan. Jangan merasa buruk jika melakukan sesuatu dengan lambat. Peningkatan bertahap tetapi konsisten lebih baik daripada mempercepat pencapaian tujuan hanya untuk menyelesaikannya.

3. Jaga Kesehatan Anda di Bulan Ramadan

Menjaga kesehatan adalah bagian penting dari keimanan kita karena dalam Islam, tubuh kita mempunyai hak atas kita (H.R. Bukhari). Puasa di bulan Ramadan termasuk menjalani waktu berjam-jam tanpa makanan dan minuman.

Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa kita siap secara fisik dan mental untuk menghadapinya sehingga kita dapat menghabiskan bulan ini dengan fokus beribadah kepada Allah (SWT).

Sebelum Ramadan tiba, periksalah bagaimana perasaan pikiran dan tubuh Anda. Jadwalkan kunjungan dengan dokter Anda jika bisa dan mintalah mereka membantu Anda menemukan rencana yang paling cocok untuk Anda saat berpuasa.

Sekalipun Anda merasa baik-baik saja dan tidak memiliki kondisi medis yang menonjol, hal tersebut tetap penting dilakukan untuk mengetahui cara menjaga pikiran dan tubuh Anda sepanjang Ramadan.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan berolahraga secukupnya dan mengonsumsi makanan sehat untuk Sahur dan Buka Puasa yang mencakup makanan dengan nutrisi yang membantu Anda merasa berenergi untuk waktu yang lama, seperti biji-bijian kaya serat, buah-buahan atau sayuran.

4. Beri Ruang doi Kalender Ramadan Anda untuk Komunitas

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk berkumpul bersama masyarakat. Banyak keluarga berkumpul untuk berbuka puasa dan Masjid seringkali lebih penuh di bulan Ramadan dibandingkan waktu lainnya sepanjang tahun, terutama untuk salat Tarawih.

Sebelum Ramadan, banyak pusat komunitas Islam yang memposting jadwal kegiatan dan lokakarya mereka untuk atau sebagai persiapan bulan tersebut. Keluarga atau komunitas Anda sendiri mungkin juga merencanakan acara besar, baik itu acara buka puasa, penggalangan dana, halaqah, maupun tadarus Al-Quran.

Luangkan waktu untuk mencatat acara-acara tersebut di kalender Anda dan bagaimana Anda dapat mewujudkannya ke dalam tujuan Ramadan Anda.

Di bulan ketika keberkahan dilipatgandakan dan ada lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pahala ketika kita berkumpul untuk beribadah kepada Allah (SWT), mengatur jadwal Anda di sekitar acara komunitas dapat membantu Anda memaksimalkan bulan ini untuk memperkuat ikatan Anda dengan orang yang Anda cintai dan Allah SWT).

5. Simpan Rencana Tindakan Anda Sepanjang Ramadan

Sekarang setelah Anda mengetahui jadwal dan tujuan Anda di bulan Ramadan. Anda dapat menyimpan daftar rencana tindakan tersebut di dekat Anda sepanjang bulan Ramadan.

Luangkan waktu setiap hari untuk melacak kemajuan Anda, ulas tujuan yang perlu Anda capai, dan lihat acara apa yang Anda adakan pada hari itu. Penerapan sistem ini dapat membantu menjadikan Ramadhan tidak terlalu membebani dan bahkan dapat mendorong Anda untuk menjaga kebiasaan teratur ini bahkan setelah bulan Ramadan berakhir.

Jadi, manfaatkanlah waktu yang tersisa sebelum Ramadan untuk membuat rencana tindakan. Pastikan untuk mencatat semua kebiasaan yang ingin Anda hentikan dan tujuan utama Anda (jangka pendek dan jangka panjang).

Tetap ikuti perkembangan kebutuhan kesehatan Anda dan rencana apa pun yang Anda, keluarga, atau komunitas Anda miliki untuk Ramadhan.

Apa pun tujuan Anda, pastikan itu bisa Anda lakukan. Jangan merasa buruk jika melakukan sesuatu dengan lambat. Peningkatan bertahap namun konsisten lebih baik daripada mempercepat pencapaian tujuan hanya untuk menyelesaikannya.

Dengan mempersiapkan pikiran dan tubuh Anda untuk menghadapi bulan puasa yang akan datang, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada spiritualitas Anda dan dengan demikian berupaya memanfaatkan berkah Ramadhan sebaik-baiknya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Manfaat Olahraga Basket Dalam Perkembangan Tubuh Anda

Di antara olahraga paling populer di dunia, yakni bola basket. Olahraga ini dimainkan oleh sebagian besar penduduk Amerika Serikat, bahkan di belahan dunia lainnya. Bola basket dimainkan sebagai permainan tim, dengan dua tim yang terdiri dari lima pemain melemparkan bola ke keranjang lawan untuk mencetak poin. Perkembangan bola basket untuk tubuh yaitu lompatan. Karena lompatan menjadi salah satu upaya tubuh agar tulang menjadi lebih cepat berkembang.

Manfaat Olahraga Basket Dalam Perkembangan Tubuh Anda

POJOKNULIS.COM - Bola basket dimainkan sebagai permainan tim, dengan dua tim yang terdiri dari lima pemain melemparkan bola ke keranjang lawan untuk mencetak poin.

Di antara olahraga paling populer di dunia, yakni bola basket. Olahraga ini dimainkan oleh sebagian besar penduduk Amerika Serikat, bahkan di belahan dunia lainnya.

Liga Bola Basket Inggris (BBL) di Inggris dan National Basketball Association (NBA) adalah dua dari sekian banyak kompetisi bola basket yang diadakan setiap tahun.

Olahraga bola basket juga memiliki banyak sekali manfaat bagi perkembangan tubuh, sebab dalam olahraga basket sangat mengandalkan kecepatan dan lompatan.

Perkembangan bola basket untuk tubuh yaitu lompatan, karena lompatan menjadi salah satu perkembangan tubuh agar tulang menjadi lebih cepat berkembang.

Akan tetapi perkembangan dalam tubuh harus di lengkapi dengan berbagai vitamin yang baik untuk proses perkembangan tulang agar lebih cepat mendapatkan dampat positifnya.

Berikut adalah manfaat Olahraga Basket sebagai perkembangan Tubuh:

1. Memperkuat Otot Agar Daya Tahan Tubuh Seimbang

Bola basket membutuhkan fleksibilitas, kekuatan, dan daya tahan. Anda harus melakukan kontraksi otot yang pendek dan berintensitas tinggi untuk bergerak cepat dan mengubah arah.

Tujuan akhir dari latihan ini adalah untuk mengembangkan daya tahan otot, yang melibatkan kemampuan otot untuk menerapkan kekuatan berulang kali dalam jangka waktu lama.

2. Memperkuat Tulang Agar Lebih Sehat

Terlibat dalam aktivitas tim seperti bola basket dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Penguatan otot, tulang, dan persendian bisa menjadi aspek bermanfaat lainnya.

Orang yang terbiasa bermain bola dengan tangan dan kaki serta rutin melakukannya terbukti memiliki kepadatan tulang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak banyak bergerak sama sekali.

3. Menambah Tinggi Badan

Bola basket diketahui memberikan dampak positif terhadap perkembangan tinggi badan. Sebuah ring basket hanya berada 3 meter di atas tanah, jadi Anda harus melompat untuk memasukkan bola ke dalamnya. Jika kamu melompat tubuhmu akan tumbuh lebih cepat.

Selain itu, kemampuan berlari saat bermain juga akan melatih otot kaki Anda. Diketahui menyebabkan pemanjangan tulang yang cepat, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

4. Membuat Rasa Percaya

Manfaat mental dari bermain bola basket adalah meningkatkan rasa percaya diri. Bola basket adalah olahraga beregu, jadi kalian harus saling mendukung dan menginspirasi rekan satu tim kalian.

Merupakan hal yang biasa untuk berada dalam kelompok dan mendengar seseorang mengkritik tim.
Itu mengarah pada kepercayaan diri.

5. Keterampilan Berkomunikasi Akan Lebih Baik

Manfaat mental dari bermain bola basket adalah meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Bola basket adalah olahraga beregu, jadi kalian harus saling mendukung dan menginspirasi rekan satu tim kalian.

Merupakan hal yang biasa untuk berada dalam kelompok dan mendengar seseorang mengkritik tim. Itu mengarah pada kepercayaan diri.

6. Mengurangi Dampak Stres

Bermain bola basket membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda. Endorfin, hormon alami yang menyebabkan relaksasi dan kesenangan, dilepaskan selama aktivitas fisik.

Meskipun demikian, penting untuk memastikan olahraga yang benar dan aman.
Untuk menghindari cedera, sebaiknya Anda juga melakukan pemanasan dan peregangan otot sebelum bermain basket secara rutin.

7. Menurunkan Berat Badan

Intensitas permainan bola basket yang intens dapat membantu pengurangan lemak dan kalori tubuh. Ini mendukung penurunan berat badan dan menjaga tubuh dalam kesehatan yang baik.

Kesimpulanya adalah kita bisa mengetahui manfaat bermain bola basket untuk kesehatan tubuh kita agar menjadi lebih baik dan memiliki daya tahan tubuh yang seimbang.

Dalam bermain bola basket, tubuh kita mengalami berbagai perkembangan yang positif. Salah satunya adalah memperkuat otot untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam olahraga ini, kita juga bisa melatih tulang agar lebih sehat dan kuat. Hal ini terjadi karena bermain bola basket melibatkan gerakan yang intens dan memerlukan kekuatan.

Selain itu, bermain bola basket juga dapat memberikan dampak positif terhadap tinggi badan, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan melompat untuk memasukkan bola ke dalam ring, tubuh kita akan merespon dengan pertumbuhan yang lebih cepat.

Selain manfaat fisik, bermain bola basket juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan berkomunikasi karena olahraga ini membutuhkan kerja tim yang baik.

Bermain bola basket juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan menurunkan berat badan karena intensitasnya yang tinggi.

Dengan demikian, bermain bola basket tidak hanya baik untuk kesehatan fisik kita, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan emosional.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

8 Tips Mencegah Penyakit Varises

Varises adalah kondisi medis yang ditandai dengan pembengkakan dan perluasan vena yang terjadi ketika katup vena tidak berfungsi dengan baik. Penyebab utama dari varises adalah kelemahan atau kerusakan pada dinding vena dan katup vena. Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi ini termasuk faktor genetik, kehamilan, obesitas, berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, usia yang lebih tua, dan riwayat trombosis vena dalam. Penyakit varises dapat menyebabkan rasa sakit nyeri di kaki. Agar tidak terkena penyakit varises, berikut tips untuk mencegah penyakit varises.

8 Tips Mencegah Penyakit Varises

POJOKNULIS.COM - Penyakit varises adalah kondisi membengkak dan melebarnya pembuluh darah vena di kaki. Penyakit ini biasanya disertai dengan rasa nyeri dan kaki terasa berat.

Selain dapat menganggu kesehatan, penyakit ini dapat mengganggu penampilan kaki Anda. Akan tetapi, dengan mengubah kebiasaan dan gaya hidup, Anda dapat mencegah varises.

Varises adalah kondisi medis yang ditandai dengan pembengkakan dan perluasan vena yang terjadi ketika katup vena tidak berfungsi dengan baik.

Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung. Ketika katup-katup ini tidak dapat menjaga darah mengalir ke arah yang benar, darah bisa mengumpul di dalam vena, menyebabkan tekanan meningkat dan pembuluh vena menjadi melebar.

Penyebab utama dari varises adalah kelemahan atau kerusakan pada dinding vena dan katup vena. Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi ini termasuk faktor genetik, kehamilan, obesitas, berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, usia yang lebih tua, dan riwayat trombosis vena dalam.

Gejala varises dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi tersebut. Gejala yang umum meliputi pembengkakan, rasa berat atau nyeri di kaki, rasa terbakar atau gatal di sekitar vena, kulit yang berubah warna atau menghitam di sekitar vena yang terkena, dan pembengkakan atau perubahan tekstur pada kulit.

Varises sering kali dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik oleh dokter, terutama ketika vena yang terkena terlihat jelas di permukaan kulit. Beberapa tes diagnostik seperti ultrasonografi duplex atau venografi kontras juga dapat dilakukan untuk memastikan diagnosis atau mengevaluasi tingkat keparahan varises.

Pengobatan varises tergantung pada tingkat keparahan gejala dan komplikasi yang mungkin terjadi. Pengobatan non-bedah seperti kompresi elastis, perubahan gaya hidup, dan obat-obatan dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah pemburukan kondisi.

Namun, dalam kasus yang lebih parah, prosedur bedah atau prosedur non-bedah seperti skleroterapi atau ablasi vena mungkin diperlukan untuk menghilangkan atau menutup vena yang terkena.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah penyakit varises:

1. Berolahraga Secara Rutin

Tips mencegah penyakit varises yang pertama yaitu dengan cara berolahraga secara rutin. Berolahraga secara rutin adalah kunci untuk menjaga sirkulasi darah yang baik.

Sirkulasi darah yang baik dapat membantu mencegah varises. Olahraga seperti berenang, bersepeda, dan berlari membantu meningkatkan aliran darah ke kaki.

2. Menjaga Berat Badan

Tips mencegah penyakit varises yang kedua yaitu menjaga berat badan tetap ideal. Obesitas atau kegemukan dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah Anda.

Kondisikanlah berat badan dengan pola makan yang baik dan gaya hidup sehat. Dengan menjaga berat badan tetap ideal dapat mengurangi resiko penyakit varises.

Janganlah makan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan gula tinggi. Perbanyaklah makan makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

3. Menggunakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Tips mencegah varises yang ketiga yaitu menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Pakaian yang terlalu ketat dapat mengganggu sirkulasi darah dan meningkatkan resiko varises.

Pilihlah pakaian dan sepatu yang nyaman saat Anda akan bepergian. Pilihlah sepatu yang memiliki hak datar atau rendah dan nyaman untuk dipakai.

4. Rajin Mengangkat Kaki

Tips mencegah penyakit varises yang keempat yaitu rajinlah mengangkat kaki. Seringlah mengangkat kaki, untuk mengurangi tekananan pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi darah.

5. Mengurangi Paparan Panas Secara Berlebihan

Tips mencegah penyakit varises yang kelima yaitu menghindari paparan panas secara berlebihan. Paparan panas tersebut seperti beraktivitas outdoor dan berendam dalam air panas.

Hal ini dapat memperlebar pembuluh darah dan menyebabkan penyakit varises. Lebih baik hindari paparan panas yang berlebihan ini.

6. Mengonsumsi Makanan yang Sehat untuk Pembuluh Darah

Tips mencegah varises keenam yaitu mengonsumsi makanan yang sehat untuk pembuluh darah. Makanan yang sehat untuk pembuluh darah adalah yang kaya vitamin dan mineral.

Makanan tersebut seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanlah makanan yang higienis dan menyehatkan, hindari makanan cepat saji atau instan.

7. Beristirahatlah dengan Cukup

Tips mencegah penyakit varises yang ketujuh yaitu dengan cara beristirahat yang cukup. Dengan Anda istirahat yang cukup, pembuluh darah akan sehat.

Hindari tidur larut malam atau begadang secara terus-menerus. Begadang dapat menganggu aliran darah dan meningkatkan resiko varises.

8. Menghindari Berdiri dan Duduk Terlalu Lama

Tips mencegah penyakit varises terakhir yaitu menghindari berdiri dan duduk terlalu lama. Aktivitas berdiri dan duduk terlalu lama dapat menghambat aliran darah dan meningkatkan risiko varises.

Berdiri dan duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena. Dianjurkan untuk memaksimalkan istirahat yang singkat dan sering mengubah posisi tubuh.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat mencegah perkembangan varises. Gaya hidup yang baik dan tepat dapat membuat pembuluh darah sehat.

Selain itu penampilan kaki juga tidak akan terganggu dan memiliki kondisi sehat. Ikutilah langkah preventif tersebut untuk menjaga kesehatan

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

4 Tips Efektif Menata Ruangan di Rumah Agar Lebih Nyaman saat Lebaran

Hari Raya Idulfitri menjadi salah satu hari spesial yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia karena merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman terdekat. Menjelang hari raya (Lebaran) yang tentunya akan dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, menyiapkan rumah sebagai tempat utama untuk berkumpul ketika perayaan Idulfitri menjadi hal yang sangat penting. Simak artikel ini untuk mengetahui cara dan tips efektif dalam menata ruangan rumah agar siap menyambut para tamu saat Lebaran tiba.

4 Tips Efektif Menata Ruangan di Rumah Agar Lebih Nyaman saat Lebaran

POJOKNULIS.COM - Hari Raya Idulfitri menjadi salah satu hari spesial yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia karena merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman terdekat.

Menjelang hari raya (Lebaran) yang tentunya akan dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, menyiapkan rumah sebagai tempat utama untuk berkumpul ketika perayaan Idulfitri menjadi hal yang sangat penting. Ada beberapa hal untuk membuat rumah Anda menjadi nyaman serta tertata dengan rapi yang perlu diperhatikan secara baik.

Simak artikel ini untuk mengetahui cara dan tips efektif dalam menata ruangan rumah agar siap menyambut para tamu saat Lebaran tiba.

1. Terapkan Konsep Minimalis

Rumah akan selalu menjadi tempat utama untuk menjalin silaturahmi tali persaudaraan yang mengeratkan pada saat hari raya Idulfitri tiba. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan ruangan untuk tempat berkumpul bersama orang terkasih dengan nyaman, salah satunya adalah dengan menerapkan konsep minimalis pada ruang tamu.

Anda dapat menggunakan perabot fungsional dengan solusi penyimpanan yang terintegrasi satu sama lain untuk menerapkan konsep minimalis pada ruangan di rumah Anda. Hal ini bertujuan agar membuat ruangan lebih tertata rapi dan juga akan sangat memudahkan proses ketika membersihkan ruangan sebelum dan sesudah perayaan hari raya yang menjadi lebih efisien.

2. Manfaatkan Peralatan Pembersih

Tentunya Anda perlu memerhatikan kesiapan menjelang hari raya Idulfitri tiba. Anda harus memastikan untuk selalu menjaga kebersihan di setiap sudut rumah.

Untuk membersihkan rumah, Anda memerlukan alat pembersih yang efektif. Alat-alat pembersih efektif yang dapat membantu Anda, di antaranya seperti sikat pembersih yang mampu membersihkan kerak-kerak membandel di lantai, karet pembersih kaca untuk membersihkan kaca dan cermin, hingga sapu serba guna yang mampu membersihkan di daerah-daerah sempit yang sulit dijangkau.

3. Menjaga Kebersihan Toilet

Sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi atau pun toilet saat menjelang Lebaran. Hal itu dikarenakan toilet merupakan ruangan yang sering digunakan oleh pada tamu ketika berkunjung di rumah.

Agar orang lain menggunakan toilet secara nyaman, Anda perlu memerhatikan kebersihan dan penataan di kamar mandi atau toilet. Selain menjaga kebersihan toilet, hal yang bisa Anda lakukan adalah menata kamar mandi agar lebih nyaman saat digunakan, yaitu dengan penggunaan rak atau organizer.

Dengan melakukan hal tersebut, area kamar mandi atau toilet akan terlihat tertata lebih rapi dan semakin nyaman untuk digunakan.

4. Menata Ruang Makan

Salah satu momen yang selalu dilakukan ketika hari raya tiba adalah makan bersama para keluarga di rumah. Biasanya, tuan rumah akan menyiapkan makanan-makanan lezat untuk disajikan kepada para tamu.

Dengan demikian, sangat penting bagi Anda untuk menata ruang makan agar terlihat lebih nyaman saat makan bersama. Salah satu hal yang mampu membuat ruang makan terasa lebih nyaman saat Idulfitri yaitu menggunakan meja makan yang tersedia fitur daun meja.

Itulah tips dan cara efektif untuk menata ruangan yang ada di rumah agar terlihat lebih nyaman saat Lebaran. Anda sangat bisa mengikuti cara yang telah dijelaskan di atas agar para tamu semakin nyaman saat berkunjung ke rumah Anda saat Lebaran tiba.

Semoga tips tersebut dapat membantu Anda menciptakan lingkungan rumah yang nyaman untuk menyambut para tamu saat Lebaran. Dengan demikian, silaturahmi dapat dilakukan dengan lancar dan senang hati saat hari raya nanti.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Lailatul Qadar, Malam Spesial di Salah Satu 10 malam Terakhir Ramadhan

Malam Lailatul Qadar merupakan malam dengan banyak keutamaan. Malam ini sendiri disebutkan malam yang lebih baik dari seribu bulan beribadah. Malam lailatul Qadar merupakan malam terbaik daripada seribu bulan. Pendapat ini memiliki maksud bahwa malam ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Pada malam Malam Lailatul Qadar orang-orang akan ramai meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan dengan tujuan agar dapat menemukan malam istimewa ini.

Lailatul Qadar, Malam Spesial di Salah Satu 10 malam Terakhir Ramadhan

POJOKNULIS.COM – Malam Lailatul Qadar merupakan malam dengan banyak keutamaan sehingga banyak orang berlomba-lomba dalam mendapatkan malam ini. Mengapa mala mini banyak dikejar-kejar oleh banyak orang?

Malam lailatul Qadar merupakan malam terbaik daripada seribu bulan. Pendapat ini memiliki maksud bahwa malam ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Keistimewaan mala mini dapat dilihat di Al-Quran pada surah Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: Bulan Ramadhan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil) (QS Al-Baqarah [2]: 185).

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Pada malam Malam Lailatul Qadar orang-orang akan ramai meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan dengan tujuan agar dapat menemukan malam istimewa ini.

Meskipun tak diketahui pasti kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Hal tersebut akan menjadi hikmah agar para umat Islam dapat bertemu dengan malam yang mulia serta banyak keberkahan dari meningkatnya ibadah yang mereka jalankan.

1. Mendapat Banyak Rezeki dan Keberkahan

Keutamaan yang akan didapatkan oleh umat Islam yang menjalankan ibadah di malam Lailatul Qadar adalah mendapatkan banyak rezeki serta keberkahan di hidupnya. Malam itu juga menjadi pengantar doa bagi umatnya yang berhasil mendapatkan malam tersebut.

2. Mendapatkan Ampunan Dosa dari Allah SWT

Dengan anda memperkuat ibadah pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan dipercaya akan dapat menemui malam Lailatul Qadar. Bahkan, malam ini juga menjadi ajang dalam meminta pengampunan dosa kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW sendiri bersabda bahwa ibadah pada malam Lailatul Qadar dengan iman serta harapan, maka Allah SWT akan memberikan ampunan kepada umatnya.

3. Menambah Ketawqwaan Seseorang

Keutamaan yang ketiga adalah saat malam Lailatul Qadar adalah malam ini dapat menjadi media dalam meningkatkan ketaqwaan umat kepada Allah SWT. Rasulullah sendiri bersabda yang artinya adalah bahwa barang siapa yang beribadah saat malam Lailatul Qadar dengan iman serta harapan, maka orang tersebut akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Dosa-Dosa yang Dihapuskan

Keutamaan selanjutnya adalah saat malam yang istimewa ini, jika seseorang memperkuat ibadahnya, makai a akan mendapatkan pengampunan dosa. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW yang memiliki arti barang siapa yang beribadah di malam Lailatul Qadar dengan iman serta harapan, akan diampuni dosanya oleh Allah SWT

5. Pahala yang Melebih Seribu Bulan

Keutamaan kelima saat malam Lailatul Qadar adalah pahalanya yang lebih besar daripada beribadah seribu bulan. Hal ini tertulis pada surah Al-Qadr ayat 3;

يْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

Artinya : Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan.

Dalam arti surah tersebut, dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Itulah 5 keutamaan dari malam Lailatul Qadar. Tentunya, keutamaan ini akan didapatkan jika melaksanakan ibadah yang kuat teruttama di sepuluh hari terakhir dalam bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dengan banyak keutamaan. Bahkan, pada bulan ini, semua ibadah yang dilakukan oleh umat Islam akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat.

Dengan hal tersebut, pahala pada malam Lailatul Qadar pastinya lebh banyak dan lebih melimpah dari malam-malam lainnya di bulan Ramadhan.

Tentunya, setiap orang terutama umat Islam harus selalu berubah menjadi lebih baik, tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Ambil hikmah serta pelajaran yang didapatkan selama bulan Ramadhan serta kehidupan anda sebagai umat Islam.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Bingung Melakukan Amalan saat Haid? Inilah 5 Amalan bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan

Wanita merupakan makhluk spesial di mata Allah SWT. Ia dapat tidak melaksanakan puasa Ramadhan karena mengalami haid. Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan oleh para wanita haid.

Bingung Melakukan Amalan saat Haid? Inilah 5 Amalan bagi Wanita Haid di Bulan Ramadhan

POJOKNULIS.COM - Wanita menjadi golongan yang pasti ada saat tidak berpuasa. Namun, amalan dalam bulan Ramadhan tetap ada bagi wanita haid agar mendapatkan keutamaan serta keberkahan dalam bulan Ramadhan.

Ulama Fiqih yaitu Sayyid Sabiq mengatakan dalam kitabnya yang bernama Kitab Fiqih Sunnah, wanita haid yang terhalang melaksanakan puasa Ramadhan wajib mengganti puasa yang ditinggalkan selama masa haidnya. Jika wanita haid memaksakan berpuasa, ia akan menjalankan puasa tanpa makna atau batal kata Sayyid Sabiq.

Amalan Wanita Haid saat Bulan Ramadhan

Meskipun tidak berpuasa, wanita haid tetap dapat melakukan amalan lain. Mengutip dari buku karya Himatu Mardiah Rosana yang berjudul “Ibadah Penuh Berkah Ketika Haid dan Nifas serta buku Do'a dan Amalan Istimewa Ketika Datang Bulan”, berikut merupakan amalan-amalan yang dapat dilakukan wanita haid dalam bulan Ramadhan

1. Berzikir serta Berdoa Meminta Pengampunan Kepada Allah SWT

Dalam hal ini, Rasulullah SAW secara khusus menganjurkan untuk memperbanyak istighfar, berzikir serta berdoa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Ada lafadz zikir yang diistiqomahkan oleh Rasulullah pada hadisnya yang dapat diterapkan oleh umatnya.

Abu Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Arrahman, Subhanallah, Wabihamdihi, dan Subhaanallahul 'azhiim." (HR Bukhari)

Dijelaskan juga bahwa wanita haid dapat memperbanyak doa di bulan Ramdhan dengan doa Mat’sur (diriwayatkan) ataupun doa Mashnu (buatan sendiri)

2. Memperbanyak Sedekah

Amalan kedua yang dapat dikerjakan oleh wanita haid adalah memperbanyak sedekah. Abdullah bin umar mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Wahai kaum wanita! Bersedakahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka." (HR Muslim)

3. Membagikan Makanan kepada Orang yang Berpuasa untuk Berbuka

Keitka orang-orang memberikan jamuan kepada orang lain untuk berbuka puasa, ia akan mendapatkan balasan sebagaimana orang yang menjalankan puasa tanpa dikurangi sedikitpun pahalanya.

Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin khalid Al-Juhani, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikit pun." (HR At-Tirmidzi)

4. Meringankan Pekerjaan dari Orang yang Berpuasa

Amalan yang dapat dilakukan selanjutnya adalah bahwa wanita haid ataupun nifas dapat melayani orang yang tentunya sedang berpuasa. Karena, melayani orang yang berpuasa serta meringankan pekerjaan ataupun kesusahan mereka akan mendapatkan balasan sebagaimana orang yang melaksanakan puasa.

Rasulullah SAW sendiri bersabda yang diriwayatkan oleh Muslim:

"Barang siapa dapat menunjukkan suatu kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukannya." (HR Muslim)

5. Menambah Ilmu agar Mendapatkan Ketaatan yang Lebih Tinggi kepada Allah SWT

Amalan kelima yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan adalah mencari ilmu sebanyak-banyaknya mengenai Islam. Hal ini dapat direalisasikan dengan mendatangi majelis-majelis ilmu ataupun dengan membaca buku mengenai ilmu yang ada di dalam Islam.

Itulah beberapa amalan untuk wanita haid di bulan Ramadhan. Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, maka para wanita haid akan tetap mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan dengan penuh keutamaan dan berkah. Meskipun wanita haid tidak dapat berpuasa, ia akan tetap mendapatkan keberkahan di dalamnya.

Tentunya, wanita merupakan orang yang susah untuk melakukan puasa satu bulan penuh. Sehingga, wanita menjadi seseorang yang special.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories