Mengenal Profesi Sanitarian, Garda Terdepan dalam Kebersihan dan Kesehatan Masyarakat

Sekitar 1,8 miliar lowongan pekerjaan di setiap tahun berhubungan dengan kesehatan. Sehingga, sekarang banyak pelajar yang mengejar gelar pada bidang kesehatan masyarakat. Sanitarian merupakan profesi mengenai edukasi dan pengawasan dalam kesehatan masyarakat. Profesi ini tentunya memiliki jalan pendidikan yang tidak mudah. Bahkan, pekerjaan pada bidang ini melampaui perawat dan dokter. Yuk simak artikel ini agar mengetahui apa itu sanitarian dan tugasnya.

Mengenal Profesi Sanitarian, Garda Terdepan dalam Kebersihan dan Kesehatan Masyarakat

POJOKNULIS.COM - Kesehatan tentunya menjadi hal penting dalam kehidupan. Entah itu kesehatan sendri ataupun kesehatan bersama atau kesehatan masyarakat.

Mengutip dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), sekitar 1,8 miliar lowongan pekerjaan di setiap tahun berhubungan dengan kesehatan. Sehingga, sekarang banyak pelajar yang mengejar gelar pada bidang kesehatan masyarakat.

Bahkan, pekerjaan pada bidang ini melampaui perawat dan dokter. Contohnya, spesialis kesehatan dan keselamatan, sama seperti sanitarian, keduanya penting.

Para pekerja di bidang ini memastikan bahwa anda tinggal, bekerja, serta bermain dengan aman, sehat, dan mematuhi peraturan kesehatan serta keselamatan yang ada dan telah ditetapkan. Tentunya pekerjaan ini sangat menarik minat anda dan orang lain.

Mengenal Sanitarian Terdaftar

Kesehatan masyarakat merupakan ilmu yang melindungi serta meningkatkan kesehatan individu, komunitas, juga populasi. Profesional kesehatan masyarakat, seperti sanitarian terdaftar, akan mengabdikan hidup mereka kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan serta memperpanjang hidup masyarakat.

Sanitarian, disebut sebagai spesialis kesehatan lingkungan atau pekerjaan, mengidentifikasi risiko serta mengawasi peraturan lingkungan, kesehatan, serta keselamatan masyarakat sehari-hari. Para pekerja bidang ini tentunya berkualifikasi serta terlatih.

Mereka bekerja pada divisi kesehatan masyarakat di kota, kota besar, kabupaten, negara bagian, bahkan pada sektor swasta. Profesi ini tentunya harus bersemangat agar membuat perbedaan dalam komunitas kita semua dalam menjaga lingkungan tetap sehat dan aman.

Tugas Sanitarian Terdaftar

Tugas sanitarian terdaftar adalah bertanggung jawab dalam memerikasa tempat kerja serta memastikan tempat kerja tersebut memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan, dan lingkungan.

Sanitarian melakukan tugasnya dengan mencari faktor fisik ataupun lingkungan yang dapat berpengaruh pada kesehatan, keselamatan, serta kenyamanan karyawan dan pelanggan.

Berikut adalah beberapa tugas sanitarian sesuai dengan standar spesialis kesehatan dan keselamatan kerja:

  1. Merancangkan serta menerapkan program dan prosedur di tempat kerja agar mengendalikan atau mencegah risiko terjadinya reaksi kimia, fisik, ataupun terhadap pekerja
  2. Melatih pengusaha dan pekerja mengenai keselamatan di tempat kerja
  3. Mendemonstrasikan mengenai penggunaan peralatan keselamatan dan memastikan bahwa penggunaan peralatan sudah benar
  4. Menyelidiki insiden yang nantinya menentukan penyebab serta kemungkinan pencegahan
  5. Membuat laporan tertulis jika menemukan temuan yang janggal

Sanitarian Harus Ada!

Tidak adanya sanitarian menyebabkan rumah dan tempat kerja anda menjadi cepat tidak sehat dan tidak aman. Bahkan, faktanya dari banyak negara yang mendapatkan manfaat dari para sanitarian ini, masih banyak negara lain yang memiliki infrastruktur sanitasi yang kurang layak, sehingga menyebabkan ribuan nyawa melayang.

Oleh karena itu, sanitarian merupakan profesi yang sangat penting di dunia, terutama wilayah dengan akses yang kurang baik terhadap air bersih, sanitasi yang layak, serta fasilitas dalam pembuangan limbah.

Sanitarian dapat membantu anda sebagai komunitas dengan bekerja sama bersama pemerintah ataupun otoritas lokal untuk meningkatkan standar sanitasi serta kualitas hidup.

Bahkan, sanitarian memastikan penyediaan serta keamanan standar tempat kerja yang aman dengan memimpin evaluasi tempat kerja dengan resiko yang tinggi seperti rumah sakit, lokasi konstruksi, pabrik, fasilitas pengolahan, serta persiapan makanan.

Cara Menjadi Sanitarian Terdaftar

Tentunya, pekerjaan ini memerlukan berbagai cara dan apa yang harus dipersiapkan. Berikut adalah cara-cara agar menjadi sanitarian terdaftar

  1. Dapatkan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat
  2. Dapatkan pengalaman di lapangan
  3. Dapatkan gelar Master di bidang Kesehatan Masyarakat
  4. Dapatkan sertifikasi sebagai sanitarian terdaftar
  5. Mulailah karir sanitasi terdaftar Anda

Itulah beberapa penjelasan mengenai sanitarian terdaftar. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting di dunia kerja. Karena pekerjaan ini mengurangi pegawai dari masalah di tempat kerja. Termasuk membuat pimpinan perusahaan tidak semena-mena dalam mengelola perusahaan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Ini Tips Merawat Rambut Gondrong Khusus Pria!

Zaman sekarang model rambut sudah sangat banyak macamnya. Mulai dari coma hair, French crop, two block, serta gondrong banyak sekali penikmatnya. Rambut memerlukan perawatan agar tetap sehat. Tidak perlu bingung, perawatan rambut tidak susah. Hanya memerlukan niat yang kuat dan teratur untuk mendapatkan rambut yang ideal. Akhir-akhir ini tren gondrong kembali menaik. Namun, gondrong menjadi gaya rambut yang lumayan sulit dirawat. Dengan rambut panjang akan mudah terserang kerusakan rambut. Dalam tulisan ini akan dijelaskan cara merawat rambut gondrong.

Ini Tips Merawat Rambut Gondrong Khusus Pria!

POJOKNULIS.COM - Zaman sekarang model rambut sudah sangat banyak macamnya. Mulai dari coma hair, French crop, two block, serta gondrong banyak sekali penikmatnya.

Gaya rambut seseorang dapat menandakan sikap setiap orang. Tentunya hal ini sangat berlaku terutama bagi pria. Dengan memotong rambut saja membuat wajah pria jadi beda. Ada banyak gaya rambut yang bisa dipakai seorang pria.

Akhir-akhir ini tren rambut gondrong kembali naik di kalangan pria. Rambut gondrong dengan pakaian ala bapak-bapak menjadi tren kembali. Seolah-olah gaya tahun 60an kembali diedarkan. Model rambut gondrong mulai diviralkan lagi pada dua tahun silam.

Berawal dari tren anak senja rambut gondrong kembali diperlihatkan. Selain rambut pria yang bermacam-macam, pria juga harus merawatnya.

Jika rambut dibiarkan saja maka akan bisa merusaknya. Terlalu sering merubah model rambut dengan zat kimia dapat merusaknya.

Rambut memerlukan perawatan agar tetap sehat. Tidak perlu bingung, perawatan rambut tidak susah. Hanya memerlukan niat yang kuat dan teratur untuk mendapatkan rambut yang ideal.

Gondrong menjadi gaya rambut yang lumayan sulit dirawat. Dengan rambut panjang akan mudah terserang kerusakan rambut.

Dalam tulisan ini akan dijelaskan cara merawat rambut gondrong. Caranya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Keramas secara teratur

Cara yang pertama adalah dengan keramas secara teratur. Sebenarnya keramas harus dilakukan dalam setiap model rambut.

Perbedaannya ada pada ukuran panjang rambut yang tumbuh. Jika rambut diatas telinga, keramas setiap seminggu sekali masih cukup.

Sebaliknya, jika melewati telinga harus lebih sering keramas. Dua hari sekali menjadi patokan minimal untuk keramas. Perhatikan shampoo saat keramas juga hal yang penting. Kandungan shampoo harus disesuaikan dengan kondisi kepala yang dirasakan.

Cara keramas yang benar bukan diusap saja. Cara yang benar adalah memijatnya hingga terserap ke kulit kepala.

2. Gunakan sisir yang tepat

Sisir yang cocok digunakan oleh rambut gondrong adalah sisir lebar. Jika menggunakan sisir kecil akan dipastikan sisir tersebut patah.

Kebersihan sisir juga harus selalu terjaga. Rambut gondrong sangat rawan terkena kutu. Jadi penggunaan sisir pribadi pada rambut gondrong sangatlah penting.

3. Mengeringkan rambut dengan hati-hati

Jangan pernah menggosok rambut dengan handuk. Sebelum mengeringkan rambut, kibaslah rambut agar air yang terserap berkurang.

Lalu tempel handuk di rambut agar menyerap sisa air. Hal ini dapat merawat rambut dan menjaganya agar tidak bercabang.

4. Menggunakan ikat rambut yang longgar

Mengencangkan ikat rambut dapat menyebabkan rambut mengalami kondisi berbahaya. Rambut yang sering diikat dengan ketat akan menyebabkan kerontokan.

Tentu hal ini tidak boleh dianggap remeh. Kondisi rambut yang rontok akan lama sembuhnya. Jadi rambut perlu dijaga sebelum rontok.

5. Potong ujung rambut dengan teratur

Ujung rambut perlu diperhatikan juga saat gondrong. Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan rambut bercabang.

Maka bisa setiap dua Minggu sekali potong ujungnya saja. Memotong ujung rambut dapat dilakukan sendiri atau di tempat potong.

6. Menggunakan hairtonic

Merawat rambut dengan maksimal merupakan hal yang wajib. Penggunaan hair tonic tentu dapat memaksimalkannya.

Hair tonic dapat didapatkan di minimarket apapun. Dengan penggunaan hair tonic, rambut gondrong jadi lebih indah dan terjaga.

Begitulah beberapa tips dalam menjaga rambut gondrong. Lakukan tips-tips yang telah disebutkan agar rambut sehat.

Rambut yang sehat tentu membuat setiap orang nyaman. Rambut yang tidak sehat juga dapat memicu datangnya stres. Jagalah rambut mulai dari saat ini agar terhindar dari stres.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

11 Aktivitas Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Saat Hujan

Berada di rumah saat hujan memang sangatlah membosankan. Namun, dengan menemukan aktivitas menyenangkan, rasa bosan tersebut akan berubah menjadi keseruan. Oleh karena, itu diperlukan beberapa aktivitas yang menyenangkan agar Anda tidak bosan. Berikut ini beberapa aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan saat hujan.

11 Aktivitas Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Saat Hujan

POJOKNULIS.COM - Kebanyakan orang menganggap hujan sebagai waktu yang sangat membosankan. Ketika hujan, Anda hanya dapat beraktivitas di dalam rumah saja.

Oleh karena, itu diperlukan beberapa aktivitas yang menyenangkan agar Anda tidak bosan. Berikut ini beberapa aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan saat hujan:

1. Menikmati Minuman Hangat

Hal yang tidak boleh dilewati saat hujan adalah menikmati minuman hangat. Ketika hujan turun, seringkali memberikan ketenangan dan kesejukkan.

Cuaca yang dingin saat hujan sangatlah cocok untuk menikmati munuman hangat. Misalnya teh hangat, kopi panas atau munuman hangat lainnya.

2. Menonton Film

Saat hujan, menonton film dapat menjadi pilihan yang menyenangkan. Pilih kemudian tonton film-film yang Anda sukai.

Sebelum menonton film, siapkan camilan dan buatlah suasana rumah seperti di bioskop. Aktivitas ini merupakan salah satu cara untuk bersantai dan menghilangkan stres.

3. Bermain Game Online

Jika hujan sedang turun, Anda dapat bermain game online di rumah. Bermain game dapat menghilangkan stres, mengisi waktu luang, dan menjaga kesehatan mental.

Bermain game online bisa dilakukan sendiri atau dilakukan bersama teman. Anda bisa memainkan game online sembari menanti hujan reda.

4. Memasak

Ketika hujan, Anda dapat menghabiskan waktu di dapur dan memasak makanan. Anda dapat mencoba menu baru dan menyajikan makanan kepada keluarga Anda.

Anda juga bisa membuat makanan yang cocok disajikan saat hujan. Terutama makanan-makanan yang memiliki kuah hangat atau makanan yang mengandung rempah untuk menghangatkan tubuh.

5. Bersantai Bersama Keluarga

Suasana hening saat hujan adalah waktu yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Anda dapat berkumpul bersama keluarga sambil bercanda, bermain, atau bercerita.

Bersama dengan keluarga, Anda akan merasakan kehangatan. Momen bersantai bersama keluarga sangatlah penting untuk mempererat tali kekeluargaan Anda.

6. Menggambar atau Melukis

Saat hujan, Anda bisa menyalurkan kreativitas dengan menggambar atau melukis. Aktivitas ini dapat menjadi sarana mengungkapkan ekspresi dan ide-ide Anda.

7. Membaca

Melakukan aktivitas membaca saat hujan adalah waktu yang sangat tepat. Anda dapat membaca buku, novel, atau cerita pendek.

Selain itu, Anda juga dapat membaca melalui gadget seperti blog atau e-book. Suasana yang tenang, membuat Anda merasa sangat nyaman ketika membaca.

8. Menulis

Anda juga dapat melakukan aktivitas menulis saat hujan. Aktivitas menulis yang dapat Anda lakukan yaitu menulis cerpen, puisi, atau artikel.

Aktivitas ini membutuhkan ketenangan dalam melakukannya. Ketika hujan turun, suasana yang tenang seringkali mendapatkan inspirasi bagi tulisan Anda.

9. Mendengarkan Musik atau Podcast

Hujan seringkali membawa suasana yang tenang. Mendengarkan musik atau podcast menjadi pilihan yang sangat menarik.

Pilihlah musik yang sesuai dengan suasana hati Anda. Carilah podcast yang memberikan Anda hiburan atau menambah wawasan baru.

10. Berolahraga

Walaupun hujan, Anda tetap dapat melakukan olahraga di dalam rumah. Ada banyak olahraga yang dapat dilakukakan di dalam rumah.

Misalnya yoga, push up, sit up, dan senam. Selain mengisi waktu saat hujan, berolahraga juga dapat menyehatkan tubuh Anda.

11. Bermain Bersama Hewan Peliharaan

Bermain bersama hewan peliharaan merupakan hal seru yang dapat dilakukan di rumah. Hewan peliharaan Anda dapat menjadi teman saat hujan turun.

Walaupun hujan seringkali dianggap membuat seseorang merasa bosan. Dengan menentukan dan melakukan aktivitas yang menyenangkan, rasa bosan tersebut akan hilang.

Rasa bosan dapat berubah menjadi rasa senang, jika Anda memanfaatkannya dengan baik. Sebenarnya banyak sekali aktivitas menyenangkan yang dapat Anda coba sesuai dengan selera.

Carilah aktivitas yang dapat membuat Anda merasa senang dan nyaman ketika hujan. Oleh karena itu, manfaatkanlah momen ini dengan baik agar Anda tetap bahagia.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Penting! Ini Manfaat Tidur Siang untuk Tubuh

Pada saat kita kecil pasti pernah menolak perintah untuk tidur siang. Setelah dewasa kita baru merasakan nikmatnya tidur siang, yang kini menjadi hal yang sulit dilakukan karena masih harus bekerja atau melakukan kegiatan lainnya. Apakah kalian tahu, bahwa tidur siang memiliki manfaat untuk tubuh kita? Jarang sekali ada yang menyadari tentang manfaat tidur siang ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur siang yang dapat kalian rasakan.

Penting! Ini Manfaat Tidur Siang untuk Tubuh

POJOKNULIS.COM - Pada saat kita kecil pasti pernah menolak perintah untuk tidur siang. Setelah dewasa kita baru merasakan nikmatnya tidur siang, yang kini menjadi hal yang sulit dilakukan karena masih harus bekerja atau melakukan kegiatan lainnya.

Apakah kalian tahu, bahwa tidur siang memiliki manfaat untuk tubuh kita? Jarang sekali ada yang mengetahui tentang manfaat tidur siang ini.

Tidur siang biasanya dilakukan saat tidak ada kegiatan atau di waktu yang senggang. Biasanya durasi tidur siang hanya 15-30 menit.

Namun, terkadang banyak orang masih harus banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan pada waktu siang. Ternyata tidur siang memiliki beberapa manfaat yang dapat tubuh kalian rasakan.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat tidur siang yang dapat kalian rasakan:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Tidur siang ternyata dapat membantu seseorang untuk meningkatkan daya ingat. Tidur siang mempunyai peran penting pada sistem otak untuk mengingat sesuatu.

Dengan tidur siang seseorang akan dengan mudah berkonstrasi, karena pikiran sudah kembali segar dan siap untuk mengingat informasi atau hal lainnya. Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa dengan melakukan tidur siang seseorang akan lebih memiliki kemampuan untuk mengingat dan mengolah informasi dengan mudah.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk belajar atau mencerna hal baru ketika setelah tidur siang. Karena otak kita akan dengan mudah mempelajari dan mencerna informasi tersebut.

2. Mengurangi Stres

Siapa diantara kalian yang sudah merasa stres di jam kerja terutama ketika siang hari. Tidur siang selama 15-30 menit adalah cara yang tepat dilakukan ketika kalian sudah merasa stres.

Tidur siang dapat membuat pikiran seseorang akan kembali segar dan siap melakukan pekerjaannya kembali. Dengan mengoptimalkan tidur siang, seseorang akan kembali merasa segar.

Kurangnya jam tidur juga berpengaruh pada rasa stres yang sedang kalian rasakan. Maka dari itu tidur siang dapat menjadi pengganti yang cocok untuk mengganti jam tidur malam yang kurang itu.

Namun perlu diingat meski tidur siang dapat menjadi pereda stres karena kurangnya tidur malam. Istirahat yang cukup pada saat malam hari juga sangat penting untuk dilakukan, karena kurangnya jam tidur dapat menjadi pemicu penyakit lainnya.

3. Meningkatkan Kreativitas

Setiap orang pasti akan menemukan kondisi tidak dapat menemukan ide yang kreatif. Hal ini terjadi karena banyaknya informasi dan kejadian yang sudah terekam dalam ingatan seseorang, yang menyebabkan pikiran tidak dapat mencari ide-ide yang lebih kreatif.

Dengan tidur siang selama beberapa saat dapat membantu kalian yang sedang kebingungan dalam berkreatif. Tidur siang dapat menyegarkan pikiran dan dapat juga menjadikan pikiran kembali jernih dan peka terhadap lingkungan serta kondisi sekitarnya.

Jika kalian merasa tidak dapat berkreatif dan kebingungan mencari ide yang baru. Tidur siang dapat menjadi cara yang tepat untuk dilakukan.

4. Lebih Produktif

Tidur siang dapat menjadi cara untuk kembali menjadi produktif. Dengan tidur siang selama beberapa saat, seseorang akan mempunyai pikiran fresh dan siap untuk melakukan banyak hal.

Banyak orang mulai tidak fokus dan tidak produktif ketika memasuki waktu siang, seperti sudah malas untuk melakukan pekerjaan ataupun ngantuk.

Tidur siang dapat membantu seseorang mempunyai kinerja yang lebih baik dan konsisten.

Nah, itu adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan tubuh kalian jika menyempatkan waktu untuk tidur siang. Tidur siang dapat kalian lakukan disela-sela pekerjaan selama 15-30 menit, untuk meningkatkan kinerja otak kalian.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Hal yang Harus Dihindari Saat Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen kebahagian bagi setiap umat Muslim. Namun, di hari raya ini terdapat beberapa larangan atau hal yang harus dihindari. Larangan tersebut merupakan perintah dari Allah SWT yang harus dipatuhi oleh hambanya. Dengan mematuhi perintah-Nya, Anda akan menerima keberkahan dan Hari Raya Idul Fitri menjadi lebih bermakna. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari saat Hari Raya Idul Fitri:

Hal yang Harus Dihindari Saat Hari Raya Idul Fitri

POJOKNULIS.COM - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen kemenangan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Momen ini merupakan waktu bagi umat Muslim untuk bersyukur dan memperbaiki hubungan dengan sesama.

Namun, selama Hari Raya Idul Fitri terdapat beberapa hal yang harus Anda hindari. Larangan tersebut merupakan perintah dari Allah SWT yang harus dipatuhi oleh hambanya.

Dengan mematuhi perintah-Nya, Anda akan menerima keberkahan dan Hari Raya Idul Fitri menjadi lebih bermakna. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari saat Hari Raya Idul Fitri:

1. Berpuasa

Selama Hari Raya Idul Fitri, menjalankan puasa merupakan suatu hal yang haram. Lebaran merupakan waktu untuk merayakan kemenangan setelah puasa Ramadhan.

Oleh karena itu, umat Muslim dilarang untuk berpuasa pada hari raya tersebut. Terdapat hadis yang melarang umat Muslim untuk berpuasa di Hari Raya Idul Fitri, yang berbunyi.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Muslim).

2. Berpakaian Tanpa Menutup Aurat

Saat Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim diharuskan untuk tetap berpakaian sopan. Berpakaian sopan tersebut yaitu berpakaian yang sesuai dengan ajaran Islam.

Anda tidak boleh memakai pakaian yang menyerupai orang kafir, seperti pakaian yang tidak pantas dan tidak menutup aurat. Hal ini diterangkan dalam sebuah hadis Rasulullah yang berbunyi:

“Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka."

3. Berdandan Secara Berlebihan

Selain memperhatikan cara berpakaian, perhatikan juga cara berdandan Anda. Berdandan secara berlebihan dilarang dalam Islam, termasuk saat Hari Raya Idul Fitri.

Sebaiknya jagalah kesederhanan Anda dengan tidak berdandan secara berlebihan. Dalam Al-Qur’an juga disebutkan mengenai larangan ini:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf: 31)

4. Menunda Waktu Shalat

Menjalankan ibadah shalat merupakan suatu kewajiban umat Muslim, tidak terkecuali saat Hari Raya Idul Fitri. Anda tidak boleh menunda waktu shalat dengan beralasan sibuk beraktivitas selama lebaran.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, berbunyi:

"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa: 103).

5. Makan Berlebihan

Pada Hari Raya Idul Fitri terdapat tradisi yaitu berkumpul bersama dan menikmati hidangan lebaran. Hidangan yang disajikan biasanya beraneka ragam mulai dari camilan hingga makanan berat.

Saking banyaknya hidangan yang disajikan seringkali membuat orang-orang mengonsumsi makanan secara berlebihan. Namun, segala seuatu yang berlebihan termasuk makan merupakan hal yang dibenci oleh Allah.

Islam mengajarkan untuk tetap menjaga keseimbangan termasuk dalam hal makan dan minum.

Dalam kitab Adab Al-Syafi’I wa Manaqibi Imam Syafi’I berkata bahwa:

“Kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”

6. Bersalaman dengan Lawan Jenis

Saat Hari Raya Idul Fitri umat Muslim akan memperbaiki silaturahminya dengan saling memaafkan. Hal ini juga menjadi tradisi Lebaran atau Idul Fitri di Indonesia. Proses saling bermaaf-maafan ini biasanya diwarnai proses bersalaman atau saling berjabat tangan.

Namun, nyatanya dalam ajaran agama Islam bersalaman atau berjabat tangan dengan yang bukan mahramnya tidak diperbolehkan. Maka, hindari berjabat tangan dengan yang bukan mahramnya saat Hari Raya Idul Fitri.

Saat menjalani Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim harus tetap mengingat ajaran yang telah ditetapkan oleh Islam. Dengan menghindari hal-hal di atas, semoga Anda mendapatkan keberkahan dari Allah karena telah mematuhi perintah-Nya.

Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh kesucian. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Intip 5 Cara Menyimpan Kue Kering agar Tahan Lama hingga Selesai Lebaran

Tidak lengkap rasanya apabila Lebaran tanpa adanya sajian camilan kue kering. Sajian camilan kue kering tersebut sudah menjadi tradisi sebagai penambah kemeriahan di hari raya untuk menyambut para tamu. Pada umumnya, kue-kue kering tersebut sudah dibuat bahkan dibeli sebelum Lebaran tiba dan disimpan dalam wadah berupa toples. Oleh karena itu makanan kering Lebaran rawan mlempem jika tidak disimpan dengan benar. Sebaiknya Anda perhatikan dengan baik cara menyimpan kue kering agar lebih awet dan tahan lama dalam artikel berikut ini.

Intip 5 Cara Menyimpan Kue Kering agar Tahan Lama hingga Selesai Lebaran

POJOKNULIS.COM - Tidak lengkap rasanya apabila Lebaran tanpa adanya sajian camilan kue kering, seperti kue nastar, kue kastengel, kue sagu keju, dan lain sebagainya. Sajian camilan kue kering Lebaran tersebut sudah menjadi tradisi sebagai penambah kemeriahan di hari raya untuk menyambut para tamu.

Pada umumnya, kue-kue kering tersebut sudah dibuat bahkan dibeli sebelum Lebaran tiba dan disimpan dalam wadah berupa toples. Pastikan toples tersebut harus tertutup rapat agar udara tidak mudah masuk ke dalamnya.

Udara yang masuk terlalu banyak di dalam toples dapat menyebabkan kelembaban kue kering menjadi menguap. Jika kelembaban kuenya hilang, maka semakin mudah kue tersebut berjamur.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda perhatikan dengan baik cara menyimpan kue kering agar lebih awet dan tahan lama. Intip tips cara menyimpan kue kering agar lebih awet hingga selesai Lebaran dalam artikel berikut.

1. Biarkan Kue Dingin setelah dari Oven

Jika Anda merupakan tipikal orang yang selalu membuat kue kering untuk sajian Lebaran, Anda dapat mendinginkan kue tersebut hingga dingin atau mencapai suhu ruangan setelah matang dari oven.

Berdasarkan pernyataan dari Head Pastry Chef of Beau Bakery, Arief Maulana Ikhsan, biarkan kue menjadi dingin terlebih dahulu setelah dikeluarkan dari oven.

Dengan begitu, kue yang baru dimasak dapat benar-benar kering. Hal itu juga dapat mengurangi pertumbuhan jamur secara cepat.

2. Simpan di Wadah Kedap Udara

Setelah kue telah dingin atau bersuhu ruangan, simpanlah kue-kue tersebut ke dalam wadah yang kedap udara, seperti toples. Anda juga harus memastikan bahwa toples yang digunakan tidak basah dan tidak lembab sehingga dapat menjaga kualitas kue-kue tersebut.

Alangkah baiknya jika wadah atau toples tersebut memiliki silica gel pada tutupnya. Silica gel yang terdapat dalam wadah atau toples dapat membuat kue kering menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah berjamur.

3. Simpan di Dalam Kulkas atau Freezer

Salah satu teknik atau cara terbaik untuk menyimpan kue agar lebih tahan lama adalah dengan menyimpannya ke dalam kulkas atau freezer. Cara ini dapat dilakukan lebih efektif lagi jika Anda menyimpan kue-kue tersebut menggunakan wadah berupa toples yang kedap udara.

Anda harus memastikan untuk menjaga kue tetap berada di suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas maupun freezer. Jangan lupa untuk menyimpan kue di tempat tertentu dan tidak bercampur dengan makanan lainnya yang ada di kulkas.

Metode ini sangat cocok dilakukan untuk menyimpan kue kering yang tidak memiliki isian atau hiasan tambahan. Dengan metode ini, kue kering dapat bertahan selama 1 hingga 2 minggu.

4. Jangan Menumpuk Kue

Anda lebih baik menghindari penumpukan kue ketika akan menyimpannya. Hal tersebut dikarenakan akan membuat kue menjadi lengket satu sama lain ketika disimpan dan kemudian dibekukan.

Hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah simpan jenis kue berbeda dalam masing-masing toples dan jangan digabungkan serta ditumpuk satu sama lain sekaligus.

5. Pastikan Menutup Wadah secara Sempurna

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memastikan untuk selalu menutup wadah atau toples dengan sangat rapat setelah Anda memakan kue. Hal tersebut dilakukan agar udara tidak banyak yang masuk ke dalam kue.

Hal tersebut juga dapat meminimalisir kelembaban pada kue-kue tersebut. Dengan demikian, kue kering akan menjadi tahan lama bahkan hingga selesai Lebaran.

Sebenarnya, cara terbaik untuk menyimpan kue kering dapat bergantung pada beberapa faktor. Tidak ada patokan khusus untuk menyimpan kue ini. Hal tersebut dikarenakan kue kering dibuat dengan berbagai macam bahan dan tingkat kelembaban yang berbeda sehingga cara penyimpanan dari setiap kue pun berbeda agar lebih tahan lama.

Akan tetapi, dengan mengikuti 5 cara menyimpan kue kering yang telah dijelaskan di atas dapat memperbesar kemungkinan untuk menjaga kue tetap awet hingga selesai Lebaran.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tips Bangun Pagi Agar Fresh Saat Shalat Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu yang dinantikan umat Muslim setelah menjalani bulan Ramadhan. Hari raya ini merupakan pertanda telah berakhirnya waktu puasa Ramadhan. Terutama untuk melaksanakan shalat Idul Fitri bersama sanak saudara. Bangun di pagi hari dengan fresh dan berenergi sangat diperlukan saat Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, persiapkanlah segalanya agar dapat menikmati momen lebaran dengan tenang.

Tips Bangun Pagi Agar Fresh Saat Shalat Idul Fitri

POJOKNULIS.COM - Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu yang dinantikan umat Muslim setelah menjalani bulan Ramadhan. Hari raya ini merupakan pertanda telah berakhirnya waktu puasa Ramadhan.

Tradisi yang identik pada Hari Raya Idul Fitri adalah tradisi saling berjabat tangan untuk saling memaafkan. Tradisi ini bertujuan agar silaturahmi di antara umat Muslim tetap terjaga.

Anda harus bangun pagi dengan memiliki energi yang cukup sebelum melakukan tradisi tersebut. Apalagi umat Muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat Id di pagi hari.

Akan tetapi, sebagian orang merasa kesulitan untuk bangun pagi di hari raya ini. Berikut ini adalah beberapa tips bangun pagi di Hari Raya Idul Fitri:

1. Pasang Alarm Sebelum Tidur

Langkah pertama yaitu pastikan bahwa Anda sudah memasang alarm sebelum tidur. Cara ini dapat menjadi cara yang tepat untuk mengantisipasi Anda terlambat bangun di pagi hari.

Jika Anda tipe orang yang tidak bangun ketika alarm sudah berbunyi, lebih baik pasanglah alarm secara berulang. Anda harus menghindari menunda-nunda alarm ketika alarm sudah berbunyi.

2. Istirahat yang Cukup

Pastikan Anda sudah mendapatkan istirahat yang cukup di hari atau malam sebelumnya. Anda harus menghindari begadang atau tidur larut malam.

Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa kantuk dan lelah di hari raya. Anda harus tidur dengan cukup agar ketika bangun pagi tubuh Anda terasa segar.

3. Hindari Mengonsumsi Kafein di Malam Hari

Mengonsumsi kafein di malam hari dapat membuat Anda merasa susah untuk tidur. Sebelum memasuki jam tidur, Anda harus menghindari mengonsumsi minuman berkafein.

Minuman yang mengandung kafein tersebut seperti kopi, teh, dan minuman cokelat. Sebaiknya Anda mengonsumsi air putih saja sebelum Anda tidur.

4. Persiapkan Pakaian dan Perlengkapan Shalat

Selanjutnya, sebelum Anda tidur persiapkan pakaian dan perlengkapan shalat yang akan Anda kenakan di hari raya. Sebagian orang biasanya merasa bingung dan repot ketika akan mengenakan pakaian di pagi hari.

Oleh karena itu, persiapkan terlebih dahulu pakaian dan perlengkapan Anda agar Anda tidak kerepotan saat mempersiapkannya di pagi hari. Cara ini dilakukan agar mempermudah Anda saat bangun di pagi hari.

5. Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Minum air putih saat bangun tidur merupakan hal yang sangat penting. Mengonsumsi air putih di pagi hari dapat mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda tidur.

Meminum air putih akan membantu menghidrasi organ-organ dalam tubuh Anda. Selain itu, Anda akan mendapatkan energi lebih untuk memulai aktivitas di Hari Raya Idul Fitri.

6. Mandi Sebelum Shalat Idul Fitri

Sebelum Anda melaksanakan shalat Idul Fitri, sebaiknya mandi terlebih dahulu. Ketika bertemu orang banyak Anda tidak ingin terlihat kotor dan bau bukan?

Oleh karena itu, bersihkanlah kotoran di tubuh Anda dengan mandi sebelum Shalat Id. Selain itu mandi sebelum shalat Id juga dapat memberikan kesegaran dan menjaga kesucian tubuh.

Kesiapan bangun di pagi hari dengan tubuh yang segar diperlukan saat Hari raya Idul Fitri. Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat bangun pagi di Hari Raya Idul Fitri dengan tepat waktu.

Persiapkanlah Hari Raya Idul Fitri dengan matang sehingga momen hari raya menjadi tenang. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, semoga Anda mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Taqabbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faidzin.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories