Inilah Daftar Aktivitas yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat

POJOKNULIS.COM - Mempunyai daya ingat atau memori yang tajam, menjadi dambaan setiap orang. Umumnya seiring bertambahnya usia, kemampuan daya ingat semakin menurun.

Mengacu penelitian yang ada, pola hidup dan makan sangat berpengaruh terhadap kemampuan daya ingat. Kerap mengonsumsi makanan tinggi gula bisa berpotensi menurunkan kemampuan daya ingat.

Penurunan daya ingat merupakan hal yang normal, terlebih jika sudah memasuki usia senja. Namun, ada beberapa aktivitas yang bisa meningkatkan daya ingat.

Aktivitas tersebut sangat baik dilakukan agar kemampuan memori tetap terjaga prima, yang mana tetap bisa menyimpan berbagai informasi dan menyimpan kenangan dengan baik.

Berikut adalah beberapa aktivitas meningkatkan daya ingat yang bisa kamu lakukan:

1. Mengonsumsi Minyak Ikan

Aktivitas meningkatkan daya ingat yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi minyak ikan. Kandungan dalam minyak ikan sudah lama, dikenal sangat baik untuk tubuh. Kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan peradangan, risiko penyakit jantung juga bisa meningkatkan daya ingat.

Minyak ikan juga sangat baik untuk dikonsumsi orang tua. Dari penelitian yang banyak dilakukan mengonsumsi minyak ikan bisa meningkatkan kerja memori dalam otak.

Penelitian lainnya membuktikan orang dewasa yang mempunyai gejala kehilangan ingatan, bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak ikan. Hasilnya bisa meningkatkan daya ingat dan memori episodik.

2. Kurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi gula secara berlebihan bukan hanya memberikan dampak yang buruk bagi tubuh, melainkan juga terhadap daya ingat. Konsumsi gula berlebih erat kaitannya dengan beragam penyakit kronis.

Penelitian menunjukkan merek yang gemar mengonsumsi gula cenderung mempunyai volume otak lebih kecil, dan daya ingat yang lebih buruk dibandingkan mereka yang tidak terlalu banyak mengonsumsi gula.

Untuk itu, agar daya ingat tetap tajam terjaga penting untuk mulai mengurangi konsumsi gula. Selain itu mesti diiringi dengan pola makan dan hidup sehat.

3. Tidur Yang Cukup

Tidur cukup dan berkualitas punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah merawat daya ingat agar tetap bekerja dengan maksimal. Kurang tidur bisa berdampak buruk bukan hanya bagi kesehatan tapi juga bagi daya ingat.

Korelasi antara tidur dengan daya ingat pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Dimana ada sekumpulan anak-anak berusia 10 sampai 14 tahun. Keduanya diberikan semacam tes memori, yang satu kelompok dibiarkan tidur dan yang lainnya tidak tidur.

Hasilnya, kelompok yang sebelumnya sudah tidur bisa mengerjakan tes lebih baik dibandingkan dengan yang tidak tidur. Lama waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa itu tujuh sampai sembilan jam. Hal ini nantinya akan berdampak pada kesehatan tubuh yang optimal.

4. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Aktivitas meningkatkan daya ingat, yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat olahan. Mulai mengurangi makanan seperti kue, biskuit, roti, serial, hingga nasi disarankan mulai dilakukan. Konsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebih memupuk kerusakan daya ingat.

Makanan olahan karbohidrat sarat akan kandungan glikemik yang tinggi. Efek lainnya adalah bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan, kerap mengonsumsi makanan berat berkaitan dengan penyakit demensia.

5. Olahraga yang Teratur

Bagi yang ingin meningkatkan daya ingat, bisa dimulai dengan olahraga secara teratur. Olahraga sendiri bisa membantu dan meningkatkan daya ingat bukan hanya bagi anak-anak tetapi juga sangat bagus untuk orang tua.

Sebuah studi menunjukkan olahraga selama 15 menit secara teratur bisa berdampak pada peningkatan kinerja otak, dan juga bisa menurunkan risiko penyakit Demensia. (*)

Baca Juga
Tentang Penulis