Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan untuk Menghadapi Musim Hujan

Musim hujan biasanya dapat menjadi masalah bagi sebagian orang ketika beraktivitas. Baik ketika beraktivitas di rumah maupun di luar rumah. Anda harus menyediakan perlengkapan untuk menghadapi musim hujan. Perlengkapan tersebut dapat melindungi Anda dan barang-barang Anda dari air hujan. Berikut ini beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan.

Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan untuk Menghadapi Musim Hujan

POJOKNULIS.COM - Musim hujan biasanya dapat menjadi masalah bagi sebagian orang ketika beraktivitas. Baik ketika beraktivitas di rumah maupun di luar rumah.

Kenyamanan dan keamanan Anda dapat terganggu saat musim hujan tiba. Oleh karena itu, penting bagi Anda mempersiapkan perlengkapan untuk menghadapi musim hujan.

Kebutuhan dan barang apa saja yang harus dipersiapkan saat musim hujan? Berikut ini beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan:

1. Jas Hujan

Jas hujan merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting selama musim hujan tiba. Terutama ketika Anda harus beraktivitas di luar ruangan.

Barang ini akan melindungi Anda dari hujan dan menjaga pakaian tetap kering. Jas hujan juga bisa Anda pakai saat berkendara sepeda motor.

Jika Anda akan membeli jas hujan, pilihlah jas hujan yang tebal. Jas hujan yang tebal biasanya jas hujan yang tebal akan awet.

2. Payung

Barang selanjutnya yang harus Anda miliki adalah payung. Payung adalah barang untuk menghadapi hujan yang ringan atau hujan secara tiba-tiba.

Ada satu pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan”. Itulah gambaran yang tepat untuk menggambarkan pentingnya barang ini saat musim hujan.

Jika Anda ingin membeli barang ini, pilihlah payung yang memiliki besi kokoh. Payung yang memiliki besi kokoh akan kuat, awet, dan tidak mudah rusak.

3. Cover Tas

Jika beraktivitas di luar ruangan dan membawa tas, jangan lupakan barang ini. Tas biasanya menggunakan bahan kain, sehingga mudah basah.

Apalagi jika barang di dalam tas adalah barang elektronik, barang itu akan rusak. Tenang saja cover tas akan melindungi tas dan barang-barang di dalamnya

4. Pelindung Sepatu Anti Air

Apakah Anda merasa nyaman jika sepatu Anda basah? Tentunya tidak bukan? Pelindung sepatu anti air adalah jawaban jika ingin sepatu tidak basah.

Sepatu yang sering terkena air hujan dapat menyebabkan sepatu mudah rusak. Pelindung sepatu anti air juga dapat menjaga sepatu Anda agar awet.

Jika Anda ingin membeli pelindung anti air sepatu, pilihlah yang tebal. Pelindung sepatu anti air yang tebal biasanya akan tidak mudah sobek.

5. Jaket

Jaket merupakan barang yang harus Anda persiapkan saat musim hujan. Saat musim hujan, suhu akan menurun dan hawanya dingin.

Jaket dapat melindungi Anda dari hawa dingin dan menjaga tubuh tetap hangat. Jika ingin memilih jaket saat musim hujan, pilihlah jaket yang tebal.

6. Selimut

Selimut adalah barang yang penting untuk dipersiapkan di rumah selama musim hujan. Barang ini akan memberikan kenyamanan saat cuaca dingin.

7. Sandal Jepit

Saat musim hujan, jangan lupa untuk mempersiapkan sandal jepit. Sandal ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk alas kaki saat hujan.

Sandal jepit memiliki kelebihan yaitu sol yang tahan air dan tidak licin. Barang ini juga harganya murah, mudah dipakai, dan sangat praktis.

8. Kanebo

Jika Anda memakai kendaraan saat musim hujan, Anda memerlukan barang ini. Walaupun bisa dibilang kanebo dianggap sepele, tetapi barang ini sangatlah berguna bagi Anda.

Kanebo dapat membersihkan sesuatu dari debu dan kotoran. Bagi pengendara sepeda motor, barang ini dapat membersihkan dudukan motor yang basah.

Menghadapi musim hujan memerlukan beberapa persiapan yang tepat. Dengan persiapan tepat, Anda dapat tetap nyaman dan aman selama musim hujan.

Beberapa rekomendasi barang di atas dapat menjadi referensi persiapan saat musim hujan. Dengan memiliki perlengkapan-perlengkapan tersebut, Anda akan siap dalam menghadapi musim hujan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Ingin Mudik? Perhatikan 4 Tips Ini Agar Mudik Berjalan Lancar

Bulan Ramadan tahun 2024 hanya tinggal menghitung hari. Sebelumnya, Pemerintah telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 2024 jatuh pada tanggal 10 April 2024. Selain membagikan uang tabungan hari raya (THR) bagi sanak saudara, ada tradisi yang identik dilakukan menjelang Idul Fitri, yaitu Mudik. Mudik sendiri adalah kegiatan yang dilakukan sebelum Idul Fitri, dimana seseorang akan pulang mengunjungi kota kelahirannya. Nah, ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan sebelum berangkat mudik ke kampung halaman, apa sajakah itu? Yuk, simak beberapa tips mudik berikut ini!

Ingin Mudik? Perhatikan 4 Tips Ini Agar Mudik Berjalan Lancar

POJOKNULIS.COM - Bulan Ramadan tahun 2024 hanya tinggal menghitung hari. Sebelumnya, Pemerintah telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 2024 jatuh pada tanggal 10 April 2024.

Dalam Islam, Idul Fitri sendiri merupakan salah satu hari raya yang dirayakan untuk menandai kemenangan atas perlawanan melawan hawa nafsu selama bulan puasa.

Selain membagikan uang tabungan hari raya (THR) bagi sanak saudara, ada tradisi yang identik dilakukan menjelang Idul Fitri, yaitu Mudik.

Mudik sendiri adalah kegiatan yang dilakukan sebelum Idul Fitri, dimana seseorang akan pulang mengunjungi kota kelahirannya.

Nah, ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan sebelum berangkat mudik ke kampung halaman, apa sajakah itu? Yuk, simak beberapa tips mudik berikut ini!

1. Keamanan Rumah

Hal pertama yang mungkin luput dari perhatian kamu adalah pastikan bahwa rumah dalam keadaan aman. Pastikan rumah dalam terkunci rapat, pastikan juga kompor dalam keadaan mati. Hal tersebut sangat penting agar terhindar dari pencurian atau kebakaran.

2. Cek Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang wajib kamu prioritaskan sebelum memutuskan mudik. Jika kamu merasa sedang tidak sehat, jangan paksakan diri untuk melakukan mudik. Tunggu hingga kesehatan kamu membaik, ya! Jangan sampai kamu terlalu memaksakan diri sendiri, hal tersebut tentu akan memperburuk kesehatan kamu.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu membawa obat-obatan pribadi di dalam tas atau di tempat yang mudah dijangkau, ya! Hal itu akan mempermudah kamu jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan.

3. Taat Peraturan Lalu Lintas

Jika kamu memutuskan mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka tips ketiga ini harus kamu perhatikan juga. Yakni menaati seluruh peraturan lalu lintas. Termasuk menghindari berkendara dengan kecepatan tinggi, ya! Selain membahayakan diri sendiri, hal itu juga dapat membahayakan pengendara lain.

Kamu mungkin sudah tidak sabar untuk bertemu keluarga di kota kelahiranmu, namun kamu harus paham bahwa keselamatan diri harus tetap menjadi yang utama! Drive safe and have a nice journey!

4. Perhatikan Jadwal Keberangkatan

Sebaliknya, jika kamu menggunakan kendaraan umum untuk mudik, kamu juga harus memperhatikan jadwal keberangkatan yang ada di tiket, ya! Pertimbangkan jarak dari tempat tinggal kamu menuju ke stasiun, bandara, terminal, ataupun pelabuhan yang akan kamu tuju.

Pastikan kamu sudah berada di stasiun, bandara, terminal, atau pelabuhan, jauh sebelum waktu keberangkatan. Jangan sampai kamu telat dan menyebabkan tiket kamu menjadi hangus!

Dengan demikian, persiapan sebelum mudik tidak hanya tentang mempersiapkan barang bawaan dan rencana perjalanan, tetapi juga tentang memastikan keamanan rumah, kesehatan pribadi, dan keselamatan selama perjalanan.

Semua langkah ini penting untuk memastikan perjalanan mudikmu berjalan lancar dan aman. Dengan menjaga hal-hal tersebut, semoga momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat tercinta di kampung halaman menjadi lebih berkesan dan membahagiakan. Selamat mudik dan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Biografi Bob Sadino: Pengusaha Besar dengan Penuh Jatuh Bangun!

Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha terkenal di Indonesia yang terkenal akan gaya nyentrik nya dan pemikirannya yang tak biasa. Tentunya Bob Sadino memiliki perjalan hidup yang menarik untuk dibahas.

Biografi Bob Sadino: Pengusaha Besar dengan Penuh Jatuh Bangun!

POJOKNULIS.COM - Bob Sadino, merupakan salah satu pengusaha sukses yang telah merasakan jatuh bangun dalam usaha. Dikenal sebagai sosok yang menginspirasi serta gayanya yang nyentrik yakni menggunakan celana pendek dan kemeja khas nya.

Beliau dikenal sebagai pribadi yang ulet dan tekun dengan memulai usahanya sebagai penjual telur dan sayur mayur. Akan tetapi, hal inilah yang mengantarkan dirinya menuju kesuksesan saat membangun bisnisnya.

Biografi Bob Sadino

Bob Sadino yang memiliki nama asli Bambang Mustafari Sadino merupakan tokoh inspiratif dan kompeten. Beliau lahir di Tanjungkarang, Lampung pada 9 Maret 1933.

Bapak dari Bob Sadino bernama Sadino dan ibunya bernama Itinah Soeraputra. Bob Sadino memiliki sapaan akrab yaitu “Om Bob”.

Beliau lahir dari keluarga berkecukupan dengan ayahnya yang seorang guru merangkap kepala sekolah yang termasuk dalam pegawai negeri saat zaman Hindia-Belanda. Namun, beliau tidak menggantungkan hidupnya kepada keluarganya, beliau menjelma menjadi sosok yang mandiri dan kompeten.

Dengan keluarganya yang berkecukupan, tentunya Pendidikan Bob Sadino mendapatkan Pendidikan yang layak dari sekolah dasar sampai SMA. Setelah selesai bersekolah, Bob sendiri mendapatkan dukungan dari sang ayah yang merupakan seorang guru di SMP dan SMA Tanjungkarang, Lampung.

Namun, saat usia Bob Sadino masih di 19 tahun, ayahnya tiba-tiba meninggalkan seluruh harta kekayaan keluarganya untuk Bob Sadino seorang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena sang saudara kandung telah memiliki kehidupan yang mapan serta berkecukupan.

Bob Sadino bukan seseorang yang mengandalkan kekayaan orang tuanya. Dengan sifat gigih dan patang menyerahnya, ia tak dapat dilawan hingga mengantarkannya menjadi sosok yang menginspirasi banyak orang.

Pendidikan Om Bob dimulai pada tahun 1947 di Yogyakarta, Kemudian beliau memulai SMP tahun 1950 di Jakarta, serta SMA tahun 1953 di Jakarta. Ketika ia menyelesaikan bangku SMA, perjalanan hidup Om Bob baru saja dimulai.

Ia sempat berkuluah di fakultas Hukum Universitas Indonesia, namun ia tidak menyelesaikannya hingga tamat karena beliau lebih memilih untuk bekerja.

Karir Bob Sadino

Beliau mengawali karirnya sebagai karyawan PT Unilever Indonesia. Hingga suatu saat, ia memiliki keiinginan untuk bekerja secara mandiri, sehingga Om Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan.

Pekerjaan selanjutnya beliau memanfaatkan mobil yang beliau miliki, kemudian menyewakannya dengan Om Bob yang menjadi supirnya. Tenryata, usaha pertamanya tidak berjalan lancar karena ia mengalami kecelakaan dan mobilnya mengalami kerusakan parah.

Kerusakan nya ternyata terlalu parah sehingga Om Bob tidak dapat memperbaikinya karena terkendala biaya. Setelah kejadian tersebut, Om Bob bekerja sebagai kuli bangunan dengan upah hanya sekitar Rp. 100. Ia sempat merasa depresi dengan hidup yang telah dialaminya.

Mulai Merintis Bisnis Telur Ayam Negeri

Suatu hari ada sahabat Om Bob yang dating memberikan saran agar berternak dan berbisnis telur ayam negeri karena saat itu telur ayam negeri masih jarang ada di pasaran. Melihat peluang tersebut, Om Bob melakukan hal yang disarankan, kemudian mulai membangun bisnis telur ayam negeri.

Bersama dengan istrinya, ia membangung sedikit demi sedikit. Kurang populernya telur ayam negeri pada masa itu membuat dagangan Om Bob hanya dibeli oleh ekspariat-ekspariat yang ada di sekitar Kemang serta beberapa orang Indonesia yang pernah tinggal di luar negeri.

Dengan pengalaman hidup di Eropa, ia tidak memiliki kesulitan dalam berinteraksi dengan orang asing yang ada di daerah Kemang karena Om Bob fasih Berbahasa Inggris. Seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal oleh masyarakat sehingga bisnis telur ayam negerinya semakin berkembang, Om Bob sendiri juga memulai menambah usahanya dengan berjualan daging ayam.

Suatu hari, Om Bob berfikir, ayam saja dapat mencari makanannya sendiri untuk menyambung hidupnya, apalagi manusia yang telah diberi akal budi tentunya tidak boleh dengan ayam yang tidak memiliki akal. Pemikiran inilah yang membuat Bob Sadino menjadi pengusaha hebat dan selalu berjuang tanpa mengenal kata menyerah.

Membangun Perusahaan Sendiri

Tahun 1970, Om Bob membangun perusahaannya sendiri yang bernama Kem Chicks. Kem Chicks sendiri adalah supermarket yang menyediakan berbagai barang impor untuk masyarakat Jakarta.

Dalam perjalanan karirnya, Om Bob juga melihat permintaan akan daging sosis semakin meningkat. Sehingga di tahun 1975, ia mendirikan perusahaan Kem Food, yang menjadi pelopor industri daging olahan Indonesia.

Selain menjadi orang pertama dalam mengenalkan ayam negeri, beliau jua menjadi prang pertama yang menggunakan perladangan menjadi sayuran dengan sistem hidroponik di Indonesia. Kem Fams, menjadi perusahaan selanjutnya yang bergerak di bidang perdagangan sayuran dengan sistem hidroponik.

Berdasarkan catatan pada tahun 1985, rata-rata Om Bob menjual 40 hingga 50 ton daging segar, 60 hingga 70 ton daging olahan, serta 100 ton sayuran segar.

Wafatnya Om Bob

Setelah ditinggal Soelami Soejod istrinya, kesehatan Om bob terus-menerus menurun. Hingga pada tanggal 19 januari 2015 beliau menghembuskan nafas terakhirnya disebabkan penyakit komplikasi yang dideritanya.

BioDiawali dengan flu, namun karena usia, penyembuhannya menjadi cukup lama. Kemudian merembetlah ke organ-organ lain, seperti pada pernafasan yang kronis.

Bob Sadino merupakan seseorang yang dikenal peduli dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Beliau sering memberikan motivasi kepada generasi muda agar berani untuk memiliki mimpi yang besar dan mengikuti passion mereka dalam menjalani hidup.

Meskipun telah wafat, warisannya tetap ada berbentuk inspirasi untuk banyak orang, utamanya dalam hal berani untuk berinovasi, gigih dalam menghadapi tantangan, serta sederhana dalam menjalani hidup.

Bob Sadino akan selalu dikenang sebagai ikon bisnis Indonesia yang legendaris serta terus memberikan inspirasi untuk generasi sekarang dan mendatang.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Suka Berdiam Diri? Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan Loh

Kesibukan dan kebisingan menjadi hal yang banyak orang tidak sukai. Keheningan dan ketenangan menjadi salah satu hal yang langka bagi orang yang mempunyai kesibukan yang banyak, apalagi jika harus bekerja diluar ruangan. Banyak orang kesulitan dalam mencari ketenangan baik di rumah atau ditempat kerjanya. Banyak orang lebih memilih bermain ponsel ketika sedang penat dengan kebisingan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, memberi waktu untuk berdiam diri sejenak dapat menjadi pilihan paling tepat untuk mengeluarkan semua rasa stres. Ini manfaatnya!

Suka Berdiam Diri? Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan Loh

POJOKNULIS.COM - Kesibukan dan kebisingan menjadi hal yang banyak orang tidak sukai. Keheningan dan ketenangan menjadi salah satu hal yang langka bagi orang yang mempunyai kesibukan yang banyak, apalagi jika harus bekerja diluar ruangan.

Banyak orang kesulitan dalam mencari ketenangan baik di rumah atau ditempat kerjanya. Banyak orang lebih memilih bermain ponsel ketika sedang penat dengan kebisingan lingkungan sekitar.

Bermain ponsel memang dapat menjadi salah satu jalan pintas untuk menghilangkan stres yang sedang melanda. Namun, terkadang melihat apa yang terjadi di timeline media sosial dapat menambah kebisingan dalam kepala seseorang.

Berdiam diri tanpa adanya gangguan dari banyaknya suara yang ada sudah menjadi hal yang jarang orang temukan pada akhir-akhir ini. Memberi waktu untuk berdiam diri sejenak dapat menjadi pilihan paling tepat untuk mengeluarkan semua rasa stres.

Berikut ini manfaat yang dapat kalian rasakan ketika berdiam diri, baik untuk kesehatan fisik ataupun mental kalian:

Menenangkan pikiran

Berdiam diri selama beberapa waktu dapat membuat seseorang berpikir lebih tenang. Pikiran yang tenang dapat membuat seseorang tidak merasa cemas.

Kecemasan yang berlarut-larut dapat menjadi pemicu gangguan pada pikiran dan mental seseorang. Berdiam diri dapat menjadi cara yang tepat, jika kalian mulai merasakan kecemasan yang melanda pikiran dan mental kalian.

Kalian dapat manjauh dari semua kegiatan dan mencoba untuk berdiam diri dirumah atau tempat yang tenang tanpa ada gangguan suara apapun. Dengan begitu kalian dapat merasa tenang dan tidak ada lagi cemas yang melanda.

Meningkatkan kreatifitas

Banyak orang yang membutuhkan kesendirian dan kesepian sebagai cara untuk meningkatkan kreatifitas. Ketenangan dapat membuat seseorang merasa tenang dan pikiran pun kembali segar.

Kreatifitas akan datang ketika pikiran seseorang terasa tenang dan jernih. Berdiam diri tanpa memikirkan apapun dapat menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan kreatifitas seseorang.

Berdiam diri dapat membuat seseorang merasa tenang dan dapat dengan mudah berkonsentrasi. Hal ini juga akan memudahkan seseorang mendapatkan hal yang kreatif.

Menambah konsentrasi

Kalian pasti pernah kesulitan dalam berkonsentrasi ketika mengerjakan sesuatu. Banyaknya gangguan suara dapat membuat pikiran seseorang tidak konsentrasi.

Banyaknya gangguan disekitar kalian dapat menjadi permasalahan utama tidak dapat berkonsentrasi. Ketenangan dapat menjadi media untuk berkonsentrasi, karena perhatian kalian dapat fokus pada sesuatu dengan mudah dan tanpa adanya gangguan sama sekali.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah dapat naik dengan mudah karena kebisingan dan kesibukan yang terjadi dilingkungan sekitar seseorang. Kebisingan dapat membuat seseorang merasa stres yang dapat menjadi pemicu tekanan darah menjadi tinggi.

Berdiam diri dapat menjadi cara yang baik dalam menurunkan tekanan darah seseorang. Dengan berdiam diri seseorang dapat merasa lebih tenang.

Berdiam diri selama beberapa waktu dapat membuat seseorang bernafas dengan teratur dan tidak tergesa-gesa. Nafas yang teratur secara tidak langsung dapat menenangkan pikiran seseorang, dengan begitu tekanan darah akan kembali normal.

Berdiam diri dapat kalian lakukan dimanapun, selagi tempat itu tenang dan tanpa adanya gangguan sama sekali. Manfaat yang dapat kalian rasakan ketika berdiam diri sangat berpengaruh untuk kesehatan mental kalian.

Menenangkan pikiran dapat memberi efek yang baik untuk kesehatan mental seseorang. Jika kalian sedang merasa cemas ataupun pikiran kalian sedang berisik, menepilah sebentar untuk berdiam diri supaya mendapatkan ketenangan dalam diri kalian.

Dengan berdiam diri selama beberapa saat dapat membuat kalian terjauh dari penyakit-penyakit mental yang dapat menyerang tiba-tiba.

Berdiam diri sebentar memiliki banyak kegunaannya, maka manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menenangkan pikiran kalian.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Cara Memutihkan Pakaian Tanpa Menggunakan Pemutih

Banyak faktor yang dapat menyebabkan pakaian putih kita berubah warna, seperti kelunturan, minyak dari tubuh, noda makanan atau minuman, bahkan sisa deterjen dan pemutih yang tertinggal di pakaian. Meskipun masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan pemutih, namun penggunaan pemutih yang terlalu sering dan berlebihan dapat merusak serat pada kain, serta merubah warna asli pada pakaian.

Cara Memutihkan Pakaian Tanpa Menggunakan Pemutih

POJOKNULIS.COM - Banyak faktor yang dapat menyebabkan pakaian putih kita berubah warna, seperti kelunturan, minyak dari tubuh, noda makanan atau minuman, bahkan sisa deterjen dan pemutih yang tertinggal di pakaian.

Meskipun masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan pemutih, namun penggunaan pemutih yang terlalu sering dan berlebihan dapat merusak serat pada kain, serta merubah warna asli pada pakaian.

Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memutihkan pakaian kalian tanpa menggunakan cairan pemutih.

1. Menggunakan Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat memutihkan kain, terutama untuk poliester, linen, dan serat kapas. Cara memanfaatkan lemon ini sangatlah mudah, campur setengah cangkir air lemon (sekitar 3-4 buah lemon) ke dalam 3,5 liter air yang mendidih.

Setelah itu, cairan tadi dituangkan ke wadah cucian pakaian putih kalian dan diamkan selama 1 jam hingga semalaman. Setelah seharian direndam, cuci pakaian putih kalian seperti biasa.

2. Soda Kue

Natrium Bikarbonat pada soda kue dapat membantu mengurai kotoran-kotoran yang terdapat pada serat pakaian kalian.

Cara memanfaatkan soda kue untuk memutihkan pakaian pun cukup mudah, siapkan 1 cangkir soda kue yang kemudian dimasukkan ke dalam 3,5 liter air mendidih.

Seperti menggunakan lemon tadi, cairan yang telah dibuat tadi dimasukkan ke dalam wadah cucian pakaian putih kalian. Setelah itu, diamkan selama semalaman dan pakaian putih kalian tinggal dicuci seperti biasa.

3. Cuka Putih

Penggunaan cuka putih ini dapat membantu menghilangkan sisa-sisa deterjen pada pakaian kalian yang membuat pakaian kalian terlihat kusam.

Cara memanfaatkan cuka ini untuk memutihkan pakaian sangat mudah, seperti sebelum-sebelumnya tuang 1 cangkir cuka putih yang telah disuling ke dalam 3,5 liter air mendidih.

Rendam pakaian putih kalian ke dalam cairan yang telah disiapkan tadi dan diamkan selama semalaman. Setelah didiamkan semalaman, pakaian putih kalian dicuci seperti biasa.

4. Deterjen untuk Cuci Piring

Deterjen cuci piring mengandung natrium hipoklorit yang dapat memutihkan serat pakaian secara alami.

Cara menggunakan deterjen untuk memutihkan pakaian juga sangat mudah, tambahkan seperempat atau paling banyak setengah cairan deterjen cuci piring ke dalam 3,5 liter air panas, pastikan bubuk deterjen ini larut bersama air.

Setelah larut, rendam pakaian putih kalian ke dalam cairan ini kurang lebih 30 sampai 45 menit dan diamkan. Setelah didiamkan dalam cairan tadi, cuci pakaian kalian seperti mencuci biasa.

5. Sinar Matahari

Sinar UV atau ultraviolet pada sinar matahari juga dapat membantu memutihkan pakaian kalian. Sinar UV ini dapat membantu membunuh kuman-kuman pada pakaian kalian dan mendisinfeksi kain.

Caranya seperti kalian menjemur pakaian pada umumnya, gantung pakaian putih kalian seperti menjemut pakaian yang lainnya. Biarkan pakaian kalian mengering dengan panasnya sinar matahari.

6. Aspirin

Aspirin biasa dikonsumsi untuk obat sakit kepala dan nyeri. Akan tetapi, aspirin ini dapat dimanfaatkan untuk pemutih pakaian kalian.

Cara menggunakannya, larutkan 5 aspirin putih ke dalam wadah berisi air. Setelah itu, masukan pakaian putih kalian ke dalam larutan cairan tadi, dan rendam selama satu jam. Setelah direndam selama kurang lebih satu jam, cuci pakaian putih kalian seperti biasanya.

Beberapa tips tadi dapat kalian ikuti untuk membantu pakaian putih kalian yang kusam dapat kembali putih lagi.

Pakaian putih memang perlu perawatan ekstra karena warna putih merupakan warna yang mudah terkena lunturan. Disarankan pakaian putih kalian dicuci secara terpisah dengan pakaian berwarna yang lainnya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Inilah 5 Kota di Indonesia yang Cocok untuk Liburan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam, kebudayaan, serta kulinernya. Tentunya Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di masa liburan. Selain ramah di kantong, Anda akan membantu dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Dengan mengunjungi kota-kota di Indonesia, tentunya liburan Anda akan menghemat budget. Ditambah lagi Anda akan menumbuhkan rasa cinta serta bangga Anda kepada Indonesia. Berikut adalah beberapa kota di Indonesia yang dapat Anda kunjungi.

Inilah 5 Kota di Indonesia yang Cocok untuk Liburan

POJOKNULIS.COM – Liburan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Liburan menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, sahabat, bahkan dengan pasangan Anda.

Kegiatan tersebut sekarang disebut dengan healing atau nama lainnya quality time. Selanjutnya, orang-orang juga menggunakan liburan untuk menghilangkan penat dari kegiatan harian, contohnya bekerja, sekolah, dan lainnya.

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kota menarik untuk dikunjungi. Alam nya yang indah dari Sabang sampai Merauke yang menawarkan berbagai keindahan yang luar biasa.

Tidak hanya menawarkan alam, kota-kota Indonesia juga menawarkan kekayaan budayanya yang sangat melimpah. Sehingga, kalian akan sangat dimanjakan dengan alam serta budayanya yang sangat melimpah.

Dengan mengunjungi kota-kota di Indonesia, tentunya liburan Anda akan menghemat budget. Ditambah lagi Anda akan menumbuhkan rasa cinta serta bangga Anda kepada Indonesia.

Berikut adalah beberapa kota di Indonesia yang dapat Anda kunjungi:

1. Yogyakarta

Yogyakarta menjadi kota pertama yang wajib dikunjungi. Suasana budayanya berupa keraton dan nuansa Jawa yang kuat menjadikan Yogya sebagai destinasi untuk dikunjungi.

Ada beberapa pilihan objek yang dapat Anda kunjungi. Mulai dari wisata candi hingga wisata alam berupa pantai.

Ditambah lagi Yogyakarta memiliki warisan budaya dan sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kemudian kuliner Yogyakarta yang nikmat, seni jalanan, penduduknya yang ramah, serta kerajinan khas warga Yogyakarta.

2. Bandung

Berikutnya ada kota Bandung yang menjadi wisata domestik berikutnya. Kota dengan julukan Kota Kembang memiliki berbagai destinasi wisata alam serta wisata kuliner.

Bandung tentunya sangat terkenal dengan kulinernya, contohnya adalah siomay, batagor, cilok, cimol, cireng, dan lainnya. Kuliner tersebut tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Destinasi wisata yang menjadi rekomendasi pertama adalah farmhouse Lembang. Lokasi ini menghadirkan hewan ternak yang lucu dan imut. Selain itu, tempat ini juga menghadirkan banyak spot foto yang menarik, dimulai dari taman bunga, bangunan-bangunan bergaya eropa, dan sebagainya.

Bandung juga menyediakan berbagai tempat yang sangat cocok bagi para petualang alam bebas. Tempat yang menjadi favorit bagi pencinta petualangan alam adalah The Lodge maribaya.

3. Solo

Kota ketiga yang harus Anda kunjungi adalah Solo. Solo merupakan kota yang menjadi “Rumah” untuk Keratonan Surakarta.

Solo dikatakan mirip dengan kota Yogyakarta. Perbedannya adalah terletak pada luas wilayahnya, kota Solo memiliki luas yang lebih kecil dibandingkan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alasan Solo layak untuk dikunjungi adalah kearifn local serta adat istiadatnya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Kota kelahiran Presiden Republik Indonesia sekarang yaitu Joko Widodo menjadi kota penghasil batik yang sangat terkenal di Indonesia.

Batik khas Solo menjadi salah satu penggerak yang kuat dalam perekonomian masyarakat Solo. Masyarakatnya sendiri sangat ramah dan memiliki kata-kata tutur kata yang santun dan lembut, membuat wisatawan menjadi nyaman.

4. Malang, Jawa Timur

Malang menjadi rekomendasi keempat untuk wajib dikunjungi. Letak geografis yang terletak di dataran tinggi menjadi alternative bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Malang sendiri sudah menjadi kota yang menarik sejak zaman kolonialisme Belanda. Ditambah pengelolaan wisata alam yang baik seperti perkebunan apel, pembibitan Bungan anggrek, serta spot alam lainnya.

Selain itu, ada beberapa objek wisata seperti Museum Angkut, Eco Green park, Jawa Timur Park/Jatim Park sampai batu night Spectacular. Jika Anda menyukai olahraga ekstrem, Anda dapat mencoba wisata Paralayang yang berada di daerah batu.

5. Ubud, Bali

Rekomendasi kelima untuk kota yang harus dikunjungi oleh Anda adalah Ubud, Bali. Disarankan sebagai agenda pertama dalam berwisata di ubud adalah melihat karya para seniman berbentuk kontemporer.

Kemudian, wisatawan dapat melanjutkan melihat festival Ubud hingga berolahraga Yoga bersama keluarga ataupun saudara seupaya mendapatkan perasaan tenang dan bahagia.

Ubud sendiri memiliki perbedaan dengan Kuta. Ubud memiliki Kawasan berupa pelestarian hindu yang berwarna dan suasana yang sngat tenang. Tentunya kota ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Indonesia menjadi negara yang kaya akan potensi wisatanya serta banyaknya destinasi menarik yang ada di berbagai wilayah. Ada beberapa kota yang menonjol seperti Yogyakarta dan Solo dengan budayanya, Bali dengan keindahan alamnya yang memukau, serta Malang dengan letak geografisnya yang menenangkan.

Namun sebagai wisatawan, Anda harus menghormati adat dan budaya daerah wisata. Karena tentynya banyak perbedaan adat serta budaya dengan daerah Anda masing-masing.

Tentunya, keaslian serta keberagaman budaya masing-masing kota tersebut harus terus dijaga. Karena dengan itu, keragaman serta alam destinasi wisata akan terus tumbuh dan dapat mendukung pertumbuhan industri pariwisata yang ada di Indonesia.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Segudang Khasiat Buah Blewah Bagi Kesehatan

Buah blewah tidak hanya menyegarkan, namun juga memiliki segudang khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mengimbangi gaya hidup, Anda dapat merasakan khasiatnya dengan optimal. Nutrisi yang terdapat di buah blewah seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Di Indonesia buah blewah sangat identik dengan suasana bulan suci Ramadhan. Berikut ini beberapa khasiat buah blewah bagi kesehatan.

Segudang Khasiat Buah Blewah Bagi Kesehatan

POJOKNULIS.COM - Buah blewah (Cucumis melo var cantalupensis) berasal dari keluarga melon-melonan (Cucurbitaceae). Buah blewah berasal dari wilayah Timur Tengah.

Namun, seiring berjalannya waktu buah ini sudah tersebar di seluruh dunia. Buah blewah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah ini sangat menyegarkan karena mengandung banyak air dan rasanya manis. Buah blewah juga kaya akan nutrisi.

Nutrisi yang terdapat di buah blewah seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Di Indonesia buah blewah sangat identik dengan suasana bulan suci Ramadhan.

Buah blewah memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat buah blewah bagi kesehatan:

1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Buah blewah memiliki kandungan air yang tinggi. Buah ini menjadi salah satu buah terefektif dalam menjaga tubuh terhidrasi.

Buah blewah sangat cocok sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Buah ini dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Menyehatkan Kulit

Buah blewah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan air yang tinggi dalam buah blewah dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Buah blewah dapat mencegah kulit kering, karena mendapat tambahan hidrasi. ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Karena buah ini mengandung anti oksidan, seperti vitamin c dan likopen. Selain itu, Buah blewah juga dapat memperbaiki kerusakan dan menyegarkan kulit

3. Membantu Proses Pencernaan

Buah blewah memiliki manfaat untuk mlancarkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Buah blewah memiliki kandungan serat yang tinggi.

Serat yang terdapat di buah blewah dapat memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Buah blewah juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan lambung.

Khasiat buah ini juga dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker usus. Dengan mengonsumsi buah ini, kesehatan saluran pencernaan akan meningkat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Buah blewah mengandung nutrisi yaitu antioksidan dan vitamin c. Nutrisi ini dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah blewah memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang, karena mengandung vitamin K. Vitamin K merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tulang.

Vitamin ini memiliki peran penting untuk menyerap kalsium dan mencegah kerapuhan tulang. Hal ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan masalah-masalah tulang lainnya.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan nutrisi dan senyawa dalam buah blewah juga dapat mengurangi resiko kanker. Buah ini mengandung nutisi dan senyawa antioksidan yang dapat mengurangi resiko kanker.

Kandungan antioksidan seperti likopen dan beta-karoten dapat mengurangi beberapa jenis resiko kanker. Beberapa jenis kanker tersebut yatu kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam buah blewah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mengandung vitamin A yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

8. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Buah blewah dapat mengurangi resiko penyakit jantung, karena mengandung potasium. Kandungan potasium ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah blewah juga mengandung beta-karoten yang bagus utuk kesehatan mata. Kandungan beta-karoten ini merupakan prekursor vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

10. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah blewah yang terakhir yaitu dapat menurunkan berat badan. Selain kaya akan nutrisi, buah blewah juga rendah kalori dan rendah lemak.

Buah ini sangat cocok dimakan untuk orang yang sedang diet. Buah ini mengandung serat yang dapat meningkatkan rasa kenyang.

Selain menyegarkan, buah blewah ternyata memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh.

Buah blewah kaya akan nutrisi seperti mineral, vitamin, dan antioksidan. Konsumsilah buah blewah secara teratur agar mendapatkan manfaat-manfaatnya.

Akan tetapi, Anda juga harus menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Dengan demikian, Anda mendapatkan manfaat dan khasiat buah blewah bagi kesehatan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Kalian Mahasiswa yang Ingin Kerja Freelance? Yuk Simak Beberapa Tips Penting Ini!

Seorang mahasiswa tentunya akan memiliki beberapa waktu yang kosong. Disamping itu, mahasiswa juga sebenarnya butuh uang tambahan untuk mereka survive. Kedua hal tersebut tentunya saling berhubungan. Dengan waktu luang dan kebutuhan uang tambahan mahasiswa bisa bekerja secara freelance. Bagi mahasiswa semester akhir tentu banyak peluang untuk melakukan hal ini. Waktu mereka akan lebih banyak dibanding semester sebelumnya. Selain itu, kemampuan yang dimiliki sudah cukup baik untuk dijadikan modal bekerja. Sebelum mengetahui tips freelance, perlu kalian ketahui pengertian freelance yang sebenarnya itu apa. Yuk kita simak!

Kalian Mahasiswa yang Ingin Kerja Freelance? Yuk Simak Beberapa Tips Penting Ini!

POJOKNULIS.COM - Seorang mahasiswa tentunya akan memiliki beberapa waktu yang kosong. Disamping itu, mahasiswa juga sebenarnya butuh uang tambahan untuk mereka survive.

Kedua hal tersebut tentunya saling berhubungan. Dengan waktu luang dan kebutuhan uang tambahan mahasiswa bisa bekerja secara freelance.

Bagi mahasiswa semester akhir tentu banyak peluang untuk melakukan hal ini. Waktu mereka akan lebih banyak dibanding semester sebelumnya.

Selain itu, kemampuan yang dimiliki sudah cukup baik untuk dijadikan modal bekerja. Namun freelance tetap berlaku bagi seluruh mahasiswa, tak hanya semester atas saja.

Sebelum mengetahui tips freelance, perlu kalian ketahui pengertian freelance yang sebenarnya itu apa. Yuk kita simak!

Freelance itu apa sih?

Kata freelance merujuk pada tentara bayaran di abad pertengahan. Kata tersebut dipopulerkan oleh salah satu tokoh bernama Sir Walter Scott.

Namun seiring dengan perkembangan waktu makna dari kata freelance itu berubah. Kata tersebut mengalami perubahan makna.

Kata freelance mengarah pada sebuah kerjaan yang tidak membutuhkan jangka waktu panjang. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan pada waktu tertentu dan tidak pasti.

Biasanya ada kesepakatan yang ditentukan untuk kontrak kerja freelance. Dari segi jangka waktu dan upah tentu saja akan disesuaikan.

Nah disisi lain kalian juga pasti pernah mendengar istilah part-time bukan? Lalu apa perbedaan dari keduanya?

Inilah Perbedaan Freelance dan Part-Time

Meskipun keduanya memiliki konteks sama dari segi istilah, namun ada bedanya loh. Perbedaan paling mendasar dari keduanya adalah soal jam kerja.

Freelance dihitung dari banyaknya proyek yang dikerjakan untuk menentukan upahnya. Sedangkan part-time dihitung dari jumlah jam kerjanya.

Perbedaan lain yang menonjol dari keduanya adalah mengenai sistem pengerjaan. Waktu yang fleksibel namun memiliki deadline yang harus diselesaikan adalah sistem freelance.

Sementara untuk part-time waktu kerjanya lebih terstruktur namun tidak seberat full-time. Keduanya hampir memiliki kesamaan yang cukup banyak, namun perlu diketahui perbedaannya.

Bagi mahasiswa khususnya harus lebih paham dari keduanya. Agar tidak salah mengambil langkah untuk memilih dari keduanya.

Mengetahui hal tersebut, bagaiama cara untuk prepare diri sendiri sebagai freelance?

Tips Preparation Memulai Freelance

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mahasiswa yang saat ingin memulai freelance. Inilah beberapa tipsnya.

1. Memahami Diri Sendiri

Hal paling mendasar untuk melakukan pekerjaan freelance adalah mengenal diri. Dengan mengenal diri kalian bisa tahu arah yang kalian butuhkan.

Seseorang yang akan bekerja harus paham terhadap minat dan bakatnya. Kalian juga harus paham kemampuan yang dapat kalian lakukan ketika freelance.

Apa yang kalian pilih seharusnya bisa sesuai dengan diri kalian sendiri.Dengan mengenali diri sendiri tentunya akan menambah motivasi dalam menjalani freelance kedepannya.

Disamping itu, kalian bisa menyesuaikan diri freelance yang kalian ambil sesuai posisinya. Kedepannya kalian dapat melakukan upgrade kemampuan dengan mengikuti training atau pelatihan.

2. Mencoba Sebelum Mengambil Pekerjaan Freelance

Sebelum kalian terjun langsung untuk bekerja freelance, sebaiknya mencoba pekerjaan terlebih dahulu. Pekerjaan tersebut bisa sesuai dengan minat bakat kalian yang telah kalian kuasai.

Kalian bisa memanfaatkan media sosial sebagai sumber pencarian pekerjaan. Tentu tidak mudah untuk mencari pekerjaan freelance dengan cepat.

Ketika kalian akan freelance, sebaiknya carilah pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kalian. Dari segi waktu, upah, serta sistem yang berlaku pada tempat freelance tersebut.

Dengan kesesuaian pekerjaan tersebut menjadi hal baik untuk kalian menyelesaikan pekerjaan nantinya. Ketersediaan dan semangat kalian akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

3. Memperbanyak Hasil Karya untuk Dijadikan Portofolio

Memperbanyak hasil karya dengan mencari freelance lain adalah hal yang penting. Setiap kalian berhasil menyelesaikan sebuah kerjaan maka hasil tersebut sangat membantu.

Kalian bisa memasukkan hasil tersebut ke dalam portofolio kalian. Hal tersebut sangat diperhatikan oleh atasan saat mengetahuinya.

Portofolio yang kalian berikan akan menentukan layak tidaknya kalian untuk diterima. Oleh sebab itu penting untuk melengkapinya dari sekarang.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian terapkan saat ingin melakukan freelance. Namun sebagai mahasiswa hal yang utama adalah tetap fokus pada akademik.

Untuk memperoleh hasil baik keduanya, maka terapkanlah langkah yang tepat sebelum memulai.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Sendiri Untuk Mengisi Libur Panjang Lebaran

Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki Hari Raya Idul Fitri. Sudah siapkah kalian merencanakan kegiatan untuk liburan hari raya. Liburan panjang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seseorang ketika berlibur. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika kebingungan memilih kegiatan yang cocok ketika libur panjang, simak penjelasannya!

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Sendiri Untuk Mengisi Libur Panjang Lebaran

POJOKNULIS.COM - Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki Hari Raya Idul Fitri. Sudah siapkah kalian merencanakan kegiatan untuk liburan hari raya.

Liburan panjang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seseorang ketika berlibur.

Namun, jika libur terlalu panjang kadang kita merasa kebingungan melakukan apa lagi. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan, tapi terkadang hanya menjadi wacana yang tidak terealisasi.

Biasanya orang-orang menggunakan liburan panjang sebagai waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh. Namun, kegiatan itu sudah menjadi hal yang biasa dan kadang-kadang membosankan bagi beberapa orang.

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika kebingungan memilih kegiatan yang cocok ketika libur panjang, antara lain:

1. Menonton film atau series

Menonton film atau series dapat menjadi pilihan bagi kalian yang sudah mulai kebingungan memilih kegiatan yang cocok untuk menghabiskan waktu saat liburan panjang. Saat menonton film atau series kalian dapat menghabiskan waktu tanpa kalian rasakan.

Menonton film dapat menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam, apalagi series kalian dapat menghabiskan waktu seharian untuk menamatkan satu series. Kalian dapat memilih genre film atau series yang kalian sukai, supaya tidak merasa bosan ketika menonton.

Kalian juga dapat nobar atau nonton bareng bersama teman atau keluarga dekat, dengan begitu kalian tidak kesepian saat menonton film yang berdurasi lama.

Kalian dapat menonton film di bioskop terdekat atau kalian dapat menonton film diberbagai platform yang sudah banyak tersedia saat ini. Jika kalian sedang malas untuk keluar, sangat disarankan untuk menikmati film dirumah saja.

2. Membaca buku

Seperti halnya menonton film, mambaca buku juga dapat menghabiskan waktu tanpa dirasakan oleh kalian pada saat liburan panjang.

Banyak sekali buku-buku yang tersedia sekarang ditoko buku ataupun di e-commerce. Genre-genre yang tersedia sekarang juga sudah banyak sekali, seperti genre romance, fiksi ataupun action.

Kalian dapat dengan mudah membaca buku dirumah tanpa harus mengeluarkan banyak energi. Membaca buku dapat dilakukan kapanpun, kalian dapat melakukannya disela-sela pekerjaan rumah yang sedang dikerjakan.
Membaca buku yang kalian sukai dapat menjadi salah satu pengusir rasa bosan yang sedang dirasakan oleh kalian.

Dengan membaca buku kalian bukan hanya dapat menghabiskan waktu, namun juga dapat mendapatkan ilmu atau konsep baru yang belum pernah kalian tahu sebelumnya. Membaca buku dapat menjadi cara mengusir bosan dan juga menambah ilmu kalian.

3. Merapikan rumah

Rumah yang rapi akan terasa nyaman jika digunakan. Merapikan rumah dapat menjadi cara menghabiskan masa liburan dengan kegiatan yang positif.

Setelah lebaran biasanya rumah akan terasa kotor dan tidak rapi, kalian dapat merapikan rumah dari ruangan ke ruangan. Selain dapat menghabiskan waktu liburan, merapikan rumah juga dapat membuat rumah kalian menjadi bertambah nyaman untuk digunakan.

Kalian dapat membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai atau rusak, dan menggantinya dengan yang baru. Kalian juga dapat menata ulang tata letak barang-barang dirumah kalian, dengan begitu kalian akan merasakan sensasi yang baru dirumah.

Dengan merapikan rumah, kalian menjadi lebih produktif dan bermanfaat dalam menghabiskan waktu saat libur panjang.

Nah, itu adalah 3 kegiatan yang dapat kalian lakukan saat libur panjang. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan berbagai kegiatan positif menjadi hal yang baik untuk menghabiskan waktu saat liburan.

Menghabiskan waktu tidak hanya dapat dilakukan dengan bermalas-malasan, namun kalian juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat lainnya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Disebut Sebagai Pohon Seribu Guna, Yuk Intip Manfaat Pohon Kelapa!

Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, maka dari itu tak jarang jika pohon kelapa menjadi pohon yang amat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pohon ini juga menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam kehidupan perekonomian Indonesia. Kira-kira apa saja manfaat dari pohon ajaib ini? Mari kita simak bersama.

Disebut Sebagai Pohon Seribu Guna, Yuk Intip Manfaat Pohon Kelapa!

POJOKNULIS.COM - Pohon kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera L. Diketahui, pohon kelapa merupakan anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, maka dari itu tak jarang jika pohon kelapa menjadi pohon yang amat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Pohon ini juga menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam kehidupan perekonomian Indonesia.

Pada umumnya, umur pohon kelapa bisa mencapai 100 tahun dengan usia produktif kurang lebih 30 tahun. Selama itu, pohon kelapa sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Tinggi pohon kelapa pun bisa mencapai 30 meter, dengan rata-rata produksi buah sekitar 80 hingga 120 buah tiap-tiap pohon pertahunnya.

Nyaris seluruh bagian dari pohon kelapa ini dapat bermanfaat bagi kehidupan. Tidak heran, jika pohon kelapa dikenal sebagai pohon seribu guna.

Kira-kira apa saja manfaat dari pohon ajaib ini? Mari kita simak bersama.

Buah Kelapa

Buah kelapa terdiri atas tempurung, daging buah, air kelapa, serta bakal buah yang semuanya memiliki manfaat.

Tempurung atau batok kelapa sering digunakan menjadi bahan bakar dan sebagai bahan standar kerajinan tangan.

Dalam tempurung juga ada sabut kelapa yang dapat digunakan sebagai menjadi alat membersihkan piring makan, cangkir atau bahkan lantai. Sabut kelapa ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan seperti contohnya keset rumah dan sapu.

Bagian daging buah kelapa adalah bagian yang sangat multifungsi. Selain dapat dikonsumsi, daging buah ini pun dapat diolah menjadi bahan baku lain seperti minyak kelapa, santan atau bahkan digunakan sebagai bahan produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Air di dalam buah kelapa yang masih muda dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit pada tubuh serta pembersih alami ginjal. Bahkan, air kelapa dipercaya mampu untuk menyembuhkan luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat, serta mencegah kehilangan cairan tubuh.

Daun Kelapa

Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku sapu lidi, daun kelapa juga dapat bermanfaat sebagai keranjang sampah. Daun kelapa yang masih muda atau janur juga digunakan sebagai janur untuk tanda diadakannya acara hajatan.

Ketupat yang kita makan pun dibungkus menggunakan daun kelapa. Selain itu, daun ini dapat menghasilkan berbagai produk anyaman seperti tikar, topi, dan lain sebagainya.

Batang Pohon Kelapa

Batang kelapa sendiri banyak digunakan sebagai bahan perabotan rumah atau bahkan sebagai bahan dasar pembuatan rumah. Dalam keadaan darurat, batang pohon kelapa dapat digunakan sebagai jembatan.

Bahkan batang pohon kelapa juga bisa dijadikan bahan pembakaran untuk kayu bakar atau seperti kegiatan pembakaran pada pembuatan batu bata.

Akar Kelapa

Akar kelapa menjadi inspirasi teknologi penyangga bangunan cakar ayam di Indonesia seperti yang diterapkan pada bandara Soekarno- oleh Sedyatmo.

Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan menjadi zat pewarna perabotan rumah tangga dan bir, diramu menjadi obat-obatan dengan takaran tertentu, serta menjadi tali tambang.

Bunga Kelapa

Jangan salah, bunga kelapa juga bermanfaat, niranya dapat diolah menjadi berbagai minuman bahkan menjadi tuak yang dapat menghangatkan tubuh. Jika dipanaskan sampai mengental dan mengeras nira tersebut bisa menjadi gula kelapa.

Nah, itu dia segudang manfaat yang dapat kita peroleh dari pohon kelapa. Jadi mari selalu lestarikan pohon kelapa karena pohon kelapa tidak hanya mampu memberikan segudang manfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun juga dapat membantu perekonomian kita dengan memanfaatkan produk-produknya. Jadi, apa saja manfaat yang sudah kamu rasakan dari pohon ajaib ini?

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories