Sering Merasa Badmood? Ini Cara Mengusirnya!

Badmood dapat terjadi oleh banyak orang, dan dapat terjadi secara tiba-tiba. Perasaan badmood bisa datang kapan saja, seperti dalam keadaan terkena macet atau kekasih yang belum membalas pesan kalian. Merasakan badmood sebenarnya adalah hal yang biasa, namun hal ini dapat mengganggu kegiatan yang sedang dikerjakan. Namun ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengusir perasaan badmood yang sedang dirasakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika badmood.

Sering Merasa Badmood? Ini Cara Mengusirnya!

POJOKNULIS.COM - Badmood dapat terjadi oleh banyak orang, dan dapat terjadi secara tiba-tiba. Perasaan badmood bisa datang kapan saja, seperti dalam keadaan terkena macet atau kekasih yang belum membalas pesan kalian.

Semua orang pasti pernah merasakan badmood, entah itu karena hal kecil atau pun besar. Badmood dapat berpengaruh pada tingkat emosi, membuat mudah marah atau murung tanpa disertai alasan yang jelas.

Banyak sekali sebab seseorang merasakan badmood, dari mulai pekerjaan sampai karena masalah yang sedang melanda. Merasakan badmood sebenarnya adalah hal yang biasa, namun hal ini dapat mengganggu kegiatan yang sedang dikerjakan.

Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengusir perasaan badmood yang sedang dirasakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika badmood:

Tidur

Mengistirahatkan tubuh dapat menjadi solusi ampuh untuk kalian yang sedang merasakan badmood, tidur dengan durasi pendek atau panjang membuat tubuh kalian menjadi lebih segar. Perasaan badmood dapat terjadi karena kurangnya jam istirahat, yang membuat tubuh dan pikiran kalian dengan mudah merasa lelah.

Mencoba tidur disela-sela perasaan badmood dapat mengistirahatkan pikiran kalian secara langsung. Ketika bangun kalian akan merasa lebih segar lagi dan perasaan badmood akan menghilang dengan sendirinya.

Kurangnya istirahat dapat menjadi masalah bagi kesehatan mental ataupun tubuh kalian. Kurangnya durasi tidur dapat berpengaruh pada tingkat produktivitas kalian, karena dapat membuat cepat merasa lelah dan mengantuk.

Mendengar musik

Mendengarkan beberapa musik atau lagu kesukaan kalian dapat menjadi pengusir rasa badmood. Dengan mendengarkan musik seseorang dapat bernyanyi dan menikmati musik yang sedang didengarkan, dan dapat membuat perasaan kembali lebih baik.

Musik sering digunakan sebagai alat terapi bagi beberapa orang yang memiliki masalah pada mentalnya. Mendengarkan musik selama beberapa saat dapat mengembalikan mood menjadi baik lagi.

Tak hanya mendengar lagu yang disukai, kalian dapat memilih musik dengan genre yang ceria atau bahagia dapat membantu mengusir rasa badmood.

Olahraga dengan teratur

Melakukan olahraga secara rutin dapat membuat perasaan kalian menjadi lebih baik dan lebih menyehatkan bagi tubuh kalian. Berolahraga dapat menjadi pelepas penat yang kalian rasakan.

Berolahraga dapat meningkatkan hormon endorfin yang ada ditubuh kalian, hormon yang dapat membuat perasaan hati menjadi meningkat lebih baik. Berolahraga juga dapat membantu kalian yang kesulitan tidur.

Jika kalian mudah badmood karena merasa lelah, berolahraga dapat membantu kalian untuk menambah ketahanan stamina kalian. Kalian dapat berolahraga di pagi hari, sebelum melakukan banyak kegiatan.

Mengobrol atau Berbincang

Mengobrol adalah salah satu kegiatan mudah yang dapat kalian lakukan ketika merasa badmood. ngorbrol atau bercerita dapat kalian lakukan kapan pun dan dimana pun. Kalian dapat ngobrol dengan orang-orang terdekat untuk dapat meningkatkan mood kalian.

Bercerita apa yang sedang kalian rasakan, dapat membuat perasaan lega dalam hati dan pikiran kalian. Mencurahkan isi hati adalah jalan yang paling cepat untuk dapat mengembalikan mood kalian menjadi lebih baik lagi.

Banyak sekali kegiatan yang dapat kalian lakukan ketika merasa badmood, tidak hanya yang ada dalam artikel ini. Kalian dapat melakukan banyak kegiatan yang dapat memperbaiki mood kalian, seperti melakukan kegiatan membaca buku, merapikan dan membersihkan rumah, atau memakan makanan yang kalian sukai.

Perlu kalian ingat, perasaan hati dapat berpengaruh pada kegiatan yang sedang atau akan kalian lakukan. Maka jika kalian merasa badmood, segeralah mencari mood booster yang dapat membantu kalian dalam memperbaiki mood kalian.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Memulai Budidaya Ikan Air Tawar sebagai Bisnis yang Menguntungkan

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kandungan nutrisi pada ikan, maka sumber protein dari ikan akan semakin hari semakin meningkat. Oleh karena itu, budidaya ikan pun semakin banyak dilakukan oleh para pembudidaya ikan. Bisnis yang dikembangkan dalam budidaya ikan memiliki keunggulan yang sangat besar bagi para pembudidaya, keuntungan yang bisa di dapat kan dari budidaya ikan adalah mendapatkan pemasukan yang cukup besar. Berikut cara memulai bisnis budidaya ikan air tawar.

Memulai Budidaya Ikan Air Tawar sebagai Bisnis yang Menguntungkan

POJOKNULIS.COM - Budidaya ikan merupakan salah satu cara sebagai konsumsi atau sebagai bisnis. Peningkatan produksi ikan merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan gizi berupa protein.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kandungan nutrisi pada ikan. Maka sumber protein dari ikan akan semakin hari semakin meningkat.

Karena tingginya permintaan akan ikan konsumsi maupun bisnis, hal ini dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk budidaya ikan sebagai bisnis.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi ikan dari tahun ke tahun, budidaya ikan semakin banyak dilakukan oleh para pembudidaya ikan. Konsumsi ikan nasional sebesar 56,39 kg per individu. Secara nasional, masyarakat mengonsumsi 56,39 kg ikan per orang. Nilai ini meningkat 3,47% menjadi 54,5 kg per orang.

Selain itu, banyak perusahaan yang membutuhkan ikan sebagai konsumsi mulai dari hotel berbintang yang membutuhkan ikan dalam jumlah besar untuk makanan mereka atau pengunjung hotel.

Dengan semakin meningkatnya permintaan ikan konsumen, bisnis ini juga dapat menjadi usaha yang menguntungkan bagi konsumen. Anda bisa mulai berternak ikan di ruangan kecil seperti akuarium atau pekarangan rumah. Anda tidak perlu lagi khawatir akan sulitnya beternak ikan konsumsi.

Bisnis yang dikembangkan dalam budidaya ikan memiliki keunggulan yang sangat besar bagi para pembudidaya, keuntungan yang bisa di dapat kan dari budidaya ikan adalah mendapatkan pemasukan yang cukup besar.

Pemasukan yang bisa didapat dari budidaya ikan tergantung dari konsumen yang membeli. Apabila pemasukan yang didapat sangat besar, pembudidaya bisa membeli peralatan dan bahan pakan ikan untuk mendapatkan perawatan dan menjadi keuntungan selanjutnya yang lebih besar dari sebelumnya.

Selanjutnya mengenai peralatan apa saja yang perlu di sediakan untuk berbudidaya ikan dan bagaimana merawat tempat budidaya serta merawat ikan agar menjadi bahan makanan yang penuh dengan nutrisi.

Peralatan Budidaya Ikan dan Merawat Ikan

1. Benih Ikan

Benih merupakan salah satu bahan penting dalam budidaya ikan. Tanpa benih, tidak ada ikan yang bisa dikembangkan. Pemilihan benih ikan harus dipertimbangkan secara hati-hati. Pilihlah benih ikan yang sehat, tidak cacat secara fisik maupun organ, dan okan memiliki warna cerah.

2. Air Bersih

Air merupakan elemen penting dalam budidaya ikan. Anda juga harus mempertimbangkan kualitas air yang Anda gunakan. Kualitas air dapat ditunjukkan melalui suhu, pH, kecerahan dan kadar garam.

3. Kolam Tampung Ikan

Kolam adalah suatu tempat yang dirancang untuk menyimpan air dan berfungsi sebagai habitat ikan. Bentuk kolamnya fleksibel dan bisa disesuaikan. Meski begitu, desain kolam biasanya berbentuk persegi panjang.

4. Pakan Ikan

Pakan ikan merupakan campuran berbagai bahan pangan nabati dan hewani (terutama disebut bahan baku) yang telah diolah agar dapat dimakan dan mudah dicerna, sekaligus menjadi sumber makanan bagi aktivitas kehidupan ikan.

5. Obat Ikan

Obat-obatan biasa digunakan untuk mengatasi masalah akibat serangan penyakit pada ikan. Dalam kondisi ini, petani kerap menggunakan berbagai bahan kimia dan antibiotik.

Merawat ikan dalam kolam merupakan hal yang perlu di perhatikan sebagai pembudidaya ikan seperti:

Pemantauan kesehatan harus dilakukan secara rutin dengan menggunakan metode visual atau laboratorium yang sesuai. Diperlukan wadah khusus untuk perawatan ikan yang sakit. Jika tidak dapat diobati maka harus dikubur dan dimusnahkan.

Pengelolaan kualitas air bertujuan untuk menjaga kualitas air agar memenuhi persyaratan kesesuaian untuk jenis ikan yang dibudidayakan.

Pertukaran air perlu dilakukan secara efisien, yaitu tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang untuk menjaga lingkungan.

Menjaga kebersihan fasilitas dan area sangat penting untuk mencegah kontaminasi, khususnya kotoran manusia dan hewan.

Pemanenan ikan memerlukan air bersih, dan pengiriman harus menggunakan es agar ikan tetap segar. Penanganan cairan, limbah padat dan zat berbahaya lainnya harus dilakukan sesuai dengan persyaratan untuk mengurangi dampak lingkungan dan kontaminasi produk.

Untuk mencegah penularan penyakit maka perlu dilakukan pembersihan seluruh peralatan dengan disinfektan. Pemanenan dan pasca panen diselesaikan dengan cepat untuk menghindari kerusakan dan meminimalkan kontaminasi.

Kesempulan yang bisa anda dapatkan adalah mengetahui bagaimana cara melakukan proses budidaya ikan dan cara merawat ikan sebagai sumber konsumsi. Apalagi budidaya ikan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Penting untuk lebih mematuhi peraturan lalu lintas demi menjaga keselamatan saat berkendara di musim hujan. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat mengurangi risiko kecelakaan dan menjaga keselamatan diri saat berkendara di musim hujan

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

POJOKNULIS.COM - Musim hujan seringkali menambah cobaan bagi para pengemudi di jalan. Dari jalan yang licin hingga penglihatan yang terbatas dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Penting bagi setiap pengemudi untuk memahami tips keselamatan berkendara saat musim hujan. Berikut ini beberapa tips berkendara dengan aman saat musim hujan:

1. Periksa Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan di musim hujan, pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik. Periksalah beberapa bagian seperti rem, lampu, ban, dan wiper kaca.

Pastikan ban kendaraan memiliki tekanan udara yang pas. Pastikan sistem pengereman kondisinya baik agar terhindar dari kecelakaan di jalan licin.

2. Kurangi Kecepatan Kendaraan

Jika hujan seringkali jalan menjadi licin. Oleh sebab itu, kurangilah kecepatan saat berkendara di musim hujan.

Berkendralah dengan kecepatan yang lebih rendah dari biasanya. Hal ini memberi kesempatan untuk merespons dengan cepat jika ada situasi darurat.

3. Jaga Jarak dengan Pengemudi Lain

Pastikan untuk selalu enjaga jarak dengan pengemudi lain. Hal ini penting untuk keselamatan Anda saat berkendara di musim hujan.

Dengan menjaga jarak, Anda akan memiliki ruang untuk menghentikan kendaraan jika dibutuhkan.

4. Hati-hati dengan Genangan Air

Genangan air di jalan merupakan bahaya yang perlu diwaspadai. Kendaraan dapat terhenti dan tergelincir jika terkena genangan air.

Hindarilah jika di jalan terdapat genangan air. Jika Anda tidak bisa menghindarinya, teroboslah genangan air dengan kecepatan yang rendah.

5. Pastikan Lampu Kendaraan

Ketika hujan, penglihatan Anda ke jalan akan menjadi berkurang. Saat berkendara, pastikan Anda untuk menyalakan lampu kendaraan saat hujan turun.

Saat hujan, nyalakan lampu kendaraan baik di siang maupun sore hari. Hal ini dilakukan agar dapat melihat lebih jelas jalan dan pengemudi lain.

6. Hindari Rem Mendadak

Sebisa mungkin hindari pengereman yang mendadak. Hindari penggunaan rem mendadak saat jalan basah karena dapat menyebabkan Anda tergelincir.

Jika Anda ingin melakukan pengereman mendadak, lakukanlah secara perlahan dan bertahap. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mengurangi resiko tergelincir atau kehilangan kendali.

7. Awasi Tanda-tanda Bahaya

Tetaplah waspada terhadap tanda-tanda bahaya di jalan saat berkendara di musim hujan. Tanda-tanda itu seperti lampu rem yang berada di depan dan ketidakstabilan kendaraan.

Bahkan hingga pengemudi lain yang mengemudi dengan kecepatan tidak wajar. Tetaplah jag-jaga jika situasinya membutuhkan respons dengan cepat.

8. Hindari Hal yang Dapat Mengganggu

Ketika menghadapi kondisi jalan yang buruk saat musim hujan, fokuslah untuk mengemudi. Hindari gangguan seperti menelepon, mengirim pesan teks, atau melakukan aktivitas lain.

Aktivitas tersebut dapat membuat Anda tidak fokus saat berkendara. Tetaplah fokus dalam mengemudi kendaraan dan tetap waspada ketika ada tanda bahaya

9. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Mematuhi peraturan merupakan kunci keselamatan berkendara,termasuk saat musim hujan. Patuhilah peraturan lalu lintas apalagi saat musim hujan tiba.

Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, Anda dapat mengurangi resiko kecelakaan dalam berkendara. Saat musim hujan, peraturan lalu lintas harus dipatuhi dengan lebih serius.

Dalam berkendara, keselamatan merupakan prioritas yang utama. Musim hujan membawa tantangan tambahan bagi pengemudi di jalan.

Namun, dengan mempraktikkan tips keselamatan berkendara ini, Anda dapat mengurangi risiko kecelakaan dan menjaga diri Anda sendiri serta pengguna jalan lainnya tetap aman.

Sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika berkendara di musim hujan. Jangan lupa berhati-hati dan waspada saat berkendara, terutama saat musim hujan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

3 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatur Waktu

Kalian punya 24 jam per hari. Kalian masih sering telat mengerjakan tugas, begadang untuk menyelesaikan pekerjaan yang akhirnya kalian tidak memiliki waktu istirahat. Tapi kalian merasa waktu itu kurang. Bagaimana nanti jika diberi tanggung jawab yang lebih besar? Salah satu solusinya yaitu mengatur waktu kalian dengan sebaik-baiknya. Mengatur waktu untuk diri sendiri memang cukup sulit, tapi jika bisa melakukan akan sangat berdampak besar bagi kehidupan kalian. Kalian bisa coba 3 hal berikut ini untuk mengatur waktu.

3 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatur Waktu

POJOKNULIS.COM - Kalian punya 24 jam per hari. Tapi kalian merasa waktu itu kurang. Kalian masih sering telat mengerjakan tugas, begadang untuk menyelesaikan pekerjaan yang akhirnya kalian tidak memiliki waktu istirahat.

Hal itu tidak bisa kalian lakukan seterusnya atau bahkan selamanya. Karena pasti kalian akan diberi tanggung jawab yang lebih besar lagi. Jika kalian terus begadang untuk menyelesaikan tugas sampai kewalahan tidak tidur mau sampai kapan?

Bagaimana nanti jika diberi tanggung jawab yang lebih besar? Salah satu solusinya yaitu mengatur waktu kalian dengan sebaik-baiknya. Mengatur waktu untuk diri sendiri memang cukup sulit, tapi jika bisa melakukan akan sangat berdampak besar bagi kehidupan kalian.

Mungkin buat kalian yang sebelumnya gagal mencoba mengatur waktu kalian. Kalian bisa coba 3 hal untuk mengatur waktu, simak artikel berikut;

1. Mencatat semua kegiatan

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu mencatat semua kegiatan kalian selama seharian, mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi. Kalian bisa mencatat pada di kalender handphone, bukan hanya mencatat nama kegiatan tapi kalian juga harus mencatat mulai jam berapa dan butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan kegiatan itu.

Memang terlihat sulit dan tidak berguna, tapi hal ini di lakukan supaya kalian itu tau estimasi waktu yang kalian gunakan untuk kegiatan yang kalian lakukan setiap hari. Setidaknya kalian akan tau dalam waktu sehari kalian gunakan untuk apa aja atau masih ada waktu yang terbuang sia-sia.

Dengan mencatat kegiatan kalian selama seharian kalian juga bisa tau, kapan waktu kalian senggang dan kapan waktu kalian sibuk.

2. Membuat planning kegiatan

Kalian harus menjadwalkan kegiatan kalian, mungkin kalian bisa mencatat kegiatan yang akan kalian lakukan dalam 3 hari kedepan ataupun kalian mau menuliskan sekaligus kegiatan 1 minggu kedepan.

Bukan hanya membuat list kegiatan perhari tapi kalian harus menjadwalkan kegiatan apa saja dan waktunya kapan. Jika kalian hanya membuat list kegiatan saja tidak menggunakan waktu, itu bisa saja tapi itu hanya sebagai pengikat kegiatan kalian.

Namun, jika kalian menulis detail mulai dari kegiatan hingga waktunya kapan. itu kapan membuat kalian melakukan pekerjaan dengan disiplin tepat waktu.

3. Tulis kegiatan disukai

Selain kalian harus membuat jadwal harian kegiatan supaya kalian disiplin waktu. Kalian juga harus menulis kegiatan yang kalian suka atau rencana yang akan kalian lakukan jika waktu luang.

Menulis kegiatan yang disukai ini akan membuat kalian fokus dengan kegiatan yang disukai itu jadi tidak ada kegiatan lain. Kalian bisa fokus dengan main atau istirahat kalian karena pekerjaan kalian sudah terjadwal, begitu pun dengan waktu main kalian.

selain itu, membuat jadwal untuk hal kamu sukai juga salah satu hadiah untuk diri kalian sendiri karena telah menyelesaikan semua tugas dengan baik. Hal ini memiliki dampak baik baik kesehatan mental ataupun fisik.

Mengatur waktu dan membuat jadwal kalian juga bisa memulai dengan kebiasaan baik di pagi hari. Cukup dengan kegiatan kecil yang nantinya akan berdampak besar jika dilakukan secara konsisten.

Kalian udah bikin mencatat jadwal kegiatan kalian, sudah membuat jadwal untuk 1 minggu kedepan dan kalian juga udah membuat waktu untuk diri kalian sendiri. Sekarang kalian lakukan apa yang sudah kalian jadwalkan sesuai waktunya.

Itu tadi 3 hal cara mengatur waktu kalian, supaya lebih tertata. Semoga artikel ini bermanfaat bagia kalian!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

5 Zat Berbahaya yang Terkandung dalam Air Keran Mentah

Zaman sekarang sangat mudah dalam mencari aliran air, terutama di kota-kota besar. Jangan pernah meminum air mentah apapun alasannya. Air mentah yang dikonsumsi dapat mengandung zat kimia yang berbahaya. Beberapa kandungan dalam air mentah yang perlu diwaspadai adalah zat kimia. Dalam tulisan ini akan menyebutkan bahaya dari air mentah.

5 Zat Berbahaya yang Terkandung dalam Air Keran Mentah

POJOKNULIS.COM - Zaman sekarang sangat mudah dalam mencari aliran air, terutama di kota-kota besar. Jangan pernah meminum air mentah apapun alasannya.

Tidak perlu repot-repot dengan membangun sumur sudah ada air PAM. Di beberapa daerah juga mengalirkan air yang didapat dari mata air pegunungan.

Tentu meski kelihatannya sangat segar dan jernih, ada banyak bahayanya. Air yang sudah dialirkan harus dimatangkan lagi. Bahkan dalam salah satu konten Instagram.

Ada yang meneliti air galon isi ulang. Air galon isi ulang sudah melewati proses filterisasi dengan sinar UV. Walaupun sudah higienis namun faktanya masih memiliki kandungan yang berbahaya.

Beberapa kandungan yang perlu diwaspadai adalah zat kimia. Dalam tulisan ini akan menyebutkan bahaya dari air mentah. Air mentah yang diminum secara langsung tidak terlalu bahaya.

Mungkin dalam kondisi darurat, sesekali meminum air mentah tidak masalah. Namun jika setiap hari meminum air mentah akan sangat bahaya.

Apalagi jika air tersebut berbau. Bahkan ada beberapa air mentah yang warnanya sudah berubah. Air mentah yang dikonsumsi dapat mengandung zat kimia yang berbahaya.

Zat kimia berasal dari dalam air tersebut. Dilansir dari sebuah laman, air mentah memiliki banyak kandungan zat kimia.

Zat tersebut baru hilang setelah air sudah matang. Dalam tulisan ini akan disebutkan zat yang terkandung dalam air mentah. Berikut penjelasan dari sebuah laman.

1. Arsenik

Arsenik merupakan bahan kimia dari bebatuan di tanah. Jika meminum air yang mengandung arsenik akan berbahaya.

Kandungan arsenik akan menumpuk di dalam tubuh. Jika sudah menumpuk maka seseorang akan keracunan arsenik.

Beberapa gejala keracunan arsenik yaitu mutah, mati rasa (kaki dan tangan), kebutaan, kelumpuhan, perubahan warna kulit dan banyak lagi.

2. Klorin

Klorin merupakan zat kimia dari alam yang berfungsi membunuh bakteri. Namun jika kandungan klorin melebihi kapasitas. Maka akan terjadi keracunan klorin.

Kandungan klorin yang berlebih memiliki sifat korosif. Pastinya puncak dari semuanya adalah keracunan klorin. Gejala keracunan klorin yaitu iritasi saluran pernapasan, batuk kronis, sakit tenggorokan dan sesak dada.

3. Fluorida

Fluorida adalah mineral yang ditemukan pada gigi, tulang, batu, tanaman, tanah, dan air. Kandungan fluorida juga terkandung dalam pasta gigi.

Mengonsumsi Fluorida tentu dapat mengakibatkan bahaya yang serius. Gejala keracunan Fluorida adalah masalah kesehatan tulang serta perubahan warna gigi karena Fluorida berlebih.

4. Logam Berat

Ternyata air mentah bisa mengandung logam. Diantara logam berat yang berbahaya adalah alumunium, merkuri, dan tembaga.

Kondisi air mentah biasanya tercemar hal ini. Jika seseorang mengonsumsi air mentah yang tercemar pasti akan keracunan.

Keracunan logam berat dapat mengakibatkan kelainan bentuk otak, parkinson, demensia, alzheimer, dan kerusakan organ ginjal.

5. Herbisida dan Prestisida

Kedua zat ini ternyata dapat mencemari air keran. Jika herbisida merupakan zat pembunuh gulma. Maka pestisida merupakan zat pembunuh serangga pengganggu tanaman.

Kedua zat ini dapat meresap di dalam tanah. Lalu mencemeri kondisi air tanah. Akibat dari hal ini seseorang akan merasakan iritasi mata, sakit kepala, alergi, dan penyakit lainnya.

Kondisi air mentah di zaman sekarang begitu memprihatinkan. Selalu waspada dengan semua jenis air. Waspada juga dengan es batu di pedagang pinggiran jalan.

Penyakit yang ditimbulkan dari mengonsumsi air mentah sangat berbahaya. Akan sangat disayangkan jika seseorang sakit gara-gara keracunan air mentah.

Begitulah beberapa zat berbahaya yang terkandung dalam air keran. Akan sangat berbahaya jika zat itu dikonsumsi manusia.

Akan sangat baik jika setiap hari mengonsumsi air yang matang. Kurangi mengonsumsi air mentah jika sudah terlanjur. Segera periksakan ke dokter jika mulai terasa gejala-gejalanya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories