8 Kebiasaan Sebelum Tidur Malam yang Mampu Meningkatkan Semangat di Pagi Harimu

Malam hari adalah malam yang digunakan untuk mengistirahatkan badan. Setelah seharian penuh beraktivitas badan yang lelah perlu untuk tidur demi semangat di esok paginya.

8 Kebiasaan Sebelum Tidur Malam yang Mampu Meningkatkan Semangat di Pagi Harimu

POJOKNULIS.COM - Malam hari adalah malam yang digunakan untuk mengistirahatkan badan. Setelah seharian penuh beraktivitas badan yang lelah perlu untuk tidur demi semangat di esok paginya.

Namun sebelum tidur ada beberapa rangkaian yang biasanya dilakukan banyak orang. Dengan begitu kebiasaan sebelum tidur ini akan menjadi hal yang sangat dinantikan oleh siapapun.

Ada beberapa kebiasaan yang biasanya dilakukan banyak orang sebelum tidur malam. Namun demikian tanpa disadari kebiasaan tersebut justru baik agar kualitas tidur malam menjadi maksimal. Berikut 8 kebiasaan sebelum tidur malam yang bisa meningkatkan semangat di pagi hari.

1. Makan Malam

Rutinitas ini sering kita jumpai dalam setiap rumah. Makan malam menjadi hal yang istimewa, karena sebelum mendekati waktu untuk tidur biasanya melakukan kegiatan tersebut.

Kebiasaan ini biasanya dilakukan secara bersama keluarga. Sangat menyenangkan bukan jika makan malam diadakan secara bersama akan mewujudkan momen yang berkesan.

2. Berkumpul Bareng Keluarga

Setelah makan malam biasanya keluarga berkumpul menjadi satu. Terdiri dari bapak, ibu, anak dan saudara yang lain untuk berbincang serta ngobrol bersama. Rutinitas ini sekaligus untuk mempererat ikatan antara satu sama lain dalam sebuah keluarga.

3. Nonton Televisi atau Film

Biasanya kebiasaan lainnya seperti nonton film maupun acara TV di salah satu stasiun Televisi. Kebiasaan ini sangat berkesan apabila secara bedaama di ruang yang sama. Yap benar, ruang TV menjadi ruangan favorit bagi setiap keluarga. Menonton sambil menikmati cemilan malam beserta minuman yang sangat nikmat.

4. Membaca

Membaca tidak hanya dilakukan pada waktu pagi hari saja loh guys. Tapi saat malam hari kamu juga bisa mengisi waktu malam dengan membaca sambil menunggu rasa ngantuk. Dengan membaca maka akan menambah pengetahuan di pagi harinya. Biasanya buku yang dibaca sebelum tidur seputar materi atau pekerjaan yang akan dilakukan esok hari.

5. Merenungkan Kembali yang Sudah Terjadi

Merenung di malam hari atau biasa anak muda katakan dengan sebutan overthinking menjadi kebiasaan yang tidak pernah terlewatkan. Memutar kembali ingatan untuk bisa mengetahui apa saja yang sudah dilakukan pada hari tersebut. Dengan begitu maka akan menjadi pengingat diri untuk mengetahui apakah melakukan kesalahan atau tidak.

6. Menggunakan Skincare Malam

Skincare identik dengan wanita, namun lelaki juga kadang ada yang melakukan kegiatan ini. Biasanya sebelum tidur wajah yang masih ada make up ataupun tidak perlu dibersihkan terlebih dahulu. Dengan begitu kulit wajah akan rileks saat dibawa tidur, dan keesokan harinya akan nyaman ketika bangun tidur.

7. Mendengarkan Musik

Musik menjadi hal terindah dalam menemani di segala aktivitas. Tidak sedikit orang mendengarkan musik sebagai kebiasaan sebelum tidur. Alunan nadanya yang tenang membuat mata cepat ngantuk dan mudah terlelap. Namun tidak disarankan ketika sudah tidur musik tetap menyala, karena akan membahayakan sistem saraf pada otak dan membahayakan sistem yang lainnya.

8. Mematikan Gadget dan Memasang Alarm

Alarm sering digunakan untuk membangunkan orang saat terlelap dalam tidurnya. Kebiasaan ini mampu membantu untuk bangun lebih awal karena mendengar alarm berbunyi di jam yang sudah ditentukan.

Setelah itu biasanya orang-orang akan mematikan gadgetnya untuk bisa tertidur dengan nyaman tanpa adanya gangguan apapun. Mematikan gadget juga bisa membuat orang untuk berhenti memainkannya dan fokus untuk mengistirahatkan badan yang sudah lelah beraktivitas seharian.

Kebiasaan yang baik akan berdampak baik pula untuk tubuh kamu yaa sobat. Rutin melakukan kebiasaan sebelum tidur yang baik membuat badan kamu segar di pagi harinya.

Beberapa kebiasaan di atas jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuat badan sehat dan semangat menjalankan aktivitas seharian. Waktu tidur yang cukup dan asupan makanan yang bernutrisi tinggi, sangat membantu imunitas tubuh kamu.

Nah itulah tadi sederet kebiasaan yang sering dilakukan sebelum tidur. Kebiasaan positif masih banyak yang bisa kamu lakukan. Perlu diingat bahwa menjaga kebiasaan yang baik cukup mudah asalkan konsisten. Semoga dapat membantu dalam menemani malam kamu sobat.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Ini Manfaat Senam Zumba Selain Mudah Membakar Kalori

Jenis senam yang banyak dilakukan oleh masyarakat merupakan senam Zumba. Senam jenis ini baik dipraktikkan oleh orang yang ingin mengabiskan kalori secara efektif. Zumba dikategorikan sebagai senam kebugaran dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Zumba terdiri atas gerakan yang tentunya sejalan disertai dengan iringan musik. Gerakan ini dilakukan dalam durasi waktu tertentu, dan dapat memberikan efek positif otot dan denyut jantung. Berikut merupakan manfaat dari olahraga Zumba.

Ini Manfaat Senam Zumba Selain Mudah Membakar Kalori

POJOKNULIS.COM - Senam merupakan satu dari banyaknya olahraga yang mengkombinasikan gerakan tubuh. Olahraga ini mengharuskan seseorang untuk mempunyai kecepatan, kekuatan, serta keserasian gerak fisik.

Umumnya senam bermanfaat untuk menjaga kebugaran, meningkatkan fleksibilitas, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Senam merupakan olahraga yang akan terus berkembang tentunya menyesuaikan dengan kemajuan zaman.

Ada beberapa jenis variasi senam yang dapat dipilih seseorang seuai kondisi fisik masing-masing orang. Dimulai dari senam artistik, senam aerobik, bahkan power trumbling dan trampolin.

Jenis senam yang banyak dilakukan oleh masyarakat merupakan senam Zumba. Senam jenis ini baik dipraktikkan oleh orang yang ingin mengabiskan kalori secara efektif. Zumba dikategorikan sebagai senam kebugaran dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Zumba terdiri atas gerakan yang tentunya sejalan disertai dengan iringan musik. Gerakan ini dilakukan dalam durasi waktu tertentu, dan dapat memberikan efek positif otot dan denyut jantung. Zumba sendiri menjadi olahraga yang masih tergolong baru.

Sejarah dan Manfaat Zumba

Zumba sendiri merupakan olahraga yang tergolong masih baru. Menurut MediaKom Kementerian Kesehatan RI, Zumba diciptakan di tahun 2000 dan Koreografer yang berasal dari Kolombia bernama Alberto Beto perez.

Beto dari tadinya sedang mengajari senam aeorbik ternyata ia tidak membawa CD yang biasa ia bawa. Dengan cerdasnya, Beto mengambil CD dengan berbagai genre music lalu ia menyusun gerakan senam yang ia padukan dengan tarian latin.

Zumba berasal dari kata zum-zum, yang memiliki arti gerakan cepat pada bahasa Kolombia. Berikut merupakan manfaat dari olahraga Zumba:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Zumba menjadi olahraga yang mengharuskan tunuh untuk bergerak dengan cepat dan durasi waktu tertentu. Sehingga olahraga ini akan meningkatkan denyut jantung, kemudian tubuh pun menjadi lebih segar.

2. Mengencangkan Otot

Gerakan Zumba akan mengencangkan otot, conrohnya pada bagian lengan, pinggang, kaki, serta perut. Karena senam ini melibatkan banyak aktivitas dan kerja otot pada tunuh.

3. Menjaga Berat Badan

Seperti penjelasan di bagian atas, Zumba efektif bagi orang-orang yang ingin membakar kalori. Berlatih zumba secara rutin akan membakar kalori sekitar 500 hingga 800 kalori per jam. Olahraga ini bahkan cocok digunakan agar memperlancar program diet.

4. Mengurangi Stres

Zumba juga dianggap salah satu olahraga yang mengurangi stress secara efektif. Selain itu, zumba jika dilakukan secara rutin akan mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, hingga menguatkan fungsi kognitif.

Perbedaan Zumba dan Aerobik

Jika dilihat secara sepintas, zumba memiliki karateristik yang hamper sama dengan senam aerobic. Kedua senam tersebut dilakukan sama-sama dengan iringan music dan berfungsi untuk membakar kalori.

Namun, zumba dan aerobic tentunya memiliki perbedaan, berikut penjelasannya:

1. Musik yang Digunakan

Senam aerobic biasanya akan diawali dengan pemanasan, seperti isolation, full body, movement, dan stretching. Kemudian akan dilanjutkan dengan gerakan yang berintensitas tinggi yang akan bermanfaat bagi meningkatkan denyut jantung

Untuk mendukung aktivitas itu, aerobic akan menggunakan musi dengan tempo yang agak cepat, tetapi lebih konstan. Sedangkan senam zumba kerap menggunakan iringan lagu latin. Temponya sendiri sering berubah, sehingga gerakannya akan bervariasi.

2. Kategori Olahraga

Secara umum, zumba dan aerobik dikategorikan ke arah olahraga kardio. Aktivitas ini akan bermanfaat untuk melatih jantung dan membuatnya mampu mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efektif.

Namun, zumba sendiri memiliki beberapa variasi gerakan yang bukan merupakan olahraga kardio. Gerakan tersebut justru masuk sebagai olahraga ketahanan, yaitu berguna untuk meperkuat otot tubuh.

3. Ragam Gerakan

Perbedaan zumba dan aerobik terletak pada ragam gerakan yang digunakan. Aerobik pada umumnya mengaplikasikan gerakan-gerakan atletik secara berulang, sehingga gerakan tersebut akan membakar kalori dalam jumlah besar.

Sementara zumba banyak terpengaruh dari tarian Latin, Langkah kakinya sendiri sederhana dan menuntut pesenam dalam menggerakkan pinggul bahkan seluruh tubuh.

Zumba sendiri merupakan senam yang menyenangkan serta efektif dalam peningkatan kesehatan fisik dan mental, bahkan untuk meningktakan kualitas hidup seseorang.

Senam zumba sendiri dapat dilakukan di berbagi tempat. Contohnya adalah pada ruang kelas, pusat kebugaran, atau bisa di rumah dengan menggunakan video latihan online.

Dengan mengikuti senam zumba, tentunya akan bertemu dengan orang banyak. Sehingga akan meningkatkan kemampuan keterampilan sosial kita.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Sederet Manfaat Jahe untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Jahe sebagai rempah-rempah yang mengandung banyak manfaat, rempah ini bisa untuk obat herbal, ramuan, dan juga bahan masakan untuk menambah cita rasa yang khas. Banyak versi untuk menikmati jahe ini beserta dengan khasiatnya untuk tubuh. Mulai dari masakan maupun dinikmati sebagai minuman hangat sekalipun. Untuk lebih jelasnya mari kita simak manfaat dari jahe sebagai berikut.

Sederet Manfaat Jahe untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

POJOKNULIS.COM- Jahe sebagai rempah-rempah yang mengandung banyak manfaat, rempah ini bisa untuk obat herbal, ramuan, dan juga bahan masakan untuk menambah cita rasa yang khas. Banyak versi untuk menikmati jahe ini beserta dengan khasiatnya untuk tubuh. Mulai dari masakan maupun dinikmati sebagai minuman hangat sekalipun.

Saat mengkonsumsi jahe diperhatikan juga kualitas dari jahe itu sendiri. Memilih jahe yang masih segar mampu menambah khasiat yang terkandung di dalamnya. Sensasi saat mengkonsumsi rempah ini seperti panas di tenggorokan dan di perut, namun setelah mengkonsumsi akan sangat nyaman di badan kalian loh.

Menjaga kesehatan tidak hanya dengan berolahraga, namun dengan mengkonsumsi minuman herbal membuat badan menjadi seimbang. Minuman jahe ini bisa kamu rasakan khasiatnya yang sangat banyak.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak manfaat dari jahe sebagai berikut.

1. Meredakan Mual

Minuman jahe biasanya di kenal sebagai pereda mhal saat bepergian jauh. Tidak heran kalau minuman atau permen yang ada kandungan jahe selalu dibawa oleh orang yang mudah mabuk perjalanan. Hal itu dikarenakan senyawa yang ada dalam jahe dapat menekan pusat saraf pada otak sehingga mual dan muntah tidak akan terjadi selama peoerjalanan.

2. Membantu Meredakan Sistem Pencernaan

Sering kita jumpai jika ada Ibu yang selalu memberikan saran untuk minum ramuan jahe saat perut kembung akibat gangguan pencernaan. Karena minuman jahe dapat mengosongkan perut dan bisa meredakan kembung atau begah ketika asam lambung sedang naik.

3. Meredakan Nyeri Haid

Nyeri haid terjadi pada wanita, ada beberapa yang memang merasakan sakit di bagian perutnya ada juga yang tidak begitu sakit. Kamu yang suka nyeri saat haid minuman jahe ini bisa jadi penolong kamu ketika nyeri perut saat datang bulan. Karena senyawa yang terdapat dalam jahe ternyata dapat merangsang kontraksi otot rahim.

4. Menurunkan Berat Badan Ideal

Kandungan yang ada pada jahe mampu mempercepat proses pemecahan dan pembakaran lemak secara alami. Biasanya orang yang sedang melakukan diet dengan bahan herbal dan alami mereka mencampurkan beberapa rempah lain seperti kunyit, sereh, jeruk nipis dan masih banyak lag.

5. Mencegah Penuaan Dini

Jahe mengandung senyawa antioksidan yang mampu mengurangi risiko munculnya efek penuaan dini seperti munculnya flek hitam pada wajah, kulit keriput, dan beberapa keritan halus.

6. Menghangatkan Tubuh

Cuaca sekarang sedang tidak menentu, kadang panas tapi tiba-tiba saja hujan turun dengan lebatnya. Hal itu membuat imun tubuh menjadi tidak stabil karena curah hujan yang memang sedang naik akhir akhir ini. Oleh sebab itu, jahe bisa menjadi minuman hangat kamu saat suhu sedang dingin.

Mengolah jahe memanglah mudah, kamu bisa membuat sendiri di rumah loh. Praktis dan simpel banget bagi kamu yang males buat minuman herbal, ini bisa jadi rekomendasi kamu tanpa ribet-ribet.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih dari jahe ini kamu bisa rutin dalam mengkonsumsinya. Dengan begitu tubuh kamu akan merasakan khasiatnya secara terus menerus.

Mengkonsumsi jahe bisa menambah imun dan menjadi stamina bagi tubuh. Banyak cara meracik jahe untuk jadi minuman yang bisa menyehatkan tubuh.

Itulah tadi beberapa manfaat jahe bagi tubuh, salah satunya untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin. Cocok banget nih cuaca sedang tidak menentu, kamu bisa mulai mencoba minuman ini saat musim hujan tiba. Mulailah menjaga imun dengan rutin mengkonsumsi ramuan jahe ini dengan rempah-rempah lain. Seperti campuran madu, jeruk nipis, kunyit, serai, atau herbal sejenisnya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tren Bloke Core Fashion Masa Kini yang Digandrungi Gen Z

Berpakaian dengan gaya bloke core sedang tren dimasa sekarang dan banyak sekali diikuti oleh para gen z. Gaya berpakaian yang nyaman dan simpel menjadi alasan utama gen z lebih memilih gaya bloke core ini. Tren ini mulai dikenal pada akhir 2021, tren ini meledak karena ada beberapa pesepak bola yang mulai memakai gaya bloke core seperti Hector Bellerin mantan pemain Arsenal dan Jackson Irvine pesepak bola asal Australia. Tren ini juga booming dikalangan para pengguna media sosial Tik Tok. Gaya bloke core ini mengombinasikan jersey tim sepak bola dengan celana jin (jeans), dan tidak lupa menggunakan sepatu kasual.

Tren Bloke Core Fashion Masa Kini yang Digandrungi Gen Z

POJOKNULIS.COM - Berpakaian dengan gaya bloke core sedang tren dimasa sekarang dan banyak sekali diikuti oleh para gen z. Gaya berpakaian yang nyaman dan simpel menjadi alasan utama gen z lebih memilih gaya bloke core ini.

Tren ini mulai dikenal pada akhir 2021, tren ini meledak karena ada beberapa pesepak bola yang mulai memakai gaya bloke core seperti Hector Bellerin mantan pemain Arsenal dan Jackson Irvine pesepak bola asal Australia. Tren ini juga booming dikalangan para pengguna media sosial Tik Tok.

Bermula dari seseorang yang memperlihatkan guyonan tentang pria lanjut usia yang memiliki gaya yang menarik dan khas.

Bloke core sendiri berasal dari bloke yang merupakan bahasa gaul British untuk memanggil seorang pria, dan core merupakan bahasa Inggris yang mempunyai makna esensi. Dapat diartikan bloke core ini adalah gaya fesyen yang menggambarkan pria yang menyukai sepak bola.

Gaya bloke core ini mengombinasikan jersey tim sepak bola dengan celana jin (jeans), dan tidak lupa menggunakan sepatu kasual. Jersey tim sepak bola yang biasa dipadupadankan adalah jersey tim sepak bola yang sudah lama atau retro.

Perpaduan Sepak Bola dan Fesyen

Jersey retro menambah kesan gaya vintage pada gaya bloke core ini, ditambah dengan celana dan sepatu kasual yang menambah rasa simpel pada gaya bloke core ini.

Biasanya pengguna gaya bloke core ini memakai jersey tim sepak bola retro yang dipakai pesepak bola pada tahun 90-an atau 2000 awal.

Pada umumnya para pengguna gaya bloke core ini memakai jersey atau baju tim sepak bola kesayangan mereka. Pengguna gaya bloke core ini biasanya menggunakan jersey tim yang mempunyai sejarah yang memorable dan sejarah yang cukup cantik.

Banyak sekali jersey tim sepak bola yang sering dipakai oleh para pengguna gaya bloke core ini, seperti jersey tim AC Milan, Manchester United, Lazio, Barcelona, Ajax, dan masih banyak lagi.

Para pengguna gaya ini sering kali menggunakan jersey yang memang penuh dengan sejarah, supaya dapat menambah kesan kharismatik dan vintage.

Menggunakan jersey tim sepak bola retro adalah kewajiban bagi para pengguna gaya bloke core. Sneakers kasual menjadi salah satu aspek penting dalam gaya bloke ini, seperti sepatu Adidas Samba, atau Converse.

Menggunakan sepatu kasual dapat melengkapi gaya bloke core ini, dengan menggunakan sepatu tersebut pengguna gaya tersebut terlihat lebih berenergi.

Apalagi dengan memilih warna yang netral, seperti hitam atau putih yang dapat diseseuaikan dengan warna jersey tim sepak bola yang sedang dipakai.

Pengguna gaya bloke core ini juga biasanya menambahkan beberapa aksesoris, seperti topi, gelang, atau kalung yang dapat menambah kesan berbeda dalam gaya berpakaian ini.

Aksesoris ini sama sekali tidak mengurangi kesan simpel pada gaya berpakaian bloke core ini, namun dapat menambah variasi gaya ini.

Bloke core ini dapat menjadi pilihan gaya pakaian yang menarik untuk dipakai diberbagai kalangan, dengan jersey tim sepak bola yang disukai akan memperlihatkan kesan menjadi fans fanatik.

Dengan adanya tren bloke core ini banyak orang akan tidak akan bingung lagi memilih gaya berpakaian mana yang akan dipakai.

Dengan gaya simpel dan menarik ini pengguna dapat mengombinasikan dengan berbagai aksesoris yang dapat menambah kesan estetik. Gaya berpakaian ini dapat digunakan jika kalian ingin berpakaian yang mudah namun tetap terlihat keren dimata banyak orang.

Dengan mudahnya akses media sosial sekarang, kalian dapat melihat berbagai inspirasi outfit gaya berpakaian bloke core ini. Apakah kalian tertarik mencoba tren bloke core ini?

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan dikatakan sebagai kegiatan memberikan asupan makanan dari bangun pagi sampai pukul 9 pagi untuk kebutuhan di dalam badan kita. Dengan sarapan maka gizi akan terpenuhi dan stamina tubuh akan meningkat. Namun, hal tersebut masih dianggap remeh oleh masyarakat. Meninggalkan sarapan akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan kamu loh. Perlu diketahui bahwa sarapan menjadi kunci utama setiap orang untk memulai aktivitasnya.

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

POJOKNULIS.COM- Sarapan dikatakan sebagai kegiatan memberikan asupan makanan dari bangun pagi sampai pukul 9 pagi untuk kebutuhan di dalam badan kita.

Dengan sarapan maka gizi akan terpenuhi dan stamina tubuh akan meningkat. Namun, hal tersebut masih dianggap remeh oleh masyarakat.

Masyarakat cenderung lebih sering menggabungkan antara waktu sarapan dengan waktu makan siang. Padahal sarapan di pagi hari sangat penting bagi tubuh.

Meninggalkan sarapan akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan kamu loh. Perlu diketahui bahwa sarapan menjadi kunci utama setiap orang untk memulai aktivitasnya.

Pada malam hari saat kondisi tidur badan mulai membutuhkan energi yang lebih, karena sudah terbuang saat beraktivitas seharian penuh.

Di paginya saat bangun perut akan terasa kosong, nah waktu tersebutlah waktu yang cocok untuk mengisi energi kembali.

Membiasakan diri untuk sarapan memanglah sulit. Karena di lingkungan ini masih susah untuk melakukan sarapan di pagi hari. Meskipun begitu, sarapan pagi perlu untuk diterapkan demi menjaga gizi yang seimbang.

Memberikan energi yang seimbang akan membuat organ tubuh bekerja dengan baik. Tanpa itu semua maka akan sangat membahayakan tubuh sehingga tidak jarang mengakibatkan pingsan.

Aktivitas yang berat jika tidak diberikan suplai energi yang optimal akan sangat berakibat fatal. Berbagai macam penyakit yang berasal dari dalam perut akan bermunculan, meskipun dalam jangka waktu yang panjang terasanya.

Karena itu sarapan menjadi hal yang penting dalam menjaga gizi yang seimbang. Dengan gizi yang seimbang maka segala aktivitas akan berjalan dengan semestinya.

Tidak jarang oarng yang selalu menerapkan sarapan pagi aktivitasnya tidak akan terganggu dan merasa nyaman setiap harinya. Namun, berbeda dengan orang selalu meninggalkan rutinitas tersebut, hari-harinya akan merasa malas dan mudah lelah.

Menurut para ahli dan beberapa pakar kesehatan juga sudah memberitahukan bahwa sarapan itu penting untuk mengawali setiap pagi harinya. Manfaat yang di dapatkan dari sarapan akan berpengaruh besar pada aktivitas keseharianmu.

Sarapan yang baik terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, buah dan minuman. Mengkonsumsi itu dapat membuat perut kamu yang kosong akan meminimalisisr terjangkitnya penyakit maupun virus.

Manfaat dari sarapan ini mampu menjaga aktivitas kamu semakin produktif setiap harinya. Menghindari jajan yang sembarangan, karena perut sudah kenyang terisi dengan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

Kebiasaan tersebut sangat penting untuk dilakukan oleh para pelajar maupun yang berkecimung dengan seputar kependidikan. Karena membutuhkan konsentrasi yang penuh, sehingga otak akan bekerja dengan baik.

Manfaat lainnya seperti menjaga mood kamu sepanjang beraktivitas. Memberikan energi yang lebih pada tubuh, apalagi bagi kamu yang sangat padat ketika menjalani aktivitas setiap harinya. Penting untuk membiasakan sarapan pagi sebelum melakukan kegiatan yang sangat menguras tenaga.

Tidak jarang juga orang yang sering melewatkan waktu untuk sarapan akan merasakan efek negatifnya. Seperti halnya sakit pada perut atau biasa orang kenal dengan sakit maag. Hal itu disebabkan karena lambung yang terlalu kosong sehingga menimbulkan rasa perih dan mengakibatkan sakit itu sendiri.

Ketika kamu sering melewatkan untuk sarapan pagi, biasanya akan cenderung beralih ke makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Dengan begitu maka akan mengakibatkan sakit diabetes jika diteruskan.

Sudah jelas betapa pentingnya membiasakan sarapan di pagi hari. Manfaatnya banyak bagi tubuh kamu sobat. Jangan meremehkan hal terkecil dalam hidup kamu sebelum berakibat buruk. Maka tidak heran juga ketika orang tua sobat sering mengingatkan untuk sarapan. Demi menjaga kesehatan sehingga aktivitas tidak akan terganggu.

Semangat beraktivitas sobat. Jangan lupa untk selalu sarapan di pagi hari.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

6 Tips Bermanfaat: Cara Memberikan Kritik yang Membangun

Pernahkah Anda memberikan saran yang kemudian diabaikan? Pernahkah Anda memberikan kritik yang tidak diterima dengan baik? Pernakah Anda ingin memberikan kritik yang membangun terhadap sesuatu, tetapi Anda enggan melakukannya karena Anda tidak tahu cara menyampaikan ide Anda? Berikut ini adalah enam tips memberikan kritikan yang membangun untuk orang lain tanpa menyinggung siapa pun. Cocok untuk Anda yang tidak tahu cara menyampaikan kritik agar tidak melukai perasaan lawan bicara.

6 Tips Bermanfaat: Cara Memberikan Kritik yang Membangun

POJOKNULIS.COM - Pernahkah Anda memberikan saran yang kemudian diabaikan? Pernahkah Anda memberikan kritik yang tidak diterima dengan baik?

Pernakah Anda ingin memberikan kritik yang membangun terhadap sesuatu, tetapi Anda enggan melakukannya karena Anda tidak tahu cara menyampaikan ide Anda?

Artikel ini akan memuat tentang bagaimana memberikan kritik yang dapat membangun kepada seseorang, baik di lingkungan kerja maupun dalam hubungan, berbagi dan menerima umpan balik adalah bagian yak tidak terpisahkan dari perbaikan.

Jika Anda mempunyai gagasan atau kritikan tentang bagaimana seseorang dapat berkembang, jangan menahan kritikan Anda! Sebaliknya, sampaikan kritik Anda secara membangun untuk hal yang lebih baik kepada orang tersebut.

Tentu saja, peka terhadap perasaan orang lain dan memerikan masukan ketika Anda merasa orang lain siap menerimanya. Jika tidak, Anda mungkin akan terkesan memaksakan pandangan Anda kepada orang lain, terutama ketika Anda berulang kali memberi tahu orang lain apa yang harus dilakukan tanpa mereka meminta pendapat Anda.

Berikut ini adalah enam tips memberikan kritikan yang membangun untuk orang lain tanpa menyinggung siapa pun:

1. Gunakan Feedback Sandwich

Metode feedback sandwich merupakan metode populer dalam memberikan kritik yang membangun. Metode ini sering digunakan di Toastmasters dan di lingkungan perusahaan.

Metode feedback sandwich sering disebut sebagai PIP yang merupakan singkatan dari Positive-Improvement-Positive. Dengan Positive-Improvement-Positive, masukan atau kritikan yang ingin Anda sampaikan dibagi menjadi tiga segmen:

  • Anda memulai dengan berfokus pada kekuatan (Apa yang Anda sukai dari hal tersebut)
  • Kemudian Anda memberikan kritik (Hal-hal yang tidak Anda sukai, bidang-bidang yang perlu ditingkatkan, dan lain sebagainya)
  • Terakhir, Anda dapat melengkapi masukan tersebut dengan pengulangan komentar positif yang Anda berikan di awal dan hasil positif yang dapat diharapkan jika kritik terebut ditindaklanjuti.

Metode ini paling tepat digunakan ketika Anda sedang memberikan kritik kepada orang yang tidak dikenal atau tidak Anda kenal dengan baik. Jika tidak, Anda mungkin terlihat sangat agresif dan kasar apabila Anda langsung melontarkan kritikan tersebut.

Hal ini terutama berlaku dalam budaya Asia. Namun seiring berjalannya waktu, Anda bisa langsung menyampaikan kritik jika Anda sudah menjalin hubungan baik dengan penerima dan ia telah memahami cara berpikir Anda.

2. Berikan Kritikan Anda secara Spesifik

Tips selanjutnya dalam memberikan kritik yang membangun adalah dengan menjelaskan secara spesifik. Semakin spesifik seseorang ketika memberikan masukan maka semakin mudah baginya untuk menindaklanjutinya.

Ketika Anda memberikan kritikan yang spesifik, Anda harus lebih fokus pada poin objektif daripada opini subjektif. Anda juga dapat membagi masukan Anda menjadi poin-poin penting dan memberikan contoh spesifik dari setiap poin.

Kritikan yang lebih spesifik dapat membantu untuk memahami kebutuhan pengguna dengan lebih mudah sehingga lebih memudahkan untuk melayani permintaannya. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda, Anda dapat melakukannya dengan cara yang lebih tepat sasaran dan berikan masukan yang lebih jelas agar kritikan Anda dapat ditindaklanjuti.

3. Fokus pada Situasinya, Bukan pada Orangnya

Kritik yang membangun berfokus pada situasi, bukan pada orangnya. Anda harus mengkritisi masalah yang terjadi dan jangan melakukan serangan pribadi.

Anda dapat menggunakan kalimat yang lebih halus dengan kalimat pasif dibandingkan dengan menggunakan kalimat aktif. Daripada terus-terusan membicarakan betapa buruknya hal tersebut, Anda dapat ceritakan bagaimana hal tersebut bisa memengaruhi Anda.

4.Memberikan Rekomendasi Bagaimana Cara Meningkatkannya

Ketika semua kritik sudah dikatakan, Anda juga dapat memberikan rekomendasi tentang apa yang dapat dilakukan orang tersebut untuk memperbaiki dan menindaklanjuti.

Pertama, rekomendasi Anda akan mengikat kritik Anda dengan baik karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda yang artinya setiap kritik dapat dimaknai dengan cara yang berbeda-beda. Rekomendasi yang Anda berikan akan memberi orang tersebut gambaran yang jelas tentang apa yang ada.

Kedua, rekomendasi tersebut memberikan ajakan bertindak yang kuat. Anda ingin orang tersebut bertindak berdasarkan apa yang telah Anda bagikan, bukan menunda-nunda.

Dengan rekomendasi tersebut, Anda dapat memberikan saran secara spesifikdan dapat menjelaskan secara singkat mengenai alasan di balik rekomendasi tersebut.

5. Jangan Berasumsi

Tips selanjutnya dalam memberikan kritik yang membangun adalah dengan tidak membuat asumsi. Saat memberikan kritik, lakukan sesuai dengan apa yang Anda ketahui sebagai fakta tentang orang dan subjeknya.

Tidak perlu membuat asumsi apa pun. Hal ini tidak hanya membuat orang tersebut terlihat buruk, tetapi juga membuat Anda salah.

6. Mengomentari Hal-hal yang dapat Ditindaklanjuti

Inti dari memberikan umpan balik adalah untuk membantu orang tersebut berkembang. Oleh karena itu, fokuslah pada hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tersebut daripada hal-hal yang berada di luar kendalinya.

Mengkritik orang saat pertama kali dapat menjadikan kritikan Anda sebagai motivasi untuk membangun. Namun, semakin banyaknya kritikan yang diberikan hanya akan membuat orang tersebut merasa tidak enak karena dia tidak dapat berbuat apa-apa meskipun dia menginginkannya. Anda dapat mengomentari hal terakhir jika hal tersebut penting, tetapi pastikan untuk mengembalikan fokus pada hal-hal yang dapat dia kendalikan.

Mengetahui apa yang bisa ditindaklanjuti dan tidak bisa ditindaklanjuti mengharuskan Anda berempati. Pahami situasi dan tujuan dari orang tersebut, lalu berikan kritik Anda berdasarkan hal tersebut.

Semoga tips dan trik ini dapat membantu Anda dalam memberikan kritik yang membangun kepada orang lain sehingga mereka bisa menjadi orang yang lebih baik karenanya. Berikan masukan secara bijaksana pada saat yang paling penting dan hanya pada saat yang diperlukan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories