Tips Berkendara dengan Sepeda Motor saat Hujan Deras

Sekarang ini sering hujan di sore hari hampir menyeluruh dengan diikuti angin yang lumayan besar. Kuantitas air yang ada di Indonesia cukup naik, karena diguyur hujan setiap harinya. Sebagai pengendara sepeda motor tidak heran jika mereka selalu merasakan ribet saat hujan turun. Karena harus melindungi dirinya dari air hujan supaya tidak basah kuyup. Hal itu dapat diatasi dengan beberapa tips berkendara saat hujan deras yang ada di bawah ini.

Tips Berkendara dengan Sepeda Motor saat Hujan Deras

POJOKNULIS.COM - Sekarang ini sering hujan di sore hari hampir menyeluruh di wilayah Indonesia. Bahkan diikuti angin yang lumayan besar. Kuantitas air yang ada di Indonesia cukup naik, karena diguyur hujan setiap harinya.

Sebagai pengendara sepeda motor tidak heran jika mereka selalu merasakan ribet saat hujan turun. Karena harus melindungi dirinya dari air hujan supaya tidak basah kuyup.

Hal itu dapat diatasi dengan beberapa tips berkendara saat hujan deras yang ada di bawah ini.

1. Kurangi Kecepatan

Tidak bisa dipungkiri kalau berkendara saat hujan rasanya ingin cepat sampai ke tujuan untuk bergegas ganti pakaian yang basah gara-gara kena air hujan. Namun hal itu tidak diperbolehkan karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain.

Mengurangi kecepatan saat berkendara dapat menjaga keselamatan kamu ketika hujan deras. Jalanan yang licin akibat di guru air hujan rawan terjadinya kecelakaan akibat roda ban yang ada pada motor tergelincir karena terlalu licin jalanan.

2. Menghindari Genangan Air

Jalanan yang diguyur air hujan mambuat beberapa genangan di jalan. Tidak sedikit banyak orang yang tertipu dengan jalanan yang rusak itu. Sehingga dapat menyebabkan terjatuh karena kaget dikejutkan dengan genangan air yang secara mendadak.

Oleh sebab itu, disarankan untuk selalu hati-hati saat berkendara. Membawa motor dengan kecepatan yang sedang saja ketika hujan deras melanda. Serta menghindari genangan air yang berpotensi menyebabkan kecelakaan secara pribadi.

3. Menjaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Saat hujan deras banyak motor yang ingin menguasai jalanannya untuk sendiri. Dengan begitu pengguna motor lainnya akan merasakan susah untuk mengendarai motornya. Banyak juga orang yang sedang berkendara mengerem secara mendadak. Hal itu mampu membuat pengguna motor lainnya akan melakukan hal yang sama.

Sehingga untuk meminimalisir terjadinya kejadian yang seperti itu disarankan untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Memakai Jas Hujan

Hujan membuat orang selalu melapisi pakaiannya dengan jas hujan, khususnya pengguna kendaraan bermotor. Air hujan yang turun dengan derasnya mampu membuat baju yang kamu kenakan menjadi basah. Oleh karena itu, penting membawa jas hujan setiap harinya, karena dapat melindungimu dan barang-barang yang dibawa dari tetesan air hujan.

5. Menggunakan Sandal Jepit

Ketika hujan turun orang-orang lebih memilih untuk memakai sandal jepit. Dengan begitu sepatu yang dikenakan tidak akan basah saat hujan turun. Sepatu yang dikenakan bisa dimasukkan ke dalam bawah jok motor. Sandal jepit mampu membantu kamu saat hujan turun dengan derasnya, sebab itu selalu membawa sandal kemanapun kamu pergi jika cuaca sedang berubah-ubah tidak menentu.

Hujan memang susah untuk diprediksi secara menyeluruh. Terkadang sudah diprediksi oleh BMKG namun ada yang tidak sesuai dengan prediksi tersebut.

Hal itu dapat membuat orang-orang merasa gugup saat hujan turun, apalagi bagi pengendara motor. Mereka harus siap siaga meskipun cuaca sedang cerah, akan tetapi tidak menjamin hujan tidak akan turun saat itu juga.

Sebagai pengendara motor yang baik maka akan memperhatikan segala sesuatunya untuk keselamatan pribadi dan orang lain. Demi menjaga keselamatan bersama harus memiliki rasa saling menghargai satu sama lain.

Itulah tadi beberapa tips untuk berkendara saat hujan deras dan terhindar dari tetesan air hujan. Semoga dapat membantu kamu para pengguna jalan khususnya

kendaraan bermotor. Tetap menjaga kesehatan dan keselamatan ketika berkendara di jalan yang ramai. Keep Strong!!!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Kegiatan yang Dapat Menghilangkan Rasa Bosan Ketika Terjebak Macet

Mudik menjadi hal lumrah bagi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Lebaran menjadi momen paling tepat untuk mudik. Saat lebaran tiba menjadi waktu tepat untuk mengunjungi sanak saudara yang berada jauh dari tempat tinggal.

Kegiatan yang Dapat Menghilangkan Rasa Bosan Ketika Terjebak Macet

POJOKNULIS.COM - Mudik menjadi hal lumrah bagi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Lebaran menjadi momen paling tepat untuk mudik. Saat lebaran tiba menjadi waktu tepat untuk mengunjungi sanak saudara yang berada jauh dari tempat tinggal.

Pada saat mudik ataupun balik, biasanya akan terjadi kemacetan panjang disetiap ruas jalan tol. Hal itu membuat kebanyakan orang akan merasa bosan dan suntuk didalam mobil. Kebosanan ini menjadi hal yang wajar bagi para pemudik, karena terjebak didalam kemacetan selama berjam-jam.

Nah, jika kalian mulai merasakan kebosanan saat mudik dan terkena macet yang cukup lama, kalian dapat melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini, supaya dapat menghilangkan rasa bosan yang melanda.

1. Bermain Game

Jika kalian terjebak kemacetan yang cukup panjang, hal yang paling mudah yang dapat kalian lakukan adalah bermain game. Dengan bermain game kalian dapat mengembalikan mood seketika. Datangnya rasa bosan dapat membuat mood kalian menjadi jelek, kalian dapat mengembalikannya dengan bermain game yang kalian sukai.

Kalian dapat bermain game di smartphone dengan gampang dan murah. Hanya bermodalkan gawai dan kuota internet kalian dapat menghilangkan rasa bosan dengan mudah. Kalian dapat memainkan game online seperti Mobile Legends, PUBG, ataupun Free Fire. Kalian juga dapat memainkan game offline, jika sedang mengirit kuota internet.

Namun perlu diingat, jika kalian sedang mengendarai kendaraan sangat tidak dianjurkan untuk bermain game. Sangat berbahaya jika kalian bermain saat dikondisi mengendarai kendaraan, karena akan membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu alternatif dalam menghilangkan rasa bosan, apalagi jika kalian menyukai dan hobi mendengarkan musik. Kalian dapat mendengarkan musik sambil berkaraoke didalam kendaraan yang sedang kalian gunakan.

Kalian dapat dengan bebas bernyanyi dengan keras dalam kendaraan pribadi yang sedang kalian gunakan, hal itu dapat meredakan stress dan bosan yang sedang kalian rasakan ketika terjebak macet. Mendengarkan lagu-lagu kesukaan kalian sangat disarankan untuk kalian yang sedang merasakan bosan didalam kendaraan saat terjebak macet.

Namun, kalian harus tetap waspada dan hati-hati. Jangan terlalu keasyikan mendengarkan musik dan bernyanyi-nyanyi, karena dapat membahayakan kalian dalam berkendara.

Sangat disarankan untuk kalian mendengarkan lagu-lagu yang membangkitkan semangat kalian. Jika kalian mendengarkan lagu-lagu yang sedih dan beralunan pelan dapat membuat kalian cepat mengantuk, dan itu dapat membahayakan kalian.

3. Menonton Film atau Series

Kegiatan lain yang dapat kalian lakukan ketika sedang bosan saat terjebak macet adalah menonton film. Dengan menonton film kalian dapat menghabiskan waktu tanpa kalian rasakan. Kalian dapat menonton dan menikmati film dalam handphone ataupun laptop yang kalian punya.

Kalian dapat menonton film yang kalian sukai, ataupun menonton film-film yang baru keluar di platform online. Sangat dianjurkan untuk menonton film atau series dengan genre yang kalian sukai. Genre-genre film pada masa sekarang sangat variatif, dengan begitu kalian tidak perlu khawatir kebingungan memilih film atau series yang akan kalian tonton dan nikmati ketika terjebak macet saat mudik.

Nah, itu adalah beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan ketika merasa bosan saat terjebak macet pada saat mudik. Kalian dapat melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dalam kendaraan yang sedang kalian gunakan.

Namun perlu diingat, kalian harus tetap waspada dan berhati-hati saat mengendarai kendaraan. Sangat mungkin jika kalian akan membahayakan diri kalian dan orang lain saat terlalu menikmati kegiatan-kegiatan tersebut.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

5 Cara agar Tubuh kembali Sehat setelah Lebaran

Kurang lebih kita sudah satu minggu pasca Hari Raya Idulfitri, tetapi entah kenapa suguhan hari raya tersebut tiada habisnya. Hampir semua orang menikmati kue-kue kering yang disajikan khas di Hari Raya Idul Fitri. untuk kembali ke produktivitas masing-masing adalah kunci untuk memastikan Anda menjalani hari yang sehat dan penuh energi. Berikut ini adalah 5 hal yang perlu difokuskan untuk tubuh agar kembali sehat setelah hari raya Idui Fitri

5 Cara agar Tubuh kembali Sehat setelah Lebaran

POJOKNULIS.COM - Kurang lebih kita sudah satu minggu pasca Hari Raya Idulfitri, tetapi entah kenapa suguhan hari raya tersebut tiada habisnya. Hampir semua orang menikmati kue-kue kering yang disajikan khas di Hari Raya Idul Fitri.

Kebanyakan orang ada yang membuat atau memanggangnya sendiri dan kemudian memberikan camilan dari teman dan keluarga.

Saat kita memasuki waktu akhir liburan pasca Hari Raya Idul Fitri, menghabiskan beberapa minggu ke depan untuk kembali ke produktivitas masing-masing adalah kunci untuk memastikan Anda menjalani hari yang sehat dan penuh energi. Jika tidak, Anda akan terjebak dalam kebiasaan tidak sehat dan sulit membangun rutinitas yang sehat.

Berikut ini adalah 5 hal yang perlu difokuskan untuk tubuh agar kembali sehat setelah hari raya Idui Fitri:

1. Jaga Nafsu Makan Anda

Saat Hari Raya Idulfitri, ada banyak sekali makanan yang dihidangkan dan tentu saja semakin menambah nafsu makan kita. Terlebih lagi setelah kita berpuasa selama satu bulan lamanya, diri ini pasti sangat tergiur untuk mencoba seluruh variasi makanan yang disediakan.

Akan tetapi, makan makanan yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ditambah lagi jika banyaknya asupan makanan berlemak yang mengandung minyak dan santan seperti pada olahan rendang dan opor ayam yang menjadi makanan khas Lebaran ini.

Oleh karena itu, Anda perlu mengontrol dan menjaga nafsu makan Anda agar tidak makan secara berlebihan. Makanlah seperlunya sesuai kondisi dan keadaan tubuh Anda secara cukup maka Anda dapat memiliki tubuh yang sehat pasca Hari Raya Idulfitri.

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Kebanyakan orang tidak makan cukup sayuran dan buah-buahan dalam sehari. Terlepas dari diet apa yang Anda ikuti, Anda tetap membutuhkan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

Setelah kurang lebih seminggu kelebihan gula, tubuh Anda pasti membutuhkan nutrisi dari sayur maupun buah. Selain untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi sayuran dan buah juga dapat melancarkan pencernaan Anda.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Setelah selama sebulan telah berpuasa, tubuh Anda justru belum terbiasa meraih air. Namun, Anda mungkin tidak lagi minum banyak air saat fajar dan maghrib seperti saat Ramadan. Jadi, penting untuk diingat agar selalu minum air sepanjang hari.

Bawalah sebotol air bersama Anda dan usahakan untuk menghabiskan setidaknya satu botol sebelum tengah hari. Dengan perbanyak minum air putih, tubuh tidak akan dehidrasi dan cairan dalam tubuh tercukupi.

4. Jadwalkan Waktu Olahraga

Jika Anda aktif selama bulan Ramadhan, Anda mungkin telah menjadwalkan waktu olahraga yang sesuai dengan jadwal puasa Anda. Sekarang, penting untuk memikirkan jadwal baru Anda untuk bulan-bulan musim panas mendatang.

Untuk berolahraga secara konsisten, penting untuk memprioritaskan kebugaran Anda. Jadwalkan waktu latihan minimal 3-4 kali seminggu agar tubuh Anda tetap bugar pasca Lebaran.

5. Aktif Setiap Hari

Selain latihan terstruktur 3 kali seminggu, sangat penting untuk tetap aktif setiap hari. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri, menjaga tingkat energi, dan juga memberikan manfaat kesehatan mental yang positif.

Penting juga untuk menemukan sesuatu yang Anda sukai. Baik itu berjalan-jalan, bersepeda, atau sekadar bermain dengan anak Anda sehingga Anda dapat aktif berkegiatan dengan menyenangkan.

Itulah 5 tips atau cara yang efektif agar membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar kembali setelah Hari Raya Idulfitri. Perlu diingat bahwa Anda harus melakukan gara-gara di atas secara konsisten agar hasilnya dapat terasa nyata bagi diri Anda. Semoga berhasil.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

5 Tips Efektif Kembali Produktif setelah Libur Lebaran

Setelah menikmati liburan, seringkali kita kesulitan untuk kembali ke rutinitas produktif seperti biasanya. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu diri Anda beradaptasi kembali ke aktivitas produktif setelah liburan menyenangkan. Simak dalam artikel berikut.

5 Tips Efektif Kembali Produktif setelah Libur Lebaran

POJOKNULIS.COM - Libur lebaran tentunya menjadi momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang. Saatnya berkumpul bersama keluarga, merayakan kebahagiaan, hingga menikmati makanan lezat.

Namun, setelah menikmati liburan, seringkali kita kesulitan untuk kembali ke rutinitas produktif seperti biasanya. Hal tersebut sangatlah wajar karena kita sudah terbiasa dengan suasana liburan yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari.

Bisa dibilang hampir semua dari kita mengalami kesulitan setelah libur panjang, dan karena kita menjalani libur panjang Idul Fitri, hari ini kita yakin sebagian besar orang sedang mencoba untuk memproses bagaimana mereka kembali beraktivitas dengan produktif. Salah satu hal yang membuat sulit untuk kembali bekerja adalah adanya klien atau manajer yang meminta tugas harus segera diselesaikan.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu diri Anda beradaptasi kembali ke aktivitas produktif setelah liburan menyenangkan. Simak dalam artikel berikut.

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Setelah liburan yang dalam waktu yang cukup lama, sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas demi mencapai apa yang Anda inginkan. Anda dapat menuliskan tujuan-tujuan tersebut dan buatlah rencana untuk mencapainya.

Dengan memiliki tujuan yang spesifik, Anda akan lebih termotivasi untuk kembali beraksi dan beraktivitas melakukan rutinitas harian yang biasa Anda lakukan dengan semangat.

2. Tetapkan Prioritas

Saat memulai kembali kegiatan harian Anda yang produktif, sangat penting juga untuk menetapkan skala prioritas dalam hidup Anda. Anda dapat mengidentifikasi hal atau tugas yang paling penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu.

Fokuskan pada tugas-tugas yang memberikan dampak terbesar terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke tugas lainnya. Dengan demikian, Anda dapat bekerja secara efektif dan efisien tanpa mengeluarkan waktu yang sia-sia.

3. Mulai dengan Tugas Ringan

Pada hari pertama setelah liburan, Anda mungkin akan mendapat banyak tugas pada kerjaan Anda. Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan hal tersebut karena ini akan berdampak buruk pada produktivitas Anda.

Untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam diri Anda, mulailah dengan menyelesaikan tugas kecil dan mudah terlebih dahulu. Hal tersebut akan membantu membangun momentum dan meningkatkan kepercayaan diri ketika melangkah ke tugas yang lebih besar dan lebih menuntut.

4. Terapkan Hidup yang Seimbang

Setelah liburan panjang, tubuh dan pikiran Anda akan memerlukan waktu untuk beradaptasi kembali dengan rutinitas kerja atau aktivitas harian Anda. Sangat penting untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri.

Pastikan untuk memberikan waktu istirahat yang cukup di antara sesi kerja untuk menjaga keseimbangan dan mencegah kelelahan. Dengan demikian, Anda dapat memiliki kehidupan yang lebih seimbang antara waktu kerja dan istirahat.

5. Jaga Semangat Anda

Meskipun liburan telah usai, semangat yang ada dalam diri Anda haruslah tetap tinggi. Jadikan perjalanan produktif ini sebagai motivasi untuk terus maju.

Jangan biarkan hambatan kecil menghalangi kegiatan atau pekerjaan Anda. Tetaplah fokus pada tujuan Anda dan yakinlah bahwa Anda bisa mencapainya.

Kembali produktif dengan mengerjakan tugas, kegiatan, atau rutinitas harian Anda setelah liburan mungkin memerlukan sedikit waktu dan usaha yang ekstra. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tetap konsisten, Anda akan segera kembali ke jalur produktif dan membawa hal yang positif bagi diri Anda.

Sambut kembali aktivitas produktif Anda dengan semangat yang tinggi dan teruslah berjuang untuk mencapai yang terbaik. Perlu diingat juga bahwa Anda harus menjaga kesehatan Anda, agar Anda dapat beraktivitas secara optimal dan tidak mudah lelah.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Ini Beberapa Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

Nasi merupakan sumber kabohidrat yang menjadi makanan pokok hampir semua masyarakat di Indonesia. Walaupun nasi masih menjadi pilihan utama masyarakat kita, bukan berarti sumber karbohidrat hanya berasal dari nasi saja. Menurut penelitian, nasi putih juga disebut-sebut dapat beresiko pada kesehatan. Secara umum, tubuh kita sebaiknya mendapatkan sekitar 45-65% kalori dari karbohidrat, 10-35% dari protein, serta 20-35% dari lemak. Kelebihan kadar karbohidrat dapat menimbulkan beberapa penyakit karena beberapa sumber karbohidrat diolah oleh tubuh kita menjadi glukosa.

Ini Beberapa Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi

POJOKNULIS.COM - Nasi merupakan sumber kabohidrat yang menjadi makanan pokok hampir semua masyarakat di Indonesia.

Walaupun nasi masih menjadi pilihan utama masyarakat kita, bukan berarti sumber karbohidrat hanya berasal dari nasi saja. Menurut penelitian, nasi putih juga disebut-sebut dapat beresiko pada kesehatan.

Secara umum, tubuh kita sebaiknya mendapatkan sekitar 45-65% kalori dari karbohidrat, 10-35% dari protein, serta 20-35% dari lemak.

Kelebihan kadar karbohidrat dapat menimbulkan beberapa penyakit karena beberapa sumber karbohidrat diolah oleh tubuh kita menjadi glukosa.

Untuk menghindari resiko tersebut, berikut ini beberapa alternatif pengganti karbohidrat selain nasi.

1. Ubi

Ubi merupakan salah satu makanan yang pernah menjadi makanan pokok di Indonesia dan masih menjadi makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada ubi, cukup untuk membantu kita menjalani kegiatan kita sehari-hari.

Selain karbohidrat, ubi juga mengandung berbagai macam antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram ubi, terkandung sekitar 20,1 gram karbohidrat, 1,6 gram protein, 1,7 gram serat, 0,1 gram lemak, serta bermacam-macam kandungan lainnya.

2. Kentang

Kentang juga bisa menjadi makanan pokok pengganti nasi. Di negara Barat, kentang menjadi salah satu makanan pokok mereka. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa masyarakat yang mengonsumsi kentang sebagai makanan pokoknya.

Dalam 100 gram kentang, mengandung 19,1 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0,1 gram lemak, dan berbagai macam kandungan-kandungan lain.

3. Jagung


Jagung merupakan tumbuhan yang tumbuh sangat banyak di Indonesia. Selain diolah menjadi nasi jagung, tumbuhan ini juga sering diolah menjadi makanan penutup atau makanan ringan, seperti jagung susu keju dan bakwan jagung.

Dalam 100 gram jagung mentah, mengandung 31,5 gram karbohidrat, 5,1 gram protein, 0,7 gram lemak, 1,3 gram serat, sekitar 80-100 kalori, dan berbagai kandungan lainnya.

4. Kacang Merah

Selain makanan tadi, kacang merah juga bisa menjadi salah satu makanan sumber karbohidrat pengganti nasi. Dibanding makanan-makanan tadi, kandungan karbohidrat pada kacang merah cenderung lebih tinggi.

Dalam 100 gram kacang merah, mengandung 61,29 gram karbohidrat, 22,53 gram protein, 1,06 gram lemak, 15,2 gram serat, dan 337 kalori.

5. Kacang Polong

Selain kacang merah, kacang polong juga bisa menjadi pilihan kalian untuk makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Namun, kandungan karbohidrat dalam kacang polong memang tidak terlalu tinggi.

Dalam 100 gram kacang polong, mengandung 7,55 gram karbohidrat, 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, serta 42 kalori.

6. Sereal

Sereal juga menjadi salah satu makanan yang menjadi sarapan orang-orang Barat. Kemudahan dalam mengolahnya, menjadi salah satu faktor kenapa makanan ini sering menjadi sarapan mereka.

Dalam 100 gram sereal, mengandung 83,02 gram karbohidrat, 7,24 gram protein, 3,38 gram lemak, dan 376 kalori.

7. Quinoa

Quinoa merupakan makanan yang mungkin jarang kita dengar. Namun, makanan ini bisa menjadi salah satu makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh.

Dalam 100 gram quinoa, mengandung 21,3 gram karbohidrat, 4,4 gram protein, 1,9 gram lemak, 2,8 gram serat, dan 120 kalori.

Itu tadi beberapa makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Makanan-makanan tadi bisa menjadi pilihan kalian terutama bagi kalian yang tidak bisa makan nasi.

Terdapat beberapa kasus dimana tubuh kita tidak bisa untuk menerima asupan nasi sehingga menimbulkan tubuh kita kekurangan kandungan karbohirat untuk menjalankan pekerjaan sehari-hari.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Inilah Pertanda Tubuh Anda Sehat Saat Bangun Tidur

Kondisi tubuh yang sehat dapat dilihat ketika Anda bangun tidur. Bangun tidur dapat menjadi momen penting di mana tubuh Anda memberikan sinyal tentang kesehatan. Berbagai macam tanda pada tubuh saat bangun tidur dapat memberikan petunjuk terkait kondisi kesehatan Anda. Dengan Anda memahami kondisi tubuh saat bangun tidur, Anda dapat menjaga tubuh supaya tetap sehat.

Inilah Pertanda Tubuh Anda Sehat Saat Bangun Tidur

POJOKNULIS.COM - Bangun tidur dapat menjadi momen penting di mana tubuh Anda memberikan sinyal tentang kesehatan. Berbagai macam tanda pada tubuh saat bangun tidur dapat memberikan petunjuk terkait kondisi kesehatan Anda.

Mengetahui kondisi kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda, simaklah pertanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda sehat saat bangun tidur.

1. Kerak pada Mata

Ketika bangun tidur, terkadang terdapat kotoran atau kerak pada mata Anda. Hal ini adalah pertanda bahwa Anda memiliki pola tidur yang sehat atau normal.

Kerak pada mata terjadi ketika mata menghasilkan sedikit liur saat tidur yang dapat menyebabkan kotoran dan debu di sekitar mata. Meskipun kerak pada mata adalah hal yang umum, namun apabila kerak disertai dengan gejala nyeri atau kemerahan, penting untuk segera berkonsultasi.

2. Feses Berukuran Lebih Besar

Feses yang lebih besar dari biasanya saat bangun tidur bisa menjadi tanda bahwa pencernaan Anda berjalan dengan lancar. Ketika tidur, tubuh Anda tetap bekerja untuk mencerna makanan yang telah Anda konsumsi sepanjang hari.

Jadi, jika Anda mengalami buang air besar yang lebih besar dari biasanya, itu bisa menjadi indikasi bahwa sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik dan mampu mengeluarkan sisa-sisa makanan dengan efisien.

3. Urine Berwarna Gelap

Kondisi tubuh Anda yang sehat dapat tercermin pada warna urine Anda. Urine yang berwarna gelap atau pekat merupakan pertanda tubuh Anda mengalami dehidrasi.

Jika Anda mengeluarkan urine berwarna gelap saat bangun tidur itu merupakan hal yang wajar. Karena pada saat tidur tubuh akan melepaskan hormon untuk mengistirahatkan kinerja ginjal.

Urine yang gelap berarti ginjal memiliki waktu istirahat yang cukup. Setelah bangun tidur, Anda perlu mengonsumsi air putih yang cukup agar Anda terhidrasi dan ginjal tetap sehat.

4. Kentut

Walaupun kedengarannya tidak enak, namun kentut dapat menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik. Kentut di pagi hari merupakan pertanda Anda telah mengonsumsi buah dan sayuran dengan cukup.

Oleh karena itu, jika Anda sering kentut saat bangun tidur, Anda tidak perlu khawatir. Namun, apabila kentut disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut dan gangguan pencernaan lainnya, sebaiknya periksalah ke tenaga medis.

5. Bersendawa

Hampir sama seperti kentut, bersendawa juga merupakan pertanda bahwa sistem pencernaaan berfungsi dengan baik. Dengan kentut dan bersendawa tubuh akan dapat mengeluarkan gas yang terjebak di perut

6. Bau Mulut

Saat bangun tidur, mulut Anda biasanya akan mngeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini merupakan umum dijumpai ketika seseorang bangun tidur.

Hal ini diakibatkan karena saat tertidur, produksi air liur Anda mengalami pengurangan. Air liur berfungsi membersihkan bakteri di mulut.

Dengan berkurangnya produksi air liur, maka bakteri akan menumpuk yang menyebabkan bau yang tidak sedap pada mulut Anda. Oleh karena itu, agar mengurangi bau mulut sebaiknya Anda menggosok gigi secara teratur dan menggunakan obat kumur.

Tanda-tanda di atas adalah tanda-tanda umum tubuh Anda sehat saat bangun tidur. Namun, Anda perlu mengingat, bahwa setiap tubuh manusia memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika bangun tidur.

Apabila Anda mengalami gejala atau gangguan yang mengkhawatirkan, segera berkonsultasilah dengan tenaga medis. Dengan Anda memahami tanda-tanda tersebut, Anda akan dapat memahami kondisi tubuh Anda dan menerapkan langkah-langkah sehat untuk merawat tubuh.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories