6 Langkah Menjaga Kesehatan Mental

Saat Anda ingin meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, Anda tidak bisa hanya dengan meningkatkan kesehatan fisik. Anda juga harus berfokus pada kesehatan mental yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Kesehatan mental merupakan hal penting dalam kehidupan. Kesehatan ini dapat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Berikut adalah beberapa langkah agar Anda dapat menjaga kesehatan mental Anda.

6 Langkah Menjaga Kesehatan Mental

POJOKNULIS.COM - Saat Anda ingin meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, Anda tidak bisa hanya dengan meningkatkan kesehatan fisik. Anda juga harus berfokus pada kesehatan mental yang memiliki peran penting dalam kehidupan.

Kesehatan mental sendiri menjadi kemampuan diri Anda dalam mengelola perasaan serta menghadapi kesulitan yang dihadapi sehari-hari.

Kesehatan mental juga penting untuk Anda agar hidup Anda menjadi lebih tertata dan tidak mempengaruhi hari-hari Anda kedepannya kea rah yang kurang baik.

Banyak langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kesehatan mental Anda. Dengan melakukan langkah-langkah yang disebutkan, Anda akan merasakan dampak positif yang luar biasa seperti ketahanan tubuh yang lebih baik, suasana hati yang lebih baik, serta membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa cara atau langkah-langkah agar meningkatkan kesehatan mental Anda.

1. Olahraga

Olahraga akan membuat tubuh Anda melepaskan endorfin yang menyingkirkan stres serta meningkatkan suasana hati Anda sebelum serta setelah berolahraga. Karena, olahraga dapat mengobati stres, kecemasan, serta depresi Anda yang cukup ampuh.

Banyak cara-cara sederhana dalam melakukan olahraga, seperti naik turun tangga, ataupun jalan kaki ke tempat terdekat. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda dapat melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, ataupun melakukan aktivitas di luar ruangan.

2. Katakan Hal Positif kepada Diri Anda

Dengan melakukan ini, Anda dapat berpikir bahwa Anda memiliki diri yang kuat. Jika Anda memandang diri Anda negatif, akan membuat tubuh merasakan efek negatif juga maupun sebaliknya.

3. Tulislah Hal-Hal yang Dapat Anda Syukuri

Dengan Anda bersyukur, dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan, kesehatan mental, juga kebahagiaan Anda. Cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah membuat jurnal serta menuliskan hal-hal yang dapat disyukuri di setiap harinya.

Anda juga dapat merenung dengan rasa terima kasih, namun harus dilatih secara teratur agar mendapatkan manfaat dalam jangka panjang.

4. Fokus pada Satu Hal di Satu Waktu

Dengan Anda fokus pada satu hal, akan dapat melepaskan emosi negatif atau sulit yang membebani Anda tentang masa lalu. Anda dapat memulai dari hal-hal yang sederhana yaitu mandi, makan siang, ataupun berjalan pulang.

Kemudian, berilah perhatian pada saraf Anda seperti sensasi fisik, bau, suara, ataupun rasa agar membantu Anda untuk fokus. Jika Anda mengalami pikiran yang melayang atau overthinking, bawalah diri Anda kembali pada hal yang akan Anda lakukan.

5. Makanlah Makanan yang Enak

Tubuh Anda tentunya memerlukan makanan yang lezat serta sehat agar menyehatkan otak. Karbohidrat dalam jumlah sedang dapat meningkatkan serotonin, yaitu bahan kimia yang memiliki efek untuk menenangkan suasana hati juga protein yang membuat Anda agar lebih waspada.

Sayuran serta buah-buahan dipenuhi dengan makanan yang memiliki nutrisi untuk sel tubuh, serta akan membuat bahan kimia otak yang dapat mengatur suasana hati. Anda juga dapat menambahkan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 seperti kacang-kacangan.

6. Terbukalah kepada Seseorang yang Anda Percaya

Hal ini penting agar tahu bahwa Anda dihargai oleh orang lain dan membuat Anda berpikir positif. Terbukalah kepada orang lain, sehingga Anda dapat berfikir positif dan lebih mengenal diri sendiri.

Itulah beberapa cara agar Anda dapat menjaga kesehatan mental Anda. Semakin Anda mengenal diri Anda , akan membuat kesehatan mental Anda semakin baik.

Mental menjadi kesehatan yang harus dijaga. Dengan menjaga mental, Anda dapat menjalani hari-hari Anda dengan lebih baik, nyaman, dan menyenangkan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Mengenal Fungsi Imbuhan Serta Penggunaannya

Imbuhan adalah kata atau bunyi yang ditambahkan pada sebuah kata dasar, baik di awal, di akhir, di tengah atau bahkan gabungan di antara ketiganya untuk membentuk sebuah kata baru. Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, imbuhan berarti bubuhan (yang berupa awalan, sisipan, akhiran) pada kata dasar untuk membentuk kata baru; afiks. Imbuhan juga dapat diartikan sebagai bentuk linguistik dalam suatu kata yang merupakan unsur langsung, bukan kata ataupun pokok kata. Imbuhan mengubah leksem menjadi kata yang mempunyai arti lengkap, seperti memiliki subjek, predikat dan objek. Proses pemberian imbuhan ini kemudian disebut sebagai afiksasi.

Mengenal Fungsi Imbuhan Serta Penggunaannya

POJOKNULIS.COM - Imbuhan adalah kata atau bunyi yang ditambahkan pada sebuah kata dasar, baik di awal, di akhir, di tengah atau bahkan gabungan di antara ketiganya untuk membentuk sebuah kata baru.

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, imbuhan berarti bubuhan (yang berupa awalan, sisipan, akhiran) pada kata dasar untuk membentuk kata baru; afiks.

Imbuhan juga dapat diartikan sebagai bentuk linguistik dalam suatu kata yang merupakan unsur langsung, bukan kata ataupun pokok kata.

Imbuhan mengubah leksem menjadi kata yang mempunyai arti lengkap, seperti memiliki subjek, predikat dan objek. Proses pemberian imbuhan ini kemudian disebut sebagai afiksasi.

Misalnya kata dasar makan, akan berubah makna jika diberi imbuhan -an pada akhir kata menjadi “makanan”. Karena kata makan merupakan bentuk kata kerja dan makanan merupakan bentuk kata benda yang memiliki arti yang berbeda.

Sehingga kata imbuhan atau afiks memiliki peranan yang cukup penting dalam pembentukan sebuah kata dasar menjadi kata yang lebih jelas karena sudah diberi imbuhan.

Menurut Kridalaksana (2009:28-31) imbuhan adalah proses yang mengubah leksem menjadi kata kompleks. Ia mendeskripsikan imbuhan sebagai proses atau hasil penambahan afiks atau imbuhan pada dasar.

Fungsi Imbuhan Serta Penggunaannya

Imbuhan berfungsi untuk mengubah kata dasar menjadi kata benda, kata sifat hingga kata kerja. Misalnya, kata dasar “batu” bisa menjadi kata sifat bila mendapatkan imbuhan mem- menjadi “membatu”.

Berikut ini adalah beberapa fungsi imbuhan yang sebaiknya dipahami:

Membentuk Kata Benda

Kata benda atau nomina adalah kata yang mengacu pada benda, manusia, dan binatang. Kata benda sangat penting dalam sebuah kalimat, karena digunakan sebagai subjek.

Kata benda biasanya berfungsi sebagai subjek, objek dan pelengkap bila predikatnya kata kerja, diikuti kata sifat dan tidak bisa diingkatkan dengan kata tidak.

Kata imbuhan yang biasanya dibutuhkan untuk mengubah kata dasar menjadi kata benda, seperti pen-, pe-, per-, ke-, -isme, -wan, -sasi, -tas, pen-an, pe-an, per-an, dan ke-an. Contohnya seperti perkantoran (per-an), minuman (-an) dan wartawan (-wan).

Contoh kata benda dalam sebuah kalimat adalah:

  • Minuman itu untuk tim yang sedang bertanding.
  • Gadis itu seorang pelukis yang handal.
  • Jeano membawa banyak jajan untuk perbekalan selama perjalanan.

Membentuk Kata Kerja

Kata kerja adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan suatu perbuatan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Kata kerja memiliki fungsi utama sebagai predikat, bermakna sebagai proses atau keadaan, bermakna sebagai keadaan, dan tidak bisa digabungkan dengan adverbial.

Imbuhan yang biasanya digunakan untuk membentuk kata kerja, seperti me-, mem-, ber-, per-, ter-, di, -kan, ter-kan, dan di-i. Misalnya, menari, berkuda atau bernyanyi.

Contoh kata kerja dalam sebuah kalimat adalah sebagai berikut:

  • Ayah membakar sampah di belakang rumah.
  • Jinan memeluk Nana dengan sangat erat.
  • Surya berlari setiap pagi.

Membentuk Kata Sifat

Kata sifat atau disebut juga adjektiva adalah kata yang digunakan untuk mengubah kata benda atau kata ganti sehingga membuatnya menjadi lebih spesifik. Kata sifat dapat digunakan untuk menjelaskan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas atau bahkan untuk menekankan suatu kata.

Imbuhan yang biasanya digunakan untuk membentuk kata sifat, meliputi –i, -wi, -iah, ter-, -er, -al, -ik, dan –is. Misalnya seperti kata agamis, manusiawi, duniawi atau ilmiah.

Contoh kata sifat dalam sebuah kalimat adalah:

  • Nita memperlakukan pembantunya dengan tidak manusiawi.
  • Farah merupakan siswa terpintar di kelasnya.
  • Bagi Nara, Jericho merupakan orang yang terpenting dalam hidupnya.

Membentuk Kata Bilangan

Kata bilangan adalah kata yang digunakan untuk menghitung jumlah atau untuk menentukan urutan dalam suatu rangkaian angka. Posisi kata bilangan biasanya sebelum kata benda untuk memberikan keterangan yang berhubungan dengan jumlah.

Imbuhan yang biasa digunakan untuk membentuk kata bilangan antara lain: se-, ke, ber- dan masih banyak macamnya. Contoh, ketiga, sebelas, bertujuh.

Contoh kata bilangan dalam sebuah kalimat, adalah sebagai berikut:

  • Sembilan peserta dalam lomba ini dikarantina selama empat bulan.
  • Ia mengulangi kesalahannya lagi sudah keempat kalinya.
  • Mereka pergi hanya berlima saja.

Membentuk Kata Keterangan

Kata keterangan adalah kata yang digunakan untuk memberikan keterangan dalam suatu kalimat, baik keterangan tempat, waktu, alat, sebab akibat atau lainnya.

Kata keterangan berfungsi untuk memberikan penjelasan mengenai kata sebelum atau sesudahnya dalam satu kalimat. Kata keterangan hanya berupa satu kata, bukan bentuk frasa maupun klausa.

Imbuhan yang biasanya digunakan untuk membentuk kata keterangan adalah di, se-nya ; -nya ; -an. Misalnya, sebenarnya, mati-matian, sebaik-baiknya.

Contoh kata keterangan dalam suatu kalimat, seperti:

  • Mateo menjadi juara pertama pertandingan basket di sekolah.
  • Karina berjuang mati-matian untuk sembuh dari kanker yang dideritanya.
  • Ia menjaga adiknya dengan sebaik-baiknya.

Nah, setelah membaca ulasan tersebut semoga semakin menambah wawasan teman-teman terkait fungsi imbuhan beserta bagaimana cara penggunaannya ya!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

7 Makanan untuk Mendorong Perkembangan Otak Anak

Selama periode puncak pertumbuhan ini, nutrisi memegang peranan penting. Bagi balita, tidak mendapatkan nutrisi yang tepat dapat berdampak buruk pada perkembangan kognitif dan memengaruhi daya ingat, perhatian, dan kemampuan akademis di kemudian hari. Simak artikel ini untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan otak anak.

7 Makanan untuk Mendorong Perkembangan Otak Anak

POJOKNULIS.COM - Jika Anda menghabiskan waktu bersama anak-anak, Anda mungkin tahu bahwa mereka belajar dengan cepat dan menyerap informasi baru. Namun, perkembangan otak dimulai jauh sebelum seorang anak bisa berjalan dan berbicara.

Sel-sel otak berkembang biak dengan kecepatan yang mencengangkan seiring perkembangan bayi di dalam rahim. Otak terus berkembang selama masa bayi seiring dengan berkembangnya fungsi motorik seperti keseimbangan dan koordinasi.

Selama masa balita (usia 1 hingga 3 tahun), otak meningkatkan kemampuan kognitif, seberapa cepat seorang anak dapat menafsirkan dan menyampaikan informasi untuk melakukan tugas-tugas kompleks.

Selama periode puncak pertumbuhan ini, nutrisi memegang peranan penting. Bagi balita, tidak mendapatkan nutrisi yang tepat dapat berdampak buruk pada perkembangan kognitif dan memengaruhi daya ingat, perhatian, dan kemampuan akademis di kemudian hari.

Meskipun semua nutrisi penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak, beberapa nutrisi memainkan peran lebih besar dalam perkembangan awal otak dibandingkan yang lain. American Academy of Pediatrics Committee on Nutrition merekomendasikan nutrisi tertentu untuk perkembangan otak yang sehat pada balita, seperti kolin, folat, yodium, zat besi, omega 3, vitamin A, D, B6, dan B12.

Simak artikel ini untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

1. Telur

Telur merupakan makanan yang bergizi dan biasanya disukai banyak orang oleh anak kecil. Nutrisi penambah otak dalam telur termasuk kolin, vitamin B12, dan protein.

Kolin sangat penting untuk perkembangan otak normal dan dapat meningkatkan fungsi kognitif. Dua butir telur utuh sehari menyediakan kolin yang dibutuhkan anak-anak berusia 8 tahun ke bawah.

2. Makanan Laut

Ikan berminyak dan makanan laut lainnya memberikan banyak manfaat dalam hal perkembangan otak, seperti protein, seng, zat besi, kolin, yodium, dan lemak omega-3. Namun, hindari memberi balita Anda makanan laut yang tinggi merkuri seperti tuna dan salmon.

Terlalu banyak merkuri dapat berdampak buruk pada perkembangan sistem saraf anak. Sebaliknya, pilihlah makanan rendah merkuri seperti udang, salmon, nila, kepiting, atau cod. Anak-anak di bawah usia 3 tahun dapat mengonsumsi 1 ons porsi dua hingga tiga kali seminggu.

3. Sayuran Hijau

Ada alasan mengapa orang tua mencoba menyembunyikan sayuran berdaun hijau tambahan, seperti bayam dan kangkung, dalam smoothie dan saus pasta anak-anak mereka. Mereka adalah sumber zat besi dan folat yang baik.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat cukup folat cenderung memiliki kognisi lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak mendapatkan cukup folat. Zat besi memainkan peran penting dalam perkembangan hipokampus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan memori.

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak memenuhi syarat sebagai makanan otak karena merupakan sumber seng dan zat besi yang sangat baik. Zat besi sangat penting bagi anak kecil karena mereka lebih mungkin mengalami anemia (kadar zat besi rendah).

Hampir satu dari 10 anak-anak Amerika berusia 3 tahun ke bawah mengalami kekurangan zat besi, yang dapat menyebabkan kesulitan belajar dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD).

5. Yogurt

Yoghurt tanpa pemanis adalah cara yang mudah dan ramah anak untuk mendukung pertumbuhan otak. Ini mengandung nutrisi seperti protein, seng, kolin dan yodium.

Anak-anak membutuhkan yodium untuk memproduksi hormon tiroid, yang penting untuk perkembangan otak dan proses neurologis. Bahkan kekurangan yodium ringan dapat mempengaruhi fungsi kognitif anak secara keseluruhan dan kemampuan berpikir.

6. Biji-bijian

Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan selai kacang merupakan camilan kaya protein dan seng. Protein berkontribusi terhadap pertumbuhan otak yang sehat dan pengembangan memori jangka panjang.

Seng juga berperan penting selama masa balita, saat otak berkembang pesat. Jumlah zinc yang tidak mencukupi dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak Anda, mengganggu daya ingat dan kemampuan belajarnya.

7. Kacang

Kacang menawarkan beberapa nutrisi bermanfaat untuk perkembangan otak termasuk seng, protein, zat besi, folat, dan kolin.

Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang merah, pinto, dan kedelai, juga mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Bagi anak-anak vegetarian, zat besi dan protein dalam kacang-kacangan menjadikannya pengganti daging yang sangat baik.

Itulah tujuh rekomendasi makanan yang dapat mengembangkan perkembangan otak pada anak Anda. Anda dapat coba untuk rutin memberikan makanan tersebut pada anak Anda sehingga perkembangan otaknya dapat meningkatkan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Cara Menghindari GERD bagi Pemuda Penggemar Kopi

Bagi para penggemar kopi khususnya pemuda, penyakit yang perlu ditakutkan yaitu penyakit GERD. Namun, tidak perlu khawatir, Anda cukup mengikuti tips-tips berikut ini agar terhindar dari penyakit GERD. GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah penyakit kronis pada sistem pencernaan lambung. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Peristiwa ini terjadi akibat melemahnya katup. Berikut ini cara-cara menghindari GERD bagi pemuda penggemar kopi.

Cara Menghindari GERD bagi Pemuda Penggemar Kopi

POJOKNULIS.COM - GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah penyakit kronis pada sistem pencernaan lambung. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Peristiwa ini terjadi akibat melemahnya katup.

Hal ini dapat dapat menyebabkan iritasi pada esofagus. Menghindari gejala GERD pada penggemar kopi mungkin terasa tidak mudah karena minuman ini terkenal dapat mengakibatkan naiknya asam lambung.

Tetapi dengan tips yang tepat, pemuda penggemar kopi dapat meminum kopi tanpa mengalami GERD. Berikut ini cara-cara menghindari GERD bagi pemuda penggemar kopi:

1. Pandai Memilih Kopi

Pilihlah kopi dengan tepat. Pilih kopi dengan kandungan asam yang rendah yaitu lebih memilih kopi jenis Arabika daripada jenis Robusta.

Hindari kopi dengan kafein tinggi, lebih baik memilih kopi yang rendah kafein. Saat membuat kopi, kurangi penambahan gula dan susu.

2. Atur Batas Konsumsi Kopi

Minumlah kopi dengan porsi yang wajar. Jika Anda ingin mengonsumsi kopi, konsumsilah satu cangkir per hari.

Perhatikanlah waktu mengonsumsi kopi, hindari minum kopi di saat Anda belum makan atau perut kosong. Lebih baik meminum kopi setelah makan. Minumlah air putih yang cukup setelah meminum kopi.

3. Perhatikan Pola Makan

Perhatikan pola makan dan waktu makan. Pastikan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi atau empat sehat lima sempurna. Perhatikan waktu saat Anda makan, jangan makan dekat dengan waktu tidur.

Jika ingin makan, minimal dua sampai tiga jam sebelum tidur. Hindari makanan berkarbonasi atau mengandung gas, makanan berlemak, dan makanan pedas. Mengonsumsi makanan dengan porsi yang wajar atau pas.

4. Perhatikan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat meningkatkan gejala asam lambung. Atur pola makan dengan porsi yang pas, sehingga Anda tidak obesitas. Jika Anda merasa obesitas lebih baik lakukanlah program diet dengan segera.

5. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin dapat membantu mencegah gejala GERD. Berolahraga secara teratur sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan dan menjaga badan agar tetap sehat. Olahraga dapat membantu proses pencernaan yaitu mendorong makanan dari lambung ke usus lebih efisien dan mengurangi risiko makanan kembali ke kerongkongan.

Orang yang menderita GERD memiliki risiko penyakit jantung. Olahraga seperti bersepeda, berlari, dan berjalan dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan cara pencegahan penyakit GERD. Hindari begadang atau tidur larut malam karena hal itu akan menambah potensi gejala GERD. Jika pola tidur sudah baik, lakukanlah berulang secara konsisten.

Tidurlah dengan posisi yang tepat untuk mengurangi tekanan pada lambung. Posisi yang tepat ketika tidur yaitu posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

7. Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda mengalami gejala GERD secara terus menerus, konsultasikanlah dengan dokter untuk diagnosis. Dokter akan memberikan masukan yaitu cara untuk mengobati gejala GERD. Ikuti dan lakukan saran dari dokter agar anda terhindar dari GERD.

Dengan mengikuti tips-tips menghindari penyakit GERD di atas, para pemuda penggemar kopi menjadi tidak khawatir dan tetap dapat menikmati kopi. Anda tidak perlu takut meminum kopi atau mengonsumsi kafein. Namun konsumsilah kafein dengan porsi yang cukup.

Segala sesuatu memang harus dikonsumsi dengan porsi yang cukup untuk mendapatkan manfaatnya, tak terkecuali mengonsumsi kafein. Sayangilah tubuh agar terus tetap sehat dan lancar menjalani aktivitas sehari-hari.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

7 Makanan yang Mampu Meningkatkan Tinggi Badan Anak

Perkembangan tinggi seorang anak sangat bergantung pada gennya. Namun, pola makan juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan tinggi badan pada seorang anak. Berikut ini adalah rekomendasi 7 makanan yang mampu meningkatkan pertumbuhan tinggi anak Anda. Simak dalam artikel berikut.

7 Makanan yang Mampu Meningkatkan Tinggi Badan Anak

POJOKNULIS.COM - Perkembangan tinggi seorang anak sangat bergantung pada gennya. Namun, pola makan juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan tinggi badan pada seorang anak.

Berdasarkan penelitian internasional yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, ‘genetika tampaknya memainkan peran yang semakin penting dalam menjelaskan variasi berat badan, tinggi badan, dan BMI dari masa kanak-kanak hingga remaja akhir.

Faktor lingkungan umum seperti nutrisi memainkan peran yang lebih besar dalam menentukan tinggi badan anak remaja.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal AMA menunjukkan hubungan antara gangguan tidur dan rendahnya tingkat Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH), yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang dan peningkatan tinggi badan. Oleh karena itu, tidur nyenyak juga penting untuk mencapai ketinggian yang baik.

Setelah mencermati penelitian-penelitian ini, kita dapat dengan aman berasumsi bahwa pola makan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan harus dibuat sedemikian rupa.

Sehingga mereka diberikan nutrisi yang cukup yang dapat membantu mereka mencapai tinggi badan yang diinginkan dan merupakan hal yang menjadi perhatian sebagian besar orang. dari orang tua.

Berikut ini adalah rekomendasi 7 makanan yang mampu meningkatkan pertumbuhan tinggi anak Anda. Simak dalam artikel berikut.

1. Makanan Olahan Susu

Makanan olahan susu sebaiknya dikonsumsi oleh anak-anak karena berpengaruh terhadap tinggi badan. Makanan olahan susu seperti keju, paneer, yoghurt, whipping cream, dan es krim kaya akan vitamin A, B, D, dan E.

Makanan tersebut juga mengandung protein dan kalsium. Vitamin D dan kalsium sangat penting untuk pertumbuhan. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan pertambahan tinggi badan yang rendah. Mendapatkan kalsium yang cukup juga penting, terutama selama masa pubertas.

2. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber energi utama dalam tubuh kita. Selain itu, mereka menyediakan vitamin B, serat, zat besi, magnesium dan selenium.

Karena mereka menyediakan kalori yang dibutuhkan, konsumsinya harus ditingkatkan, terutama pada masa pubertas, ketika anak-anak sedang melalui fase pertumbuhan yang pesat. Nasi merah, popcorn, gandum utuh, dan pasta gandum utuh bermanfaat untuk pertumbuhan yang baik.

3. Telur

Telur juga merupakan sumber protein yang baik. Albumen putih mereka mengandung 100 persen protein tetapi Anda harus menghindari kuknya karena mengandung lemak.

Telur juga mengandung vitamin B2, yang juga dikenal sebagai riboflavin. Untuk menambah tinggi badan, 2-4 butir telur harus dimasukkan dalam menu makanan anak sejak dini.

4. Kedelai

Kedelai mengandung protein tertinggi di antara semua makanan vegetarian. Protein murni yang terkandung dalam kedelai meningkatkan massa tulang dan jaringan.

Untuk menambah tinggi badan, dianjurkan mengonsumsi 50 gram kedelai setiap hari. Para vegetarian dapat memenuhi kebutuhan proteinnya dari kedelai yang sangat bergizi.

5. Sayur-sayuran

Sayuran dengan daun berwarna hijau tua seperti bayam mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, serat, folat, magnesium, zat besi, kalium dan kalsium. Hal ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan. Itu sebabnya jika Anda ingin anak Anda tumbuh lebih tinggi, maka sertakan sayuran hijau dalam makanan untuk menambah tinggi badannya.

6. Pisang

Pisang merupakan buah yang paling penting bagi anak Anda untuk menambah tinggi badan. Ini kaya akan banyak nutrisi penting seperti potasium, mangan, kalsium, serat larut, Vitamin B6, C, A, dan prebiotik yang sehat.

Hal ini adalah salah satu makanan yang tidak bisa Anda abaikan saat memilih makanan seimbang untuk anak Anda guna menambah tinggi badan.

7. Ikan

Ikan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tinggi badan karena mengandung asam lemak omega3. 100 gram ikan salmon mengandung 2,3 gram omega-3, serta zat besi, kalsium, fosfor, selenium, dan vitamin penting.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017, asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sekaligus meningkatkan fungsi kognitif, kesehatan jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

Itulah tujuh rekomendasi makanan yang dapat mengembangkan perkembangan tinggi badan pada anak Anda. Anda dapat coba untuk rutin memberikan makanan tersebut pada anak Anda sehingga perkembangan tinggi badannya dapat meningkatkan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

9 Tips Berhemat dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagian orang, kesuitan untuk memiliki gaya hidup hemat. Kemampuan untuk berhemat merupakan kunci dalam mengelola keuangan Anda. Walaupun terdengar sederhana, namun praktik berhemat memerlukan komitmen secara konsisten. Dengan berhemat, stabilitas finansial Anda akan selalu terjaga. Dengan menerapkan tips berhemat dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menjaga kestabilan keuangan Anda.

9 Tips Berhemat dalam Kehidupan Sehari-hari

POJOKNULIS.COM - Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang biasanya mengeluhkan sulitnya menjalankan gaya hidup hemat. Walaupun terdengar sederhana, namun praktik berhemat memerlukan komitmen secara konsisten.

Kemampuan untuk berhemat merupakan kunci dalam mengelola keuangan Anda. Dengan berhemat, stabilitas finansial Anda akan selalu terjaga.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang. Berikut ini adalah tips berhemat dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menabung

Menabung adalah langkah awal yang sangat peting untuk merencanakan dan menstabilkan keuangan Anda. Tetapkan jumlah tertentu dari pendapatan Anda setiap bulan untuk ditabung.

Sebaiknya jangan mengutak-atik dana tabungan Anda, kecuali jika ada kebutuhan yang mendesak. Dengan Anda menabung atau berinvestasi, Tujuan finansial jangka panjang Anda akan tercapai.

2. Hindari Hutang

Hutang dapat menjadi tanggungan finansial yang mengganggu jika tidak dikelola dengan baik. Usahakan untuk menghindari hutang yang tidak perlu.

Sebaiknya Anda segera melunasi hutang yang pernah Anda ambil. Hal ini untuk mencegah pembengkakan bunga dari hutang Anda.

3. Buat Skala Prioritas dalam Pengeluaran

Langkah penting selanjutnya yaitu membuat anggaran bulanan. Buatlah anggaran yang berisi pendapatan dan pengeluaran Anda.

Identifikasilah kebutuhan dasar, seperti makanan, tempat tinggal, biaya transportasi. Pastikan kembali bahwa pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan yang Anda miliki.

4. Berbelanja dengan Bijak

Berbelanja merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, maka lakukanlah dengan bijak. Ketika berbelanja, carilah harga yang relatif lebih rendah namun tetap memenuhi kebutuhan Anda.

Sebaiknya bandingkan harga dari berbagai toko terlebih dahulu sebelum Anda berbelanja. Jangan lupa gunakan diskon atau promo untuk menghemat uang Anda.

5. Hemat Energi

Penggunaan energi yang bijak akan membatu menghemat uang Anda. Matikan lampu, peralatan elektronik, dan keran air saat tidak Anda gunakan.

Jika di rumah Anda masih menggunakan lampu biasa, sebaiknya ganti dengan lampu LED yang lebih hemat energi. Begitu juga dengan peralatan rumah tangga yang lain, gantilah dengan perlatan rumah tangga yang lebih efisien secara energi.

6. Memasak Sendiri

Makan di luar dapat menelan biaya yang besar dalam jangka panjang. Untuk menghemat uang Anda, masaklah makanan sendiri di rumah.

Tak hanya hemat, Anda juga dapat mengontrol bahan makanan yang sehat. Biasanya makanan di luar banyak yang mengandung bakteri dan tidak sehat bagi kesehatan.

7. Membawa Bekal Sendiri

Membawa bekal sendiri ke tempat kerja dapat menghemat banyak uang dibandingkan dengan membeli makanan di luar. Persiapkan makanan sehari sebelumnya dan bawa makanan yang telah dimasak dalam kotak bekal.

8. Proteksi Diri dengan Asuransi

Investasikan dalam asuransi untuk melindungi diri Anda dari risiko finansial yang tidak terduga. Risiko yang memengaruhi finansial seperti sakit atau kecelakaan.

Bagi sebagian orang, membayar asuransi mungkin terasa sebagai pengeluaran tambahan. Namun, hal ini dapat membantu Anda menghindari beban keuangan yang besar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

9. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup yang konsumtif dapat menghabiskan tabungan Anda. Sebaiknya prioritaskan membeli barang-barang yang dibutuhkan ketimbang barang-barang yang diinginkan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan lebih baik dan menghemat uang. Selain itu, tujuan keuangan Anda dalam jangka panjang juga akan tercapai.

Oleh karena itu, marilah kita belajar menerapkan tips-tips berhemat di atas secara serius. Perlu diingat bahwa berhemat tidak hanya tentang mengurangi pengeluaran, tetapi juga tentang membuat keputusan finansial yang tepat.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories