Kapan Waktunya Kita Harus Mengganti Oli Mesin Baik Motor Maupun Mobil?

POJOKNULIS.COM - Ganti oli merupakan rutinitas yang harus dilakukan baik pada motor maupun mobil demi menjaga peforma mesin agar tetap stabil dan supaya kinerja setiap komponennya lebih ringan dan maksimal.

Pertanyaan yang sering dibingungkan adalah kapan tepatnya kita harus mengganti oli motor atau pun mobil? Untuk motor dan mobil sendiri memiliki aturan waktu penggantian oli yang berbeda, berikut penjelasan lengkapnya.

Pertama mari kita mulai dengan waktu penggantian oli motor. Sepeda motor sendiri aturan mengganti oli motor sesuai buku panduan kendaraan.

Dijelaskan bahwa disarankan untuk mengganti oli setelah sepeda motor mencapai jarak 2500-3000 KM. Selain itu spesifikasi oli tiap motor berbeda sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Lalu pertanyaan selanjutnya jika motor jarang dipakai apakah harus mencapai 2500 KM dahulu baru bisa ganti oli? Tentu tidak, ganti oli sendiri wajib dilakukan secara rutin karena setelah masuk ke dalam mesin maka oli akan tercampur dengan komponen mesin.

Meskipun motor jarang digunakan maka tetap harus mengganti oli secara rutin. Karena justru motor yang jarang digunakan dan tidak pernah dipanaskan akan lebih mudah rusak ketimbang motor yang rutin digunakan tetapi dirawat secara teratur.

Lalu kapan tepatnya pergantian oli motor yang jarang digunakan? Jika untuk motor yang sering digunakan adalah berdasarkan jarak tempuh maka untuk motor yang jarang digunakan oli wajib diganti sesuai waktu simpan motor tersebut yakni per 6-12 bulan.

Lalu bagaimana aturan ganti oli untuk mobil? Untuk mobil sendiri waktu ganti oli menurut beberapa buku manual adalah ketika mobil telah mencapai 10.000 KM atau biasanya jarak tersebut ditempuh sekitar 6 bulan sekali.

Namun angka tersebut digunakan untuk jenis oli full sintetik, jika oli mengandung campuran mineral maka hitungannya menjadi 5.000 KM.

Namun perlu dicatat bahwa angka-angka tersebut diasumsikan untuk mobil yang dikendarai secara normal.

Contohnya apabila mobil sering melewati jalan tanjakan, offroad, dan sering melewati area yang sering macet maka untuk tahu kapa waktunya mengganti oli perlu menggunakan cara yang berbeda.

Jika cara diatas adalah dengan menggunakan acuan kilometer untuk ganti oli, ada lain untuk mengetahui kapan tepatnya ganti oli bagi mobil yang kinerja mesinnya semakin berat karena melewati kondisi jalanan tertentu.

Ketika mobil melewati jalur datar maka oli mesin akan jarang diganti dibandingkan dengan yang dikendarai melewati jalanan menanjak. Beban yang ditanggung mesin akan lebih berat ketika harus melintasi offroad atau jalan menanjak.

Untuk mobil yang sering melintasi area macet maka mesin akan terus menyala tetapi kondisi mobil terhenti akibat macet dan kilometer tidak bertambah, padahal mesin akan terus beroperasi dalam kondisi tersebut.

Otomatis kualitas oli akan lebih cepat menurun meskipun belum mencapai 10.000 KM karena berdasarkan penjelasan situasi di atas.

Maka dari itu perlu mengenali tanda tanda ketika oli mobil harus segera diganti di antaranya:

  1. Suara kasar pada mesin ketika dinyalakan
  2. Warna oli yang berubah menjadi hitam pekat
  3. Lampu indikator oli menyala
  4. Akselerasi berat dengan getaran mesin yang tinggi
  5. Muncul asap berwarna gelap dari knalpot

Demikian ulasan mengenai Kapan waktunya kita harus mengganti oli mesin baik motor maupun mobil. Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya