5 Menu Sahur ala Anak Kos, Praktis dan Hemat Menjelang Hari-hari Mudik

POJOKNULIS.COM - Bulan puasa sudah menginjak minggu ke-3 nih, kalian sudah bolong puasa berapa kali? Banyak alasan bagi seseorang untuk membatalkan puasanya pada siang bolong. Salah satunya adalah karena skip sahur.

Sahur juga penting, lho! Asupan energi pada satu hari itu ditopang oleh gizi yang diterima dari makanan kita saat sahur.

Namun, bagi sebagian orang, terutama anak kos yang jauh dari orang tua, sahur menjadi salah satu kegiatan yang paling berat. Bagaimana tidak? Mereka harus menyiapkan sahur sendiri, beli pun rasanya malas karena kantuk yang tidak tertahankan. Mau tetap sahur tapi males ribet?

Yuk intip menu-menu sahur ala anak kos untuk minggu-minggu terakhir sebelum beranjak mudik pulang ke rumah orangtua tercinta ini!

1. Telor orak-arik

Masakan andalan sejuta umat adalah telur. Cukup siapkan sebutir telur, perasa makanan, minyak dan peralatan masak, kamu bisa mendapatkan lauk untuk sahur dengan cepat.

Telor orak-arik nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat saus sambal, kecap, mayonnaise ataupun cabai bubuk. Kamu bisa mengkreasikannya sesuai keinginanmu!

2. Sarden

Olahan ikan sarden juga cocok nih dijadikan sebagai menu sahurmu! Kamu bisa memilih berbagai rasa saus, seperti saus tomat, saus cabai, saus pedas, ataupun saus ekstra pedas. Sarden juga tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari kecil hingga besar, pilih sesuai kebutuhanmu ya.

Cara menyiapkan sahur dengan sarden juga sangat mudah. Siapkan 1 kaleng sarden (rasa bebas), bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan segelas air. Potong semua bumbu, dan tumis.

Setelah harum, masukan 1 kaleng sarden dan tambahkan air secukupnya. Tunggu sampai mengental, dan sarden siap disajikan. Jika menurutmu terlalu ribet, kamu bisa menyajikan sarden tanpa tambahan bumbu dapur apapun, itu juga sudah enak, kok!

3. Abon

Abon menjadi penyelamat saat kamu bangun kesiangan untuk sahur, nih. Meski hanya disantap dengan sepiring nasi putih hangat, abon sudah nikmat, lho. Meskipun terbuat dari daging sapi maupun ayam, abon tersedia dalam beberapa jenis rasa, seperti original, pedas, bawang pedas, dan lainnya.

Masa kadaluarsa abon juga cukup panjang, cukup dengan menyimpannya di suhu ruangan di tempat tidak lembab, abon bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Jadi pastikan kamu sudah punya stok abon selama bulan puasa ya!

4. Nugget

Selain abon, nugget juga bisa jadi penyelamatmu nih saat kamu bangun kesiangan. Nugget ayam maupun sapi bisa jadi pilihanmu, nih. Tapi, nugget hanya disarankan buat kamu yang memiliki kulkas di kosnya.

Nugget dalam suhu ruangan hanya bisa bertahan 5-8 jam saja setelah kemasannya dibuka. Jika dimasukan lemari es, nugget bisa bertahan hingga 3 bulan. Cukup dengan menggorengnya saja, nugget siap disantap. Kamu bisa hidangkan dengan saus sambal, saus tomat, kecap maupun mayonnaise.

5. Oatmeal

Jika kamu bosan makan nasi saat sahur, kamu bisa mencoba sahur dengan oatmeal, nih. Kandungan gizi dalam oatmeal juga membuat tubuh kamu kenyang lebih lama. Selain kaya akan serat, oatmeal juga rendah gula, cocok disantap buat kamu yang ingin kenyang tapi sedang diet.

Cara menyiapkannya juga sangat mudah, kamu hanya butuh oatmeal dan susu untuk menyeduhnya. Kamu bisa mengganti susu hanya dengan air hangat saja. Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan sepeti blueberry, pisang ataupun strawberry untuk menambah citarasa.

Itulah sederet menu sahur ala anak kos, meskipun terkesan simple, namun kamu harus memastikan lagi kandungan gizinya ya! Tambahkan minuman seperti susu ataupun teh manis sebagai pelengkap, buah-buahan juga penting nih, agar gizimu seimbang! (*)

Baca Juga
Tentang Penulis

Hakuna matata

Artikel Menarik Lainnya