Cara Menonaktifkan Fitur Shopee Pinjam atau Shopee Paylater

POJOKNULIS.COM - Fitur Shopee pinjam mungkin memberikan kemudahan bagi semua orang yang ingin berbelanja melalui aplikasi atau platform shopee. Dengan kemudahan ini pengguna aplikasi belanja Shopee bisa berbelanja ketika tidak memiliki uang yang cukup. Namun, jangan lupa untuk membayar tagihan setiap bulan agar tidak dikenai denda.

Membayar tagihan Shopee ketika sudah melewati batas waktu pembayaran maka pengguna Shopee pinjam harus membayar denda sebesar 5% dari jumlah tagihan pinjaman. Semakin besar tagihan maka semakin besar denda keterlambatan pembayaran. 

Karena khawatir akan mengulangi pinjaman kembali beberapa orang memilih untuk mematikan fitur Shopee pinjam. Hal ini dilakukan agar tidak tergiur kembali untuk melakukan pinjaman dan bisa lebih tenang karena sudah tidak dihantui lagi dengan biaya tagihan. 

Saat ingin melakukan proses nonaktif Shopee pinjam ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama adalah akun Shopee dalam keadaan aktif atau tidak ditangguhkan. Pengguna aplikasi Shopee harus memastikan bahwa akun masih berstatus aktif agar bisa melakukan proses nonaktif Shopee pinjam.

Kedua, tidak ada tagihan berjalan pada Shopee pinjam atau tagihan lainnya pada aplikasi Shopee. Jika terindikasi masih memiliki catatan pinjaman maka proses nonaktif tidak bisa dilakukan. Pengguna harus menyelesaikan pinjaman terlebih dahulu sehingga sudah tidak memiliki tanggungan pinjaman.

Ketiga, Tidak ada transaksi pembelian atau penjualan pada aplikasi Shopee. Semua kegiatan belanja harus diselesaikan hingga tuntas agar tidak ada tanggungan kepada penjual/toko dan pembeli. Saat semua kegiatan belanja sudah selesai maka untuk menonaktifkan Shopee pinjam lebih mudah untuk dilakukan.

Terakhir, pastikan nomor handphone yang terdaftar masih aktif digunakan. Nomor handphone biasanya berguna untuk menerima verifikasi persetujuan penonaktifan fitur Shopee pinjam. Dengan begitu, jika nomor yang tercantum masih aktif proses nonaktif bisa dilakukan.

Setelah mengetahui semua persyaratan untuk menonaktifkan Shopee pinjam kini pengguna bisa segera menonaktifkan dengan mudah.

Cara Menonaktifkan Shopee Pinjam

  • Buka aplikasi Shopee pada Smartphone pribadi, dan sudah melakukan login ke akun Shopee yang akan dinonaktifkan Shopee Pinjam nya.
  • Cari menu profil Shopee, yakni dengan meng-klik ikon Profil atau 'Saya' dibagian pojok kanan bawah pada tampilan utama aplikasi Shopee.
  • Selanjutnya scroll dan cari menu Pusat Bantuan Shopee.
  • Kemudian pilih email pada menu Pusat Bantuan tersebut.
  • Berikutnya isi formulir pilih menu sebagai Pembeli, dan pilih layanan SPayLater & SPinjam.
  • Input username akun Shopee yang akan dinonaktifkan pada layanan Shopee Pinjam.
  • Setelah selesai, ajukan perintah penghapusan atau proses menonaktifkan Shopee Pinjam, dengan menulis keterangan pada kolom deskripsi.
  • Jika kolom deskripsi telah selesai diisi pada menu SPinjam, kirim pengajuan nonaktif ke pihak Shopee dengan cara ketuk tombol Kirim di bagian bawah.
  • Setelah email berhasil terkirim, tunggu beberapa saat pihak Shopee membalas email tersebut. Lama balasan email sekitar 1-3 hari kerja.
  • Jika sudah mendapatkan email balasan, selanjutnya lakukan konfirmasi.

Setelah mendapat email persetujua nonaktif Shopee pinjam kemudian tunggu proses sampai pihak Shopee menonaktifkan. Proses penonaktifan biasanya membutuhkan waktu hingga batas waktu maksimal 7 hari kerja. Konfirmasi keberhasilan menonaktifkan Shopee pinjam dinyatakan berhasil saat mendapat konfirmasi dari pihak Shopee. 

Penonaktifan Shopee pinjam atau Shopee Paylater mungkin tidak terlalu begitu penting untuk beberapa orang. Namun ada rasa ketenangan saat terhindar dari bayang-bayang pinjaman online yang mungkin sedikit mengganggu.

Shopee pinjam tidak selamanya berdampak buruk jika digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu pembayaran tagihan juga harus dilakukan dengan tepat waktu agar tidak menerima denda dan sanksi. Dengan begitu pinjaman dapat bermanfaat dengan baik untuk memenuhi kebutuhan belanja atau kebutuhan mendesak lainnya.

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya