Daftar Perusahaan Pertambangan Terbesar di Indonesia

POJOKNULIS.COM - Indonesia dengan segala sumber daya alam yang begitu melimpah membuat  berbagai perusahaan tambang berdiri dan menjadi salah satu sektor penghasil perekonomian terbesar di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan potensi cadangan mineral yang sangat tinggi.

Pada mineral nikel bahkan Indonesia menempati posisi ketiga teratas dunia. Selain itu Indonesia juga menempati posisi kedua setelah China dalam hal produksi emas.

Dengan potensi yang sangat besar tersebut, menarik untuk mengetahui perusahaan-perusahaan tambang yang ada di Indonesia. Berikut perusahaan-perusahaan tambang besar yang ada di Indonesia.

PT Pertamina (Persero)

Pertamina adalah perusahaan tambang yang bergerak di bidang minyak dan gas dengan produk meliputi bahan bakar minyak, bahan bakar non minyak, gas, pelumas dan petrokimia. PT Pertamina mengelola tujuh kilang minyak dengan total kapasitas 1.051,7 MBSD. Pabrik LPG dengan kapasitas 102,3 juta ton per tahun, serta pabrik petro kimia dengan total kapasitas 1.507.950 ton per tahun.

Selain itu Pertamina juga memiliki anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina Hulu, PT Tugu Pertamina Indonesia, dan masih banyak lagi.

PT Kaltim Prima Coal

Pt Kaltim Prima Coal adalah salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar yang ada di Indonesia. Terletak di Kabupaten Kutai Timur, perseroan ini memiliki lahan tambang batu bara seluas 84.938 hektar namun pada tahun 2003 kepemilikan perusahaan ini berpindah ke PT Buni Resources Tbk.

Sebagai salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar, produksi pertambangan ini terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2018 pertambangan ini memproduksi 58 juta ton batu bara dan tahun 2019 meningkat menjadi 62.

PT Freeport Indonesia

Pt Freeport Indonesia merupakan tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga terbesar ketiga di dunia. PT Freeport merupakan perusahaan tambang yang berafiliasi dengan Freeport Mcmoran dam Mining Industry Indonesia. Hasil tambang yang ada pada pertambangan ini diantaranya tembaga, emas, dan perak. Pada tahun 2021 tercatat PT Freeport Indonesia memiliki produksi tembaga mencapai 700.000 ton.

PT Antam Tbk 

Pertambangan ini merupakan bagian dari Mining Industri Indonesia yang merupakan pertambangan berorientasi ekspor. Produksi tambang pada PT Antam Tbk meliputi bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit, dan batu bara. 

PT Timah

Sesuai namanya, pertambangan ini merupakan produsen dan eksportir logam timah.  PT Timah sendiri pada tahun 2019 memperoleh pendapatan sebesar Rp 19.30 triliun. PT Timah ini berlokasi di Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung

Adaro Energy

Pertambangan ini merupakan salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia.  Pertambangan ini terletak di Kalimantan Selatan dan telah memproduksi 58,03 ton batu bara pada tahun 2019. Adaro Indonesia merupakan perusahaan terbuka yang sebagian sahamnya dimiliki PT Adaro Strategic Investment dan sisanya oleh publik

PT Bukit Asam Tbk

Pertambangan ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara.  PT Bukit Asam Tbk mempunyai beberapa anak perusahaan seperti PT Bukit pembangkit Inovative, PT Bukit Asam Prima dan beberapa perusahaan lainnya. Nilai kapitalisasi pertambangan ini senilai 28 triliun pada tahun 2020.

Perusahaan Berau Coal

Perusahaan ini berada Berau, Kalimantan Timur yang mana merupakan salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. Pt Berau Coal memiliki luas wilayah 118.400 hektare dan kepemilikan saham sebagian besar dimiliki oleh Vallar Investment UK Limited. Perusahaan ini mencatatkan produksi 26 juta metrik ton di tahun 2016.

Itulah beberapa perusahaan tambang Indonesia yang termasuk dalam kategori salah satu pertambangan terbesar Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang pertambangan dan bagi kalian yang berminat bekerja di pertambangan semoga impian kalian bisa terwujud.

Baca Juga
Tentang Penulis