Pengin Pelihara Kucing? Ini Jenis Kucing Peliharaan Populer yang Mungkin Cocok Buat Kamu

POJOKNULIS.COM - Kucing adalah hewan imut yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai hewan peliharaan, bentuknya yang lucu dan tingkahlakunya yang menggemaskan membuat pecinta hewan pasti ingin untuk memeliharanya.

Kucing sendiri memiliki berbagai jenis dan harga yang sangat bervariasi, kalian perlu tahu terlebih dahulu agar bisa menyesuaikan karakter dan harga agar kamu cocok dengan hewan imut yang satu ini.

Berikut jenis jenis kucing yang populer dan bisa kamu pilih sebagai kawan bermainmu

1. Kucing domestik

kucing domestik

Kucing ini adalah kucing yang paling umum dan paling mudah untuk kalian temui disetiap lingkungan.

Kucing ini mudah untuk dipelihara, tidak memerlukan perawatan khusus sehingga kalian tidak perlu repot repot mempersiapkan banyak hal untuk memelihara kucing kampung ini.

2. Kucing Anggora

Kucing Anggora

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar nama kucing ini, kucing anggora memiliki bulu lembut, panjang, dan lebat dan hampir mirip dengan jenis kucing persia.

Bagi kalian yang awam tentang kucing mungkin cukup sulit untuk membedakannya, tetapi kucing anggora memiliki ciri khas yaitu bentuk kepala segitiga berbulu lebat dengan hidung mancung yang sekilas seperti singa kecil.

Leher dengan bulu panjang jadi ciri khas lain dari kucing anggora ini. Karena memiliki bulu yang panjang, jika kalian memilih untuk memelihara kucing jenis ini maka kalian harus rajin memperhatikan bulu dan menyisirnya. Kucing ini ada pada harga kisaran 1-2 juta.

3. Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing ini menjadi kucing peliharaan faforit baik di indonesia ataupuninternasional. Kucing jenis ini memiliki kepala dan dahi bulat dan lebar, telinga yang kecil dengan ujungnya yang membulat serta ekor dan kakinya yang pendek.

Kucing ini membutuhkan perlakuan khusus karena bulunya yang panjang dan lebat, kalian harus memperhatikan bulu dan sering menyisirnya.

Ada juga kucing persia yang berwajah pendek yang sering muncul noda karena air mata sehingga haris rajin membersihkan mata mereka.

Kucing persia Ras murni berada dikisaran harga 13 juta, namun untuk jenis campuran bisa dijumpai dengan harga 500 ribuan saja.

4. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll

Kucing jenis ini berasal dari Amerika Serikat yang mana nama Ragdoll diambil dari sifatnya yang jinak seperti sebuah boneka.

Kucing jenis ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kucing persia dengan mata biru dan wajah serta pipinya yang bulat.

Jika kalian berminat untuk memelihara kucing jenis ini maka kalian harus rajin menyikat bulunya dan menyediakan tempat yang luas untuk tempatnya bermain karena kucing ini suka bermain berkeliaran kesana-kemari untuk bertualang. Kucing jenis ini harganya ada pada kisaran 3-10 juta.

5. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx

Bagi kalian yang tidak mau repot mengurus dan merawat bulu kucing, mungkin kucing jenis ini bisa menjadi jawabannya.

Kucing sphynx adalah kucing yang hampir tidak memiliki bulu sama sekali walaupun  sebenarnya ada namun sangat pendek dan hampir menyerupai kulit.

Kucing jenis ini memiliki tubuh yang ramping, telinganya berbentuk segitiga, dan kulit kening yang berkerut.

Untuk perawatan kucing jenis ini kalian harus rutin memandikannya untuk menjaga bulunya agar tetap sehat. Kucing jenis ini harga pasarannya ada pada kisaran 14 juta an.

6. Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair

Yang terakhir ada kucing British Shorthair dengan bulunya yang khas dan halus serta kepala dan matanya yang bulat. Kucing jenis ini mudah untuk dirawat dimana kucing ini menyukai kedamaian dan keheningan dan sifatnya yang mandiri.

Kucing jenis ini berada dikisaran harga 8 juta, namun untuk keturunan campurannya bisa berada dikisaran harga 800 ribuan.

Baca Juga
Tentang Penulis