Menjadi Pribadi yang Bahagia dengan Perbanyak Bersyukur

POJOKNULIS.COM - Kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat diidamkan banyak orang. Rata-rata orang melakukan sesuatu agar ia bisa menemukan arti kebahagiaan dalam hidupnya.

Kebahagiaan sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicari, karena kebahagiaan selalu hadir jika kita bisa mensyukuri nikmat apapun dalam hidup ini.

Jika kita selalu menggantungkan kebahagiaan pada kesuksesan ataupun kekayaan, tentu bahagia adalah sesuatu yang sulit untuk diraih.

Bahagia itu adalah ketika kita menemukan hal yang patut kita syukuri walaupun kesulitan sedang datang mendera. Bahagia adalah ketika kita tetap semangat bangun dipagi hari dan jauh dari sikap putus asa.

Masih banyak hal dalam hidup ini yang bisa kita syukuri. Kehidupan yang telah Allah Swt. berikan kepada kita, nikmat kesehatan dan nikmat makanan yang bisa kita santap dipagi hari serta nikmat senyum dari orang-orang tersayang adalah kebahagiaan yang jarang kita sadari.

Bahagia adalah ketika kita berhenti membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain. Kebahagiaan akan hadir jika kita fokus menikmati dan mensyukuri semua nikmat yang telah Allah Swt berikan.

Temukan bahagia melalui hobi

Kebahagiaan juga akan kita temukan apabila kita memasukkan rasa bahagia kedalam hati orang lain. Semakin banyak kita melakukan sesuatu yang bermanfaat dengan menolong dan membahagiakan orang lain tentu kita juga akan merasakan kebahagiaan.

Bahagia tidak perlu dicari tapi bahagia tentang arti penerimaan diri. Kita mensyukuri segala nikmat yang Tuhan berikan dan kita mengaplikasikannya dalam kehidupan dengan melakukan banyak hal bermanfaat untuk orang lain.

Melakukan hobi yang kita sukai, selain bertujuan membahagiakan diri juga alangkah baiknya jika hobi itu bermanfaat bagi sekitar kita.

Tidak mudah menemukan arti bahagia, jika kita hanya mengeluh dan selalu membayangkan hal yang belum kita punya. Namun bahagia akan hadir jika kita bisa menikmati dan mensyukuri sesuatu yang sudah kita punya.

Tidak salah jika kita bermimpi besar tapi energi itu harus disertai dengan rasa syukur yang mendalam. Bukankah ketika kita bersyukur Tuhan akan menambah nikmat-Nya.

Jika kita selalu merasa kekurangan padahal semua yang kita miliki adalah kelebihan, nikmat bisa melihat, nikmat bisa berpikir jernih dan nikmat bisa membaca tulisan ini.

Semua itu adalah nikmat dari Allah Swt. yang tidak ternilai jumlahnya. Bagaimana Allah Swt. akan memberikan kebahagiaan jika yang kita ingat selalu tentang kekurangan.

Bersyukur lewat ibadah

Mulai sekarang, kurangi banyak mengeluh tapi lebih memaknai hari dengan banyak bersyukur. Tanamkan dalam diri kita bahwa hidup kita sekarang ini berasal dari pengabulan doa-doa kita yang telah lampau.

Mungkin banyak doa kita yang belum terkabul tapi mungkin kita tidak menyadari bahwa begitu banyak doa kita yang sudah diijabah bahkan kita mendapatkan lebih dari apa yang kita doakan selama ini.

Fokus untuk mensyukuri nikmat sambil menikmati proses untuk kebaikan-kebaikan selanjutnya. Fokus kita bukan untuk sukses tapi menikmati perjuangan menuju sukses itu.

Fokuskan diri untuk menemukan kebahagiaan dan ketenangan dijiwa daripada sibuk memikirkan apa yang belum kita punya. Perbanyak lagi rasa syukurmu agar kebahagiaan sejati segera menghampiri.

Banyak beribadah dan banyak mendekat kepada pencipta akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan yang lebih hakiki dibandingkan hanya mengharapkan kebahagiaan dari penerimaan makhluk ciptaan-Nya.

Hiduplah dengan baik dan syukuri lebih banyak semua nikmat yang kamu miliki sampai saat ini. Karena kebahagiaan tidak akan mewarnai hati jika kita sibuk mengeluhkan apa yang belum kita punya saat ini. Syukuri hidupmu, maka bahagia akan menghampirimu.

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya