Tips Produktif Untuk yang Masih Mencari Pekerjaan

POJOKNULIS.COM - Untuk anda yang kini berumur 24 tahun, normalnya baru lulus dari perguruan tinggi dan siap menapaki dunia pekerjaan yang profesional. Namun untuk mendapatkan pekerjaan, apalagi pekerjaan yang diimpikan bukan perkara mudah. Banyak diantara kita terpaksa harus menunggu untuk sementara waktu.

Ada di antara kita yang beruntung dan langsung mendapatkan pekerjaan namun juga banyak yang harus membuat lamaran hingga baeratus ratus kali untuk akhirnya mendapatkan kesempatan bekerja.

Banyak juga yang mengambil pekerjaan seadanya untuk mengisi waktu namun juga ada yang berfikir untuk lebih baik menunggu sementara waktu untuk lebih berhati-hati karena pekerjaan pertama yang kita dapatkan adalah tapakan penting dalam karir professional kita kedepannya.

Untuk anda yang lebih memilih menunggu, memilih tidak bekerja atau juga memang baru keluar dari pekerjaan, dengan terpaksa harus menganggur untuk sementara waktu, berikut tips meluangkan waktu anda agar lebih produktif sehingga bisa lebih siap dalam mempersiapkan diri serta menghadapi masa - masa yang penuh tantangan tersebut.

1. Meluangkan waktu untuk mencari pekerjaan baru

Idealnya kalau anda adalah seorang yang masih mencari pekerjaan, biasanya banyak hal yang membuat kita akhirnya tidak konsisten. Waktu menunggu yang terlalu lama bisa menjadikan kita semakin depresi, apalagi ditambah ada rekan kita yang lebih dulu keluar dari kebuntuan pengangguran.

Namun akan lebih baik jika kita bisa meluangkan waktu sekitar 3 hingga 5 jam per hari untuk melakukan aktivitas seperti mencari lowongan pekerjaan, membuat lamaran, menghubungi kolega yang mungkin bisa membantu ataupun juga melakukan interview dan tahapan lain dalam proses penerimaan kerja.

2. 1 jam untuk belajar skill baru

Selain mencari pekerjaan baru, jangan lupa bahwa skill dan knowledge yang dibutuhkan sekarang semakin menantang. Kita berhadapan dengan munculnya jenis audiens baru, teknologi baru yang juga akhirnya menelurkan jenis jenis profesi baru.

Social media marketing misalnya, atau content creator juga bisa menjadi satu contoh bahwa pekerjaan yang 10 tahun lalu belum ada sekarang mulai dianggap sangat penting di dalam sebuah perusahaan.

Meluangkan waktu satu jam untuk sekedar mengikuti Kursus online di internet  juga bisa kita laukja  agar kita selalu ter-update dengan tuntutan skill dan siapa tahu, juga membuka kita pada jenis jenis lowongan pekerjaan yang belum pernah terbayang sebelumnya

3. Membuat blog dan update social media

Meluangkan waktu barang satu hingga dua jam untuk selalu memantau social media yang kita miliki akan efektif untuk melihat arus informasi yang ada di dalamnya.

Apalagi Social media macam linked-In yang memang diperuntukkan untuk mereka yang telah bekerja secara profesional. Linked In terbukti efektif dalam mendapatkan networking baru, termasuk di dalamnya pengenalan soft skill dan vacancy pekerjaan.

Kuncinya adalah Jangan menyepelekan kehadiran media media baru macam social media. Karena pada praktiknya, seorang staff Human Reosurces banyak menggunakannya dalam melakukan inisiasi terhadap diri kita.

Termasuk bagaimana profil kita, bagaimana passion kita hingga personality apakah cocok dengan yang mereka butuhkan.

Sekali lagi Jangan remehkan profil di sosmed, update-lah sesuai kebutuhan dan gunakan keuntungan fitur di dalamnya untuk semakin membuka kesempatan yang anda miliki.(*)

Baca Juga
Tentang Penulis