Cara Daftar DTKS dan Manfaatnya untuk Mendaftar Sekolah

POJOKNULIS.COM - DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) merupakan sebuah sistem informasi yang dirancang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan program kesejahteraan sosial di Indonesia.

DTKS memainkan peran penting dalam mendukung pemerintah dalam mengidentifikasi dan memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan, sehingga membantu mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan dan inklusif.

DTKS diartikan sebagai sistem terintegrasi yang mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan memperbarui data penduduk secara terpadu dari berbagai sumber dan program kesejahteraan sosial yang ada.

Sistem ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelompok masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial dan memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran.

Bahkan kebermanfaatan dari DTKS ini juga berguna bagi para pelajar yang kurang mampu dan ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Siswa/pelajar yang terdaftar dalam DTKS bisa mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur afirmasi.

Keuntungan dari jalur afirmasi sendiri yakni siswa/pelajar bisa mendapatkan keringanan biaya pendidikan seperti penurunan biaya pendaftaran atau bisa juga bantuan biaya buku dan keperluan alat sekolah. Bagi siswa yang sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) tentunya sudah bisa mendaftar jalur afirmasi.

Namun bagi siswa/pelajar yang belum terdaftar dalam DTKS dan memiliki keterbatasan biaya atau memenuhi persyaratan sebagai penerima bantuan bisa mendaftar secara mandiri dengan melengkapi berkas persyaratan yang telah ditentukan.

Cara Daftar DTKS

  • Install aplikasi Cek Bansos di Playstore
  • Buat akun baru
  • Isi data diri
  • Buat akun username dan password
  • Upload foto KTP dan swafoto memegang KTP
  • Klik buat akun baru
  • Buka kembali aplikasi Cek Bansos
  • Login dengan username dan passoerd
  • Pilih menu Daftar Usulan
  • Pilih Tambah Usulan
  • Isi data secara lengkap
  • Pilih menu Tambah Usulan
  • Cek berkala status pendaftaran DTKS¬† Manfaat DTKS

Pemerintah khususnya Kementerian Sosial (Kemensos) dalam hal ini memberikan kemudahan kepada anak-anak yang masih dalam masa belajar dengan memberikan bantuan biaya pendaftaran sekolah. Sehingga anak-anak yang kurang mampu bisa tetap melanjutkan pendidikan dan meraih impian.

Manfaat DTKS yang lain adalah memungkinkan pemerintah mendapatkan data yang akurat dan terkini mengenai kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk merespons dengan cepat kebutuhan dan masalah yang timbul.

Tak hanya itu, DTKS juga berperan membantu mengurangi tumpang tindih program kesejahteraan sosial dan meminimalkan kesalahan dalam pendataan penerima bantuan. Hal ini menghasilkan efisiensi dalam alokasi sumber daya dan memastikan bahwa bantuan sosial diberikan kepada mereka yang membutuhkannya secara tepat.

Sebagai media penyimpan data, DTKS mengintegrasikan data dari berbagai program kesejahteraan sosial, sehingga memungkinkan pemetaan dan analisis yang lebih komprehensif mengenai kebutuhan dan kondisi masyarakat. Hal ini membantu pemerintah dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Dengan adanya DTKS transparansi dalam penyelenggaraan program kesejahteraan sosial dapat dilihat dengan jelas. Data yang terkumpul dapat diakses oleh semua pihak yang berwenang, termasuk masyarakat umum, untuk memastikan akuntabilitas dalam penggunaan dana publik.

Manfaat terakhir dari DTKS ialah memberikan dasar yang kuat untuk penyusunan kebijakan kesejahteraan sosial yang berbasis data.

Informasi yang dikumpulkan melalui DTKS memungkinkan pemahaman yang lebih baik mengenai masalah-masalah sosial yang dihadapi masyarakat dan membantu pemerintah dalam merancang kebijakan yang lebih efektif dan relevan.

DTKS merupakan tonggak penting dalam penyelenggaraan program kesejahteraan sosial di Indonesia. Melalui sistem ini, pemerintah dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya dan memastikan bahwa bantuan sosial tepat sasaran.

Dengan transparansi dan akuntabilitas yang ditingkatkan, DTKS juga berkontribusi pada upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan inklusif di Indonesia. Melalui pemanfaatan teknologi informasi yang tepat, DTKS membantu menciptakan revolusi informasi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek status kepesertaan program DTKS (jawa tengah) melalui laman https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id

Setelah itu cek kepesertaan program dengan memasukan nomor KK dan memasukan kode captcha. Terakhir, klik cari KK dan akan muncul keterangan kepesertaan DTKS.

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya