Jangan Sampai Tertinggal! Inilah 4 Dokumen yang Wajib Dibawa saat UTBK SNBT 2024

POJOKNULIS.COM - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) merupakan salah satu tahapan penting bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Seleksi SNBT ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer.

UTBK SNBT dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang biasanya dibagi menjadi 2 gelombang tes. Pada tahun ini, SNBT gelombang pertama akan dilaksanakan pada 30 April 2024, 02-07 Mei 2024. Sedangkan, SNBT gelombang kedua akan dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024.

Peserta diwajibkan untuk menaati seluruh peraturan yang berlaku di pusat UTBK masing-masing selama mengikuti Tes SNBT 2024, seperti mengecek lokasi satu hari sebelumnya, datang tepat waktu dan jangan terlambat, serta lainnya. Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk membawa empat dokumen penting yang bertujuan untuk mengecek identitas peserta agar tak ada kecurangan selama tes berlangsung.

Berikut adalah empat dokumen yang harus dibawa oleh para peserta saat mengikuti UTBK SNBT 2024:

1. Kartu Tanda Peserta Ujian

Tes UTBK SNBT merupakan salah satu proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Kartu Tanda Peserta Ujian dapat dimiliki oleh peserta setelah peserta mendaftarkan dirinya melalui website yang telah tersedia. Kartu tersebut harus dicetak di kertas HVS dengan ukuran yang disarankan sebesar A4 atau F4.

Peserta diharapkan untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian secara keseluruhan dan pastikan tidak ada bagian yang terpotong ataupun tidak tercetak. Kartu Tanda Peserta Ujian ditunjukkan sebagai identitas peserta ujian yang menunjukkan informasi peserta, seperti nama, nomor tempat duduk, dan wajah peserta.

2. Fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang Sudah Dilegalisir atau Ijazah Asli atau SKL (Surat Keterangan Lulus)

Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2023 dan 2022 bisa mengikuti tes UTBK SNBT 2024 dengan wajib membawa ijazah sebagai bukti keaslian data dari peserta. Silakan membawa yang asli atau ijazah fotocopy yang telah dilegalisir. Alumni lulusan tahun 2023 dan 2022 wajib memakai ijazah asli atau fotocopy ijazah yang dilegalisir dan tidak bisa menggunakan surat keterangan lulus.

3. Surat Keterangan Aktif Kelas 12

Tes UTBK SNBT merupakan salah satu proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Bagi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2024 maka saat tes UTBK SNBT 2024 nanti diharapkan membawa Surat Keterangan Lulus (SKL). Apabila surat tersebut belum dikeluarkan atau diberikan dari pihak sekolah, peserta dapat memakai Surat Keterangan aktif (SKA) kelas 12 dari sekolah masing-masing.

4. Kartu Identitas

Berkas terakhir yang wajib dibawa oleh peserta saat mengikuti tes UTBK SNBT 2024 adalah kartu identitas. Kartu identitas yang dapat digunakan oleh peserta adalah KTP, SIM, Paspor, atau Kartu Pelajar yang asli. Kartu identitas berfungsi sebagai bukti kredibilitas dari peserta yang ingin mengikuti tes UTBK SNBT tersebut.

Itulah empat dokumen penting yang wajib kalian bawa saat mengikuti tes UTBK SNBT berlangsung. Harap pastikan bahwa Anda membawa dokumen-dokumen tersebut dan tidak tertinggal satu dokumen pun.

Selain dokumen-dokumen yang telah disebutkan di atas, peserta juga harus mematuhi peraturan yang berlaku demi kepentingan dan kenyamanan saat ujian tengah berlangsung.

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya