Tradisi Jimpitan Tergerus Zaman

Jimpitan merupakan sebuah kebudayaan ataupun tradisi di masyarakat. Nama budaya ini lahir dari Bahasa Jawa yaitu jimpit yang memiliki arti mengambil dengan tangan bagian jari telunjuk dan ibu hari, maka dari itu jumlah yang diambil itu sedikit. Budaya yang bernama dari Bahasa Jawa ini melekat sekali di kalangan masyawarakat Jawa, budaya yang lahir karena adanya rasa ingin saling membantu atau gotong royong. Jimpitan ini lahir karena masyarakat ingin membantu anggaran atau membuat galangan dana di wilayah masyarakat. Jimpitan ini dikumpulkan oleh pemuda-pemuda yang diperintahkan oleh RT untuk mengumpulkan galangan dana dari mayarakat yang akan digunakan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

Tradisi Jimpitan Tergerus Zaman

POJOKNULIS.COM - Tradisi atau kebudayaan merupakan sebuah kegiatan ataupun aktivitas yang sudah ada dilakukan sejak dahulu. Tradisi ada yang berkaitan dengan agama, leluhur, mistis maupun yang sudah melekat turun temurun.

Tradisi atau kebudayaan berbeda-beda masing-masing wilayah, tradisi bisa berbentuk aktivitas atau kegiatan, bahasa maupun tuturan. Setiap tradisi memiliki nilai-nilai yang dibangun atau dijunjung, tradisi sangat melekat pada masyarakat zaman dahulu.

Mengapa masyarakat dahulu percaya akan tradisi? karena tradisi didasari dengan rasa kepercayaan yang pada zaman itu. Kepercayaan pada zaman itu mengalahkan logika.

Orang-orang zaman dahulu lebih mempercayai apa yang dia percaya. Namun yang orang-orang zaman dahulu percaya bukan didasari sebuah logika ataupun penalaran.

Karena tradisi hanya membutuhkan rasa kepercayaan bukan penalaran. Banyak sekali tradisi yang dilandasi kepercayaan agaman, kepercayaan masyarakat itu sendiri bahkan kepercayaan animisme.

Maka dari itu, di zaman sekarang yaitu zaman dimana teknologi berkembang pesat. Tradisi yang turun temurun dari nenek moyang makin tergerus.

Mengapa tradisi ataupun kebudayaan semakin tergerus?. Karena perkembangan zaman yang begitu pesat.

Teknologi yang berkembang setiap waktu memaksa manusia berfikir secara logis atau penalaran. Hal itu membuat orang-orang menjadi krisis indentitas, karena melupakan apa yang dilakukan zaman dahulu.

Perkembangan yang pesat ini menggerus elemen kebudayaan yang ada di Indonesia. Anak-anak kecil sekarang lebih mengenal permainan mobile legend daripada permainan egrang.

Contoh yang terlihat dari tradisi atau kebudayaan masyarakat yang tergerus, khususnya di daerah Jawa yaitu kebudayaan Jimpitan. Jimpitan merupakan sebuah kebudayaan ataupun tradisi di masyarakat.

Nama budaya ini lahir dari Bahasa Jawa, yaitu jimpit yang memiliki arti mengambil dengan tangan bagian jari telunjuk dan ibu hari. Maka dari itu jumlah yang diambil itu sedikit.

Budaya yang bernama dari Bahasa Jawa ini melekat sekali di kalangan masyawarakat Jawa, budaya yang lahir karena adanya rasa ingin saling membantu atau gotong royong.

Jimpitan ini lahir karena masyarakat ingin membantu anggaran atau membuat galangan dana di wilayah masyarakat. Jimpitan ini dikumpulkan oleh pemuda-pemuda yang diperintahkan oleh RT.

Untuk mengumpulkan galangan dana dari mayarakat. Dana tersebut akan digunakan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

Untuk waktu pengumpulan jimpitan ini, berdasarkan kesepakatan dari masyarakat. Namun, biasanya tradisi jimpitan ini dilaksanakan pada hari Jumat malam.

Tradisi yang turun temurun ini, diharapkan dapat membantu keuangan masyarakat bila membutuhkan bantuan. Kebudayaan jimpitan ini atau tradisi jimpitan ini, lahir pada zaman penjajahan Belanda.

Tradisi jimpitan ini pada awalnya mengumpulkan bahan pangan atau makanan. Yang bertujuan menjaga persediaan makanan saat penjajahan Belanda.

Persediaan makanan masyarakat Indonesia mengalami krisis. Karena sumber daya alam milik Indonesia dirampas habis, maka dari itu tradisi ini lahir untuk gotong royong dan bertahan hidup bersama.

Mengapa tradisi jimpitan tergerus oleh perkembangan zaman? karena di zaman yang modern ini atau zaman sekarang, uang tidak hanya berbentuk fisik namun ada yang non fisik.

Berbeda dengan zaman dahulu yang uang hanya berbentuk fisik. Zaman sekarang pembayaran menggunakan uang elektronik atau bisa disebut e-money.

Di zaman sekarang banyak sekali bentuk uang elektronik. Apalagi di zaman sekarang pembayaran hanya tinggal memindai QR kode untuk melakukan transaksi.

Jelas kebudayaan ini terancam, walaupun uang yang kumpulkan dari tradisi jimpitan ini sedikit yaitu bernominal Rp 500,00. Nyatanya kebudayaan ini sudah jarang dilakukan golongan masyarakat.

Kebudayaan yang memiliki filosofi yang dalam semakin tergerus dengan era teknologi yang semakin berkembang tiada henti. Lama kelamaan kebudayaan atau tradisi ini hanya akan meninggalkan nama dan pengertian maupun sejarahnya.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tips Supaya Baterai Ponsel Kalian Tetap Awet

Di masa sekarang ini, penggunaan ponsel atau telephone seluler sudah menjadi sebuah hal yang wajib. Kita tidak bisa lepas dari ponsel karena semua hal bisa kita akses melalui ponsel. Penggunaan ponsel yang masif terkadang mempengaruhi kinerja ponsel itu sendiri, termasuk baterai. Baterai sendiri merupakan sebuah hal yang penting dalam struktur kerangka ponsel. Beberapa tips yang dapat diterapkan supaya baterai ponsel kalian tetap awet, yaitu manfaatkan mode hemat daya, hindari menggunakan ponsel ketika sedang dicas, matikan koneksi ponsel yang tidak digunakan, tidak asal mendownload aplikasi, gunakan charger ponsel bawaan pabrik.

Tips Supaya Baterai Ponsel Kalian Tetap Awet

POJOKNULIS.COM - Di masa sekarang ini, penggunaan ponsel atau telephone seluler sudah menjadi sebuah hal yang wajib. Kita tidak bisa lepas dari ponsel karena semua hal bisa kita akses melalui ponsel.

Dunia pendidikan maupun pekerjaan sekarang lebih sering memanfaatkan ponsel dalam menjalankan kegiatannya.

Penggunaan ponsel yang masif terkadang mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kalian gunakan, termasuk baterai. Baterai sendiri merupakan sebuah hal yang penting dalam struktur kerangka ponsel.

Rusaknya baterai tentu akan berpengaruh kepada komponen-komponen lain pada ponsel kalian. Apabila baterai ponsel kalian sudah rusak, tidak ada kata lain selain mengganti baterai itu sendiri dan harus merogoh kocek yang lumayan besar.

Oleh karena itu, penulis akan membagikan beberapa tips yang bermanfaat supaya baterai awet ponsel kalian bisa tetap awet.

1. Manfaatkan Mode Hemat Daya

Di setiap ponsel memiliki mode hemat daya baterai. Jika kita mengaktifkan mode ini, maka akan otomatis mengurangi beberapa fungsi ponsel yang dapat mempercepat masa hidup baterai.

Mode hemat daya ini disarankan untuk diaktifkan ketika baterai ponsel kalian menyentuh angka 50-70%.

Jangan lupa matikan mode hemat daya ini ketika ponsel kalian sedang dicas.

2. Hindari Menggunakan Ponsel Ketika sedang Dicas

Jangan gunakan ponsel ketika dicas, hal ini dapat merusak baterai ponsel. Ketika dicas, ponsel sedang dimasuki daya listrik. Jika kita memaksa untuk tetap menggunakan ponsel ketika sedang dicas, maka ponsel kita akan memaksa kinerjanya dua kali lipat.

Hal ini juga dapat menimbulkan ponsel kita menjadi lebih panas dan bisa berakibat fatal apabila hal tersebut terus dilakukan.

3. Matikan Koneksi Ponsel yang Tidak Digunakan

Terkadang kita lupa untuk mematikan beberapa fitur setelah kita selesai menggunakannya, seperti menggunakan GPS dan Bluetooth. Apabila koneksi tersebut tetap menyala walaupun kita sudah tidak menggunakannya, maka dapat berpengaruh terhadap baterai ponsel kita juga.

Selain GPS dan Bluetooth, hindari juga menyalakan mode data seluler dan wifi dalam waktu bersamaan. Menyalakan mode data seluler dan wifi secara bersamaan juga dapat berpengaruh terhadap baterai dan membuat baterai ponsel kita cepat habis.

4. Tidak Asal Mendownload Aplikasi

Penggunaan aplikasi dalam sebuah ponsel merupakan sebuah hal yang tidak bisa kita hindari, karena untuk mengoperasikan sebuah ponsel kita pasti harus membuka sebuah aplikasi.

Namun, banyak aplikasi di zaman sekarang yang telah disisipi virus-virus berbahaya yang dapat merusak ponsel itu sendiri. Gunakan aplikasi sesuai kebutuhan kita, jangan asal untuk mendownload aplikasi hanya karena termakan iklan. Apalagi mendownload aplikasi dari situs web yang tidak jelas.

5. Gunakan Charger Asli Bawaan Pabrik

Charger ponsel akan kita dapatkan ketika kita pertama kali membeli sebuah ponsel, walaupun terdapat beberapa brand yang menjual charger ponsel secara terpisah.

Gunakan charger ponsel yang kita dapatkan ketika pertama kali kita membawa ponsel, jangan asal menggunakan charger yang dibeli dari toko-toko yang tidak resmi.

Hal ini dapat berdampak pada masa hidup baterai dan membuat baterai ponsel kalian cepat rusak.

Ketika charger ponsel kalian rusak, usahakan beli dari toko resmi ponsel tersebut. Lebih baik kita beli charger ponsel sedikit lebih mahal asalkan original.

Beberapa tips di atas bisa kalian terapkan, ya. Jangan gunakan ponsel kalian secara berlebihan juga.

Beristirahatlah ketika kalian sudah lelah untuk menatap layar ponsel. Memaksakan diri untuk menatap layar ponsel dengan berlebihan, dapat berakibat kepada kesehatan mata kalian.

Gunakan ponsel dengan bijak dan manfaatkan ponsel yang kalian miliki untuk mencari hal-hal yang bermanfaat.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Overthinking? Ini Cara Yang Tepat Untuk Mengatasinya

Di era sekarang semua orang pasti pernah mendengar istilah overthinking, baik itu secara langsung atau melihatnya di sosial media. Overthinking terjadi karena terlalu memikirkan sesuatu secara berlarut-larut dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi Kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan jika seseorang ingin menghindari overthinking.

Overthinking? Ini Cara Yang Tepat Untuk Mengatasinya

POJOKNULIS.COM - Di era sekarang semua orang pasti pernah mendengar istilah overthinking, baik itu secara langsung atau melihatnya di sosial media. Overthinking terjadi karena terlalu memikirkan sesuatu secara berlarut-larut dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi Kesehatan mental.

Overthinking dapat muncul karena banyak hal, mulai dari masalah pekerjaan, keluarga atau masalah yang belum tentu akan terjadi dikemudian hari.

Overthinking muncul secara tiba-tiba jika seseorang terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu hal yang membuat orang tersebut merasa terganggu dengan hal-hal tersebut. Overthinking dapat menyebabkan terganggunya Kesehatan mental seseorang dan secara tidak langsung akan mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

Seseorang yang sering kali mengalami overthinking akan lebih mudah merasa kelelahan, karena otak akan bekerja lebih keras dalam mencerna dan memproses hal yang sedang dipikirkan. Overthinking ini sangat biasa terjadi bagi semua orang terlebih lagi bagi seseorang yang mudah merasa cemas.

Selain mengganggu kegiatan seseorang, overthinking juga dapat memperburuk pada jam tidur. Seseorang yang mengalami overthinking lebih memilih untuk memikirkan hal atau masalah tersebut sebelum tidur dan hal itu akan menjadi pemicu pada masalah tidur.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan jika seseorang ingin menghindari overthinking:

1. Meditasi

Overthinking dapat dihilangkan dengan cara meditasi. Menurut beberapa psikolog cara ini adalah cara yang ampuh dalam mengurangi overthinking.

Meditasi dapat dilakukan ditempat yang tenang untuk memaksimalkan hasil medatasi tersebut. Mengatur napas secara perlahan dan baik, dan mencoba untuk membuat ketenangan muncul pada pikiran dan tubuh.

2. Mengalihkan pikiran

Melakukan kegiatan yang disukai dapat menjadi salah satu cara yang tepat dalam mengalihkan pikiran dalam kondisi overthinking. Kegiatan yang dapat dilakukan sangat bermacam-macam seperti berolahraga, bermain game, atau sekadar membaca buku.

Hal tersebut dapat dilakukan dalam menciptakan rasa senang dalam hati seseorang dan dapat menjadi jalan untuk mengalihkan pikiran supaya tidak mengalami overthinking.

3. Menyelesaikan masalah

Hal yang perlu dan wajib dilakukan dalam menghindari overthinking adalah fokus pada aspek pemecahan masalah. Salah satu hal yang perlu diingat adalah memikirkan hal secara berlebihan tidak akan menyelesaikan masalah.

Satu hal yang dapat dilakukan adalah mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut yang menjadikannya overthinking.

4. Mencari bantuan

Meminta bantuan dari teman atau kerabat dekat adalah salah satu hal mudah yang dapat dilakukan seseorang jika mengalami overthinking. Jika mengalami overthinking seseorang dapat bercerita kepada orang yang dipercaya, dengan berbagi hal yang berat maka itu akan membuat pikiran terasa lebih ringan.

Ketika bercerita akan mendapat saran atau feedback yang mungkin dapat membuat seseorang yang mengalami overthinking menjadi lebih bersemangat dan dapat mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dialami.

5. Introspeksi diri

Meluangkan waktu sedikit dari banyaknya kegiatan yang sedang dilakukan dengan cara introspeksi diri. Introspeksi diri dapat dilakukan dengan cara memikirkan kesalahan atau masalah yang sedang dialami dan mencari bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Introspeksi diri bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan dengan waktu yang singkat. Ketika seseorang sudah melihat dirinya sendiri dengan semua masalah yang terjadi, maka akan lebih mudah untuk memikirkan hal-hal yang positif dan dapat membuat rencana untuk mengatasi hal serupa.

Overthinking dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Namun, juga terdapat berbagai cara untuk mengatasi overthinking tersebut. Mulailah berpikir untuk lebih positif.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

8 Elemen Bahasa Tubuh untuk Meningkatkan Percaya Diri saat Public Speaking

Memiliki bahasa tubuh Anda dapat membuat perbedaan besar pada cara Anda tampil di hadapan audiens, dan bagaimana perasaan Anda tentang berbicara di depan umum secara umum. Artikel ini telah mengumpulkan 8 elemen terpenting dari bahasa tubuh Anda yang akan menentukan seberapa sukses pidato Anda, menjelaskan mengapa itu penting dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda.

8 Elemen Bahasa Tubuh untuk Meningkatkan Percaya Diri saat Public Speaking

POJOKNULIS.COM - Saat Anda berbicara, Anda tidak hanya berbicara dengan apa yang sebenarnya Anda katakan. Anda juga berbicara dengan bahasa tubuh Anda.

Mulai dari ekspresi wajah, postur tubuh, dan kontak mata, semuanya mencerminkan 'kebenaran' di balik apa yang Anda katakan. Jika Anda merasa gugup, tubuh Anda mungkin memberikan pesan yang berbeda kepada audiens daripada yang Anda sampaikan.

Bahasa tubuh adalah bagian penting dari keberhasilan berbicara di depan umum. Isyarat non-verbal Anda akan berdampak pada cara pesan Anda diterima, seberapa terlibatnya audiens Anda, dan apa yang mereka pikirkan tentang Anda sebagai individu.

Bahkan jika Anda telah mempersiapkan pidato terbaik di dunia, jika Anda tidak bersemangat, terbuka atau aktif maka audiens Anda tidak akan tahu apa yang Anda katakan.

Memiliki bahasa tubuh Anda dapat membuat perbedaan besar pada cara Anda tampil di hadapan audiens, dan bagaimana perasaan Anda tentang berbicara di depan umum secara umum.

Kami telah mengumpulkan 8 elemen terpenting dari bahasa tubuh Anda yang akan menentukan seberapa sukses pidato Anda, menjelaskan mengapa itu penting dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda.

1. Kontak Mata

Melakukan kontak mata dengan audiens akan membangun hubungan antara Anda dengan mereka dan mereka merasa lebih dihargai oleh Anda.

Hal ini membuat audiens lebih cenderung menghormati dan mendengarkan Anda karena mereka merasa penting. Hal ini juga membuat penonton lebih mempercayai Anda karena orang cenderung menghindari kontak mata saat berbohong.

Bahasa tubuh yang percaya diri juga dapat digunakan sebagai umpan balik. Melakukan kontak mata adalah cara termudah untuk menerima umpan balik dari audiens tentang pidato Anda.

Anda dapat melihat apakah audiens Anda mendengarkan dan membaca ekspresi wajahnya untuk mengetahui apakah mereka tertarik, bosan, marah, senang, dan sebagainya. Anda kemudian dapat mengubah ucapan Anda berdasarkan umpan balik yang Anda lihat. Tanpa melakukan kontak mata, seluruh pidato Anda bisa membuat penonton jengkel!

2. Gerakan Tangan

Jika digunakan dengan benar, gerakan tangan dan lengan dapat membantu menyempurnakan pesan Anda dan membuat Anda tampak lebih percaya diri dan santai. Gestur memperkuat cerita Anda dan akan membantu Anda tampil lebih asli dan dapat dipercaya.

Mereka adalah elemen penting dalam komunikasi non-verbal kita dalam menunjukkan perasaan kita kepada orang lain, dan pada gilirannya, bagaimana kita membuat mereka merasakannya.

Isyarat tangan adalah salah satu cara non-verbal yang paling jelas untuk mengkomunikasikan bahasa tubuh yang percaya diri atau bahasa tubuh yang gugup dan audiens Anda akan bereaksi lebih positif terhadap bahasa tubuh tersebut.

3. Ekspresi

Orang-orang bergantung pada ekspresi wajah untuk menafsirkan motif dan emosi sehingga audiens akan merespons Anda dengan lebih baik jika Anda ekspresif. Ini seperti akting – Anda ingin menekankan ekspresi Anda sehingga semua penonton dapat menafsirkan makna dari ekspresi tersebut.

Anda dapat memfilmkan diri Anda sendiri saat berbicara dan mengidentifikasi ekspresi wajah yang dibuat-buat atau tidak bersahabat yang Anda buat saat bercerita dan menggantinya dengan ekspresi yang lebih tulus dan dapat dipercaya.

Cobalah berlatih berbicara dengan wajah Anda untuk menunjukkan kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, dan keterkejutan. Wajah Anda harus mencerminkan emosi dalam cerita Anda.

4. Tingkah Laku

Tingkah laku adalah kebiasaan gugup yang dimiliki kebanyakan orang yang mengalihkan pesan Anda dan dapat membuat audiens merasa tidak nyaman. Itu adalah kunci bahasa tubuh yang percaya diri.

Kebiasaan umum yang mungkin tidak Anda sadari adalah mengutak-atik rambut atau pakaian, memasukkan tangan ke dalam saku, dan menggunakan kata-kata pengisi secara berlebihan seperti 'um', 'begitu', dan 'seperti'.

5. Pernapasan

Meskipun penonton tidak dapat melihat napas Anda, hal ini merupakan faktor penting dalam menggambarkan bahasa tubuh yang penuh percaya diri. Mempertahankan pernapasan yang lambat dan stabil dapat mengurangi tingkat stres dan mengurangi kemungkinan Anda kembali ke kebiasaan gugup, postur tubuh yang buruk, dan gerakan berlebihan.

Nafas yang santai dan dalam juga memastikan Anda berbicara dengan kecepatan yang tepat dan suara Anda dapat terdengar ke seluruh ruangan, yang dengan sendirinya akan membuat Anda merasa dan terdengar lebih percaya diri.

6. Suara

Ekspresi vokal Anda bersifat fisik sehingga bahasa tubuh Anda berpengaruh pada suara Anda dan dapat meningkatkan atau mengurangi pesan pidato Anda.

Albert Mehrabian menulis secara ekstensif tentang pentingnya pesan verbal dan non-verbal dan temuannya telah dikutip selama bertahun-tahun sebagai ' Aturan 7-38-55 '.

Pentingnya komunikasi verbal dan nonverbal:
7% – kata-kata
38% – nada
55% – bahasa tubuh

Saat Anda menggabungkan 3 elemen ini, audiens Anda akan lebih terlibat dan terhubung dengan Anda. Jadi jangan lupa bahwa bahasa tubuh Anda harus selalu mempertegas suara Anda dan menekankan pesan Anda.

7. Bergerak

Bergerak di sekitar panggung adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada audiens bahwa Anda yakin dengan apa yang Anda katakan dan melibatkan semua orang dalam percakapan. Menguasai ruang di sekitar Anda menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan, tentu saja, saat Anda melakukan presentasi, Andalah pemimpinnya.

Ketika Anda memiliki bahasa tubuh yang percaya diri, Anda akan menjadi lebih dinamis dan menarik untuk didengarkan dan audiens Anda tidak hanya akan lebih terlibat tetapi mereka juga akan lebih percaya pada pesan Anda.

8. Pose Kekuatan

Pada tahun 2011, psikolog sosial Amerika Amy Cuddy, Dana Carney, dan Andy Yap mengusulkan bahwa melakukan ' pose kekuasaan ' membuat orang merasa lebih berkuasa.

Teori mereka menunjukkan bahwa pose terbuka dapat meningkatkan kadar testosteron dan menurunkan kadar kortisol – misalnya. tingkatkan dominasi Anda dan turunkan stres Anda.

Jika Anda memiliki bahasa tubuh yang percaya diri dan berpura-pura merasa kuat, kemungkinan besar Anda akan benar-benar merasakannya! Dan, siapa yang tidak ingin merasa bertenaga di atas panggung?

Sebagian besar bahasa tubuh dan gerakan kita terjadi di bawah sadar sehingga sulit untuk melatih kembali diri kita dari kebiasaan yang telah kita lakukan selama bertahun-tahun. Namun, untuk menguasai seni public speaking Anda juga harus menguasai bahasa tubuh Anda juga.

Tentu saja, Anda tidak ingin mengalihkan perhatian Anda dari ucapan Anda dengan secara sadar memikirkan bagaimana Anda berdiri, di mana Anda melihat, dan apakah Anda bernapas dengan benar.

Jadi, seperti halnya keterampilan lainnya, latihan teratur adalah rahasia kesuksesan dan jalan tercepat menuju bahasa tubuh yang percaya diri.

Anda dapat mempraktikkan teknik-teknik di atas dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan yang mengakar dan Anda tidak perlu secara sadar memikirkan untuk melakukannya saat Anda berada di atas panggung.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

5 Metode Belajar Efektif agar Semakin Pintar

Jika Anda mencari cara terbaik untuk belajar, kami akan membantu Anda menemukan metode yang cocok untuk Anda dan mempelajari beberapa tiAda banyak metode belajar yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan efektivitas belajar Anda. Namun pada artikel kali ini, kami akan menyebutkan lima metode belajar aktif terbaik yang tidak hanya efektif tetapi juga mudah diterapkan sepanjang prosesnya.

5 Metode Belajar Efektif agar Semakin Pintar

POJOKNULIS.COM - Kita semua pernah mengalami saat-saat ketika belajar terasa terlalu sulit, atau kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk merevisi tetapi tidak dapat mengingat apa pun. Saat itulah biasanya kita mulai mencari tips dan metode belajar.

Kita sudah terlalu lama menggunakan metode belajar tradisional seperti membaca dan menyorot berkali-kali. Metode ini merupakan teknik belajar pasif karena mengandalkan informasi yang melewati otak Anda, dan merupakan metode ketinggalan jaman yang tidak seefektif teknik belajar aktif yang mengandalkan informasi untuk diserap sepotong demi sepotong di otak Anda.

Jika Anda mencari cara terbaik untuk belajar, kami akan membantu Anda menemukan metode yang cocok untuk Anda dan mempelajari beberapa tiAda banyak metode belajar yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan efektivitas belajar Anda.

Namun pada artikel kali ini, kami akan menyebutkan lima metode belajar aktif terbaik yang tidak hanya efektif tetapi juga mudah diterapkan sepanjang prosesnya.

1. Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang dirancang untuk membuat Anda lebih produktif dan fokus. Dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an, teknik ini melibatkan pembagian pekerjaan Anda menjadi beberapa interval waktu, biasanya berdurasi 25 menit, yang disebut "Pomodoros" yang dipisahkan dengan istirahat singkat.

Berikut adalah pembagian waktu metode Pomodoro:

  • 25 menit belajar
  • 5 menit istirahat

Ulangi selama 4 kali, lalu kamu dapat break panjang selama 15 sampai 20 menit.

Salah satu cara Teknik Pomodoro meningkatkan keterampilan belajar Anda adalah dengan mengurangi gangguan. Saat Anda menyetel pengatur waktu, Anda mendedikasikan waktu itu untuk fokus pada studi Anda. Ini membantu Anda melawan godaan ponsel, email, dan gangguan lain yang kita lawan di dunia modern.

2. Sistem Leitner

Sistem Leitner merupakan metode belajar yang diciptakan oleh seorang psikolog Jerman bernama Sebastian Leitner pada tahun 1970-an. Metode ini didasarkan pada prinsip pengulangan secara berkala , yang berarti bahwa pembelajaran akan lebih efektif bila diberi jarak waktu daripada menggabungkan semuanya menjadi satu sesi.

Sistem Leitner menggunakan kartu flash sebagai alat untuk belajar. Anda mengatur kartu flash Anda ke dalam kotak-kotak, dengan kotak pertama berisi kartu-kartu baru yang belum Anda hafal. Saat kartu ditinjau dan Anda menjawab dengan benar, kartu tersebut dipindahkan ke kotak berikutnya. Kartu yang jawabannya salah dipindahkan kembali ke kotak pertama.

3. Teknik Feynman

Teknik Feynman adalah metode studi yang dinamai Richard Feynman, seorang fisikawan pemenang Hadiah Nobel yang terkenal karena karyanya di bidang sains dan matematika, serta kemampuannya yang luar biasa untuk menyederhanakan istilah-istilah kompleks.

Teknik ini melibatkan pemecahan suatu konsep menjadi komponen-komponen sederhana dan kemudian menjelaskannya dengan kata-kata Anda sendiri seolah-olah Anda sedang mengajarkannya kepada orang lain.

Dasar penggunaan Teknik Feynman adalah dengan mengambil materi Anda, merangkumnya dengan kata-kata Anda sendiri, dan kemudian mencoba menjelaskan topik tersebut dengan cara yang bahkan dapat dipahami oleh seorang anak kecil.

Mampu menjelaskan ide-ide kompleks dalam istilah sederhana adalah keterampilan yang sulit untuk dikerjakan, dan ini menguji pengetahuan Anda dengan memaksa Anda memahami topik dengan cukup baik untuk dapat mengajarkannya.

4. Elaborasi

Elaborasi adalah metode belajar yang melibatkan penambahan detail ekstra pada materi yang Anda coba pelajari untuk meningkatkan pemahaman dan retensi Anda dengan konteks yang lebih baik.

Ini dikembangkan oleh Charles Reigeluth pada tahun 1970an, yang percaya bahwa dengan menambahkan lebih banyak informasi pada fakta dasar, siswa akan mampu menyimpan informasi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mulailah dengan mengambil informasi yang ingin Anda pelajari dan menambahkan detail tambahan ke dalamnya. Misalnya, jika Anda mempelajari peristiwa sejarah tertentu, Anda dapat menambahkan rincian tentang individu yang terlibat, konteks sosial dan politik pada saat itu, dan dampak peristiwa tersebut terhadap masyarakat.

Mengaitkan materi dengan pengalaman Anda sendiri juga merupakan teknik yang berguna ketika menerapkan teknik studi elaborasi. Kenangan dan pengalaman Anda sendiri dapat digunakan sebagai alat yang ampuh.

5. Interleaving

Interleaving adalah teknik belajar yang melibatkan pencampuran berbagai jenis soal atau topik selama sesi latihan, daripada mempraktikkan satu jenis soal atau topik pada satu waktu. Teknik ini didasarkan pada gagasan bahwa mengubah materi dan topik pelajaran akan memudahkan otak dalam membedakan berbagai jenis informasi.

Konsep interleaving telah ada selama beberapa dekade, dan pertama kali diusulkan dalam konteks pembelajaran motorik. Baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa interleaving juga efektif dalam lingkungan akademis, khususnya matematika dan sains.

Setiap metode memiliki keunggulan uniknya dan dapat membantu Anda meningkatkan prestasi akademis Anda dengan cara yang berbeda. Namun, perlu diingat juga bahwa apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain. Jadi, tentukan metode belajar yang tepat sesuai dengan pilihanmu.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Simak Pentingnya Sunscreen Bagi Kesehatan Kulit

Terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah. Penggunaan sunscreen merupakan hal yang wajib terutama di negara tropis seperti Indonesia. Kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen dapat mengalami berbagai masalah. Mulai dari kulit menjadi merah, kering, kusam, belang, mengelupas, dan terasa perih.

Simak Pentingnya Sunscreen Bagi Kesehatan Kulit

POJOKNULIS.COM - Penggunaan sunscreen merupakan hal yang wajib terutama di negara tropis seperti Indonesia. Penggunaan sunscreen digunakan untuk mendpatkan kulit cerah dan terawat.

Terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah. Kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen dapat mengalami berbagai masalah. Mulai dari kulit menjadi merah, kering, kusam, belang, mengelupas, dan terasa perih.

Maka dari itu, untuk meminimalisir bahaya dari paparran sinar matahari, penggunaan sunscreen wajib dilakukan. Selain memberikan perlindungan dari sinar mahatari, sunscreen juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Cegah Kangker Kulit

Manfaat utama sunscreen yaitu untuk mencegah kangker kulit. Penggunaan sunscreen sebagai rutinitas harian berguna untuk melindungi kulit dari penyakit ini.

Radiasi sinar UVB menyebabkan kerusakan DNA pada sel kulit, kerusakan ini berisiko menimbulkan penyakit kangker kulit. Oleh karena itu, sunscreen tidak hanya digunakan saat matahari sedang terik, melainkan setiap saat dan disegala kondisi cuaca.

Disarankan menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 yang dioleskan berkali-kali dalam satu hari. Saat melakukan aktivitas outdoor suncreen wajib diolesi kembali setiap 2 jam.

2. Cegah Penuaan Dini

Jika kulit terkena paparan matahari terus-menerus dapat menyebabkan penuaan dini seperti timbulnya garis-garis halus dan munculnya noda hitam. Selain itu, akan timbul masalah-masalah kulit seperti kulit kering, kasar, garis halus, dan kerutan pada wajah.

Maka dari itu, untuk mendapatkan kulit yang sehat, kenyal, dan awet muda penggunaan sunscreen diwajibkan nih!

3. Melindungi Kulit saat Berjemur

Berjemur di bawah matahari atau melakukan aktivitas outdoor banyak dilakukan oleh sebagian orang. Aktivitas ini sering kali menyebabkan sunburn atau kulit terbakar yang ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit.

Tak jarang sunburn menimbulkan sensasi perih. Mungkin juga menimbulkan flek-flek hitam pada wajah dan menyebabkan kulit menjadi belang dan warna kulit tidak merata. Menggunakan sunscreen dengan SPF yang tepat dan mengaplikasikannya secara teratur dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko hiperpigmentasi serta menjaga kulit agar tetap sehat dan merata.

4. Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Kulit yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus tanpa penggunaan sunscreen dapat mengakibatkan munculnya masalah hiperpigmentasi atau warna kulit tidak merata. Sunscreen dapat digunakan untuk mempertahankan warna kulit agar tetap merata.

Untuk menggunakan sunscreen, cukup oleskan secara merata ke seluruh area wajah. Biarkan beberapa menit agar meresap dengan sempurna sebelum Anda menggunakan makeup atau beraktivitas di luar ruangan.

Semoga dengan menyadari manfaat atau fungsi sunscreen seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu tidak akan lagi mengabaikan produk perawatan kulit yang satu ini.

Dengan penggunaan yang teratur, tentunya Anda akan merasakan perubahan positif pada kulit wajah Anda, yang menjadi lebih cerah dan terawat.

Selain itu, penggunaan topi, pakaian, dan perisai fisik lainnya juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories