5 Kiat Cara Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

POJOKNULIS.COM - Dalam bekerja, seringkali kita memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan dalam satu hari. Dan tidak setiap pekerjaan itu bisa kita eksekusi dengan baik.

Kesulitan dalam memanajemen waktu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kita tidak bisa menyelesaikan tugas-tugas kita. Solusinya bisa 2 macam, yaitu bekerja lebih keras atau bekerja lebih cerdas.

Sebagian pekerja melakukan lembur hingga malam demi menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Hal ini menyebabkan kelelahan fisik dan mental serta kurangnya waktu dengan keluarga.

Di sisi lain, ada pula pekerja yang kurang produktif karena dalam sehari lebih banyak menghabiskan waktu untuk istirahat, nongkrong ataupun bermain sosial media. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya performa pekerjaan atau bahkan mengurangi pendapatan.

Menjadi lebih produktif bukan sesuatu yang bisa diraih dengan instan, tetapi memerlukan lebih banyak perencanaan dalam mengatur waktu bekerja.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja:

1. Berhenti Bekerja dengan Multitasking

Sebagian orang melakukan beberapa pekerjaan sekaligus karena menganggap itu adalah hal mudah. Namun kenyataannya tidak semudah itu. Kita membodohi diri sendiri jika berpikir bisa dengan mudah menerima telepon, membuat presentasi dan makan siang sekaligus.

Fokus untuk mengerjakan satu tugas sampai selesai akan membuatnya lebih cepat selesai.

2. Istirahat Sejenak

Sebagian orang berpikir dapat menyelesaikan tugas lebih banyak apabila bekerja lebih lama. Namun kita tidak bisa bekerja dengan baik apabila tubuh kita kelelahan. Menurut studi, istirahat sejenak saat bekerja dapat membantu lebih berkonsentrasi dan meningkatkan motivasi.

Sempatkan waktu 5 menit untuk berjalan di sekitar kantor atau 15 menit untuk menyeruput kopi.

3. Buat Tujuan Kecil

Terkadang jika kita terfokus pada tujuan yang besar, kita akan lebih mudah terkena stres. Tetapi jika kita membagi tujuan itu menjadi beberapa tugas-tugas kecil dapat membuat kita dapat mengontrol apa yang harus kita kerjakan dan membuat kita lebih produktif.

Dengan membagi tujuan besar menjadi tugas-tugas kecil membuat kita lebih on-track dan lebih siap dalam menghapi projek-projek besar selanjutnya.

4. Prioritaskan Tugas yang Lebih Besar

Terkadang kita menunda-nunda suatu tugas sulit di kemudian hari, hingga pada saatnya tugas itu harus diselesaikan kita terlalu lelah untuk mengerjakannya. Hal ini yang kemudian menjadikan pekerjaan berlarut-larut dan mengurangi produktivitas.

Memahami kapan dan bagaimana suatu tugas harus dikerjakan adalah kunci suatu pekerjaan besar bisa terselesaikan.

5. Terapkan “Aturan 2 Menit”

Menurut salah satu wirausahawan, Steve Olenski, jika ada tugas yang bisa diselesaikan dalam dua menit atau kurang maka segera kerjakan tugas tersebut. Hal ini menurutnya akan menghemat waktu kita.

Aspek lain dari aturan dua menit adalah bahwa tujuan atau kebiasaan apa pun dapat dimulai dalam waktu kurang dari dua menit.

Hal ini bukan berarti anda dapat menyelesaikan setiap tugas dalam 120 detik, tetapi memulai tujuan baru adalah langkah pertama untuk mencapainya!

Tidak setiap hari bisa kita jalani dengan produktif sempurna, jadi tidak perlu menyalahkan diri sendiri karenanya.

Alih-alih, fokuskan kembali energi anda dan cobalah beberapa tips di atas untuk bekerja lebih produktif.

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya
1 Feb 2024 Meyra Widya Pangestika
7 Apr 2024 Hafid Syafarudin Afattah