Fungsi Smartwatch Untuk Memantau Kesehatan, Bukan Hanya Penunjuk Waktu

POJOKNULIS.COM - Teknologi terus berkembang dan tidak akan ada matinya. Dari tahun ke tahun teknologi selalu membawa berbagai ide untuk berinovasi guna mendorong kemudahan kegiatan manusia atau hanya mendobrak trend fashion masa kini.

Tidak hanya berhenti pada gawai pintar atau smartphone saja, namun dewasa ini telah hadir perangkat baru yang lebih simple untuk menunjang mobilitas manusia, yaitu smartwatch. Dengan berbagai fitur canggih, menjadikan perangkat baru ini memikat insan teknologi yang mencari prinsip useful guna memudahkan aktivitasnya.

Smartwatch memiliki fungsi utama sebagai penunjuk waktu. Akan tetapi tidak hanya sebatas penunjuk waktu saja, melainkan dapat menjadi device pendukung untuk memantau kesehatan tubuh penggunanya. 

Nah untuk lebih jelasnya, tim pojoknulis telah merangkum ulasan tentang fungsi smartwatch lainnya. Berikut beberapa fungsi smartwatch yang perlu Anda ketahui:

Memantau Tingkat Stres

Fungsi lain dari smartwatch yang pertama adalah untuk memantau tingkat stres. Smartwatch dibekali fitur yang luar biasa yaitu fitur stress level yang berguna untuk menjaga tingkat stres penggunanya. 

Tingkat stres dapat dideteksi oleh smartwatch dari detak jantung dan tanda-tanda vital lainnya. Dengan fitur ini, Anda dapat menjaga tingkat stres dan menghindari penyebab stres dalam diri Anda.

Mendeteksi Tekanan Darah, Detak Jantung dan Kadar Oksigen Darah

Smartwatch memiliki fungsi lain dalam menjaga kesehatan Anda. Fungsi yang sangat hebat untuk menunjang kesehatan adalah fitur blood pressure monitor. Fitur itu memungkinkan Anda untuk memantau tekanan darah secara mudah tanpa perlu mendatangi klinik.

Selain itu dapat smartwatch memiliki fitur untuk menghitung detak jantung. Fitur heart rate dapat memonitori detak jantung secara berkala. Ditambah fitur pulse oximeter untuk memonitori saturasi oksigen dalam darah.

Mencatat Rute Olahraga Terbaik

Teknologi diciptakan memang untuk memudahkan kegiatan manusia. Seperti smartwatch yang bisa mencari rute terbaik untuk berolahraga sepeda atau berlari. Fitur ini dapat mencatat rute alternatif terbaik untuk Anda melakukan aktivitas bersepeda dan jogging yang lebih baik.

Menghitung Asupan Kalori

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, tentunya fitur satu ini dapat membantu Anda. Sejumlah smartwatch sudah dilengkapi dengan fitur untuk menghitung asupan kalori dan seberapa banyak kalori sudah terbakar dalam tubuh.

Asupan kalori dari makanan yang Anda konsumsi tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Jika terlalu banyak mengonsumsi kalori tentunya akan mengakibatkan penyakit datang.

Mengatur Pola Tidur

Pola tidur juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Aktivitas yang padat biasanya menjadikan pola tidur manusia tidak teratur. Pola tidur yang berantakan akan menyebabkan penyakit bagi tubuh di masa mendatang.

Smartwatch merupakan teknologi yang dapat membantu penggunanya untuk mendapatkan pola tidur yang baik. Fitur Sleep Monitoring dapat memberikan saran dalam memperbaiki pola tidur dengan baik.

Itulah beberapa fungsi smartwatch selan untuk menunjukan waktu bagi penggunanya. Ketika Anda menggunakan smartwatch sudah pasti Anda menjadi lebih stylish bagi penampilan Anda. Semoga ulsan ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih untuk Anda.

Baca Juga
Tentang Penulis