Ini Dia 5 Negara yang Tidak Memungut Pajak Penghasilan Warganya

POJOKNULIS.COM - Kebanyakan negara di dunia menerapkan pajak sebagai salah satu sumber penghasilan negara, salah satunya Indonesia. Namun tahukah anda ? tidak semua negara di dunia menggantungkan pendapatan negaranya pada pajak penghasilan.

Negara-negara berikut ini tidak memungut pajak penghasilan dari warganya. Namun jangan salah sangka terlebih dulu, karena pajak lain selain penghasilan tetap ada yang harus dibayarkan. Misalnya pajak tanah, pajak properti, bahkan biaya izin tinggal bagi turis asing yang cukup mahal.

Berikut 5 negara yang tidak memungut pajak penghasilan ke warganya:

1. Uni Emirat Arab

Salah satu negara yang tidak memungut pajak penghasilan di timur tengah adalah Uni Emirat Arab (UEA). Hal ini dikarenakan Uni Emirat Arab memiliki keadaan ekonomi yang stabil dan juga terus berkembang pesat. Lingkungan di Uni Emirat Arab juga lebih multikultural dibandingan dengan negara-negara di Timur Tengah lainnya.

2. Bahama

Bahama merupakan negara kepulauan perairan laut dangkal. Negara ini terletak di Samudera Atlantik, tepatnya di tepi area Segitiga Bermuda.

Meskipun menjadi negara kepulauan yang tidak memungut pajak penghasilan kepada warganya, namun ada biaya khusus untuk pajak properti dan barang-barang impor. Memiliki keindahan pantai yang menakjubkan dengan kondisi ekonomi yang terus berkembang menjadikan Bahama salah satu negara paling layak huni.

Bagi orang asing yang ingin mendirikan rumah hunian kedua di Bahama tidak terlalu sulit, asalkan memillki uang yang cukup. Dengan membayar 1.000 US Dollar, kita bisa mendapatkan izin tinggal sementara dari kantor imigrasi dan dapat diperpanjang tiap tahunnya.

Namun, harga properti di Bahama tidaklah murah. Jika ingin membeli properti untuk tinggal di sana dalam waktu panjang, setidaknya kita perlu dana sebesar 250.000 US Dollar.

3. Bermuda

Sebagai negara yang relatif terisolasi, Bermuda menjadi salah satu tempat tinggal paling mahal di dunia barat. Meskipun tidak memungut pajak penghasilan pribadi, tetapi Bermuda memungut pajak gaji kepada majikan dan pajak tanah kepada pemilik rumah dan penyewa dalam jangka panjang.

Dengan jalan raya dan transportasi umum yang sangat baik, menjadikan Bermuda jauh lebih berkembang daripada kebanyak negara di kepulauan Karibia. Bermuda juga dianggap sebagai salah satu negara paling indah dan menyenangkan di Karibia karena memiliki pantai pasir merah muda yang terkenal hingga restoran kelas atas.

4. Monako

Monako terletak di French Rivera dan terkenal dengan ajak Grand Prix Monaco yang menjadi salah satu liburan favorit bagi para orang kaya. Negara ini juga terdapat banyak apartemen dengan harga lebih dari 10.000 US Dollar per malamnya. Memiliki ukuran wilayah yang tidak lebih besar daripada Vatikan, Monako tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia.

Meskipun Monako menjadi salah satu negara yang tidak menerapkan pajak penghasilan, namun sangatlah sulit untuk mendapatkan izin tinggal di sana. Perlu membayar 500.000 Euro untuk mendapatkan izin tinggal kurang lebih 3 bulan.

5. Andorra

Negara Andorra terletak di pegunungan Pyreness, yaitu di antara Prancis dan Spanyol. Andorra yang berlokasi di pegunungan menjadi salah satu tempat yang indah bagi para pendaki dan pemain ski.

Andorra awalnya dikenal sebagai negara indah yang tidak memberlakukan pajak penghasilan pribadi. Sampai akhirnya pada tahun 2015, pemerintah setempat mengenakan tarif pajak yang dibatasi 10% per individu. Dari pajak ini menghasilkan lebih dari 40.000 Euro setiap tahunnya. Namun jika kita bandingkan dengan negara lain, Pajak penghasilan di negara ini termasuk rendah.

Itulah negara-negara yang tidak memungut pajak penghasilan kepada warganya. Meskipun demikian, tentu negara-negara tersebut memiliki kondisi dan budaya yang berbeda dengan Indonesia.

Oleh karena itu, selama kita masih berstatus warga Indonesia yang baik maka perlu untuk membayar pajak demi membangun negara ini menjadi lebih maju, adil dan makmur. (*)

Baca Juga
Tentang Penulis