LDR Bikin Overthinking? Terapkan Manajemen Stres Berikut Ini Agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis

manajemen stres hubungan jarak jauh ldr

POJOKNULIS.COM – Manajemen stres adalah kemampuan mengolah emosi atau stres yang timbul dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap hari manusia pasti akan menghadapi masalah baik dari diri sendiri maupun dengan orang lain. Hal ini tentunya membuat manusia sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, akan selalu dihadapkan dengan permasalahan setiap harinya. Itu yang menyebabkan pentingnya kemampuan kita untuk memiliki kemampuan manajemen stres agar tidak mengganggu atau menghambat aktifitas kita.

Persoalan atau permasalahan yang sering kita alami adalah dengan pasangan kita sendiri. Ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu munculnya masalah dengan pasangan yaitu, kurang perhatian, posesif, overthinking, dan gangguan komunikasi jarak jauh.

Keberadaan pasangan yang jauh dari jangkauan kita karena tuntutan pekerjaan membuat komunikasi sangat penting dilakukan. Setidaknya memberikan kabar ketika ada waktu istirahat sudah mampu mengobati rasa kangen terhadap pasangan.

Selain komunikasi, rasa percaya juga perlu ditanamkan dalam diri pasangan masing-masing. Hubungan jarak jauh seringkali memunculkan konflik karena timbulnya rasa curiga yang berlebihan. Tidak jarang perasanan curiga menjadi penyebab hubungan jarak jauh tidak bertahan lama. Hal ini tentunya membuat manajemen stres penting untuk dilakukan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara menerapkan manajemen stress bagi hubungan jarak jauh:

kiat manajemen stres ldr hubungan jarak jauh

1. Mendekatkan diri pada Tuhan

Mendekatkan diri dengan berdoa dan berserah kepada yang maha kuasa atas segala permasalahan yang sedang dihadapi. Manusia memiliki fitrah memerlukan kebutuhan spiritual beribadah kepada tuhan agar tercipta kedamaian, keharmonisan dan keselarasan.

Setelah beribadah biasanya kita akan merasa jauh lebih rileks dan tenang serta ikhlas atas apapun nanti yang terjadi kepada pasangan kita. Beribadah mampu menumbuhkan rasa yakin bahwa pasangan kita selalu dilindungi oleh yang kuasa.

2. Bekerja dengan porsi wajar

Memenuhi kebutuhan materi untuk keluarga terutama pasangan memang penting. Tapi tak hanya itu, kebutuhan batin juga diperlukan agar bisa selaras antar keduanya.

Luangkan waktu untuk pasangan kita dengan ngobrol, jalan-jalan, nonton bioskop, atau mengunjungi tempat penuh kenangan yang dulu pernah dilewati bersama. Hal ini bisa memperbaiki kualitas hubungan agar tidak merasa bosan dan jenuh selama menjalani relationship

3. Sharing (berbagi)

Jika hubungan sedang mengalami masalah, salah satu caranya adalah dengan sharing/berbagi cerita. Pasangan kita adalah manusia biasa yang tentunya memiliki perasaan. Sebagai pasangan yang baik harus bisa saling terbuka dan bisa menjadi tempat sharing yang baik untuk pasanganya. Dengan sharing/berbagi kita mampu mengeluarkan sedikit beban yang tengah dihadapi.

4. Mengatur perencanaan yang baik

Membuat list kegiatan yang harus dilakukan dirumah. Aktifitas pertama yang bisa dilakukan adalah mandi dan bersih-bersih. Mengatur rencana yang baik membuat waktu yang dimiliki bisa lebih produktif. Dengan memiliki perencanaan setiap harinya kita akan terhindar dari rasa cemburu dan curiga yang berlebihan terhadap pasangan.

5. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan bisa dimulai dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga. Olahraga membuat badan menjadi lebih fit dan sehat. Memiliki tubuh yang sehat tentunya membuat otak mampu berpikir positif.

Tips berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanajemen stres.

Kunci dari berhasilnya hubungan jarak jauh sebetulnya terletak pada komunikasi. Frekeunsi komunikasi untuk pasangan jarak jauh biasanya lebih sering dilakukan daripada bertemu dengan pasangan secara sering.

Rasa kangen yang muncul karena jarak yang berjauhan bisa menambah keharmonisan ketika waktunya bertemu bersama. Hubungan jarak jauh bisa berhasil jika antar keduanya mampu mengolah emosi atau manajemen stres dengan baik. (*)

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya
27 Mar 2024 Isliantio Saputra Ramadhani
25 Feb 2023 Rahul Trinyana Pamenang