Pilihan Takjil untuk Buka Puasa yang Manis dan Segar! Paling Suka yang Mana?

POJOKNULIS.COM - Tak terasa akhirnya kita berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan dimana makanan dan minumannya selalu menarik untuk dicoba. Salah satu makanan dan minuman yang tak boleh kita lewatkan saat Ramadhan adalah kolak hingga es kuwut yang segar.

Kuliner berikut akan tersedia dengan jumlah yang banyak dan ada dimana-mana saat bulan puasa. Makanan khas puasa atau yang lebih dikenal dengan sebutan takjil ini selalu identik dengan makanan manis yang mampu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Berikut adalah rekomendasi takjil buka puasa yang manis dan segar cocok untuk buka puasa.

Kolak

Makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi kita saat bulan puasa. Kolak menjadi makanan khas saat puasa yang tak boleh ketinggalan saat berbuka. Hidangan yang satu ini merupakan ikon saat bulan Ramadhan sehingga tak lengkap rasanya jika puasa tak menyantap kolak.

Membuat kolak sendiri diperlukan beberapa bahan yang simpel seperti pisang, ubi, kolang-kaling, dan singkong. Cara membuat kolak cukup mudah dengan merebus gula merah, gula pasir, santan, serta daun pandan. Saat mendidih, masukan bahan-bahan kolak sesuai selera dan masak hingga matang dan tekstur air kolak sedikit mengental. 

Kolak sangat cocok dinikmati saat berbuka dan disantap selagi hangat untuk menambah energi.

Es Timun Suri

Minuman yang menyegarkan satu ini sangat cocok dinikmati ketika berbuka puasa. Timun suri memiliki tekstur yang lembut dan beraroma harum serta lezat saat dimakan. Tak heran jika es timun suri ini dinikmati oleh banyak orang saat bulan Ramadhan.

Cara membuat es timun suri tergolong mudah cukup dengan mengambil daging buah timun suri dengan sendok lalu campurkan dengan es dan sirup. Kita bisa menambahkan buah-buahan seperti melon dan blewah untuk menambah kesegaran es timun suri.

Es Pisang Ijo

Rasa manis dan segar serta bentuknya yang unik membuat es pisang ijo menarik untuk dinikmati saat berbuka puasa. Cita rasa manis makanan khas makasar ini kerap menjadi menu favorit saat Ramadhan. 

Membuat es pisang ijo sedikit membutuhkan usaha yang lebih dengan menyiapkan tepung beras, garam, daun suji, dan pewarna hijau makanan lalu dimasak dengan api kecil sambil diaduk perlahan. Selanjutnya masukan tepung sagu, dan aduk hingga rata dan tekstur kalis. Balut pisang dengan adonan rebusan hingga terapung, dan kukus selama 20 menit.

Dan yang terakhir, potong-potong adonan yang telah dikukus dan sajikan dengan sirup, es, susu kental manis, dan saus yang terbuat dari campuran santan, terigu, daun pandan, gula pasir yang dimasak hingga kental.

Sop Buah

Meski minuman yang satu ini juga tersedia saat hari-hari biasa, namun nyatanya sop buah sering dicari untuk menjadi menu andalan berbuka puasa. Sensasi segar potongan buah dengan campuran manis dari sirup dan es batu yang menyegarkan membuat sop buah terasa lebih nikmat.

Membuat sop buah bisa kita praktekan sendiri dirumah dengan menyiapkan bahan seperti melon, apel, nanas, alpukat, dan biji chia seed. Selanjutnya semua bahan dicampurkan dengan air es dan sirup serta susu kental manis untuk menambah cita rasa kelezatan sop buah.

Rasa manis dan segar dari sop buah sangat nikmat disantap ketika berbuka puasa untuk menghilangkan haus dahaga saat puasa seharian.

Es Kuwut

Rekomendasi terakhir untuk menu berbuka puasa kali ini adalah es kuwut. Terbuat dari irisan melon yang dicampurkan biji selasih lalu ditambahkan dengan perasan jeruk nipis dan sirup melon serta air es. Membuat es kuwut menjadi minuman lezat serta simpel dan gampang dibuat.

Es kuwut sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa bagi penderita asam lambung yang sensitif dengan santan yang biasanya terdapat pada sop buah. Menikmati es kuwut saat berbuka mampu memberikan kesegaran setelah puasa selama sehari penuh. Selamat menantikan berbuka puasa yaa! (*)

Baca Juga
Tentang Penulis