Perkembangan Trend Bahasa Gaul yang Tercipta dari Media Sosial

Perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat berpengaruh besar terhadap perubahan sosial. Terutama pada teknologi informasi digital yang sekarang ini bisa disebut sebagai kebutuhan pokok manusia. Kenapa bisa disebut sebagai kebutuhan pokok?

Perkembangan Trend Bahasa Gaul yang Tercipta dari Media Sosial

POJOKNULIS.COM - Perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat berpengaruh besar terhadap perubahan sosial. Terutama pada teknologi informasi digital yang sekarang ini bisa disebut sebagai kebutuhan pokok manusia.

Kenapa bisa disebut sebagai kebutuhan pokok? Karena setiap detik atau menitnya banyak berita-berita yang dapat di akses dengan praktis dan cepat.

Berita atau informasi tersebut bisa di dapatkan melalui teknologi informasi digital yang biasa kita sebut sebagai media sosial. Media sosial ini merupakan sebuah wadah untuk mengemas suatu berita atau informasi yang nantinya akan di sajikan bisa untuk khalayak umum atau bisa juga hanya untuk orang-orang terpilih yang dapat melihat informasi tersebut.

Di dalam Media sosial kita dapat mengemas sebuah berita dengan cara membuat video, foto, atau bahkan hanya sebuah tulisan. Bahkan ada sebuah fitur yang dapat di gunakan untuk mengkritik postingan yang di unggah yaitu fitur komentar.

Konsumen berita dapat dengan bebas menilai konten-konten yang di sajikan tetapi dengan memperhatikan nilai sopan dan santun. Akan tetapi tak jarang netizen memberikan komentar yg menusuk di hati.

Disisi lain komentar yang bersifat negatif bisa di jadikan sebuah motivasi untuk bangkit dari keterpurukan, bahkan bisa di jadikan saran terhadap perilaku kita dalam membuat sebuah konten.

Dari konten-konten yang ada menimbulkan sebuah perubahan sosial seperti perubahan dalam penggunaan bahasa.

Bahasa menjadi satu unsur yang di gunakan oleh individu atau kelompok masyarakat untuk berkomunikasi. Bahasa bisa di gunakan untuk melihat sisi pribadi dari individu atau kelompok masyarakat.

Penggunaan bahasa yang baik menunjukkan bahwa individu memiliki latar belakang yang terstruktur, sedangkan yang menggunakan bahasa tidak sesuai dengan kaidah menandakan bahwa individu kurang mendapatkan edukasi tentang bahasa.

Penempatan penggunaan bahasa sangatlah penting. Ketika kita sedang dalam situasi formal maka gunakanlah bahasa yang dapat menimbulkan kesan sopan.

Dan sebaliknya, ketika sedang dalam kondisi santai bisa menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku, tetapi bukan berarti menggunakan bahasa yang kurang sopan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, selain teknologi yang terus mengalami perkembangan, bahasa pun ikut mengalami perkembangan.

Di media sosial sekarang ini kemunculan bahasa-bahasa baru atau biasa disebut dengan bahasa gaul sedang marak terjadi.

Salah satunya dalam aplikasi tiktok, banyak sekali bahasa gaul yang bermunculan. Baik itu di dalam konten yang berbentuk video atau foto, atau bisa juga bahasa gaul tersebut di tunjukan di sebuah kolom komentar, yang biasanya untuk mengomentari suatu postingan.

Bahasa gaul itu bisa muncul karena suatu singkatan dari kalimat aslinya, atau bisa juga di ambil dari bahasa asing lalu disingkat agar lebih praktis dalam pengucapannya. Salah satu contoh bahasa gaul yang sedang viral di tiktok yaitu “FOMO”.

FOMO merupakan kata singkatan yang di ambil dari bahasa inggris yang memiliki kepanjangan “Fear Of Missing Out” yang dalam bahasa indonesia di artikan sebagai “Takut Ketinggalan”.

Takut tertinggal disini memiliki arti tertingal informasi yang sedang viral di media sosial. Biasanya kata fomo muncul di tiktok ketika ada selebgram atau content creator yang membuat postingan yang selalu mengikuti trend agar masyarakat yang mengonsumsi konten tersebut menganggap si pembuat konten ini selalu update atau selalu mengikuti apa saja yang terjadi di tiktok.

Contoh simpelnya, ada seorang selebgram yang membuat konten kue love atau hati yang di tusuk lalu mengeluarkan cairan merah seperti darah. Hal ini terinspirasi dari video clip lagu Blank Space yang di nyanyikan oleh Taylor Swift.

Contoh di atas ketika selebgram hanya mengikuti satu trend yang viral belum bisa di sebut fomo. Tetapi ketika selebgram selalu mengikuti semua trend yang sedang viral baru bisa disebut bahwa selebgram tersebut fomo.

Sifat fomo tersebut bisa di maknai sebagai suatu hal yang negatif bisa juga sebagai suatu hal yang positif.

Fomo ini dapat disebut negatif ketika sifat ini sudah menganggu orang lain. Selain itu trend-trend yang di ikuti pun dapat menjadi penilaian apakah fomonya itu negatif atau positif. Ketika ia mengikuti trend yang negatif maka fomo nya itu negatif dan sebaliknya.

Tidak sedikit pengguna tiktok yang menggunakan kata fomo. Bahkan ada yang membuat parodi tentang sifat fomo. Seakan-akan konten yang di buat memperagakan bagaimana orang yang memiliki sifat fomo.

Hal ini sangat berpengaruh pada ragam bahasa. Semakin banyak kata yang tercipta, bisa membuat individu atau kelompok masyarakat kebingungan dalam menentukan kata yang akan dia ucapkan.

Memang praktis dalam penyampaiannya, tetapi jika tidak digunakan dengan bijak maka akan menimbulkan hal buruk. Hal buruk yang biasanya terjadi lunturnya bahasa nasional atau bahasa negara.

Sangat sulit sekarang ini melestarikan bahasa-bahasa baku atau bahasa daerah. Sudah banyak percampuran bahasa antara bahasa nasional, bahasa baku dan bahasa gaul. Hal tersebut dapat sangat mempengaruhi perubahan sosial.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Daftar Penyakit yang Tidak Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda dapat menikmati berbagai manfaat kesehatan, baik medis maupun non-medis, sesuai dengan hak kelas rawat yang dipilih.

Daftar Penyakit yang Tidak Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan

POJOKNULIS.COM - Mengalami musibah sakit memang bukanlah hal yang bisa diperkirakan dan disangka akan terjadi.

Akibatnya, harus mengeluarkan biaya untuk melakukan pengobatan bahkan tak jarang pula nominalnya cukup besar.

Namun, hal itu bukan menjadi kekhawatiran seperti sekarang karena sudah ada BPJS Kesehatan yang merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan, baik medis maupun non-medis, sesuai dengan hak kelas rawat yang dipilih.

Namun, tidak semua penyakit atau layanan kesehatan dapat dicover atau ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ada beberapa keluhan dengan kesehatan yang memang biayanya tidak bisa dicover karena tidak sesuai dengan ketentuan.

Ada beberapa jenis penyakit atau layanan kesehatan yang dianggap tidak perlu, tidak sesuai, atau tidak efektif untuk ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Berikut ini adalah daftar penyakit atau layanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan:

  1. Penyakit yang berupa wabah atau kejadian luar biasa, seperti pandemi, bencana alam, atau perang.
  2. Perawatan yang berhubungan dengan kecantikan dan estetika, seperti operasi plastik, liposuction, atau bleaching gigi.
  3. Perataan gigi atau ortodonsi, kecuali untuk mengatasi gangguan fungsi rahang atau mulut yang berat.
  4. Penyakit akibat tindak pidana, seperti penganiayaan, kekerasan seksual, atau penyalahgunaan narkoba.
  5. Penyakit atau cedera akibat sengaja menyakiti diri sendiri atau usaha bunuh diri.
  6. Penyakit akibat konsumsi alkohol atau ketergantungan obat, kecuali untuk rehabilitasi medis.
  7. Pengobatan mandul atau infertilitas, termasuk inseminasi buatan atau bayi tabung.
  8. Penyakit atau cedera akibat kejadian yang tidak bisa dicegah, seperti tawuran, terorisme, atau demonstrasi.
  9. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri, kecuali dalam kondisi darurat dan mendapat persetujuan dari BPJS Kesehatan.
  10. Pengobatan dan tindakan medis yang dikategorikan sebagai percobaan atau eksperimen, seperti terapi gen, terapi sel induk, atau terapi nano.
  11. Pengobatan komplementer, alternatif, dan tradisional yang belum dinyatakan efektif berdasarkan penilaian teknologi kesehatan, seperti akupunktur, pijat, atau jamu.
  12. Alat kontrasepsi, seperti pil KB, kondom, atau spiral.
  13. Perbekalan kesehatan rumah tangga, seperti obat flu, obat luka, atau vitamin.
  14. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, seperti rujukan atas permintaan sendiri, pelayanan kesehatan tanpa indikasi medis, atau pelayanan kesehatan yang melanggar etika profesi.
  15. Pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kecuali dalam keadaan darurat dan mendapat persetujuan dari BPJS Kesehatan.
  16. Pelayanan kesehatan terhadap penyakit atau cedera akibat kecelakaan kerja atau hubungan kerja yang telah dijamin oleh program jaminan kecelakaan kerja atau menjadi tanggungan pemberi kerja.
  17. Pelayanan kesehatan yang dijamin oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas yang bersifat wajib sampai nilai yang ditanggung oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas sesuai hak kelas rawat peserta.
  18. Pelayanan kesehatan tertentu yang berkaitan dengan Kementerian Pertahanan, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polri.
  19. Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dalam rangka bakti sosial
  20. Pelayanan kesehatan yang sudah ditanggung oleh program lain
  21. Pelayanan kesehatan lainnya yang tidak ada hubungan dengan manfaat jaminan kesehatan yang diberikan

Itulah daftar penyakit atau layanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Jika mengalami salah satu dari penyakit atau layanan kesehatan tersebut, Anda harus membayar sendiri biaya pengobatan atau perawatannya.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui dan memahami apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari hal-hal yang berisiko, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Mengenai pertanyaan tambahan dan atau keluhan terkait dengan BPJS Kesehatan, maka dapat menghubungi layanan pelanggan BPJS Kesehatan di nomor telepon 1500 400, email contact.center@bpjs-kesehatan.go.id, atau media sosial resmi BPJS Kesehatan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

5 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja dan Peluang Gaji Tinggi

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu keputusan penting yang akan menentukan masa depan seseorang. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti minat, bakat, passion, dan tentu saja prospek kerja. Tidak ada salahnya jika kita ingin memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang luas dan gaji yang tinggi.

5 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja dan Peluang Gaji Tinggi

POJOKNULIS.COM - Memilih jurusan kuliah adalah salah satu keputusan penting yang akan menentukan masa depan seseorang.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti minat, bakat, passion, dan tentu saja prospek kerja. Tidak ada salahnya jika kita ingin memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang luas dan gaji yang tinggi.

Hal ini bisa menjadi motivasi untuk belajar lebih giat dan berprestasi di bidang yang kita minati. Dan tentunya memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja dan gaji tinggi ini tujuannya agar memiliki masa depan yang lebih baik.

Kira-kira, apa saja jurusan kuliah yang berpeluang besar dengan gaji tinggi. Berikut daftar jurusan kuliahnya:

1. Sains Data

Jurusan ini mempelajari pengolahan dan interpretasi data yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Lulusan sains data bisa bekerja di berbagai sektor industri, seperti perbankan, e-commerce, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Gaji bagi seseorang yang bekerja di bidang ini bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 28 juta per bulan. Kebutuhan tenaga untuk bidang dalam yang berkepentingan dengan banyak orang ini akan selalu dicari dan memiliki peluang besar.

Dan pastinya pekerjan-pekerjaan yang telah disebutkan tadi akan terus ada sampai kapanpun karena sudah menjadi kebutuhan banyak orang.

2. Teknik Informatika

Dalam era digital yang semuanya hampir menggunakan gadget ini menjadi peluang besar bagi seorang sarjana dengan jurusan informastika.

Jurusan ini mempelajari tentang pengembangan dan penerapan teknologi informasi, seperti pemrograman, jaringan, database, kecerdasan buatan, dan lain-lain.

Lulusan teknik informatika juga memiliki peluang kerja yang luas, baik di perusahaan lokal maupun internasional. Gaji seorang ahli teknologi informasi bisa mencapai antara Rp 15 juta hingga Rp 27 juta per bulan.

Semakin dengan canggihnya pertumbuhan teknologi dan kemajuan jaman membuat kebutuhan dalam bidang informatika akan selalu dibutuhkan dan memiliki peluang yang besar.

3. Teknik Telekomunikasi

Hampir sama dengan sebelumnya namun peluang kerja yang ini lebih kepada proses produksi dan penerapan teknologi bidang komunikasi.

Jurusan ini mempelajari tentang perancangan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem telekomunikasi, seperti telepon, internet, televisi, radio, dan satelit.

Lulusan teknik telekomunikasi bisa bekerja di berbagai perusahaan telekomunikasi, penyedia layanan internet, stasiun televisi, lembaga pemerintahan, dan lain-lain.

Gaji seorang ahli teknik telekomunikasi bisa mencapai antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per bulan. Kebutuhan dalam dunia hiburan dan pertelevisian akan terus dibutuhkan seiring dengan semakin berkembangnya tontonan dari layar lebar yang semakin maju.

4. Teknik Arsitektur

Jurusan ini mempelajari tentang perencanaan, perancangan, dan pengawasan pembangunan bangunan, seperti rumah, gedung, jembatan, dan lain-lain.

Lulusan teknik arsitektur bisa bekerja di berbagai bidang, seperti konstruksi, properti, konsultan, pemerintahan, dan lain-lain.

Terutama untuk kebutuhan akan hunian atau rumah yang sampai kapanpun akan dibutuhkan seiring dengan bertambahnya populasi manusia

Gaji seorang arsitek bisa mencapai antara Rp 10 juta hingga Rp 25 juta per bulan. Itulah mengapa sampai sekarang kebutuhan tentang seorang ahli arsitektur tetap bertahan sebanding dengan gaji yang cukup besar.

5. Bisnis Digital

Media online memang menjadi daya tarik yang tidak bisa dihindarkan bagi semua orang.

Itulah mengapa jurusan tentang pengelolaan dan pengembangan bisnis di era digital, seperti pemasaran online, e-commerce, media sosial, analisis data berpeluang cukup besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Lulusan bisnis digital bisa bekerja di berbagai bidang, seperti perusahaan digital, start-up, agensi kreatif, lembaga pendidikan, dan lain-lain.

Gaji yang didapatkan seorang ahli bisnis digital bisa mencapai antara Rp 10 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

Itulah lima jurusan kuliah dengan prospek kerja yang berpeluang mendapat gaji tinggi. Tentu saja, jurusan kuliah bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan seseorang.

Yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa mengembangkan potensi diri, meningkatkan keterampilan, dan berkontribusi bagi masyarakat.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Cara Mengatasi Laptop Agar Tidak Mudah Lemot dan Rusak

Laptop adalah salah satu alat elektronik yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja, belajar, maupun hiburan. Namun, laptop juga bisa mengalami masalah yang membuatnya menjadi lemot atau lambat dalam menjalankan berbagai aplikasi. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kinerja dan produktivitas pengguna laptop.

Cara Mengatasi Laptop Agar Tidak Mudah Lemot dan Rusak

POJOKNULIS.COM - Dalam era yang serba digital seperti sekarang membuat laptop menjadi kebutuhan penting yang tidak bisa dihindarkan.

Meski menggunakan smartphone sudah menjadi cukup menghandle pekerjaan namun media yang paling mudah digunakan ialah laptop.

Laptop adalah salah satu alat elektronik yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja, belajar, maupun hiburan.

Namun, laptop juga bisa mengalami masalah yang membuatnya menjadi lemot atau lambat dalam menjalankan berbagai aplikasi. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kinerja dan produktivitas pengguna laptop.

Saat laptop keadaan lemot, ada beberapa akibat yang bisa ditimbulkan salah satunya pasti ialah produktifitas yang menurun.

Laptop lemot akan membuat proses bekerja, belajar, atau hiburan menjadi terhambat dan tidak efisien. Misalnya, saat membuka aplikasi, mengetik dokumen, atau browsing internet, laptop akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merespon perintah pengguna.

Hal ini tentu saja akan mengganggu konsentrasi dan kualitas hasil kerja penggunanya. Keadaan laptop lemot juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada komponen-komponen di dalamnya, seperti hard disk, RAM, atau CPU.

Jika tidak segera ditangani, masalah ini bisa semakin parah dan menyebabkan kerusakan permanen pada laptop.

Seperti halnya pada hard disk yang penuh bisa mengakibatkan bad sector, RAM yang kecil bisa menyebabkan blue screen, atau CPU yang panas bisa menyebabkan overheat.

Jika sudah seperti ini pastinya laptop yang tidak bisa berjalan dengan lancar dan sering mengalami lag, freeze, atau crash bisa membuat pengguna merasa stres dan frustrasi.

Hal ini juga mempengaruhi suasana hati tidak tenang dan kesal karena pekerjaan tidak bisa segera diselesaikan.

Untuk menghindari akibat-akibat tersebut, ada baiknya pengguna melakukan beberapa langkah untuk mengatasi laptop lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Untuk mengatasi laptop agar tidak mudah lemot, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

Membersihkan hard disk

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga laptop agar tidak lemot ialah dengan membersihkan hard disk dengan cara untuk menghapus file-file yang tidak perlu atau tidak terpakai, seperti file sementara, file sampah, file duplikat, atau file lama.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Disk Cleanup pada Windows, atau aplikasi pembersih lainnya.

Selain itu, bisa juga melakukan defragmentasi hard disk, yaitu proses mengatur ulang file-file pada hard disk agar lebih terorganisir dan mudah diakses.

Mengurangi Akses Media yang Dibuka secara Bersamaan

Berikutnya, kurangi penggunaan media yang dipakai secara bersamaan untuk membebaskan sumber daya yang digunakan oleh laptop.

Hal ini bisa dilakukan dengan menutup program yang tidak digunakan, menghapus program yang tidak perlu, atau mengatur program yang berjalan saat startup.

Untuk melihat program yang berjalan, bisa menggunakan Task Manager pada Windows, atau aplikasi pengelola proses lainnya.

Memindai dan menghapus virus atau malware

Laptop yang lemot juga bisa terjadi karena pengaruh virus yang merusak kinerja laptop. Sehingga untuk mengatasinya yakni melakukan pemindaian dan menghapus virus atau malware untuk membersihkan laptop dari program jahat yang bisa mengganggu kinerjanya.

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan antivirus atau antimalware yang terpercaya dan terbaru. Selain itu, perlu juga berhati-hati dalam mengunduh file, membuka email, atau mengunjungi situs web yang tidak dikenal.

Menjaga suhu laptop tetap dingin

Selalu memastikan laptop dalam keadaan atau suhu yang normal saat digunakan agar tidak rusak. Menjaga suhu laptop tetap dingin dilakukan untuk melindungi komponen-komponen di dalamnya dari kerusakan akibat panas.

Tips untuk melakukannya ialah dengan membersihkan kipas pendingin dan lubang ventilasi dari debu, menggunakan alas pendingin atau cooling pad, atau meletakkan laptop di tempat yang sejuk dan berventilasi baik.

Melakukan pembaruan

Terakhir ialah dengan melakukan pembaruan untuk memastikan bahwa perangkat keras bisa berkomunikasi dengan sistem operasi dengan baik.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengunduh dan menginstal driver yang cocok dan terbaru dari situs resmi produsen perangkat keras, atau menggunakan aplikasi pembaruan driver otomatis.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan laptop bisa kembali berjalan dengan cepat dan lancar.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Resep dan Cara Membuat Ayam Chili Padi Gurih dan Pedas

Ayam chili padi adalah olahan daging ayam yang berasal dari Malaysia, yang menggunakan cabai rawit sebagai bahan utama.

Resep dan Cara Membuat Ayam Chili Padi Gurih dan Pedas

POJOKNULIS.COM - Bagi Anda yang suka makanan pedas, ayam chili padi bisa menjadi pilihan menu yang menggugah selera.

Ayam chili padi merupakan kreasi olahan daging ayam yang berasal dari Malaysia, yang menggunakan cabai rawit sebagai bahan utama.

Cabai rawit memiliki rasa pedas yang lebih tajam dan menyengat dibandingkan cabai lainnya, sehingga membuat hidangan ini memiliki sensasi yang luar biasa.

Selain cabai rawit, ayam chili padi juga menggunakan bumbu-bumbu lain seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, saus tiram, air asam jawa, dan daun bawang.

Bumbu-bumbu ini memberikan rasa gurih dan aroma yang menggoda. Ayam chili padi biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, atau bisa juga dengan roti canai, sejenis roti pipih yang lembut dan renyah.

Cara membuat ayam chili padi tidak terlalu sulit, asalkan Anda memiliki bahan-bahan yang lengkap dan mengikuti langkah-langkah yang benar.

Berikut adalah resep dan cara membuat ayam chili padi yang pedas dan gurih:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam ukuran sedang, potong-potong sesuai selera
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt bubuk ketumbar
  • 1 sdt baking soda
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 4 buah cabai merah besar
  • 4 buah cabai hijau besar
  • 8 buah cabai rawit merah
  • 8 buah cabai rawit hijau
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm air asam jawa
  • Garam, gula, dan kaldu jamur secukupnya
  • Air putih secukupnya
  • 1 batang daun bawang, potong-potong

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong, lalu marinasi dengan bubuk bawang putih, garam, bubuk ketumbar, dan baking soda. Remas-remas ayam dengan bumbu, lalu diamkan selama 15-30 menit di dalam kulkas.
  2. Goreng ayam dengan minyak goreng yang banyak dan panas, hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  3. Cincang kasar bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, dan cabai rawit, atau bisa juga menggunakan blender untuk menghaluskan secara kasar. Panaskan sedikit minyak goreng di wajan, lalu tumis bumbu hingga harum dan layu.
  4. Tambahkan saus tiram, air asam jawa, garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk rata, lalu masukkan ayam yang sudah digoreng. Aduk lagi hingga bumbu merata dan menempel di ayam.
  5. Tambahkan air putih secukupnya, sesuai dengan kekentalan yang diinginkan. Biarkan air mendidih dan menyusut sedikit, hingga bumbu terserap ke dalam ayam.
  6. Masukkan daun bawang, aduk sebentar, lalu matikan api. Koreksi rasa, tambahkan garam atau gula jika perlu.
  7. Sajikan ayam chili padi dengan nasi putih hangat atau roti canai.

Resep olahan ayam chilid padi ini bisa dibuat sendiri bersama anggota keluarga sehingga cita rasa bisa disesuaikan dengan selera sendiri.

Olahan ayam chili padi ini bahkan sempat viral dimedia social Tiktok karena bumbu dan cita rasanya yang khas. Berbeda dengan olahan ayam lainnya dari segi penggunaan bumbu dan rasa yang dimiliki.

Olahan ayam chili padi juga menggunakan saus tiram dan air asam jawa, yang memberikan rasa gurih dan asam yang khas.

Saus tiram mengandung protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B12, yang baik untuk kesehatan tulang, darah, dan saraf.

Selain itu, penggunaan cabai rawit ini juga bermanfaat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori.

Olahan ayam chili padi memiliki tekstur yang lebih kering dan renyah, karena ayam digoreng terlebih dahulu sebelum ditumis dengan bumbu.

Ayam yang digoreng juga memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma yang lebih harum, karena proses maillard yang terjadi saat ayam terpapar panas tinggi.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Aplikasikan Kenyamanan dan Gaya dengan Puffy Pillow Bag

Dalam dunia fashion, seringkali kita menemukan bahwa kenyamanan dan gaya bisa menjadi seperti dua kutub yang berlawanan. Namun, dengan munculnya Puffy Pillow Bag, kita tidak lagi harus memilih di antara keduanya.

Aplikasikan Kenyamanan dan Gaya dengan Puffy Pillow Bag

POJOKNULIS.COM - Dalam dunia fashion, seringkali kita menemukan bahwa kenyamanan dan gaya bisa menjadi seperti dua kutub yang berlawanan. Namun, dengan munculnya Puffy Pillow Bag, kita tidak lagi harus memilih di antara keduanya.

Tas empuk ini telah menggabungkan sentuhan yang menyenangkan dengan ruang yang melimpah, menciptakan aksesori yang memungkinkan kita untuk mengekspresikan gaya pribadi sambil merasa nyaman sepanjang hari.

Puffy Pillow Bag memberikan sentuhan feminin dengan desain yang menggemaskan dan tekstur yang lembut. Di sisi lain, tas ini juga dirancang untuk memberikan ruang yang cukup untuk membawa barang-barang Anda sehari-hari.

Baik Anda sedang bersantai di kafe, pergi ke kampus, atau bepergian jauh, Puffy Pillow Bag adalah sahabat setia yang siap menemani Anda dalam berbagai situasi.

Mari kita telusuri berbagai rekomendasi tas Puffy Pillow Bag yang akan memenuhi berbagai kebutuhan Anda dan memberikan sentuhan gaya yang unik.

Termasuk rekomendasi, serta memberikan ide bagaimana Anda dapat mengkombinasikan tas ini dengan outfit Anda untuk menciptakan tampilan yang sempurna.

1. The Classic Puffy Pillow Tote Bag

Puffy Pillow Bag berbentuk tote adalah pilihan yang sempurna untuk tampilan santai sehari-hari. Tote bags ini memiliki desain yang sederhana tetapi elegan, dan paling utama, memiliki kapasitas besar yang memungkinkan Anda membawa barang-barang penting Anda.

Buku, tablet, sweater ekstra, bahkan tas belanjaan, semuanya dapat dengan mudah muat dalam tas ini. Material berkualitas tinggi yang digunakan dalam pembuatan tas ini juga membuatnya tahan lama.

Anda dapat mengkombinasikannya dengan jeans yang nyaman, kaos yang ringan, dan sepatu slip-on untuk tampilan kasual yang stylish. Pilih warna tote yang sesuai dengan warna sepatu Anda untuk tampilan yang lebih kohesif.

2. Puffy Pillow Backpack Bag

Puffy Pillow Backpack adalah solusi serbaguna yang sangat populer. Tas ini memiliki desain ergonomis dengan bahu yang nyaman, yang membuatnya sempurna untuk berbagai situasi.

Anda dapat menggunakannya untuk pergi ke kampus, bepergian, atau bahkan untuk berpetualang di akhir pekan. Backpack ini biasanya dilengkapi dengan beragam kantong dan kompartemen yang memudahkan Anda mengatur barang-barang Anda dengan rapi.

Anda dapat menggunakannya untuk pergi ke kampus atau bepergian. Padukan backpack ini dengan gaun mini dan sepatu sneakers untuk tampilan yang modis dan santai. Jangan lupa tambahkan aksesoris seperti topi dan kacamata hitam.

3. Mini Puffy Crossbody Bag

Mini Puffy Crossbody Bag adalah pilihan yang ideal untuk tampilan kasual dan modis. Ukurannya yang lebih kecil membuatnya sempurna untuk berjalan-jalan di kota atau menghabiskan malam yang menyenangkan bersama teman-teman.

Meskipun ukurannya lebih kecil, tas ini tetap memiliki cukup ruang untuk menyimpan ponsel, dompet, dan beberapa kosmetik kecil. Desainnya yang ringan dan praktis menjadikannya pilihan favorit di kalangan mereka yang mencari tampilan yang modis tanpa kehilangan kenyamanan.

Anda bisa mengenakan rok midi, atasan yang stylish, dan sepatu flat. Tas ini akan menjadi sentuhan akhir yang sempurna untuk tampilan yang chic. Selesaikan penampilan dengan kalung sederhana dan anting-anting.

4. Puffy Clutch Bag

Bagi mereka yang membutuhkan tas untuk acara formal atau malam yang istimewa, Puffy Clutch adalah pilihan yang tak ada duanya.

Tas ini memiliki sentuhan elegan dengan desain yang ramping, dan ini memudahkan Anda untuk membawanya ke pesta, pernikahan, atau acara khusus lainnya. Meskipun ukurannya lebih kecil, Puffy Clutch dapat dengan mudah menampung ponsel, kunci, dan beberapa item penting lainnya.

Anda dapat mengenakan gaun koktail yang elegan, sepatu hak tinggi, dan aksesoris yang mewah. Pastikan warna clutch cocok dengan warna gaun Anda untuk menciptakan penampilan yang berkelas.

5. The Puffy Travel Duffel Bag

Untuk penggemar petualangan dan mereka yang sering bepergian, Puffy Travel Duffel Bag adalah pilihan terbaik. Tas ini dirancang khusus untuk menangani perjalanan jauh atau petualangan akhir pekan yang intens.

Dengan kapasitas besar dan material yang kuat, Anda dapat dengan nyaman membawa pakaian, sepatu, perlengkapan, dan barang-barang lain yang diperlukan untuk perjalanan Anda. Dengan desain yang ringan, tas ini memudahkan Anda untuk mengelola barang-barang Anda saat bepergian.

Anda bisa mengenakan legging yang nyaman, kaos lengan panjang, dan sepatu hiking. Jangan lupa untuk membawa jaket ringan dan topi untuk menjaga kenyamanan saat menjelajahi alam bebas.

Tips Tambahan:

  • Saat memilih Puffy Pillow Bag, pastikan Anda memeriksa kualitas bahan dan jahitan untuk memastikan ketahanan dan kekuatan tas.
  • Anda juga dapat menyesuaikan warna dan desain tas dengan gaya pribadi Anda, karena Puffy Pillow Bag tersedia dalam berbagai warna dan gaya yang berbeda.

Dengan rekomendasi tas Puffy Pillow Bag yang beragam ini, Anda dapat menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Jangan ragu untuk mengeksplorasi berbagai model dan memilih yang paling cocok dengan gaya Anda.

Dengan tas Puffy Pillow Bag yang empuk dan modis, Anda dapat menggabungkan kenyamanan dengan gaya yang tak tertandingi. Genggam tas yang empuk ini, dan nikmati perpaduan sempurna antara kenyamanan dan gaya!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Tantangan Generasi Z di Dunia Kerja dan Strategi Sukses Menghadapinya

Generasi Z, kelompok individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, saat ini membentuk bagian penting dari angkatan kerja global. Mereka adalah generasi pertama yang tumbuh dalam lingkungan teknologi digital yang berkembang pesat, dan karenanya, mereka dihadapkan pada sejumlah tantangan khusus ketika berkarier.

Tantangan Generasi Z di Dunia Kerja dan Strategi Sukses Menghadapinya

POJOKNULIS.COM - Generasi Z, kelompok individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, saat ini membentuk bagian penting dari angkatan kerja global.

Mereka adalah generasi pertama yang tumbuh dalam lingkungan teknologi digital yang berkembang pesat, dan karenanya, mereka dihadapkan pada sejumlah tantangan khusus ketika berkarier.

Disini kami akan menjelaskan lebih rinci mengenai tantangan yang dihadapi Generasi Z di dunia kerja dan memberikan panduan praktis tentang cara menghadapinya.

1. Tantangan Perubahan Teknologi yang Cepat

Generasi Z hidup dalam era di mana teknologi terus berkembang dengan cepat, bahkan dalam hitungan tahun.

Hal ini menciptakan tekanan konstan bagi mereka untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan teknologi mereka agar tetap relevan di dunia kerja yang terus berubah. Generasi Z perlu menghadapi tantangan ini dengan tekad dan strategi yang tepat.

Edukasi Kontinu:

Edukasi sepanjang hayat menjadi landasan penting bagi Generasi Z. Mereka perlu aktif mengikuti kursus, pelatihan, atau sertifikasi yang relevan dengan perkembangan teknologi.

Berinvestasi dalam pendidikan dan pengembangan diri adalah langkah yang sangat penting agar mereka dapat bersaing dalam lingkungan kerja yang sangat dinamis.

Mendorong Inovasi:

Generasi Z seharusnya melihat tantangan teknologi sebagai peluang untuk menjadi inovator. Dengan pengetahuan teknologi yang mendalam, mereka dapat menciptakan solusi baru, menggagas ide-ide kreatif, dan berkontribusi pada perkembangan industri mereka.

Memiliki sikap yang terbuka terhadap perubahan dan berani berinovasi akan membantu mereka meraih kesuksesan di dunia kerja yang penuh persaingan.

2. Tantangan Kolaborasi Antar-Generasi

Di dunia kerja modern, Generasi Z seringkali bekerja bersama rekan-rekan kerja dari generasi yang berbeda, seperti Generasi X dan Generasi Y.

Perbedaan dalam pandangan, nilai-nilai, dan gaya bekerja seringkali menjadi tantangan dalam kolaborasi. Bagaimana Generasi Z dapat mengatasi perbedaan ini dan menjalin hubungan kerja yang baik?

Berkomunikasi dengan Baik:

Keterampilan komunikasi yang efektif adalah kunci untuk mengatasi perbedaan antargenerasi. Generasi Z perlu memahami cara berkomunikasi dengan rekan kerja dari berbagai generasi.

Membuka jalur komunikasi yang terbuka, mendengarkan dengan baik, dan mengungkapkan ide-ide mereka dengan jelas adalah langkah penting untuk menciptakan pemahaman dan hubungan yang baik.

Belajar dari Pengalaman:

Generasi Z seharusnya melihat pengalaman rekan kerja yang lebih senior sebagai sumber pengetahuan yang berharga. Mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan tumbuh.

Bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan rekan kerja yang lebih berpengalaman akan membantu Generasi Z mengembangkan keterampilan mereka dan meraih kesuksesan dalam karier mereka.

3. Tantangan Keseimbangan Kerja-Hidup (Work-Life Balance)

Dalam era digital, Generasi Z seringkali menghadapi tantangan dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Batas antara waktu kerja dan waktu pribadi seringkali kabur, dan tekanan kerja dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Bagaimana mereka dapat menjaga keseimbangan yang sehat?

Tetapkan Batas:

Menetapkan batas yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi adalah penting. Generasi Z perlu belajar untuk tidak terlalu terjebak dalam lingkaran kerja yang terus-menerus.

Dengan membuat jadwal yang terstruktur dan mematuhi aturan ini, mereka dapat menjaga keseimbangan yang sehat antara pekerjaan dan hidup pribadi.

Prioritaskan Kesehatan:

Kesehatan fisik dan mental harus selalu menjadi prioritas. Generasi Z perlu menyadari pentingnya merawat diri mereka sendiri.

Mencukupi waktu untuk beristirahat, menjaga hobi di luar pekerjaan, dan merawat kesehatan secara keseluruhan adalah langkah-langkah yang tak boleh diabaikan. Dengan menjaga keseimbangan kerja-hidup yang baik, mereka akan menjadi lebih produktif dan bahagia.

4. Tantangan Meningkatnya Persaingan

Generasi Z memasuki dunia kerja dalam situasi di mana persaingan sangat ketat. Dengan jumlah lulusan yang semakin meningkat, mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan mereka bisa menjadi tantangan.

Bagaimana mereka dapat bersaing dan mencapai kesuksesan dalam lingkungan yang sangat kompetitif?

Bangun Jaringan:

Membangun jaringan profesional yang kuat adalah kunci untuk bersaing. Generasi Z perlu aktif dalam networking, menghadiri acara-acara industri, dan menjalin hubungan dengan sesama profesional.

Jaringan yang luas membantu mereka menemukan peluang pekerjaan, mendapatkan dukungan, dan memahami dinamika industri mereka.

Kembangkan Keterampilan Lunak:

Selain keterampilan teknis, keterampilan lunak seperti kepemimpinan, kerja tim, komunikasi, dan kemampuan beradaptasi sangat penting. Investasi dalam pengembangan keterampilan ini akan membedakan mereka di pasar kerja yang kompetitif.

Generasi Z perlu selalu siap untuk belajar dan mengembangkan diri mereka agar dapat bersaing dengan baik.

5. Tantangan Lingkungan Kerja yang Beragam

Generasi Z seringkali bekerja dalam lingkungan kerja yang beragam dalam hal budaya, latar belakang, dan nilai-nilai. Bagaimana mereka dapat berhasil dalam lingkungan yang heterogen ini?

Tunjukkan Toleransi:

Penting untuk menghormati keragaman dan mendukung kesetaraan di tempat kerja. Generasi Z perlu menunjukkan toleransi terhadap perbedaan yang ada. Mereka harus membuka pikiran mereka untuk memahami beragamnya sudut pandang dan pengalaman.

Belajar dari Perbedaan:

Generasi Z dapat memanfaatkan beragamnya lingkungan kerja ini sebagai peluang untuk pertumbuhan pribadi dan profesional. Belajar dari perbedaan dalam budaya, latar belakang, dan nilai-nilai akan memperkaya pemahaman mereka tentang dunia.

Hal ini juga akan membantu mereka berkolaborasi dengan beragam rekan kerja dan menjadi pemimpin yang lebih baik di lingkungan yang beragam.

Dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, Generasi Z memiliki potensi besar untuk sukses di dunia kerja. Dengan sikap positif, pembelajaran yang berkelanjutan, dan kemampuan beradaptasi yang baik, mereka dapat mengatasi hambatan apa pun yang muncul di depan mereka.

Kesadaran akan tantangan-tantangan ini dan langkah-langkah konkret untuk menghadapinya akan membantu Generasi Z meraih kesuksesan dalam karier mereka.

Tantangan adalah bagian dari perjalanan, dan Generasi Z siap untuk menghadapinya dengan semangat dan tekad.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories