Amalan Pelengkap Puasa Ramadhan Agar Lebih Berkah

POJOKNULIS.COM – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan. Seluruh umat muslim di dunia berlomba-lomba melakukan kegiatan beribadah untuk mendapat kemuliaan dari Allah SWT.

Selain berpuasa kita juga disunnahkan menjalankan amalan-amalan yang bisa melengkapi ibadah puasa kita. Apa saja amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan? Simak berikut ini.

1. Memperbanyak Sedekah

Rasulullah SAW. bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi).

Oleh karena itu, selain dapat menggugurkan dosa, melakukan sedekah akan mengalirkan pahala bagi yang melakukannya. Selain untuk mendapat keridhoan Allah, sedekah juga berfungsi untuk merekatkan hubungan antarmanusia atas dasar rasa empati dan persaudaraan.

Di bulan suci Ramadhan ini kita bisa bersedekah dengan berinfaq, membagikan takjil, dan sedekah tidak melulu tentah memberi harta yang berlimpah, misalnya saja membantu sesama manusia atau makhluk Allah lainnya, membangunkan sahur, mengajarkan membaca Al-Quran kepada orang lain, dan lain-lain.

2. Meningkatkan Salat

Ramadhan merupakan salah satu momentum yang bisa kita jadikan untuk meningkatkan kualitas salat kita. Salah 5 wajib waktu memang wajib dilakukan, yang perlu kita tingkatkan adalah salat-salat sunah lainnya.

Rasulullah SAW. bersabda “Barang siapa melakukan salat sunah di bulan Ramadhan, pahalanya sama dengan salat wajib di bulan yang lain. Barang siapa melakukan salat fardu dalam bulan Ramadhan, baginya ganjaran seperti melakukan 70 salat fardu di bulan yang lain.”

3. Melakukan Ibadah Malam (Qiyamul Lail)

Salah satu ibadah malam yang wajib dilakukan ketika bulan Ramadhan adalah salat tarawih. Dalam melaksanakan ibadah yang satu ini dianjurkan untuk berjamaah di masjid.

Salat tahajud juga menjadi salah satu list ibadah malam yang dianjurkan untuk dilakukan ketika bulan Ramadhan. Kita bisa melakukan salat tahajud di sepertiga malam ketika terbangun sebelum sahur.

Meski salat tahajud merupakan salat sunah, tapi Allah menjanjikan pengampunan dosa dan akan mengabulkan setiap doanya.

4. Tadarus Al-Quran

Untuk mendapatkan keberkahan Ramadhan dari Allah SWT. kita bisa menjalankan tadarus Al-Quran baik melakukannya sendiri atau bersama-sama dengan orang lain di masjid.

Diwajibkannya membaca Al-Quran di bulan Ramadhan atas dasar firman Allah yang berbunyi, “…Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran…” (QS. Al-Baqarah: 185).

5. Iftikaf

Iftikaf atau bediam diri di masjid. Tidak hanya berdiam diri di masjid, iftikaf memiliki syarat dan rukun. Diantaranya yang pertama adalah niat dengan melafalkan “Nawaitul iftikaf lillahita’ala”, yang kedua adalah berdiam diri di masjid dan meninggalkan hal-hal yang tidak baik bagi orang yang melakukan iftikaf.

Orang yang beriftikaf harus berakal serta suci dari hadas kecil maupun besar.

Meskipun iftikaf boleh dilakukan di luar bulan Ramadhan, namun disunahkan melakukan iftikaf pada 10 hari terakhir ramadhan seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Itulah yang merupakan amalan-amalan pelengkap puasa ramadhan yang bisa kita lakukan untuk mendapat keberkahan dari Allah SWT. Minggu pertama bulan Ramadhan 2023 sudah hampir berakhir. Amalan apa saja yang sudah kalian lakukan di minggu pertama ini?(*)

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya