Morning Person dan Manfaatnya untuk Kesehatan

POJOKNULIS.COM - Morning person adalah istilah untuk orang-orang yang terbiasa bangun pagi dan langsung beraktivitas dengan semangat untuk menjalani hari.

Seseorang yang disebut morning person biasanya memiliki jam tidur lebih awal pada malam hari.

Menjadi morning person mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan pada akhirnya berdampak secara umum pada kualitas hidup, lalu apa saja manfaat itu?

Simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya.

Waktu tidur yang lebih berkualitas

Berdasar studi yang dilakukan 23andMe, orang dengan kronotipe morning person memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas.

Dengan terbiasa tidur lebih awal pada malam hari akan memberikat waktu yang cukup dalam beristirahat sehingga menjadikan waktu tidur lebih berkualitas.

Lebih produktif dalam bekerja dan beraktifitas

dengan bangun pagi berarti seseorang akan bisa memulai aktivitas mereka lebih dulu dari pada orang lain. Bangun pagi dapat membantu seseorang untuk mengatur jadwal aktivitas dengan baik.

Dengan waktu istirahat yang cukup , kondisi tubuh dan pikiran yang segar akan membantu meningkatkan fokus seseorang dalam bekerja. Hal ini bisa berdampak pada tingkat produktivitas kerja seseorang.

Lebih sehat secara fisik dan mental

Berdasar dari Insider, morning person cenderung memiliki fisik dan mental yang lebih sehat.

Dengan bangun di pagi hari, itu adalah waktu yang sangat pas untuk berolahraga dan akibatnya tubuh pun menjadi lebih sehat.

Selain itu, dengan bangun pagi bisa mengurangi risiko dari diabetes, menurunkan berat badan hingga mental yang lebih sehat saat bangun lebih pagi.

Meskipun begitu, menjadi morning person bukan berarti akan terhindar dari rasa stress atau depresi. Semua kembali lagi pada sikap tiap individu untuk menghadapi suatu masalah.

Tingkat kepuasan yang lebih tinggi

Saat seseorang bangun pagi dan langsung memulai hari, efek dari itu adalah rasa kepuasan yang lebih tinggi pada diri sendiri.

Kok bisa? Dengan memulai kegiatan lebih awal maka akan ada kemungkinan rutinitas harian atau list kegiatan harian akan selesai lebih awal dibandingkan dengan yang lain.

Hal ini akan membuat seseorang lebih puas dan bangga pada diri sendiri.

Meningkatkan self discipline

Bersikap disiplin atas diri sendiri adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan. Menjadi morning person ternyata bisa meningkatkan self discipline loh, bagaimana?

Sering kali memberikan aturan pada diri sendiri dan secara konsisten menjalankannya adalah salah satu hal yang sulit, menjadi morning person berarti membutuhkan keinginan yang kuat untuk bisa memulai hari sejak pagi dengan bangun lebih awal.

Maka dari itu dengan menjadi morning person akan melatih dan meningkatkan self discipline seseorang.

Sekian penjelasan mengenai manfaat menjadi morning person bagi kesehatan, menjadi produktif dan fokus memanglah tidak mudah namun jika kalian serius dan berkeinginan kuat maka semua itu akan mungkin untuk kalian semua.(*)

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya