Awal Usia 30 Tahun, Saat Tepat Pakai Antikerut

POJOKNULIS.COM - Penuaan memang hal yang pasti terjadi. Namun, ada langkah - langkah yang bisa membuatnya datang terasa lebih lama. Kerut misalnya, di usia 30-an mungkin belum begitu nampak, namun biasanya banyak yang sudah mulai khawatir bahwa sebentar lagi kerut itu akan jelas terlihat.

Untuk memiliki penampilan awet muda seperti yang banyak diidamkan orang, banyak cara dan metode yang biasa dilakukan. Hal yang sederhana dan jamak adalah dengan menggunakan Sun Protector Factor atau SPF setiap harinya.

Selain itu, facial wajah secara teratur, atau bahkan menambahkan krim anti kerut secara rutin. Ada juga dengan cara menyemprotkan semacam krim ke seluruh tubuh, tapi karena memakan waktu, banyak juga yang menggunakan semacam moistuirizing milk yang dipakai ketika mereka mandi.

Penambahan minyak atau body butter juga biasa dikombinasikan dalam upaya untuk menghaluskan permukaan kulit. Secara umum, kerut wajah di umur 30-an sering muncul dalam bentuk titik dan garis yang masih samar.

Menurut Dr. Thierry Michaud, dermatologist dan anggota dari YSL Skinscience Committee, bahwa penampakan garis dan titik di wajah amat berkaitan dengan faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi dan juga asap rokok.

Dr Thiery menyarankan, usia 30-an adalah usia yang tepat untuk mulai menerapkan anti kerut pada wajah dan juga bagian sekitar leher. Untuk menghilangkan kerut yang masih tipis sebenarnya bisa menggunakan masker.

Menurutnya, masker mampu menghilangkan lapisan teratas dari kulit wajah, mengangkat sel kulit yang telah mati sekaligus memberi stimulasi pembentukan sel kulit yang baru.

Ternyata, untuk menghilangkan kesan kerut di wajah, bagian yang sangat penting justru ada di sekitar mata. Selain bagian tersebut lebih tipis, bagian di dalamnya juga ternyata sangat sensitive terhadap penyebab penuaan kulit terutama sinar UV.

Solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini adalah rajin-rajin memakai sunscreen dan menambah kecamata anti UV yang bisa menutupi daerah sekitar mata tersebut. Selain itu penggunaan krim pagi atau malam juga dianggap efektif untuk mengatasi hal tersebut.

Selain wajah, untuk memberi kesan awet muda, wanita juga perlu memperhatikan bagian tubuhnya. Metode yang biasa dilakukan untuk merevitalisasi kulit tubuh adalah dengan membungkusnya dengan bahan-bahan seperti alga, lumpur maupun cokelat.

Simonne Bircea, seorang terapis di Salon Furisme perancis mengatakan, rumput laut misalnya, kaya sekali akan vitamin dan mineral yang bila kita oleskan ke seluruh tubuh. Itu bermanfaat menghilangkan sisa racun dan sekaligus memberi efek yang menenangkan.

Simonne juga menyampaikan, scrub memang efektif dalam menstimulasi sel sel baru pada kulit tubuh kita. Namun, harus diperhatikan efek abrasi yang ditimbulkan karena justru akan melukai kulit kita.

Bila bagian wajah dan tubuh sudah diperhatikan, jangan lupakan bagian rambut. Ketika kita mulai menginjak usia 30. Rambut kita menjadi lebih kering dan rawan rontok.

√Člisabeth Brasseur, Education officer di K√©rastase and Shu Uemura Art of Hair Perancis merekomendasikan penggunaan kondisioner satu kali dalam seminggu untuk melembabkan kondisi rambut yang mulai kering tersebut.

Selain kondisioner, Elizabeth juga menyarankan untuk melindungi rambut kita dari suhu yang panas. Aplikasi krim dengan thermoprotective formula bisa dilakukan untuk melindungi rambut kita dari kerontokan. (*)

Baca Juga