Tips Diet Sehat Selama Puasa Ramadhan Ala Yulia Baltschun

POJOKNULIS.COM - Diet selama puasa memang dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun, tidak semua orang sukses dalam menurunkan berat badannya. Bila tidak dilakukan dengan benar, alih-alih turun malah bisa naik drastis karena melakukan kesalahan dalam melakukan program dietnya selama puasa.

Dilansir dari akun youtube Yulia Baltschun yang merupakan seorang youtuber sekaligus penulis buku yang aktif dalam mengkampanyekan diet sehat tanpa stres, bahwa diet puasa bukan tidak makan, namun memperbaiki kombinasi gizi dalam menu diet.

Menurutnya beberapa diet puasa yang tidak dianjurkan adalah diet ekstrim, diet yang menggunakan obat berbahaya dan diet yang keseimbangan gizinya tidak diatur dengan baik.

Nah, untuk penurunan berat badan tepat dengan cara sehat, Yulia Baltschun membagikan beberapa tips untuk diet selama puasa Ramadhan. Ini dia rangkuman diet tanpa stres selama puasa ala Yulia Baltschun:

Tips Diet Sehat Selama Puasa Ramadhan

1. Mindset Makan

Dalam melakukan diet ada baiknya untuk menanamkan dalam pikiran bahwa 80 persen makanan adalah sebagai kebutuhan tubuh sementara 20 persennya adalah untuk kebutuhan mental. Sehingga, dengan menggunakan mindset tersebut dapat membuat kamu merasa enjoy dan tidak tertekan bahkan stres saat melakukan diet.

2. Defisit Kalori

Tips diet sehat selama puasa Ramadhan selanjutnya adalah defisit kalori, yakni cara diet yang dilakukan dengan menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Metode ini bisa dicapai dengan mengurangi asupan kalori dari kebutuhan kalori harian.

Yulia Baltschun menyarankan dalam melakukan pemotongan kalori tidak dianjurkan untuk menurunkan terlalu ekstrim. Sebab hasil study yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa orang yang melakukan kalori defisit terlalu ketat dengan kelompok orang yang melakukan kalori defisit normal ideal akan menyebabkan penurunan lemak yang normal dan tidak berpengaruh banyak.

Maka dianjurkan untuk memotong 20 persen dari jumlah total kalori yang dibakar setiap hari. Dimana hasil potongan kalori defisit tersebut sudah masuk dalam waktu sahur dan buka puasa.

3. Konsumsi Asam Asetat

Saat perut kosong sebelum buka puasa dan sebelum sahur konsumsilah asam asetat dari cuka alami seperti cuka apel, cuka nanas dan lainnya. Asam asetat yang dikonsumsi saat perut kosong dapat membantu untuk mengontrol lonjakan gula darah.

Biasanya asam asetat dikonsumsi dengan mencampurkan satu sendok cuka alami dengan air. Disarankan untuk meminumnya menggunakan sedotan agar gigi tidak keropos.

4. Mengakhirkan Takjil

Takjil manis memiliki kandungan gula dan kalori yang besar sehingga bisa kamu akali dengan makan setelah menu utama. Selain itu, memakan takjil di akhir bermanfaat agar tubuh dapat menjaga lonjakan gula darah. Kamu juga bisa mengganti kurma sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa daripada mengonsumsi takjil.

5. Atur Porsi Makan

Mengatur piring makanan dengan porsi yang sehat dan seimbang sangat berguna untuk diet, yakni terdiri dari 45-50 persen karbohidrat yang tinggi serat, 20-30 persen protein untuk mempercepat proses metabolisme dan 35 persen lemak yang dapat membantu dalam penyerapan vitamin.

Selain itu, konsumsi tiga jenis atau tiga warna sayur berbeda yang dimakan bersamaan untuk dapat melengkapi gizi yang diperlukan oleh tubuh.

6. Minum 2 Liter Air

Salah satu hal penting yang disepelekan banyak orang adalah minum air 8 gelas atau setara dengan 2 liter air perhari selama puasa agar tidak terjadi dehidrasi dan memperburuk kesehatan seperti membuat tubuh lemas, mudah lelah dan tidak berenergi. Sehingga, dengan minum air putih sesuai dengan yang dianjurkan dapat menjaga tubuh kamu tetap berenergi selama berpuasa.

7. Workout

Olahraga selama ramadhan tidak wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan. Karena meskipun tidak melakukan olahraga dan tips di atas sudah dilakukan, penurunan berat badan sangat mungkin dapat terjadi.

Apabila kamu menginginkan bentuk tubuh yang ideal dengan otot yang kencang, maka dapat dilakukan usaha dengan melakukan olahraga ringan. Namun, tidak disarankan juga untuk melakukan olahraga secara berlebihan ya.

Itu dia tips diet sehat selama Ramadhan yang dianjurkan oleh influencer diet dan fitnes Yulia Baltschun. Semoga berhasil untuk menurunkan berat badan selama Ramadhan ya.

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya
27 Mar 2024 Isliantio Saputra Ramadhani
25 Feb 2023 Rahul Trinyana Pamenang