Makanan Sehat untuk Sahur yang Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

POJOKNULIS.COM - Sahur adalah waktu makan sebelum memulai puasa, dan menjadi sangat penting bagi orang yang menjalankan ibadah puasa.

Makan sahur dapat membantu tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan selama berpuasa. Namun, pilihan menu sahur yang sehat juga sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan membuat puasa tahan lama.

Menu sahur yang sehat sangat penting untuk menahan lapar dan menghindari dehidrasi selama berpuasa. Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dalam beberapa jam.

Oleh karena itu, memilih makanan yang tepat untuk sahur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan memberikan energi yang cukup untuk tahan berpuasa sepanjang hari.

Berikut adalah beberapa ide menu makanan sahur sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan serta dapat membantu Anda tahan berpuasa sepanjang hari:

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga cocok untuk menu sahur sehat. Oatmeal juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama bagi tubuh selama menjalankan puasa.

Anda dapat menambahkan buah-buahan seperti pisang atau blueberry untuk menambah rasa dan nutrisi pada oatmeal.

Telur

Telur adalah sumber protein dan vitamin B kompleks yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Kandungan protein yang sangat tinggi pada telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda dapat memasak telur sebagai omelet atau telur rebus sebagai menu sahur.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah sumber gula alami dan serat yang baik untuk tubuh. Konsumsi buah-buahan sebagai menu sahur dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh selama berpuasa.

Butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk mencerna kandungan serat buah sehingga menjadikan kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

Beberapa pilihan buah-buahan yang cocok untuk menu sahur antara lain apel, pisang, stroberi, jeruk, atau buah-buahan segar lainnya. Namun perlu diingat bahwa anda harus mengonsumsinya secara langsung, tidak dengan dijus.

Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang memiliki kandungan tinggi akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan berbagai komponen lainnya.

Sayuran adalah sumber vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Konsumsi sayuran sebagai menu sahur dapat membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup selama puasa.

Kandungan protein dan serat pada sayur akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Beberapa pilihan sayuran yang cocok untuk menu sahur antara lain bayam, brokoli, kacang hijau, dan kentang.

Roti gandum

Roti gandum mengandung serat yang lebih tinggi daripada roti putih biasa. Konsumsi roti gandum sebagai menu sahur dapat membantu tubuh mendapatkan asupan karbohidrat yang sehat dan mempertahankan energi selama puasa.

Anda dapat memadukan roti gandum dengan telur atau keju rendah lemak sebagai menu sahur yang sehat.

Yogurt

Yogurt adalah sumber protein dan probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa. Konsumsi yogurt sebagai menu sahur dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, karbohidrat yang rendah pada yogurt dapat membuatmu tidak mudah haus. Anda dapat menambahkan buah-buahan atau biji-bijian ke dalam yogurt untuk menambah rasa dan nutrisi.

Kurma

Kurma adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh selama berpuasa. Kurma juga mengandung gula alami yang dapat memberikan energi yang tahan lama untuk tubuh.

Konsumsi kurma sebagai menu sahur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan membuat puasa tahan lebih lama.

Itu adalah beberapa menu makanan sahur yang sehat serta dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup saat sahur sehingga kamu bisa terhindar dari dehidrasi tubuh dan membuat tubuh lebih segar berenergi sepanjang hari. (*)

Baca Juga
Tentang Penulis
Artikel Menarik Lainnya