Sudahi Galaumu! Inilah 5 Tips Move On yang Ampuh dari Mantan Tersayang

Putus cinta sepertinya kini sudah menjadi hal yang awam di kalangan remaja. Hampir seluruh remaja pernah mengalami fase patah hati karena putus cinta. Ketika seseorang tengah putus cinta pasti akan merasa terpuruk dan sedih berkepanjangan. Meski waktu dan cara yang digunakan setiap orang untuk move on berbeda-beda, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar cepat melupakan si dia yang sudah menyakiti hati.

Sudahi Galaumu! Inilah 5 Tips Move On yang Ampuh dari Mantan Tersayang

POJOKNULIS.COM - Putus cinta sepertinya kini sudah menjadi hal yang awam di kalangan remaja. Hampir seluruh remaja pernah mengalami fase patah hati karena putus cinta. Ketika seseorang tengah putus cinta pasti akan merasa terpuruk dan sedih berkepanjangan.

Namun, hal tersebut pasti tidak ingin dirasakan terus menerus. Sehingga kebanyakan orang akan berusaha untuk melupakan sang mantan kekasih. Dan melanjutkan hidup dengan lebih baik lagi atau dalam istilah bahasa inggris disebut move on.

Meski waktu dan cara yang digunakan setiap orang untuk move on berbeda-beda, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar cepat melupakan si dia yang sudah menyakiti hati.

Berikut adalah beberapa cara move on yang sering dilakukan oleh sebagian orang:

1. Tekadkan niat untuk melupakan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah niat. Semua harus diawali dengan niat yang kuat untuk melupakan dan tidak terfikir untuk balikan lagi dengan si dia. Niat adalah kunci utama dalam sebuah proses.

2. Menghapus semua album foto dan kenangan yang tersimpan

Setelah menekadkan niat, cara selanjutnya adalah dengan tidak menyisakan semua hal-hal yang berkaitan dengannya.

Dengan menghapus semua album foto dan history chatting maka akan membuat Anda berhenti untuk selalu melihat ulang dan mengingat semua yang telah terjadi. Hal itu jelas akan sangat menyakitkan dan justru membuat Anda sulit melupakannya.

3. Berhenti mencari tahu semua tentangnya

Setelah berpisah, pasti ada fase di mana dua insan yang telah lama menjalani hari bersama-sama menjadi asing kembali.

Tak jarang rasa ingin tahu tentang bagaimana ia menjalani hari itu muncul dan membuat Anda kembali mencari tahu tentangnya dan berakhir Anda yang kembali mengingat semuanya.

Dengan berhenti mencari tahu, hidup Anda akan terasa lebih ringan karena tidak lagi ada rasa-rasa tidak enak dalam benak Anda apalagi jika si dia hidup baik-baik saja tanpa Anda.

4. Menyibukkan diri dengan kegiatan positif

Jika Anda memiliki banyak kegiatan pasti semua hal-hal yang dirasa tidak penting akan tersingkirkan begitu saja.

Banyak kegiatan juga membuat hidup Anda lebih terasa positif karena banyak bertemu dengan orang lain, bertukar cerita, mendapat banyak pengalaman dan dapat membuka pikiran Anda lebih luas lagi.

Namun, tetap carilah kegiatan yang positif dan tidak merugikan Anda sendiri. Kegiatan-kegiatan itu dapat berupa mengikuti organisasi, lebih bergaul dengan sekitar, mengikuti bakti sosial, mengikuti kegiatan volunteer, dan masih banyak lagi.

5. Menanamkan mindset ikhlas

Dalam menjalani proses move on pastilah tidak mudah dan terjadi begitu saja. Pasti banyak rintangan dan kegoyahan yang dihadapi, apalagi jika melihat sang mantan seolah sudah hidup bahagia tanpa adanya rasa bersalah.

Rasa dendam dan putus asa pun tak jarang muncul akibat dari adanya rasa tidak terima. Maka dari itu, menanamkan mindset ikhlas ini sangat perlu dilakukan agar hidup Anda berjalan dengan lebih ringan tanpa adanya rasa dendam.

Usahakan selalu berpikiran positif dan membuat suasana hati Anda sendiri senang. Dengan begitu, proses melupakan si dia akan berlangsung sedikit lebih mudah tanpa membebani pikiran Anda sendiri.

Nah, di atas adalah beberapa cara yang dianggap cukup ampuh untuk melupakan si dia yang telah menyakiti hati. Tidak masalah jika move on memakan waktu yang lama, karena yang terpenting adalah proses dan hasilnya. Selamat mencoba, fellas! Semoga tidak lagi ada hati yang tersakiti, ya!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Alasan HRD Menanyakan Status Pernikahan saat Wawancara Kerja serta Cara Menjawabnya

Saat sedang wawancara kerja atau interview, HRD biasanya menanyakan beberapa hal terkait pekerjaan ataupun personal. Salah satu pertanyaan yang terkadang ditanyakan HRD saat wawancara kerja terkait masalah personal, yaitu kandidat masih lajang atau sudah menikah. Pertanyaan ini bukanlah sekedar pertanyaan basa-basi biasa, namun HRD memiliki alasan dibalik pertanyaan tersebut. Bagi beberapa orang, pertanyaan mengenai status pernikahan memang cukup sensitif. Sehingga menghadapi kebingungan apakah perlu menjawab pertanyaan ini atau tidak.

Alasan HRD Menanyakan Status Pernikahan saat Wawancara Kerja serta Cara Menjawabnya

POJOKNULIS.COM - Saat sedang wawancara kerja atau interview, HRD biasanya menanyakan beberapa hal terkait pekerjaan ataupun personal.

Salah satu pertanyaan yang terkadang ditanyakan HRD saat wawancara kerja terkait masalah personal, yaitu kandidat masih lajang atau sudah menikah.

Pertanyaan ini bukanlah sekedar pertanyaan basa-basi biasa, namun HRD memiliki alasan dibalik pertanyaan tersebut.

Bagi beberapa orang, pertanyaan mengenai status pernikahan memang cukup sensitif. Sehingga menghadapi kebingungan apakah perlu menjawab pertanyaan ini atau tidak.

Berikut ini penjelasan mengenai alasan HRD menanyakan status pernikahan saat wawancara kerja serta bagaimana cara menjawabnya.

Secara garis besar, terdapat 3 alasan yang mendasari HRD menanyakan hal tersebut saat wawancara kerja.

1. Mempertimbangkan Performa Kerja

Orang yang sudah menikah, pasti memiliki prioritas yang berbeda dibanding orang yang belum menikah. Apalagi bagi wanita yang sudah memiliki anak.

Biasanya, orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak tidak fokus dengan pekerjaan karena masalah-masalah yang sedang dialami dalam keluarga.

Hal ini tentu bisa sangat berpengaruh dengan performa kerja. Namun, terdapat juga beberapa perusahaan yang tidak mempermasalahkan status pernikahan.

2. Mempertimbangkan Gaji atau Upah yang Akan Diberikan

Alasan yang terakhir, biasanya HRD menanyakan status perkawinan saat wawancara kerja untuk mempertimbangkan gaji yang nanti akan diberikan.

Beberapa perusahaan di Indonesia, terkadang harus memberikan tunjangan bagi karyawan yang sudah berkeluarga.

Tentu hal ini penting bagi perusahaan untuk memastikan karyawan tersebut sudah menikah atau belum. Namun, hal ini juga belum tentu berlaku pada semua perusahaan.

3. Meminimalisir Resiko yang Terjadi

Selain mempertimbangkan performa kerja, pertanyaan terkait status pernikahan juga terkadang dimaksudkan untuk meminimalisir resiko yang terjadi.

Misal, karyawan yang meninggalkan pekerjaannya secara tiba-tiba karena masalah keluarga yang sedang dialami, tentu hal ini akan berpengaruh terhadap perusahaan HRD tersebut.

Apalagi seorang karyawati, karyawati yang sudah menikah tentu berkemungkinan besar juga akan hamil.

Cuti selama persalinan juga dapat berpengaruh terhadap perusahaan karena harus mencari orang pengganti untuk mengisi posisi sementara karyawati tersebut.

Cara Menjawab Pertanyaan Tentang Status Pernikahan

Setelah mengetahui alasan HRD menanyakan pertanyaan tersebut, perlu diketahui juga cara menjawab pertanyaan tersebut.

1. Jawab secara Jujur dan Apa Adanya

Jawaban yang jujur tentu sangat penting bagi seorang calon karyawan saat wawancara kerja berlangsung.

Selain status pernikahan, pertanyaan lain terkait pengalaman serta hal-hal lain pun harus dijawab dengan jujur.

Ceritakan status perkawinan saat ini, namun jangan terlalu mendetail karena hal tersebut juga merupakan privasi.

2. Tegaskan Bahwa Status Pernikahan Tidak Berpengaruh

Untuk meyakinkan HRD saat wawancara kerja, tegaskan bahwa status pernikahan tidak berpengaruh terhadap performa kerja.

Hal ini bisa menjadi poin tambahan karena karyawan tersebut dapat mememprioritaskan tanggungjawabnya selama di perusahaan.

Pertanyaan ini memang sebenarnya cukup sensitif, namun HRD juga perlu mengetahui hal ini karena alasan-alasan yang sudah disebutkan tadi.

Pertanyaan terkait status pernikahan saat wawancara kerja terkadang memang dilontarkan oleh HRD. Tapi apakah pertanyaan seperti ini wajib dijawab oleh pelamar kerja?

Sebaiknya memang pertanyaan ini dijawab karena akan mengkhawatirkan bagi HRD apabila status pernikahan tadi berpengaruh terhadap performa kerja.

Akan tetapi, jika hal ini berpengaruh terhadap fasilitas yang kita dapatkan selama bekerja, seperti asuransi serta penggunaan cuti maka tidak ada salahnya kan menjawab pertanyaan tersebut?

Maka jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur akan tetapi jangan terlalu berlebihan atau mendetail.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Waspada! Ini Bahaya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Es Krim

Siapa yang menolak untuk membeli es krim? Pasti kebanyakan orang akan membelinya, apalagi di musim panas yang membuat tubuh merasa gerah. Es krim dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. Mengonsumsi es krim dapat menjadi mood booster bagi beberapa orang.

Waspada! Ini Bahaya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Es Krim

POJOKNULIS.COM - Siapa yang menolak untuk membeli es krim? Pasti kebanyakan orang akan membelinya, apalagi di musim panas yang membuat tubuh merasa gerah.

Es krim dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. Kalian dapat menikmati es krim pada pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Apalagi jika di siang bolong dengan terik matahari yang menyengat tubuh, siapa yang akan menolaknya.

Es krim mempunyai banyak varian dan rasanya, seperti rasa cokelat, matcha, ataupun strawberry. Es krim biasa dijadikan sebagai makanan penutup oleh sebagian orang.

Es krim banyak digemari oleh berbagai kalangan, apalagi anak-anak. Rasanya yang relatif manis dan segar dapat membuat mulut merasa puas setelah menikmati setiap suapannya.

Mengonsumsi es krim dapat menjadi mood booster bagi beberapa orang. Bagaimana tidak, es krim mempunyai bentuk, warna dan rasa yang menarik, membuat banyak orang akan senang ketika memakannya.

Lalu tahukah kalian jika ada beberapa risiko atau bahaya jika mengkonsumsi es krim terlalu banyak?

Ya, dibalik segarnya es krim, ternyata ada bahaya yang mengintai jika kalian terlalu banyak makan es krim. Berikut adalah beberapa dampak negatif es krim bagi tubuh, antara lain:

Naiknya berat badan

Es krim memang membuat sebagian orang merasa senang dan bahagia ketika dapat menikmati seporsi es krim. Namun, kandungan gula yang terdapat pada setiap es krim yang kalian makan dapat berpengaruh pada naiknya berat badan kalian.

Memakan es krim terlalu banyak dapat menambah berat badan kalian secara perlahan. Tidak hanya itu, memakan es krim terlalu banyak dapat juga dapat mengakibatkan seseorang terkena penyakit diabetes.

Kalori yang kalian dapatkan jika memakan es krim terlalu banyak adalah 500-1000 kalori perharinya. Jika tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup maka tubuh akan dengan mudah bertambah beratnnya.

Penyakit jantung

Terlalu banyak mengonsumsi es krim dapat menyebabkan kesehatan jantung terganggu. Lemak yang terkandung dalam setiap suapan es krim dapat mencapai angka yang lebih tinggi dari kebutuhan asupan harian tubuh.

Lemak yang terkandung dalam es krim cukup tinggi, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit jantung. Jika seseorang sering mengonsumsi es krim dan makanan yang memiliki lemak yang tinggi sangat dengan mudah terkena gangguan pada kesehatan jantung.

Brain freeze

Memakan es krim terlalu banyak juga dapat membuat adanya perasaan yang cukup menyakitkan, perasaan tersebut banyak dikenal dengan brain freeze.

Perasaan ini muncul ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi sesuatu yang dingin, dan menyentuh langit-langit mulut yang membuat adanya perasaan brain freeze.

Brain freeze dapat terjadi kapan saja saat seseorang memakan makanan dingin, terutama es krim. Perasaan atau sensasi yang tidak enak ini dapat membuat kepala sedikit pusing, jadi makanlah dengan bijak.

Gangguan tidur

Mengonsumsi es krim yang cukup banyak sebelum tidur dapat menimbulkan gangguan tidur yang dapat langsung dirasakan. Kandungan gula yang dapat menjadi salah satu pemicu gangguan tidur tersebut.

Memakan es krim dengan jumlah yang banyak sebelum kalian tidur akan membuat durasi tidur kalian terganggu. Cobalah mengganti es krim dengan makanan yang lebih sehat supaya tidak mengalami gangguan tidur.

Nah itu adalah beberapa dampak yang akan dirasakan jika terlalu banyak mengonsumsi es krim. Dibalik lezat dan segarnya es krim ternyata menyimpan akibat yang cukup berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Menikmati es krim dengan secukupnya dapat mengurangi resiko yang mengintai dibalik enaknya es krim. Mulailah hidup sehat sebagai penyeimbang dapat kalian pilih, supaya tetap hidup dengan sehat dan bahagia.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Akan Menghadapi Wawancara Kerja? Simak Panduan Lengkap untuk Sukses di Dunia Kerja

Wawancara kerja adalah tahap penting dalam proses rekrutmen di dunia kerja. Ini adalah kesempatan bagi calon karyawan untuk menunjukkan kemampuan, pengalaman, dan kepribadian mereka kepada calon majikan. Namun, wawancara kerja juga bisa menjadi momen yang menegangkan bagi banyak orang.

Akan Menghadapi Wawancara Kerja? Simak Panduan Lengkap untuk Sukses di Dunia Kerja

POJOKNULIS.COM - Wawancara kerja adalah tahap penting dalam proses rekrutmen di dunia kerja. Ini adalah kesempatan bagi calon karyawan untuk menunjukkan kemampuan, pengalaman, dan kepribadian mereka kepada calon majikan.

Namun, wawancara kerja juga bisa menjadi momen yang menegangkan bagi banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah dan tips untuk menghadapi wawancara kerja dengan percaya diri dan sukses.

1. Persiapan Sebelum Wawancara

Persiapan sebelum wawancara merupakan kunci untuk menghadapi proses seleksi dengan percaya diri dan berhasil. Sebelum wawancara, ada beberapa langkah persiapan yang penting:

  • Pelajari tentang perusahaan: Ketahui sebanyak mungkin tentang perusahaan yang akan Anda wawancarai, termasuk misi, visi, nilai-nilai, produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan berita terbaru tentang perusahaan tersebut.
  • Kenali posisi yang dilamar: Pahami dengan baik deskripsi pekerjaan yang Anda lamar, termasuk tanggung jawab, kualifikasi yang dibutuhkan, dan harapan perusahaan terhadap karyawan untuk posisi tersebut.
  • Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum: Siapkan jawaban untuk pertanyaan umum dalam wawancara seperti "ceritakan tentang diri Anda", "apa kelebihan dan kelemahan Anda", dan "mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan ini".
  • Latihan dan Simulasikan Wawancara: Berlatihlah menjawab pertanyaan wawancara dengan teman atau keluarga, atau bahkan di depan cermin, untuk memperbaiki kemampuan verbal dan ekspresi wajah. Buat suasana seperti wawancara nyata dengan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dan berlatih menjawabnya dalam waktu yang terbatas.

2. Selama Wawancara

Terdapat beberapa langkah dan strategi yang dapat Anda terapkan untuk menjawab pertanyaan dengan percaya diri dan memberikan kesan yang positif kepada pewawancara.

  • Tampil dengan rapi dan profesional: Berpakaianlah sesuai dengan budaya perusahaan dan posisi yang dilamar. Pastikan penampilan Anda memberikan kesan yang baik kepada calon majikan.
  • Bersikaplah ramah dan percaya diri: Sapa wawancara dengan senyum dan sikap yang ramah. Percayalah pada diri sendiri dan kemampuan Anda, dan tunjukkan rasa percaya diri Anda dalam menjawab pertanyaan.
  • Dengarkan dengan baik: Dengarkan pertanyaan wawancara dengan seksama dan berikan tanggapan yang relevan dan terstruktur. Hindari mengganggu atau memotong pembicaraan pewawancara.
  • Berikan Jawaban yang Relevan: Berikan jawaban yang relevan dan terstruktur. Mulailah dengan ringkasan singkat, diikuti dengan rincian atau contoh konkret yang mendukung jawaban Anda. Hindari memberikan jawaban yang terlalu panjang atau melenceng dari pertanyaan yang diajukan.
  • Ajukan pertanyaan: Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada pewawancara tentang perusahaan, posisi, atau budaya kerja. Ini menunjukkan minat Anda yang mendalam terhadap perusahaan tersebut.

3. Setelah Wawancara

Setelah selesai wawancara, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda dalam proses seleksi:

  • Mengucapkan terima kasih: Sampaikan rasa terima kasih Anda kepada pewawancara atas waktu dan kesempatannya untuk wawancara.
  • Tinjau wawancara: Luangkan waktu untuk meninjau wawancara, termasuk pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang Anda berikan. Identifikasi area di mana Anda bisa melakukan perbaikan di masa mendatang.
  • Tindak lanjuti : Jika diijinkan, kirimkan email tindak lanjut kepada pewawancara untuk menegaskan minat Anda terhadap posisi tersebut dan untuk menyampaikan kembali rasa terima kasih Anda.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, berkomunikasi dengan jelas dan percaya diri, serta menunjukkan minat yang tulus terhadap perusahaan, Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk sukses dalam wawancara kerja.

Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan potensi dan nilai Anda kepada calon majikan, sehingga hadapilah dengan sikap yang positif dan percaya diri.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Gugup Karena Kurang Siap Wawancara? Inilah 7 Tips Wawancara Agar Diterima!

Wawancara kerja merupakan tahapan yang harus dilalui pendaftar saat mendaftar di suatu perusahaan. Tentunya, anda sebagai pendaftar memerlukan persiapan yang matang agar dapat terlihat baik di depan pewawancara. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan agar terlihat baik saat diwawancarai oleh perusahaan.

Gugup Karena Kurang Siap Wawancara? Inilah 7 Tips Wawancara Agar Diterima!

POJOKNULIS.COM - Wawancara merupakan tahap yang diperlukan ketika melamar pekerjaan. Tahap ini bisanya cukup membuat para pendaftar gugup, terutama bagi para fresh graduate.

Banyak hal yang harus dipersiapkan agar wawancara kerja dapat berjalan lancar serta tanpa kendala yang berarti. Karena terkadang, pertanyaan wawancara dapat menjebak dan tidak terduga.

Sehingga, para pendaftar harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin agar dapat menjawab pertanyaan dengan lancar. Pendaftar juga harus memahami bagiaman alur wawancara kerja nanti berjalan.

Berikut adalah 7 cara wawancara kerja yang baik agar anda sebagai pendaftar dapat dilirik oleh perusahaan.

1. Memahami Perusahaan serta Posisi yang Dilamar

Hal pertama dan tentunya yang paling penting adalah bagaimana kita harus memahami mengenai perusahaan yang akan anda lamar. Pendaftar tentunya harus memahami mengenai posisi serta latar belakang dari perusahaan yang dilamar.

Tentunya dimulai dengan meriset perusahaan yang akan dilamar sebelum hari wawancara. Kenali dari mulai profil perusahaan hingga industri mereka di situs resminya, serta pahami mengenai posisi yang akan anda lamar.

Biasanya, jika anda menemukannya di situs lowongan, perusahaan akan mencantumkan mengenai persyaratan dari lowongan tersebut.

2. Ceritakan Mengenai Diri Anda

Nah, selanjutnya anda harus menceritakan mengenai diri anda kepada pewawancara. Pertanyaan ini cukup sering muncul saat anda diwawancarai.

Pewawancara akan bertanya mengenai asal kampus, jurusan, pengalaman, passion, serta segala sesuatu yang pembahasannya mengarah ke pekerjaan. Tentunya, anda harus menghindari pembahasan di luar yang berhubungan dengan pekerjaaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pakai Gaya Bicara serta Gerak Tubuh yang Sopan

Wawancara kerja yang baik agar mudah diterima adalah dengan memperhatikan gaya bicara. Ketika anda menggunakan gaya bicara, bahasa tubuh, serta pemilihan kata yang baik menjadi faktor yang sering terlupa oleh pendaftar saat menjalani wawancara kerja.

Hindari penggunaan gaya bicara yang tidak sopan serta nada tinggi saat menjawab. Sesuaikan gaya bahasa anda dengan konteks wawncara kerjanya. Beberapa perusahaan memiliki kultur yang cukup formal, namun ada juga perusahaan yang cenderung lebih santai.

Kemudian, jangan gunakan gerakan tubuh yang negatif seperti menunjuk, menyilangkan tangan di dada, ataupun menyilangkan kaki saat wawancara kerja.

4. Harus Bersikap Tenang dan Santai

Langkah ke empat adalah jangan gugup. Anda dapat merasa gugup karena biasanya anda sangat berharap pada pekerjaan ini, cobalah untuk lebih rileks serta tenang.

Anda dapat menarik nafas Panjang agar mengurangi degup jantung yang berpacu cepat serta membuat gugup. Perhatikan tangan anda juga jangan sampai berkeringat, usahakan mengelap tangan terlebih dahulu sebelum bersalaman.

5. Berlatih Menjawab Pertanyaan Sebelum Hari H Wawancara

Langkah selanjutnya adalah anda dapat berlatih. Berlatih disini tidak hanya membuat anda selalu menjawab pertanyaan dengan sempurna, tetapi bagaimana anda sebagai pendaftar dapat menciptakan kesan yang baik saat menjawab pertanyaan nantinya.

Anda dapat berlatih di depan cermin mengenai apa saja pertanyaan yang dilontarkan, dan jawablah pertanyaan tersebut. Dengan cara itu, diharapkan anda dapat mengatur ekspresi anda saat menjawab pertanyaaan di depan pewawancara.

6. Tepat Waktu

Langkah ke 6 tentunya tidak kalah penting adalah tidak terlambat saat dating wawancara kerja. Usahakan dating 15 menit sebelum jam yang ditentukan, sehingga disini terlihat komitmen anda terhadap jadwal yang ditentukan.

Jika sebaliknya, anda akan terlihat buruk di mata pewawancara. Oleh karena itu, agar mempermudah anda dalam menemukan tempat wawancara, sehari sebelumnya anda dapat pergi ke lokasi wawancara, sehingga anda dapat memperkirakan waktu dari rumah sampai ke tempat wawancara tersebut.

7. Bersikap Aktif serta Asertif saat Wawancara

Biasanya, sikap ini jarang ditunjukkan karena anda sebagai pendaftar takut atau khawatir melewati batas sopan. Padahal, sopan dan pasif memiliki perbedaan yang cukup besar.

Sopan artinya tidak menyela pembicara saat berbicara, sedangkan pasif anda hanya berbicara saat ditanya oleh pewawancara. Seharusnya, anda bisa lebih aktif dalam wawancara kerja.

Wawancara kerja yang baik memerlukan komunikasi yang baik antara pendaftar dengan pewawancara. Perlu diingat bahwa wawancara kerja sama dengan banyak percakapan lainnya.

Itulah beberapa cara agar wawancara kerja anda berjalan lancer serta mudah untuk diterima di perusahaan yang anda daftar. Terapkan hal di atas dan anda akan mendapatkan kemudahan saat anda menjalani wawancara kerja.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

4 Hal yang Dinilai Pewawancara Terhadap Diri Anda saat Wawancara Kerja

Anda ingin menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan keterampilan untuk pekerjaan atau posisi yang Anda lamar. Sebagai pencari kerja, penting untuk memahami area lain yang dipertimbangkan pewawancara ketika meninjau setiap kandidat sebagai satu paket total. Simak artikel ini untuk mengetahui empat hal yang dinilai pewawancara untuk Anda saat wawancara kerja berlangsung.

4 Hal yang Dinilai Pewawancara Terhadap Diri Anda saat Wawancara Kerja

POJOKNULIS.COM - Anda ingin menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan keterampilan untuk pekerjaan atau posisi yang Anda lamar.

Namun, apa yang membuat salah satu kandidat lebih diunggulkan dibandingkan kandidat lainnya ketika mereka berdua memiliki pengalaman dan keterampilan yang sama?

Jika hal itu terjadi, sering kali hal ini bergantung pada kinerja pencari kerja selama wawancara.

Sebagai pencari kerja, penting untuk memahami area lain yang dipertimbangkan pewawancara ketika meninjau setiap kandidat sebagai satu paket total.

Berikut adalah empat hal yang dinilai pewawancara untuk Anda saat wawancara kerja berlangsung.

1. Antusiasme

Setiap perusahaan selalu menginginkan kandidat pekerja dengan sikap bisa melakukan dan siap kerja yang memiliki keinginan kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Pastikan hal itu muncul dalam komunikasi Anda, mulai dari surat lamaran, wawancara telepon, wawancara langsung, hingga ucapan terima kasih.

Sepanjang keseluruhan proses wawancara, Anda harus menunjukkan bahwa Anda tetap sangat tertarik dengan posisi tersebut.

Saat Anda bertemu langsung, Anda juga dapat menggunakan bahasa tubuh untuk membantu menunjukkan antusiasme atau keterlibatan dan minat Anda terhadap posisi di perusahaan tersebut.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Sifat utama yang paling dicari para pemberi kerja untuk setiap posisi adalah keterampilan komunikasi yang baik dan kuat.

Kemampuan Anda untuk mengartikulasikan pengalaman dan keterampilan apa yang Anda tawarkan serta bagaimana mereka dapat berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan Anda di masa depan harus diwujudkan jika Anda ingin membuat pewawancara terkesan.

Mereka mempekerjakan orang yang mereka sukai sehingga tugas Anda dalam wawancara adalah mengubahnya menjadi percakapan dan bersiap untuk mengajukan pertanyaan selama proses tersebut.

Ingatlah bahwa bagian penting dalam berkomunikasi secara efektif berkaitan dengan intonasi dan bahasa tubuh.

Ketika suara Anda menunjukkan kegembiraan dan Anda mencondongkan tubuh ke depan dan melakukan kontak mata, hal itu berarti dapat memberikan tekanan kepada pewawancara bahwa Anda sedang mengomunikasikan sesuatu yang penting.

3. Keterampilan Teknis

Hal penting lainnya yang akan diperhatikan oleh pewawancara adalah menentukan apakah Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk posisi tersebut.

Pastikan Anda telah mempelajari lowongan pekerjaan, meneliti orang-orang di perusahaan tersebut, dan mengetahui apa yang mereka cari, serta bagaimana Anda dapat berkontribusi.

Saat menjawab pertanyaan wawancara , gunakan model "Pengalaman + Belajar = Tumbuh" untuk memberikan contoh tindakan keterampilan utama Anda.

Hal Ini termasuk menguraikan pengalaman profesional terkait dengan pertanyaan tersebut, membicarakan tentang apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut, dan bagaimana Anda berkembang dari pengalaman tersebut secara profesional.

4. Secara Keseluruhan Cocok Untuk Posisinya

Anda perlu menunjukkan bahwa Anda cocok untuk perusahaan mereka. Hal ini diukur dalam dua cara, yaitu keahlian atau kompetensi Anda serta sikap dan kepribadian Anda.

Setelah Anda menunjukkan bahwa keterampilan teknis Anda ada, mereka ingin melihat apakah mereka ingin bekerja dengan Anda. Jangan takut untuk mengungkapkan sebagian kepribadian Anda.

Pewawancara ingin melihat selera humor Anda, tingkat kepercayaan diri Anda , dan apakah Anda terlihat jujur ​​atau palsu.

Kombinasi yang tepat dari semua kualitas tersebut akan memberi tahu pewawancara apakah Anda cocok untuk pekerjaan itu dan juga untuk budaya perusahaan.

Jadi, saat Anda mempersiapkan wawancara untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu.

Jangan lupa untuk membuat pewawancara terkesan dengan faktor-faktor lain yang akan membedakan Anda dari kandidat pekerjaan lain yang mungkin memiliki pengalaman dan keterampilan serupa.

Semakin siap Anda untuk wawancara kerja dan semakin percaya diri Anda, maka semakin besar kemungkinan Anda akan memberikan kesan yang baik pada para pewawancara atau manajer perekrutan.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Perkembangan Editing di Era Digital: Antara Kecerdasan Buatan dan Karya Manusia

Editing hal yang pasti ketika disuatu pekerjaan. Rata-rata pekerjaan memerlukan editing untuk memberikan suatu gambaran secara visual 2D atau 3D Contohnya ketika pembangunan yang membutuhkan gambaran visual dalam rancangannya. Hal tersebut merupakan pekerjaan editor untuk menyusun gambarnya atau bahkan menggambarnya. Apalagi di dunia sekarang, media sosial memiliki pengaruh yang besar. Hampir seluruh orang, baik anak-anak ataupun dewasa memiliki gadget.

Perkembangan Editing di Era Digital: Antara Kecerdasan Buatan dan Karya Manusia

POJOKNULIS.COM - Editing hal yang pasti ketika disuatu pekerjaan. Rata-rata pekerjaan memerlukan editing untuk memberikan suatu gambaran secara visual 2D atau 3D

Contohnya ketika pembangunan yang membutuhkan gambaran visual dalam rancangannya. Hal tersebut merupakan pekerjaan editor untuk menyusun gambarnya atau bahkan menggambarnya.

Apalagi di dunia sekarang, media sosial memiliki pengaruh yang besar. Hampir seluruh orang, baik anak-anak ataupun dewasa memiliki gadget.

Gadget tersebut berisi tentang media sosial sekarang. Media sosial yang beredar seperti instagram, tiktok atau bahkan facebook.

Editing dilakukan sebelum media di upload ke masyarakat. Masyarakat akan menonton hasil karya tersebut.

Karya tersebut disebut dengan konten. Konten merupakan produk elektronik yang bisa dilihat seluruh masyarakat dimanapun dan kapanpun di media sosial.

Konten sangat beragam, ada yang berbentuk video maupun gambar. Hal ini sebenarnya memasuki industri hiburan.

Orang-orang yang lelah sehabis bekerja. Maka akan melihat media sosial sebagai hiburannya.

Hiburan yang dilihat orang-orang tersebut merupakan hasil dari editor. Orang yang melakukan editing dibalik layar.

Kemampuannya untuk memunculkan suatu ide secara visual editing. Kemampuan dalam menggunakan aplikasi editing.

Banyak aplikasi editing yang digunakan editor. Namun setiap aplikasi memiliki kemampuannya berbeda-beda.

Beberapa contoh aplikasi editing yang kerap digunakan oleh editor.

1. Photoshop

Aplikasi editing ini cocok sekali dengan editor dalam mengolah suatu gambar. Kelebihan dari photoshop adalah pengolahan warna yang sangat bagus dan bervarian.

Aplikasi photoshop juga falimiar bagi orang-orang. Banyak orang-orang yang menggunakan karena penggunaannya cukup simpel dan mudah.

Namun aplikasi photoshop ini memiliki kekurangan dalam pencetakan media. Ketika file photoshop dicetak, karena opsi yang terbatas dalam manual atau pengaturan print.

2. Corel Draw

Aplikasi editing ini cocok sekali dengan editor yang bekerja di percetakan. Kelebihan dari corel draw ini adalah pengolahan dalam ukuran per mm.

Dengan ukuran yang akurat membuat cocok untuk dunia percetakan. Aplikasi ini juga memiliki varian atau manual dalam pengaturan print menjadi kelebihan corel draw.

Namun kekurangan corel draw adalah penggunaannya yang cenderung ribet. Karena orang awam akan melihat begitu banyak tools yang membuat bingung penggunannya.

3. Canva

Aplikasi editing ini cocok untuk pekerja kantoran. Tools yang sedikit menjadi kelebihan orang-orang yang tidak ingin terlalu ribet.

Aplikasi yang mudah digunakan dan cukup sering digunakan pada dunia pendidikan dan kantoran. Menjadi kelebihan dari aplikasi canva ini.

Namun kekurangan canva justru pada toolsnya. Orang-orang baru akan membawa konten ke canva jika sudah melewati berbagai editing dari aplikasi lainnya

Itulah beberapa aplikasi editing yang sering digunakan. Penggunaan tergantung dari kenyamanan editor.

Di tahun 2024 ini editing lumayan berbeda, karena editing dilakukan oleh AI. AI adalah kecerdasan buatan yang berdasarkan teknologi.

Editing yang biasanya dilakukan editor dalam kurun waktu berjam-jam. Sekarang editing bisa dilakukan dalam beberapa menit.

Orang-orang hanya mengetik permintaanya pada kolom AI. Maka editing akan muncul dalam beberapa menit.

Efisiensi waktu yang ada pada AI menjadi kelebihan dari editor-editor manual. Namun AI memiliki kekurangan yang dimilikinya.

AI yang membuat editing secara otomatis. Membuat editing tidak sesuai keinginan orang-orang.

Orang-orang mengetik permintaannya dan akan disediakan beberapa template atau pencariannya. Template yang terbatas membuat orang-orang merasa kurang pada AI.

Berbeda dengan editor yang melakukan editing sesuai permintaan. Editing dilakukan memakan waktu yang cukup lama.

Namun editing yang dihasilkan sesuai dengan keinginan atau permintaan. Tentang efisiensi waktu memang editor tidak bisa menang dari AI.

Editor akan menang dari AI dalam hal ide. Ide maupun permintaan yang diinginkan menjadi keunggulannya. Nah kalau kalian pilih yang mana. Pilih AI atau editor manual?

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories