Tips Jitu Mengurangi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

Pasti kalian pernah merasakan gugup saat melakukan wawancara kerja. Gugup adalah salah satu kondisi yang wajar saat mengikuti sebuah wawancara, apalagi jika itu pengalaman pertama. Gugup saat melakukan wawancara kerja dapat berpengaruh pada penilaian kalian saat melamar suatu pekerjaan. Gugup bisa jadi salah satu alasan kalian gagal dalam melakukan wawancara kerja.

Tips Jitu Mengurangi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

POJOKNULIS.COM - Pasti kalian pernah merasakan gugup saat melakukan wawancara kerja. Gugup adalah salah satu kondisi yang wajar saat mengikuti sebuah wawancara, apalagi jika itu pengalaman pertama.

Gugup saat melakukan wawancara kerja dapat berpengaruh pada penilaian kalian saat melamar suatu pekerjaan. Gugup bisa jadi salah satu alasan kalian gagal dalam melakukan wawancara kerja.

Rasa gugup yang dapat membuat kalian kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh HRD. Dengan rasa gugup yang kalian alami saat wawancara kerja dapat membuat kalian merasa kecewa pada diri sendiri karena kesulitan menjawab pertanyaan yang diberikan kepada kalian.

Apakah kalian ingin tahu bagaimana cara mengurangi rasa gugup saat wawancara kerja? Nah, dalam artikel ini akan membahas tips-tips yang jitu untuk mengurangi rasa gugup saat wawancara kerja.

1. Rajin Berlatih

Rasa gugup ketika wawancara kerja bisa saja datang karena kurangnya latihan dan persiapan yang cukup matang. Dengan berlatih wawancara secara rutin dapat membuat kalian terbiasa dengan kondisi dan pertanyaan yang akan diberikan.

Dengan berlatih kalian tidak terkesan meremehkan wawancara tersebut. Persiapan dapat kalian lakukan beberapa bulan sebelum wawancara kerja ataupun berlatih sebelum memasuki ruangan wawancara, dengan begitu kalian tidak akan merasakan gugup yang berlebihan.

Kalian dapat melakukan latihan dirumah dengan menggunakan kaca yang dapat kalian bayangkan sebagai pewawancara. Kalian juga disarankan untuk berlatih menatap mata seseorang atau mata kalian sendiri didepan kaca supaya terlihat serius dan memiliki kesan percaya diri ketika diwawancara.

Kalian juga dapat berlatih dengan menghapal daftar pertanyaan-pertanyaann yang kemungkinan besar akan ditanyakan ketika wawancara kerja, kalian dapat memperoleh pertanyaan-pertanyaan tersebut di media sosial dengan mudah.

2. Tenang dan Mengatur Nafas

Saat melakukan wawancara kerja pasti banyak diantara kalian akan kesulitan dalam mengatur pernafasan. Padahal dengan nafas yang teratur dapat membuat kalian lebih rileks dan tenang saat menghadapi berbagai macam kondisi.

Kalian dapat mengatur pernafasan menggunakan pernafasan diafragma, dengan begitu rasa gugup yang sedang kalian rasakan dapat hilang dengan mudah dan cepat.

Dengan mengatur pernafasan diharapkan kalian dapat lebih rileks dan tenang ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Kalian dapat mengatur pernafasan kalian sebelum memasuki ruangan wawancara, supaya tidak terlalu terlihat bahwa kalian sedang merasa gugup.

3. Mengganggap Pewawancara sebagai Teman

Cara sederhana lainnya yang dapat kalian lakukan ketika merasakan gugup saat wawancara kerja adalah dengan mengganggap pewawancara sebagai seorang yang kalian kenal.

Dengan mengganggap pewawancara sebagai teman atau orang yang kalian kenal dapat membuat kalian lebih tenang dan rileks ketika diberi pertanyaan-pertanyaan yang cukup menyulitkan. Dengan begitu kalian dapat menjawab berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD.

Namun, perlu diingat tetap harus menjaga kesopanan kalian ketika mengganggap pewawancara sebagai teman. Kalian tetap harus menjaga bahasa yang kalian pakai tetap sopan, dengan begitu kalian akan terlihat lebih menarik dibanding pelamar lainnya.

4. Berdoa Sebelum Wawancara Kerja

Langkah terakhir yang dapat kalian lakukan ketika merasakan gugup ketika wawancara kerja adalah dengan berdoa kepada Tuhan.

Kalian dapat berdoa untuk kelancaran wawancara yang akan kalian hadapi supaya berjalan dengan lancar dan tanpa ada halangan sama sekali. Dengan berdoa, kalian akan lebih tenang dan lebih percaya diri.

Dengan berdoa juga kalian dapat membuat diri kalian merasa tidak akan ada apa-apa yang akan terjadi saat wawancara dimulai.

Nah, itu adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan saat merasa gugup ketika wawancara kerja. Kalian dapat melakukan hal-hal tersebut dan mempersiapkannya sebelum wawancara dimulai.

Gugup merupakan perasaan yang wajar saat wawancara kerja, apalagi jika itu pengalaman pertama kalian menghadapi wawancara kerja. Dengan tips diatas diharapkan kalian dapat mengatasi rasa gugup kalian sebelum wawancara dimulai. Semoga berhasil!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Ingin Beli HP Gaming Gahar, Perhatikan Hal-Hal Ini!

Memiliki Handphone atau Gawai sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Ditambah dengan berkembangnya olahraga esport, semakin banyak anak-anak, remaja, bahkan dewasa yang bermain game mobile. Tentunya mereka membutuhkan HP yang sesuai untuk bermain game. Berikut adalah beberpa tips agar mendapatkan hp gaming yang sesuai budgert dan bagus.

Ingin Beli HP Gaming Gahar, Perhatikan Hal-Hal Ini!

POJOKNULIS.COM - Teknologi setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan, termasuk dengan handphone/ gawai yang memiliki kegunaan untuk bermain game atau gaming. Tidak heran, banyak tren dengan HP gaming murah namun diminati oleh banyak orang.

Perkembangan HP gaming yang murah tentunya bersamaan dengan munculnya banyak mobile game yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan game jenis media lainnya.

Sehingga, banyak orang mencari gawai gaming murah agar mendapat pengalaman bermain game tanpa harus mengalami kinerja gawai yang lambat.

Tentunya HP gaming memiliki beberapa perbedaan dengan HP biasa. HP gaming meskipun murah sekalipun akan memiliki RIM, RAM, chipset, serta spesifikasi fitur yang lebih tinggi dibandingkan dengan gawai lainnya.

Perlunya perbedaan itu karena untuk menghindari kondisi lagging ketika bermain game. HP gaming tentunya memiliki mode khusus untuk gaming agar mendapatkan pengalaman bermain game tanpa adanya gangguan.

HP gaming sendiri memiliki desain yang mencolok serta beberapa gawai menggunakan LED light, sehingga memberi pengalaman bermain dengan lebih baik.

Jika Anda tengah mencari HP gaming dengan fitur dan spesifikasi yang cocok dalam game, serta harganya yang ramah di kantong, kami akan memberikan beberapa informasi yang dapat membantu Anda dalam memilih HP gaming murah.

1. Sesuaikan RAM dan Penyimpanan Internal

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah perhatikan RAM serta memori internalnya. Hal ini merupakan yang harus pertama dilihat karena game akan menggunakan kapasitas HP dengan cukup besar.

Semakin bagus game, akan memakan lebih banyak ruang penyimpanan disbanding aplikasi lainnya. Setidaknya, pilihlah ram dengan kapasitas minimal 6GB serta internal memorinya adalah 128GB.

2. Kapasitas Baterai yang Besar

Kemudian pilihlah HP dengan kapasitas baterai yang mumpuni. Karena, bermain game akan menyebabkan penggunaan baterai yang cukup banyak.

Pastikan pilihan HP gaming Anda nantinya memiliki daya tahan yang tinggi dalam kapasitas baterai serta HP Anda dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Sesuaikan Ukuran Layar HP

Memilih HP gaming murah tentunya memerlukan pertimbangan dalam luas serta besar layar HP. Tentunya memiliki tujuan agar lebih puas serta dapat menikmati grafis dari game yang Anda mainkan dengan layar luas dan besar.

Pilihlah layar dengan resolusi yang mumpuni sehingga nantinya grafik game tidak pecah dan tidak mengganggu Anda ketika bermain game.

4. Sesuaikan Chipset

Keempat ada chipset yang menjadi komponen penting dalam HP gaming. Chipset sendiri merupakan komponen yang berhubungan dengan komponen lain di gawai dengan tujuan agar kinerja HP maksimal.

Ketika Anda akan memilih chipset, pastikan bawah chipset dapat mengubah grafis dengan baik sembari menjalankan aplikasi guna menunjang waktu bermain game Anda.

5. Pilih HP Gaming dengan Fitur Pendingin

Setelah beberapa hal di atas yang cukup penting, fitur pendingin bisa menjadi pertimbangan selanjutnya. Karena, HP yang digunakan dalam bermain game akan cukup panas jika dipakai dalam intensitas lama.

Biasanya, kinerja HP akan terganggu bahkan mengalami penurunan. Fitur pendingin yang dimaksudkan adalah liquid cooling yang memang dirancang dalam menjaga suhu HP agar terkendali selama bermain game dan mencegah prosesor dari kepanasan atau overheat.

6. Sesuaikan dengan Budget

Setelah membahas semua fitur yang harus essensial di atas, tentunya terakhir adalah budget yang harus sesuai. Karena, tentunya akan ada harga tertentu dengan kualitas fitur yang ditawarkan.

Sehingga, pilihlah HP gaming murah yang sesuai kebutuhan serta dana yang Anda miliki saat ini.

Itulah beberapa tips dalam mencari Hp gaming yang perlu Anda pahami. Meskipun harganya murah, tentunya Anda memerlukan persiapan biaya karena HP ini lebih mahal dibandingkan dengan HP biasanya.

Indonesia sendiri memiliki banyak merek handphone. Contohnya ada Iphone, Samsung, Infinix, Asus, Oppo, dan lain sebagainya.

Masing-masing merek tentunya berlomba-lomba dalam menunjukkan kualitas HP gaming murah mereka karena di Indonesia, masyarakatnya sangat gemar dalam bermain game terutama game mobile.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Metode CAR, Kunci Lancar Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Saat melakukan wawancara kerja juga tak jarang pelamar akan mendapati beberapa kesulitan seperti terbata-bata dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Jawaban yang tidak tegas dapat mempengaruhi image kamu di mata sang pewawancara lho, bahkan bisa jadi kamu dianggap kurang berkompeten. Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan dengan lugas dan membuat pewawancara merasa yakin untuk menerima kamu?

Metode CAR, Kunci Lancar Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

POJOKNULIS.COM - Wawancara kerja didefinisikan sebagai perbincangan yang berorientasi dengan tujuan di mana pewawancara dan pelamar saling bertukar informasi dalam tahapan melamar suatu pekerjaan.

Wawancara kerja adalah salah satu langkah yang umumnya dilakukan oleh perusahaan sebelum menerima dan mempekerjakan seorang karyawan.

Bagi sebuah perusahaan, wawancara kerja bertujuan sebagai salah satu cara untuk menemukan dan menentukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan persyaratan posisi yang dibutuhkan.

Selain itu, wawancara kerja juga ditujukan untuk mengetahui kepribadian pelamar serta mencari informasi yang relevan sesuai dengan persyaratan posisi.

Namun, saat melakukan wawancara kerja juga tak jarang pelamar akan mendapati beberapa kesulitan seperti terbata-bata dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.

Jawaban yang tidak tegas dapat mempengaruhi image kamu di mata sang pewawancara lho, bahkan bisa jadi kamu dianggap kurang berkompeten.

Kunci Lancar Menjawab Wawancara Kerja

Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan dengan lugas dan membuat pewawancara merasa yakin untuk menerima kamu?

Kamu dapat menggunakan metode CAR dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja yang diajukan sehingga setidaknya dapat meminimalisir kemungkinan kamu ditolak perusahaan.

Dengan menggunakan metode ini, kamu juga dapat terbantu dengan menjawab pertanyaan recruiter dengan lebih terstruktur dan jelas tidak hanya sekedar jawaban umum seperti “saya akan bekerja semaksimal mungkin”

Apa itu metode CAR?

CAR disini adalah singkatan dari C = Context, A = Action, dan R = Result. Oleh karena itu penting untuk memastikan metode ini bisa berjalan dengan baik agar wawancara kerja kamu lancar.

*) Context

Context atau konteks adalah gambaran dari sebuah kegiatan atau sifat-sifat yang kamu miliki dan pastinya relevan atau sesuai dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Contohnya seperti “saat saya melaksanakan KKN dulu, saya mendapatkan tugas untuk menjual produk A secara massif”

*) Action

Aksi adalah bentuk bentuk perilaku, atau implementasi atau hal-hal yang kamu lakukan dari konteks yang kamu contohkan sebelumnya.

Contoh, “setelah mendapat tugas tersebut, saya langsung berpikir untuk memasarkan produk melalui media sosial dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu membuat konten lucu yang berpotensi viral”

*) Result

Kemudian tutup penjelasan kamu dengan hasil yang kamu raih. Jangan lupa untuk mengaitkan hal tersebut dengan impian kamu ketika bekerja diperusahaan tersebut seperti inovasi baru yang akan kamu berikan kepada perusahaan.

Secara garis besar metode CAR dapat dilakukan seperti contoh berikut ini:

C → Saat melaksanakan KKN dulu, saya adalah pribadi yang kreatif dalam memecahkan masalah. Contohnya ketika kelompok KKN saya menghadapi masalah bagaimana cara memasarkan penjualan produk.

A → Saya memberikan ide untuk berjualan melalui media sosial dengan cara membuat video-video lucu yang dapat berpotensi viral seperti menggabungkan video meme dengan video penjelasan produk yang dipasarkan.

R → Hasil yang didapat cukup positif dan memuaskan. Penjualan produk A naik sebanyak 40%, video tersebut ditonton sebanyak 457 juta kali, pengikut pun ikut bertambah serta engagement yang diraih naik 10 kali lipat.

Nah, itu dia penjelasan dari metode CAR, semoga setelah membaca ulasan ini kamu dapat menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan lebih baik lagi ya!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Lebaran Semakin Dekat! Ini 5 Tips Mengolah Daging Sapi, Dijamin Empuk

Lebaran Idul Fitri tentunya tak asing dengan makanan yang berbahan daging ayam ataupun sapi. Berbeda dengan daging ayam yang cukup mudah diolah, daging sapi akan menjadi alot jika proses awalnya tidak benar. Daging sapi atupun daging merah lainnya terkenal dengan alotnya ketika diolah dengan kurang tepat. Berikut beberapa cara agar daging sapi menjadi empuk serta tentunya hemat gas.

Lebaran Semakin Dekat! Ini 5 Tips Mengolah Daging Sapi, Dijamin Empuk

POJOKNULIS.COM - Bulan Ramadhan sudah berjalan hingga 10 hari terakhir. Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri pun segera tiba. Idul Fitri alias Lebaran juga sangat identik dengan daging, khususnya daging sapi. Begini mengolah daging sapi agar bisa empuk.

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya dimana diampuni segala dosa yang pernah dilakukan oleh umat Muslim atau diibarakan seperti kembali menjadi anak kecil tanpa dosa.

Ketika lebaran, masyarakat Indonesia akan menyiapkan banyak makanan. Beberapa contohnya adalah ketupat, opor ayam, dan tak ketinggalan adalah rendang.

Rendang merupakan makan yang pedas serta berbahan dasar dari daging sapi. Namun kita tidak akan membahas mengenai rendang, namun mengenai bahan dasarnya yaitu daging sapi.

Daging sapi atupun daging merah lainnya terkenal dengan alotnya ketika diolah dengan kurang tepat. Biasanya, daging merah ini memerlukan waktu yang cukup lama bagi kita sehingga membuat gas di rumah menjadi cukup boros.

Sebenarnya, ada beberapa cara alternatif lain yang dapat menghemat gas kita. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat daging sapi menjadi empuk.

1. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Cara pertama yang dapat kita lakukan agar menghemat gas adalah dengan memanfaatkan daun pepaya. Daun papaya memiliki kandung berupa enzim alami dengan fungsi memecah protein daging yang membuat daging menjadi lebih empuk.

Caranya cukup mudah, kita cukup cari daun pepaya, kemudian bersihkan di air mengalir, keringkan daun, dan jadikan pembungkus daging. Setelah dibungkus, diamkan daging selama 1 jam. Setelah selesai, daging siap untuk diolah.

2. Lumuri dengan Jus Nanas

Cara yang kedua adalah anda menggunakan buah nanas agar daging sapi menjadi empuk. Sama dengan daun pepaya, nanas memiliki enzim yang membuat daging merah menjadi cepat empuk.

Bedanya ada di cara pengunaannya. Daun pepaya cukup dijadikan sebagai pembungkus, sedangkan naans harus dihaluskan atau dibuat jus.

Caranya adalah setelah dihaluskan, lumuri seluruh bagian daging merah dengan jus atau nanas yang dihaluskan, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah selesai, daging pun siap untuk diolah.

3. Diamkan di Suhu Ruangan

Cara selanjutnya adalah dengan mendiamkan daging sapi di suhu ruangan. Cara ini dapat kita lakukan ketika tidak mempunyai daun pepaya ataupun buah nanas, namun tetap ingin menghemat gas.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah simpan daging di freezer. Kemudian, ketika

Akan memasak, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelumnya keluarkan daging dari freezer terlebih dahulu dengan tetap disimpan pada wadah tertutup.

Dengan mendiamkan daging merah pada suhu ruangan akan membuat suhu daging turun perlahan serta stabil. Kita juga dapat mempersiapkan bumbu masakan yang lain sembari menunggu daging sapi empuk.

4. Potong dengan Berlawanan Serat Daging

Cara keempat adalah kita dapat membuat daging sapi empuk dengan memperharikan bagaimana kita memotong daging tersebut. Potong daging secara berlawanan dengan arah dari serat daging sapi.

Tujuan dari cara ini adalah agar serat menjadi lebih pendek sehingga daging akan cepat empuk saat dimasak serta mudah dikunyah saat dimakan.

5. Gunakan Uap Panas

Cara terakhir adalah kita dapat memanfaatkan uap panas dengan penggunaan gas yang lebih hemat. Untuk menggunakan cara ini, kita dapat membuka tutup panci yang telah dipanaskan dan menggunakan stopwatch agar waktu dalam penggunaan uap lebih tepat.

Cara memasaknya adalah:

  • Rebus daging di dalam panic tertutup selama 5 menit,
  • Kemudian, matikan kompor serta diamkan daging di dalam panic dalam waktu 30 menit,
  • Terakhir, kembali nyalakan kompor dan rebus daging kurang lebih 7 menit.

Dengan menggunakan cara ini, secara teknis kita menyalakan kompor hanya 12 menit, sedangkan biasanya kita harus menyalakan kompor kurang lebih setengah jam saat memasak daging sapi, cukup menghemat kita bukan?

Itulah 5 cara dalam memasak daging agar empuk dan nyaman saat dimakan. Tentunya, masih banyak cara-cara lain selain yang ada di atas.

Memasak daging sapi merupakan hal yang banyak ditemukan di Indonesia. Sehingga, diperlukan cara yang dapat menghemat biaya dalam memasak daging ini karena akan menjadi cukup alot saat dimakan jika tidak dilakukan persiapan terlebih dahulu.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Punya Resiko Darah Tinggi? Begini Cara Mencegahnya

Tekanan darah normal pada manusia berkisar 90/60mmHg-120/80mmHg. Apabila kalian cek tensi darah dan mendapati tensi darah kalian melebihi angka tersebut, maka kalian mengalami darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, seperti faktor keturunan, gaya hidup yang buruk, usia, serta stres. Apabila penyakit ini dibiarkan secara terus menerus tanpa adanya penanganan, maka dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti gagal jantung, gagal ginjal, bahkan yang terparah dapat mengalami stroke.

Punya Resiko Darah Tinggi? Begini Cara Mencegahnya

POJOKNULIS.COM - Tekanan darah normal pada manusia berkisar 90/60mmHg-120/80mmHg. Apabila kalian cek tensi darah dan mendapati tensi darah kalian melebihi angka tersebut, maka kalian mengalami darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, seperti faktor keturunan, gaya hidup yang buruk, usia, serta stres.

Apabila penyakit ini dibiarkan secara terus menerus tanpa adanya penanganan, maka dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti gagal jantung, gagal ginjal, bahkan yang terparah dapat mengalami stroke.

Faktor gen atau keturunan memang tidak bisa untuk dihindari, akan tetapi masih ada cara mencegah faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan hipertensi.

Supaya hal-hal yang tidak diinginkan tadi tidak menimpa kalian, berikut ini beberapa tips supaya kalian bisa terhindar dari hipertensi.

1. Kurangi Asupan Garam yang Berlebih

Garam memang menjadi sumber mineral bagi tubuh kita dan berfungsi supaya tubuh dapat bekerja dengan normal seperti semestinya.

Akan tetapi, konsumsi garam yang berlebih dapat mengakibatkan penyakit darah tinggi. Untuk mencegah terjadinya hipertensi ini, disarankan untuk mengonsumsi garam tidak lebih dari 2 gram atau sekitar 1 sendok teh dalam sehari.

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Serat dan Rendah Lemak

Untuk mencegah hipertensi, kalian disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah akan lemak dan kaya dengan serat.

Contoh makanan-makanan tersebut, seperti pasta, susu, yogurt yang rendah lemak, ayam tanpa kulit, macam-macam buah, dan macam-macam sayuran. Hindari juga mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, salah satunya gorengan.

3. Olahraga secara Rutin

Kurang gerak dapat menyebabkan naiknya berat badan dan pada ujungnya menaikkan resiko terkena hipertensi. Semakin banyak bergerak, membuat kita lebih banyak bernafas dan memasok banyak oksigen untuk tubuh.

Apabila kita jarang berolahraga, membuat volume darah pada tubuh kita berlebih dan secara tidak langsung meningkatkan tekanan darah.

Olahragalah sehari minimal 30-60 menit supaya tubuh kalian tetap terjaga dan tekanan darah pada tubuh kalian tidak berlebih. Olahraga yang disarankan untuk mencegah hipertensi, seperti jogging, senam, berenang, dan bersepeda.

4. Jangan Sampai Stres Berlebih

Ketika kita sedang mengalami stres, tubuh kita akan secara langsung memproduksi sebuah hormon yang dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan kerja jantung.

Apabila hal ini terus dibiarkan, dapat meningkatkan resiko penyakit darah tinggi. Untuk mencegah hal itu terjadi, kita dapat melakukan hal-hal yang dapat meredakan stres, seperti mendengarkan musik, jalan-jalan, dan bermeditasi.

5. Tidur yang Cukup

Kurang istirahat atau kurang tidur, dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Waktu tidur yang ideal, adalah sekitar 7-8 jam dalam semalam.

Supaya kalian dapat tidur dengan nyenyak, kalian dapat mengikuti langkah-langkah, seperti tidurlah dalam suasana yang tenang, jangan tidur siang berlebih, dan jangan tidur juga dalam keadaan perut yang lapar atau kekenyangan.

6. Rajin Cek Tekanan Darah

Selain menjaga kesehatan, kita juga perlu untuk rutin mengecek tekanan darah dalam tubuh kita. Pengecekan tekanan darah ini dapat dilakukan pergi ke pihak medis atau lakukan sendiri di rumah tensimeter.

Cek tekanan darah ini, dapat dilakukan ketika kalian mulai merasakan beberapa gejala, seperti sakit kepala, mimisan, atau muntah.

Beberapa tips tadi dapat kalian ikuti untuk mencegah darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi ini merupakan penyakit yang cukup serius apabila dibiarkan secara terus-menerus.

Maka dari itu, jangan sampai kalian mengidap penyakit ini. Jaga selalu kesehatan dan rutin untuk mengecek tekanan darah dalam tubuh supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak menghampiri kalian.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Simak! Ini Cara Meningkatkan Keterampilan Public Speaking

Artikel ini akan membahas tentang berbagai strategi dan teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan public speaking. Mulai dari mengetahui beberapa komponen penting dalam public speaking, dan latihan praktis yang diperlukan untuk berbicara dengan percaya diri, jelas, dan meyakinkan di depan audiens.

Simak! Ini Cara Meningkatkan Keterampilan Public Speaking

POJOKNULIS.COM - Public speaking seringkali dianggap sebagai salah satu ketakutan terbesar bagi banyak orang, kita diharuskan untuk berbicara di depan banyak orang sehingga wajar saja jika hal tersebut terjadi. Public speaking merupakan keterampilan yang dapat dipelajari dan dikuasai oleh siapa pun.

Dalam berbagai bidang seperti karir profesional hingga kehidupan sosial, kemampuan berbicara di depan publik dijadikan sebagai kunci kesuksesan. Namun, tidak jarang sebagian orang merasa cemas, tidak nyaman, atau kurang percaya diri ketika dihadapkan pada tugas berbicara di depan umum.

Rasa takut akan perasaan terjebak atau bahkan ketakutan akan kritik yang mungkin kita terima, hambatan-hambatan ini sering kali menghalangi potensi kita untuk bersinar dalam berbicara di depan publik.

Artikel ini akan membahas tentang berbagai strategi dan teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan public speaking.

Mulai dari mengetahui beberapa komponen penting dalam public speaking, dan latihan praktis yang diperlukan untuk berbicara dengan percaya diri, jelas, dan meyakinkan di depan audiens.

Komponen Penting Public Speaking

Dalam public speaking, terdapat beberapa komponen penting yang perlu dilakukan untuk menciptakan komunikasi yang efektif, antara lain:

1. Cara Penyampaian Informasi

Seorang pembicara yang sukses harus menguasai teknik dasar public speaking, termasuk vokal, verbal, dan showmanship. Ini mencakup penggunaan nada suara yang bervariasi, kata-kata yang tepat, serta ekspresi tubuh yang dinamis.

Dengan memperhatikan teknik-teknik ini, pembicara dapat memastikan bahwa pesan mereka disampaikan dengan jelas dan memikat, meningkatkan pengaruh dan daya ingat presentasi mereka.

2. Cara Informasi Disampaikan

Dalam public speaking, pesan harus singkat, padat, dan mudah dicerna. Dengan perhatian audiens yang terbatas, pembicara perlu mengkomunikasikan inti pesan dengan jelas dalam waktu singkat. Bahasa yang sederhana dan mudah dicerna memastikan pesan yang disampaikan dapat dipahami dan diingat oleh semua orang.

3. Media Penyampaian Informasi

Dalam public speaking, media penyampaian informasi sangat penting. Penggunaan media visual seperti presentasi slide atau gambar dapat memperkuat pesan pembicara dan meningkatkan daya tarik audiens.

Namun, penting bagi pembicara untuk tidak terlalu mengandalkan media, tetapi tetap fokus pada interaksi langsung dengan audiens.

4. Perhatikan Feedback Audiens

Feedback dari audiens tentang public speaking sangat berharga untuk pembicara dalam mengembangkan kemampuan mereka.

Melalui umpan balik dari audiens, pembicara dapat mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan dalam penyampaian informasi.

Cara Meningkatkan Keterampila Public Speaking

Sebelum memulai penyampaian informasi, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan public speaking agar menarik minat audiens, yaitu:

1. Berlatih di Depan Cermin

Berbicaralah di depan cermin dan perhatikan ekspresi wajah serta gerakan tubuh Anda. Ini membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri dan kesadaran akan ekspresi non-verbal Anda.

2. Rekam Diri

Rekam presentasi atau pidato Anda dan tonton kembali. Evaluasi bagaimana Anda berbicara, gerakan tubuh, dan intonasi suara Anda. Identifikasi bagian yang perlu ditingkatkan.

3. Latihan Pada Berbagai Tema

Latihan berbicara pada berbagai topik dan situasi. Ini membantu Anda mempersiapkan diri untuk berbicara di berbagai kesempatan.Menggunakan

4. Kartu Catatan

Mulailah dengan menggunakan kartu catatan untuk mengingat poin-poin penting dalam presentasi. Secara bertahap, kurangi ketergantungan pada kartu catatan sehingga Anda bisa berbicara lebih bebas dan alamiah.

5. Simulasikan Situasi Berbicara di Depan Umum

Mintalah teman atau anggota keluarga untuk berperan sebagai audiens dan berikan umpan balik setelah Anda selesai berbicara. Hal itu akan melatih mental sebelum berbicara di depan umum.

6. Memperhatikan Waktu

Latihan berbicara sesuai waktu yang ditentukan. Ini membantu memahami berapa lama kita membutuhkan waktu untuk menyampaikan pesan Anda dengan efektif.

7. Berlatih Relaksasi dan Pernapasan

Pelajari teknik pernapasan dan relaksasi untuk mengatasi kecemasan sebelum berbicara di depan umum. Pernapasan dalam dan teknik relaksasi dapat membantu menenangkan saraf dan meningkatkan fokus.

Ingatlah bahwa setiap kesempatan untuk berbicara di depan umum adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Dengan memanfaatkan latihan, umpan balik, dan tekad yang kuat, kamu dapat mengasah keterampilan public speaking dan menjadi pembicara yang percaya diri, dipercaya, dan berpengaruh.

Jadi, ambillah langkah pertama hari ini. Mulailah berlatih, terus belajar, dan jangan pernah ragu untuk berbicara. Artikel ini diharapkan dapat membawa pembaca untuk termotivasi dan siap untuk mengembangkan kemampuan public speaking mereka.

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

5 Cara Efektif Membuat Kesan Pertama yang Baik saat Wawancara Kerja

Cara sukses untuk berhasil dalam sebuah wawancara adalah dengan cepat menarik perhatian pewawancara atau perekrut dan membuat mereka merasa nyaman serta menyukai Anda. Untuk menarik minat para perekrut, Anda perlu memiliki tips dan cara yang efektif dengan melakukan beberapa hal. Berikut beberapa saran untuk membuat kesan pertama yang baik saat wawancara kerja. Simak dalam artikel ini!

5 Cara Efektif Membuat Kesan Pertama yang Baik saat Wawancara Kerja

POJOKNULIS.COM - Wawancara kerja untuk peran baru mungkin merupakan bagian yang paling menakutkan dari keseluruhan tahapan pencarian kerja.

Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti tentang perusahaan yang dilamar, menyiapkan jawaban atas sepuluh pertanyaan yang sama, dan menampilkan wajah Anda yang paling berani dan percaya diri di hadapan setiap perekrut.

Saat melakukan wawancara kerja pertama kali, Anda harus membuat kesan positif dan berkesan kepada rekruter. Cara sukses untuk berhasil dalam sebuah wawancara adalah dengan cepat menarik perhatian pewawancara atau perekrut dan membuat mereka merasa nyaman serta menyukai Anda.

Selain keterampilan, perekrut akan sangat menghargai kepribadian, penampilan, dan tindakan seseorang ketika sedang diwawancarai. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat first impression yang sangat baik ketika wawancara sedang berlangsung.

Untuk menarik minat para perekrut, Anda perlu memiliki tips dan cara yang efektif dengan melakukan beberapa hal. Berikut beberapa saran untuk membuat kesan pertama yang baik saat wawancara kerja.

1. Datang Tepat Waktu

Tiba di lokasi wawancara secara tepat waktu atau bahkan lebih baik jika datang lebih awal, seperti 30 menit sebelum dimulai, menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang antusias dan penuh dengan persiapan.

Jika Anda tiba tepat waktu atau bahkan lebih awal dari jam yang telah dijanjikan, Anda dapat memberikan kesan bahwa Anda sangat menghargai perusahaan tersebut dan memberikan usaha semaksimal mungkin agar mereka tidak menunggu.

Pada dasarnya, hampir semua orang tidak ada yang senang dengan orang yang terlambat. Terlebih lagi jika Anda bekerja di Jakarta yang kemacetannya sudah dikenal dunia.

Jadi, lebih baik bangun lebih awal, daripada Anda terjebak macet dan bisa menjengkelkan pewawancara atau perekrut, Kan? Perlu diingat bahwa mereka tidak dibayar hanya untuk menunggu Anda yang datang wawancara!

2. Berpakaian Sesuai dan Menarik

Tidak hanya rapi, Anda juga harus memastikan jika pakaian yang Anda kenakan telah sesuai dengan citra perusahaan. Oleh karena itu, jangan sembarangan memakai pakaian ketika ingin menghadiri wawancara kerja.

Misalnya, jika Anda melakukan wawancara untuk pekerjaan di bank atau perusahaan besar lainnya yang multinasional, kemungkinan besar Anda akan mengenakan setelan formal dengan jas yang rapi dan khusus.

Berbeda dengan hal itu, jika Anda melakukan wawancara kerja di perusahaan start up, Anda dapat mengenakan pakaian yang lebih kasual atau semiformal yang dapat diterima. Anda harus sudah meriset lebih dalam tentang perusahaan yang Anda lamar tersebut.

3. Membuat Kontak Mata, Senyuman, dan Bahasa Tubuh

Ada langkah-langkah yang sangat mudah untuk dilakukan agar pewawancara bisa menyukai Anda. Baik itu saat panggilan tatap muka maupun panggilan video, Anda perlu melakukan kontak mata.

Hal ini tidak berarti terus-menerus menatap perekrut dalam jangka waktu lama. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda benar-benar menaruh perhatian penuh pada apa yang dikatakan perekrut dan dapat menyerap informasinya.

Seiring dengan kontak mata, bahasa tubuh juga sangat berpengaruh. Misalnya anggukkan kepala sesekali untuk menyatakan bahwa Anda setuju dan memahami apa yang mereka bicarakan.

Ketika waktunya tepat, Anda dapat memberikan senyuman dan binar tertentu di mata Anda untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan posisi dan perusahaan tersebut.

Jika Anda sedang diwawancarai secara langsung oleh perekrut, ingatlah untuk duduk tegak, tarik bahu ke belakang, dan pertahankan suasana tenang.

Pada panggilan video, Anda perlu memastikan bahwa pencahayaan, suara, dan kualitas video adalah yang terbaik. Latar belakang harus selaras dengan gambar yang ingin Anda tampilkan.

4. Ajukan Pertanyaan yang Menunjukkan Anda Tertarik

Kita semua tahu bahwa kompensasi, kenaikan gaji, bonus, opsi saham, kenaikan karier, dan gaya kerja (kerja jarak jauh, hybrid, di kantor, atau fleksibel) adalah hal terpenting yang Anda pikirkan dan bisa Anda tanyakan kepada para rekruter.

Pertanyaan awal yang harus Anda tanyakan adalah berkaitan dengan manajer perekrutan. Anda ingin bertanya kepada pewawancara tentang apa yang membuat mereka memutuskan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Tanyakan apakah mereka menyukai pekerjaan mereka atau tidak. Sampaikan dengan sopan mengapa mereka memilih Anda dari semua kandidat lainnya untuk lanjut ke tahap ini.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membuat mereka berbicara. Anda akan belajar banyak dari jawaban mereka. Ketika orang yang melakukan perekrutan berbicara lebih banyak daripada orang yang diwawancarai, itu adalah suatu pertanda yang baik.

Pewawancara mulai mengatakan pada dirinya sendiri bahwa mereka pasti menyukai Anda karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu untuk menjual pekerjaan kepada Anda.

Nantinya, pada wawancara berikutnya, Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar gaji, bonus, liburan, dan hal penting lainnya. Pertama-tama Anda ingin mendapatkan buy-in dan kemudian gaji dan negosiasi lainnya akan lebih mudah di kemudian hari.

5. Selalu Bersikap Positif, Asli, dan Autentik

Jangan mengatakan hal negatif atau sesuatu yang dirasa dapat menghina para perekrut saat wawancara kerja. Jika Anda melakukannya, semua orang dalam proses wawancara akan berasumsi bahwa Anda nantinya akan menjelek-jelekkan mereka juga ketika Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Anda harus tampil sebagai orang yang positif, termotivasi, dan antusias terhadap posisi dan perusahaan yang Anda lamar. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang terbaik dan layak untuk diterima. Jadilah tulus dan autentik. Biarkan mereka melihat dirimu yang sebenarnya.

Itulah 5 cara efektif yang dapat memberikan kesan pertama dengan baik saat wawancara kerja yang bisa Anda terapkan.

Wawancara kerja memang merupakan momen yang paling dinantikan oleh para pelamar kerja sekaligus momen yang paling menakutkan.

Oleh karena itu, ikuti tips-tips di atas agar Anda bisa membuat kesan pertama yang baik di mata perekrut. Semoga berhasil!

© 2023 PojokNulis. All rights reserved.

Menulis artikel, informasi anti hoax, karya tulis, pengembangan diri, belajar menulis jurnalistik, online publishing, content creator & writing, edukasi literasi, digital publisher. Previous Stories